Pameran flona dan lomba burung Piala Jakarta di Lapangan Banteng: 10 Agustus – 10 September 2018

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan pameran flora-fauna (Flona) di Lapangan Banteng Jakarta, mulai 10 Agustus hingga 10 September 2018. Di sela-sela pameran, panitia bekerja sama dengan Pelestari Burung Indonesia (PBI) Cabang DKI Jakarta akan mengadakan lomba burung berkicau Piala Jakarta, Minggu 19 Agustus 2018.

Pameran flona tersebut merupakan agenda rutin Pemprov DKI Jakarta dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan RI. Even kali ini merupakan penyelenggaraan ke-33.

Sosialisasi mengenai kegiatan pameran flona dan lomba burung berkicau Piala Jakarta sudah dimulai dengan menggelar talkshow di Gedung Jakarta International Expo PRJ Jakarta (25/6). Acara dihadiri perwakilan Pemprov DKI Jakarta, PT Sande selaku event organizer pameran flona, serta PBI yang siap mengadakan lomba burung berkicau.

Piala Jakarta
Talkshow Pameran Flona dan Lomba Burung Berkicau Piala Jakarta.

Menurut Om Hendry Perez (Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kehutanan Pemprov DKI), even kali ini sangat strategis, karena diselenggarakan bersamaan dengan Asian Games 2018 di Jakarta.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

“Semoga acara ini bisa menjadi sarana wisata bagi warga DKI Jakarta maupun kota lainnya, sekaligus mengenalkan keberagaman aneka flora dan fauna di Indonesia kepada tamu-tamu mancanegara,” ungkap Om Hendry Perez.

Para peggemar flora-fauna bisa menikmati aneka tanaman hias, buah-buahan, dan hewan piaraan yang ada di Tanah Air. “Kami mengharapkan dukungan dari seluruh warga, khususnya DKI Jakarta. Silakan datang dan menyaksikan pameran flona ini. Tiket masuknya gratis,” lanjutnya.

Piala Jakarta
Om Hendry Perez (2 dari kiri) bersama Om Harvyanto Suharto (penanggujawab lomba) dan perwakilan PT Sande selaku EO pameran.

Untuk lomba burung berkicau, panitia yang dikoordinasi Om Harvyanto Suharto (penanggung jawab) akan membuka enam kelas. Kelas utama PBI Exclusive (tiket Rp 500.000) melombakan murai batu ring. Juara 1 mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 10 juta. Hadiah utama dijamin cair, berapapun jumlah pesertanya.

Kelas Batavia (Rp 300.000) terdiri atas murai batu ring, cucak ijo, dan kacer. Juara 1 mendapat trofi dan uang pembinaan Rp 5 juta. Kelas ini juga loss gantangan, sehingga hadiah juara 1 dijamin keluar.

Kelas Monas (Rp 200.000) juga loss gantangan, di mana juara 1 memperoleh trofi dan uang tunai Rp 2 juta. Kelas ini terdiri atas murai batu ring, cucak ijo, kacer, kenari standar all size, dan anis merah.

Tiga kelas lainnya yang dilombakan dalam Piala Jakarta adalah Semanggi (tiket Rp 100.000, juara 1 Rp 1,2 juta), Senayan (Rp 80.000, juara 1 Rp 1 juta), dan Ring Tugu Tani (Rp 50.000, juara 1 Rp 500.000).

Panitia juga menyediakan trofi eksklusif untuk juara umum bird club (BC) dan single fighter (SF), plus uang pembinaan masing-masing sebesar Rp 1,5 juta dan Rp 750.000.

Om Harvyanto Suharto menjelaskan, PBI DKI dipercaya sebagai pelaksana lomba, karena sejak lama peduli terhadap konservasi burung di di Indonesia, mulai dari murai batu, kacer, hingga branjangan, dan sejenisnya. Dalam acara nanti, PBI juga akan mensosialisasikan kegiatan breedingnya.

Brosur Lomba Piala Jakarta

Informasi selengkapnya mengenai lomba burung berkicau Piala Jakarta bisa dilihat pada brosur. Untuk pemesanan tiket, hubungi Om Heru Halim (HP 085-889-206-988 / WA 0856-9310-4545).

 Piala Jakarta

Jadwal lomba burung, latpres, atau latber ini bisa diunduh pada Halaman Brosur Lomba Burung. Klik link tersebut sampai muncul browser baru. Cari brosur dengan melihat judul lomba dan tanggal pelaksanaannya. Klik judul terpilih, sehingga muncul lagi browser baru berisi gambar brosur ukuran besar. (d’one)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.