Cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sebagai burung petarung, kacer mempunyai karakter dan gaya unik yang disebut ngobra. Ketika hal itu dilakukannya sambil membuka ekor, maka penampilannya makin terlihat gagah. Berikut ini beberapa cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Cara merawat burung kacer
Cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor.

Beberapa kicaumania membeli burung kacer dalam kondisi masih bakalan / muda hutan. Sebagian besar di antaranya belum sepenuhnya terbiasa dengan manusia, sehingga masih cenderung liar dan susah jinak. Lain halnya apabila kita membeli kacer hasil penangkaran.

Burung kacer bakalan jika dirawat dengan baik nantinya memang bisa rajin bunyi. Tetapi sebenarnya ini belum cukup, karena mentalnya belum teruji dan mudah ngedrop apabila dilombakan. Selain tidak bisa tampil maksimal, kacer juga tidak bisa mengeluarkan gaya ngobra dan buka ekor yang sejatinya merupakan ciri khas burung hitam-putih itu.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Seperti diketahui, gaya ngobra dan buka ekor adalah sifat alami burung kacer ketika melindungi daerah teritorial, juga saat berkompetisi mendapatkan pasangan dan tempat bersarang.

Ketika burung berada dalam kondisi kurang fit, stres, maupun ngedrop mental, maka sifat fighternya cenderung tidak muncul. Jika dipaksakan, burung cenderung mbalon atau mbagong.

Untuk mengembalikan sifat tempurnya, kita harus memunculkan kembali mental bertarungnya. Dengan demikian, kacer bisa kembali tampil dengan gaya bertarungnya yang khas: ngobra dan buka ekor.

Cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor

Berikut ini beberapa tips mengenai cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor. Panduan ini berlaku untuk kacer bakalan maupun kacer yang sudah rajin bunyi, tapi belum juga mau bergaya ngobra dan buka ekor. 

1. Melatihnya dengan burung sejenis

Terapi untulan perlu dilakukan beberapa hari sekali selama beberapa menit, sampai burung mau mengeluarkan gaya ngobra dan buka ekor. Setelah kacer mau berbunyi sambil ngobra, terapi tersebut dapat dilakukan 1-2 minggu sekali.

2. Pengembunan secara rutin

Pengembunan rutin wajib dilakukan untuk membantu menjaga kondisi dan meningkatkan stamina kacer. Lakukan pengembunan setiap hari dengan tetap memperhatikan kondisi cuaca.

3. Perhatikan pakan tambahan

Tidak semua kacer dapat tampil maksimal ketika diberi pakan tambahan / extra fooding (EF) secara berlebihan. Dalam beberapa kasus, hal tersebut justru membuat burung mengalami over birahi. Sebaliknya, EF yang terlalu sedikit dapat membuat kacer kurang aktif dan malas berkicau.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Karena itu, agar kacer memiliki birahi yang optimal, perhatikan setelan / settingan pakan yang tepat, khususnya pakan tambahannya, sesuai dengan karakter burung.

EF yang baik untuk membangkitkan mental kacer agar bisa tampil ngobra dan buka ekor harus memiliki kandungan protein hewani tinggi, misalnya jangkrik, ulat hongkong, belalang hijau, kelabang kering, dan sejenisnya.

4. Terapi sauna

Terapi sauna sering dilakukan kacer mania untuk membangkitkan mental jagoannya yang ngedrop. Hal ini biasanya dilakukan dengan menjemur burung di bawah sinar matahari, di mana sangkar dalam kondisi full kerodong.

Bagi sebagian orang, terapi sauna dianggap cukup efektif melatih mental burung dan menjadikannya rajin berbunyi. Namun terapi ini sebaiknya dilakukan secara hati-hati, dan hanya diterapkan pada burung yang kondisinya sangat fit serta staminanya cukup bagus.

5. Mengurangi frekuensi mandi

Kalau biasanya burung dimandikan setiap hari, maka selama masa terapi, frekuensi mandi sebaiknya dikurangi, atau cukup dilakukan beberapa hari sekali saja.

6. Full kerodong siang hingga sore hari

Pada siang hingga sore hari, sangkar kacer dikerodong penuh dan digantang di tempat sejuk dan sedikit berangin. Hal ini akan membuat burung lebih tenang dan terbebas dari stres, sehingga mental tempurnya secara pelan-pelan juga akan bangkit.

7. Dilatih dalam kandang umbaran

Beberapa hari sekali, burung kacer bisa dilatih dalam kandang umbaran sambil dijemur.

8. Istirahat total pada malam hari

Untuk menjaga kondisi dan staminanya, kacer diistirahatkan secara total pada malam hari. Ini dapat dilakukan dengan mengerodong sangkarnya secara penuh, atau mematikan lampu di ruangan / tempat penyimpanannya.

9. Berikan suplemen secara tepat

Selain setelan EF secara tepat, mental dan daya bertarung kacer juga bisa ditingkatkan dengan memberikan suplemen Testo Bird Booster (TBB). Produk ini tidak hanya bermanfaat untuk mengatasi burung yang cenderung ngeriwik saja, tapi juga dapat diberikan pada burung yang mental bertarungnya ngedrop, serta meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Itulah beberapa cara merawat burung kacer agar cepat ngobra dan buka ekor. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.