Burung cililin kini juga dilindungi: Masteran pakai sonic master saja ya…..

Selain burung murai batu, cucakrowo, segala jenis cucak hijau, jalak suren dan segala jenis burung madu, kini burung cililin termasuk burung yang dilindungi dan tidak boleh diburu dan diperjuabelikan secara bebas.

Dalam peraturan baru itu, yakni Peraturan Menteri (Perman) Nomer P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/6/2018 tentang Jenis Tumbuhan dan Satwa yang Dilindungi, semua jenis cililin (tangkar ongklet/ Platylophus galericulatus) termasuk cililin coklat (Pg. coronatus /Sumatera, Kalimantan) dan hitam (Pg. galericulatus /]awa) adalah burung dilindungi.

Selain itu dilindungi pula jenis cililin lain seperti Crypsirina temia (tangkar centrong), Dendrocitta cinerascens (tangkar uli kalimantan), Dendrocitta occipitalis (tangkar uli sumatera) dan  Platysmurus leucopterus (tangkar kambing).

Burung cililin cokalt dan hitam saat ini termasuk burung dilindungi
Burung cililin cokalt dan hitam saat ini termasuk burung dilindungi

Selama ini burung cililin populer digunakan sebagai burung master karena suaranya yang khas ngetril melengking panjang. Dengan adanya peraturan baru itu, kita sudah tidak bisa mendapatkan burung cililin secara bebas tanpa risiko kena tuntutan hukum.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Untuk itulah saya sarankan saat ini untuk tidak perlu memelihar burung cililin kalau hanya untuk masteran. Sebab, saat ini banyak alat pemaster yang bisa menghasilkan suara burung cililin yang jernih dan tidak merepotkan. Antara lain adalah sonic / electric master yang harganya relatif terjangkau. Silakan cek artikel ini untuk mengetahui lebih jauh soal sonic master tersebut.

Sonic master memang dirancang sebagai solusi cerdas memaster burung, tanpa ribet bin repot.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

1 Comment

Komentar ditutup.