Daun saga rambat bikin suara pleci lebih kristal: Bagaimana penyajiannya?

Daun saga rambat (Abrus precatorius) merupakan tanaman obat yang sering digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada manusia, terutama batuk dan seriawan. Daun saga rambat juga popular di kalangan pleci mania, karena memiliki segudang manfaat.

Manfaat dan cara pemberian daun saga rambat untuk pleci
Daun saga rambat bisa bikin suara burung pleci lebih kristal.

Saga rambat memiliki nama lain saga telik atau saga areuy. Tanaman ini dulu banyak tumbuh liar di pekarangan dan di pinggiran jalan. Namun tanaman saga rambat liar kini makin sulit ditemukan. Kabar baiknya, tanaman ini justru banyak dibudidayakan sebagai tanaman obat.

Daun saga rambat berbentuk majemuk, mirip daun tanaman asam, namun bentuk daun saga cenderung bulat telur. Bunganya berwarna ungu muda, berbentuk mirip kupu-kupu. Bijinya berukuran kecil berwarna merah mengkilat. Tapi hati-hati dengan bijinya, karena mengandung racun yang berbahaya apabila tertelan.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Bagi pleci mania, daun saga yang diolah secara tepat dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah seputar suara burung pleci. Misalnya, suara serak dan gangguan tenggorokan. Biasanya setelah beberapa hari diterapi dengan daun saga rambat, burung pleci akan kembali berkicau dengan suara yang lebih lantang / kristal.

Tanaman saga rambat (Abrus precatorius)
Tanaman saga rambat (Abrus precatorius)

Menurut studi farmasi, daun saga rambat memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, dan zat lain yang baik untuk tubuh. Misalnya protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid, pentosan, saponin, dan flavonoid. Dengan kandungan sebanyak itu, tak heran jika daun ini memiliki berbagai khasiat.

Selain bisa mengatasi suara serak pada burung pleci, daun saga juga dapat mengobati gangguan tenggorokan seperti infeksi / radang tenggorokan yang menyebabkan burung bersuara serak atau kehilangan suaranya.

Cara penyajian daun saga rambat

Daun saga yang telah diolah bisa diberikan kepada pleci sebagai pengganti air minum untuk sementara waktu. Tapi untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, pemberian air minum dari daun saga jangan dilakukan terus-menerus. Cukup diberikan pada pagi hingga siang hari. Adapun siang hingga sore hari, burung diberi air minum biasa.

Sedikitnya ada dua cara penyajian daun saga rambat untuk mengatasi suara serak pada burung pleci:

Cara pertama:

  • Ambil segenggam daun saga, kemudian dicuci sampai bersih.
  • Siapkan sepotong kecil kayu manis.
  • Kedua bahan dimasukkan dalam panci berisi dua gelas air, lalu direbus sampai mendidih. Setelah itu angkat lalu dinginkan.
  • Air rebusan disaring dengan menggunakan saringan teh.
  • Air rebusan yang sudah disaring siap diberikan kepada burung pleci.

Cara kedua:

  • Ambil segenggam daun saga, lalu dicuci sampai bersih.
  • Siapkan sepotong kecil kayu manis dan gula batu secukupnya.
  • Semua bahan direbus hingga mendidih.
  • Setelah dingin, air disaring dan diberikan kepada pleci sebagai pengganti air minum.

Itulah manfaat dan cara pemberian daun saga rambat untuk burung pleci. Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.