Mengatasi burung cendet macet bunyi setelah ganti bulu dewasa

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Burung cendet yang dipelihara sejak trotolan harus selalu dilatih dengan suara masterannya agar setelah dewasa bisa memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi. Namun banyak cendet mania mengeluhkan penampilan momongannya yang mogok bunyi setelah berganti bulu dewasa. Berikut ini tips mengatasi burung cendet macet bunyi setelah ganti bulu dewasa

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cendet macet bunyi
Tips perawatan cendet macet bunyi setelah ganti bulu dewasa.

Cendet trotolan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mudah tertarik dengan suara-suara yang didengarnya. Karena itu, burung perlu mendapat pemasteran, agar nantinya punya suara kicauan yang unik, lantang, dan bervariasi.

Pemasteran burung cendet trotolan umumnya dilakukan dengan menggunakan suara-suara yang berasal dari burung masteran, pemutar mp3, maupun perangkat masteran elektronik.

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Kalau rajin dimaster sejak dini, cendet akan mengeluarkan suara ngeriwiknya, dan sesekali ngeplong. Namun, setelah berganti bulu dewasa, terkadang cendet tersebut jarang lagi mau berbunyi, bahkan macet bunyi.

Mengatasi cendet macet bunyi setelah berganti bulu dewasa

Cendet yang macet bunyi setelah berganti bulu dewasa biasanya disebabkan beberapa hal, misalnya stres dan kurang kondisi. Solusinya, lakukan beberapa aktivitas berikut ini:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

  • Lakukan pengembunan secara rutin setiap pagi.
  • Setelah tertbit matahari, berikan 2-3 ekor jangkrik.
  • Tidak lama kemudian, mandikan burung dengan cara disemprot, atau menggunakan karamba mandi.
  • Ketika burung sedang dianginkan untuk pengeringan bulu-bulunya, berikan voer halus yang berkualitas, lantas campurkan dengan 1 sendok makan kroto (bersih-segar). Setelah itu diaduk-aduk hingga merata.
  • Tambahkan multivitamin BirdVit ke dalam cepuk air minumnya. BirdVit mengandung zat yang bisa membantu menenangkan burung stres dan kurang kondisi. sehingga cepat pulih dan rajin berbunyi.
  • Setelah itu, lakukan penjemuran sekitar 2 jam, tapi jangan melebihi pukul 10.00.
  • Selama penjemuran, cepuk air minum yang sudah dicampur multivitamin bisa diganti dengan cepuk lain yang berisi air putih biasa. Hal ini untuk menjaga agar multivitamin tidak mudah rusak ketika terkena sinar matahari.
  • Siang hingga sore harinya, burung disimpan di tempat teduh, lalu berikan pakan tambahan berupa jangkrik (3-4 ekor) dan ulat hongkong (5 ekor).
  • Jangan lupa memasukkan kembali cepuk air minum yang sudah diberikan BirdVit.
  • Sore harinya, cendet dipancing bunyi dengan memutarkan suara terapi yang bisa didapatkan di sini.
  • Jika diperlukan, pada malam harinya, burung diberi terapi mandi malam.

Demikian tips dan ragam perawatan burung cendet macet bunyi setelah ganti bulu dewasa. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.