Cukur bulu kloaka: Tips mengatasi induk cucakrawa yang terpantau kawin, tapi telurnya zonk

Beberapa penangkar burung cucakrawa mengeluhkan pasangan induk yang terpantau kawin, tetapi telurnya selalu zonk alias infertil (gabuk). Bahkan penangkar besar sekelas Om Sutoto GRD, pemilik GRD Bird Farm Balikpapan, pun pernah mengalami hal ini. Om Sutoto lantas mencukur bulu kloaka induk jantan dan betina.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

cukur bulu kloaka
Breeding cucakrawa: Mengatasi telur infertil dengan mencukur bulu-bulu di sekitar kloaka.

Dalam akun facebooknya, Om Sutoto GRD menjelaskan, ide ini diperolehnya setelah membaca website omkicau.com, yakni pada artikel Cukur bulu di sekitar kloaka kenari.

Ya, Om Kicau memang pernah menjelaskan masalah cukur bulu kloaka untuk mengatasi burung yang terpantau kawin, tetapi telurnya selalu infertil (tidak subur).

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Telur infertil tidak akan pernah menetas, sebab tidak mengandung discus germinalis (sel benih) yang menempel pada permukaan kuning telur (yolk). Hal ini disebabkan tidak terjadinya pembuahan sel-sel sperma ke sel-sel telur (ovum).

Meski induk burung jantan terpantau mengawini burung betina, belum tentu terjadi pembuahan. Ini bisa disebabkan beberapa faktor. Misalnya sel sperma burung jantan tidak bisa terpancar sempurna, akibat kloakanya tidak menempel rapat ke kloaka burung betina, lantaran terkendala bulu-bulu lebat pada kolaka burung jantan dan betina.

Karena itu, kita perlu mencukur bulu kloaka pada induk jantan dan betina, agar penetrasi lebih kuat, sehingga sel sperma bisa terpancar sempurna hingga masuk ke saluran telur dan ovarium tempat di mana sel-sel telur (ovum) berkumpul.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

cukur bulu kloaka cucakrawa

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Om Sutoto GRD yang dikenal inovatif dan gemar melakukan percobaan kemudian mencoba terapkan cukur bulu kloaka pada burung cucakrawa. Percobaannya berhasil, sebab pasangan induk cucakrawa yang beberapa telurnya zonk akhirnya bisa menetas.

Video cukur bulu kloaka pada induk burung cucakrawa

Bagaimana cara mencukur bulu kloaka pada burung cucakrawa, berikut ini video yang direkam Om Sutoto GRD.

Bulan ini, Om Sutoto kembali menerapkan trik cukur bulu kloaka pada dua pasang induk cucakrawa yang selama ini terpantau kawin, namun telurnya selalu infertil. “Semoga percobaan kedua juga bisa membuahkan hasil,” kata dia.

Sebelumnya, tips cukur bulu kloaka ini pernah Om Kicau sarankan kepada Om Gatot Bayu, majikan Rock BF Semarang, untuk mengatasi kasus yang sama pada murai batu. Menurut pengakuan Om Gatot hasilnya juga mantap.

Selamat mencoba, semoga berhasil juga.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.