Cara membuat dan memasang gelodok lovebird di luar kandang

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Gelodok merupakan salah satu perlengkapan yang dibutuhkan dalam beternak lovebird. Kotak sarang yang berbentuk tertutup ini memiliki lubang kecil yang berfungsi sebagai pintu keluar-masuk bagi induk lovebird. Model dan bahan gelodok ikut menentukan keberhasilan ternak lovebird. Berikut ini cara membuat dan memasang gelodok di luar kandang ternak lovebird.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Penggunaan glodok yang tepat dapat meningkatkan produktivitas penangkaran
Penggunaan gelodok yang tepat dapat meningkatkan produktivitas induk lovebird.

Selain kandang ternak, peranti lain yang dibutuhkan peternak lovebird adalah kotak sarang / gelodok. Gelodok yang baik terbuat dari bahan yang bisa menjaga suhu dan kelembaban di dalamnya, yang dibutuhkan induk lovebird untuk mengerami telur hingga menetas.

Umumnya, gelodok yang dijual di pasar dibuat dari bahan padat dan keras. Hal ini dimaksudkan agar gelodok tidak mudah rusak dari keropos, termasuk akibat selalu digigit burung. Namun bahan padat dan keras tidak bisa menjaga suhu dan kelembaban yang dibutuhkan induk lovebird saat mengerami telur-telurnya.

Untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam beternak, kita bisa menggunakan gelodok yang terbuat dari triplek maupun multiplek. Bahan ini dapat menjaga suhu dan kelembaban yang dibutuhkan induk.

Selain itu, untuk kenyamanan induk, gelodok sebaiknya ditempatkan di luar kandang ternak. Apalagi jika peternak selalu aktif mencatat perkembangan induk dan telurnya. Berikut ini cara membuat gelodok lovebird dari multiplek.

Bahan baku yang digunakan:

  • Multiplek dengan ketebalan 9 mm
  • Gergaji
  • Lem kayu
  • Paku secukupnya
  • Kawat tali dan engsel.

Persiapan bahan:

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Buatlah pola seperti gambar di atas pada permukaan multiplek dengan menggunakan pensil.  Ukuran standar yang digunakan adalah:

  • Bagian depan dan belakang: 16,5 x 19 cm
  • Diameter lubang 7 cm.
  • Bagian atas dan bawah: 16,5 x 18,5 cm
  • Bagian sisi kiri dan kanan: 18,5 x 20,5 cm

Cara membuat gelodok lovebird:

cara membuat glodok untuk lovebird

  1. Rakit dan satukan semua bahan (kecuali bagian belakang) dengan bantuan lem kayu dan paku.
  2. Pasang bagian belakang menggunakan engsel untuk memudahkan buka-tutup. Setelah itu, gunakan potongan kayu kecil yang berfungsi sebagai pengunci.
  3. Tancapkan paku di sisi kiri dan kanan gelodok. Paku berfungsi untuk mengikat gelodok ke kandang ternak.

Pemasangan gelodok lovebird

  • Setiap kandang ternak biasanya dilengkapi beberapa buah pintu, yang salah satunya bisa digunakan untuk memasang gelodok di luar kandang.
  • Tempelkan gelodok pada lokasi yang diinginkan di bagian terluar dari kandang ternak. Setelah itu ikat dengan kawat tali pada masing-masing paku yang sudah terpasang di sisi kiri-kanan gelodok. Pastikan gelodok sudah terikat kencang dan tidak mudah bergoyang apalagi jatuh.
  • Untuk mencegah lovebird menggigiti gelodok, sediakan mainan atau potongan kayu di dalam kandang.

Selamat mencoba, semoga berhasil.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.