Tips perawatan pleci pascamabung agar tetap fit dan rajin bunyi

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Banyak burung pleci yang mengalami penurunan performa di lapangan usai merampungkan masa mabungnya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya adalah melalaikan perawatan intensif pascamabung. Sebagai panduanm berikut ini tips perawatan pleci pascamabung agar tetap fit dan rajin bunyi.

Perawatan pleci paska mabung
Tips perawatan pleci pascamabung agar tetap fit dan rajin bunyi.

Secara umum, burung yang sudah menyelesaikan masa mabungnya akan mengalami kondisi puncak atau top form, Penampilannya menjadi lebih maksimal daripada sebelum mabung.

Beberapa plecimania lebih sering fokus pada perawatan saat mabung. Mereka agak lalai melakukan  hal serupa pada masa-masa sesudahnya, atau pascamabung. Akibatnya, burung tidak bisa mencapai top form yang seharusnya didapatkannya.

Perawatan pleci pascamabung dibutuhkan untuk memulihkan kondisi burung yang sempat ngedrop saat proses ganti bulu. Dalam banyak kasus, pleci yang tidak mendapat perawatan memadai setelah beres mabung akan mengalami penurunan performa, misalnya menjadi jarang bunyi.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Berikut beberapa tips perawatan pleci pascamabung agar tetap fit dan rajin bunyi:

1. Menjaga ketersediaan pakan 

Pakan bergizi sangat dibutuhkan ketika pleci merampungkan masa mabungnya. Hal ini diperlukan untuk membantu pemulihan kondisi yang sempat ngedrop selama masa mabung.

Selain memberikan voer berkualitas, pleci juga harus mendapatkan pakan tambahan secara tepat. Beberapa pakan tambahan yang dibutuhkan untuk pemulihan kondisi pascamabung antara lain:

  • Buah-buahan seperti jeruk manis, sarangan (water chestnut), pepaya matang, dan pisang.
  • Sayuran seperti oyong (menjaga stamina) dan tomat (menjaga warna bulu tetap cerah).
  • Serangga seperti ulat hongkong, ulat kandang, dan kroto (menjaga kondisi dan mendongkrak stamina).
  • Multivitamin sepert BirdVit untuk menjaga kondisi kesehatan selama masa pemulihan setelah rampung mabung.

Selain pakan utama dan pakan tambahan, burung pleci juga membuthkan air minum yang bersih dan segar. Anda juga bisa memberikan air lemon atau air minum racikan denganbahan sebagai berikut:

  • 2 buah jeruk nipis
  • 1 siung bawang putih
  • 3 buah gula merah yang dipotong kecil seukuran tutup botol
  • 4 sendok teh madu murni

Cara membuatnya:

  • Bawang putih dibersihkan, lalu digeprek hingga halus. Masukkan ke dalam panci yang berisi air bersih (2 gelas) dan potongan gula merah. Rebus semua bahan hingga mendidih, serta airnya berubah warna.
  • Setelah mendidih, matikan api dan tunggu sampai suhu air menurun menjadi hangat. Setelah itu tambahkan air perasan jeruk nipis dan 4 sendok teh madu. Aduk hingga merata.
  • Jika sudah dingin, air rebusan disaring menggunakan saringan teh dan disimpan dalam botol bekas air mineral.
  • Tuangkan air rebusan hingga memenuhi 1/2 bagian cepuk kecil sebagai air minum pleci. Sisanya disimpan untuk digunakan sewaktu-waktu.

2. Perawatan mandi dan jemur 

Selama pemulihan pascamabung, pleci rutin dimandikan dengan air bersih dalam karamba mandi kecil maupun bak mandi yang dimasukkan ke dalam sangkar.

Aktivitas mandu dilakukan rutin setiap hari, Perlu diingat, setelah mandi, burung jangan langsung dijemur. Cukup diangin-anginkan di tempat teduh dan sejuk.Hal ini untuk menjaga kualitas dan kesehatan bulu-bulunya.

3. Jangan dipaksa berlomba 

Mesi sudah beres mabung, sebaiknya pleci jangan langsung dilombakan. Burung masih memerlukan waktu beberapa minggu untuk pemulihan kondisinya.

4. Memberikan BirdMolt-Post 

BirdMolt-Post adalah suplemen khusus untuk burung-burung usai merampungkan masa mabung. Produk ini mengandung multivitamin dan multimineral cair, dilengkapi dengan suplemen stimulan, penambah energi, dan sediaan ATP yang sangat dibutuhkan untuk membantu menormalkan kondisi burung sehabis mabung.

Produk ini juga bisa mengatasi burung yang tak mau bunyi pascamabung, malas-malasan, mental dan semangat tempur ngedrop, dan sejenisnya.

BirdMolt-Post dapat diberikan kepada pleci dengan cara dioleskan pada pakan tambahan seperti kroto atau buah-buahan.

5. Lakukan pemasteran

Untuk menambah variasi suara kicauan dan menjadikannya makin rajin bunyi, lakukan pemasteran lebih rutin. Selama masa pemulihan pascamabung, pemasteran bisa dilakukan di dalam ruangan / kamar yang berisi beberapa burung masteran. Bisa juga menggunakan perangkat pemutar audio, jika pemasteran menggunakan suara dari mp3.

Itulah tips perawatan pleci pascamabung agar tetap fit dan rajin berbunyi. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.