Om Bagus (Kaza SF Palembang) bangga, kacer Mimpi nyeri di Piala Kapolda Jambi

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Om Bagus Adi (Kaza SF Palembang) sangat bangga melihat penampilan kacer Mimpi miliknya dalam lomba burung berkicau Piala Kapolda Jambi di Lapangan Arena MTQ, Taman Rimba, Kota Jambi, Minggu (5/8). Tampil di seluruh (4) kelas, jagoannya berhasil meraih juara 1, 1, 2, dan 4.

Kacer Mimpi
Kacer Mimpi andalan Om Bagus Adi (Kaza SF Palembang).

Dalam gelaran tersebut, Om Bagus membawa dua kacer andalannya, yakni Mimpi dan Racun Semut. Meski tak juara 1, penampilan kacer Racun Semut juga oke, terutama pada Kelas Wakapolda, dengan meraih juara 2 di bawah Mimpi.

Om Bagus layak bangga, karena lawatannya ke Jambi menuai sukses. Apalagi Provinsi Jambi dikenal sebagai gudang kacer hebat, bahkan acapkali berprestasi di kejuaraan nasional.

Dalam gelaran Piala Kapolda Jambi, Mimpi mampu mengungguli sejumlah kacer jawara nasional, antara lain Bajing Ireng andalan Om Zoel Bakung, Monster besutan Om Didik 88, dan sebagainya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Kacer Mimpi sudah dua tahun di tangan Om Bagus Adi. Sehari-hari, gaco ini dirawat Om Wanda yang mukim di Palembang. Berbagai prestasi sudah diraih Mimpi dalam berbagai kontes di Sumsel, Jambi, dan Lampung.

Om Bagus Adi
Om Bagus Adi (3 dari kiri), Om Wanda (3 dari kanan), dan kawan-kawan saat main di Kota Jambi.

“Burung ini punya lagu ngerol-nembak dengan isian cililin, rio-rio, tengkek, dan cucak jenggot. Selain itu, kacer Mimpi juga selalu nagen di atas tangkringannya,” kata Om Wanda.

Sebagaimana sang pemilik, Om Wanda juga merasa bangga bisa mengantar kacer Mimpi ke jenjang juara. Apalagi bisa nyeri juara 1 dalam even Piala Kapolda Jambi yang diikuti para pemain dari Jambi, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Lampung, hingga DKI Jakarta.

Kacer Mimpi
Kacer hebat bernama Mimpi itu selalu nagen satu titik di tangkringan.

Yang bikin puas adalah sistem penilaian yang diterapkan Tim Juri Ronggolawe. “Penjuriannya sangat sportif, sehingga lomba berjalan tertib. Mampu menjuarai even di Jambi dan Lampung itu bikin puas. Kedua provinsi ini merupakan gudangnya kacer hebat,” tutur Om Wanda.

Tips perawatan kacer Mimpi

Perawatan Mimpi tak jauh berbeda dari burung kacer lainnya. Setiap pagi, burung dimandikan, lalu dijemur, sambil diberi jangkrik (3 ekor). Sore hari, burung kembali diberi 3 ekor jangkrik.

Tips perawatan kacer Mimpi
Om Wanda sedang “ngelaras” bersama kacer Mimpi.

Untuk menguatkan stamina, kacer Mimpi dimasukkan ke kandang umbaran setiap Selasa dan Jumat. Pada kedua hari tersebut, kacer diberi kroto sebanyak 1 sendok makan (pagi hari).

Kalau mau dilombakan, porsi extra fooding (EF) ditingkatkan. Porsi jangkrik dinaikkan menjadi 5 / 5, sedangkan kroto tetap 1 sendok makan.

Berikut ini cuplikan video kacer Mimpi andalan Om Bagus Adi (Kaza SF) saat berlaga di Piala Kapolda Jambi:

Sehari-hari, kacer Mimpi ditempel dengan burung masteran seperti cucak jenggot, branjangan, dan sebagainya. (Kelana Lana)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.