Om Sulaiman (Denzus 77 BF Makassar): Dokter gigi yang sukses beternak lovebird trah juara

Breeding lovebird Denzus 77 BF Makassar didirikan Om Sulaiman Abdul Hakim bersama sang kakak, Om Edhi, pada 17 Agustus 2015. Modal awal berupa 25 pasangan induk, yang terdiri atas 8 pasangan induk trah ngekek panjang, dan 17 pasangan lovebird sayur yang menghuni kandang koloni.

Denzus 77 BF
Duet adik-kakak: Om Sulaiman (kanan) bersama Om Edhi.

Sejak kecil, Om Sulaiman memang hobi memelihara burung. Namun baru pada tahun 2014, dia aktif mengikuti lomba burung. Itupun berkat bimbingan kakaknya yang sering berlomba di Pasar Hobby Toddopuli, Makassar.

“Saat pertama kali melihat kontes burung, saya tertarik dengan lovebird karena warna dan suaranya yang memikat. Peminatnya banyak, perawatannya pun simpel. Satu tahun kemudian, saya dan kakak memberanikan diri beternak lovebird, dengan mendirikan Denzuz 77 Bird Farm,” tutur Om Sulaiman kepada omkicau.com.

Denzus merupakan akronim dari “de gaga sussa” (bahasa Bugis) yang berarti “tidak ada yang susah”. Adapun 77, kalau dibaca “tuju-tuju” (bahasa Bugis) juga berarti “tepat”.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

IKUTI OM KICAU DI INSTAGRAM

Sebagian besar pasangan induk di kandang ternak Denzus 77 BF berasal dari para breeder lovebird di Jawa, antara lain ring Cak Wied PBLI (Solo), Konslet Kejer (Solo), Ip-AWK (Sragen), Resmi Sahara (Bogor) dan Rendra (Lumajang). Sebagian lagi merupakan eks jawara lomba di seputaran Makassar.

breeding lovebird
Salah satu lovebird andalan Denzus 77 BF Makassar.

Untuk proses penjodohan, Denzus 77 BF menggunakan dua model, yakni sangkar harian untuk trah juara dan kandang koloni untuk trah sayur.

Untuk breeding di sangkar harian, anakan lovebird diloloh sendiri oleh induknya sampai bisa makan sendiri. Tapi anakan dari kandang koloni akan dipanen pada umur 10-14 hari, dipindah ke kandang pembesaran, dan diloloh secara hand feeding menggunakan spet.

ternak lovebird
Denzus 77 BF: Kandang lovebird model koloni.

Perlakuan mandi serta jemur secukupnya, dan sekali-kali ditaruh di kandang umbaran. Pemasteran anakan lovebird menggunakan perangkat audio sonic dengan nada kenari, blackthroat, belalang raja, dan jangkrik.

Pakan utama biasanya menggunakan produk buatan Cak Wied PBLI (Solo). Adapun obat-obatan dan suplemen lainnya menggunakan produk beberapa pabrikan, termasuk StopSnot produksi Om Kicau.

cara ternak burung lovebird
Penjemuran lovebird di penangkaran Denzus 77 BF Makassar.

Tips Denzus 77 BF agar hasil ternak maksimal

Ada beberapa tips yang diterapkan Denzus 77 BF agar hasil ternak lovebird bisa maksimal, antara lain:

  • Pemilihan induk sesuai dengan standar kontes, umur minimal 1 tahun, bodi besar, dan fisik sempurna (tidak memiliki cacat tubuh).
  • Induk berasal dari eks jawara dengan durasi bagus serta gaya nyeklek.
  • Kandang breeding harus bersih, sejuk, dan tidak bising.
  • Berani melakukan eksperimen.
  • Tekun dan sabar.
  • Selalu belajar dari peternak lain yang telah sukses.
Om Sulaiman Denzus 77 BF
Om Sulaiman bersama putrinya.
penangkaran lovebird
Putri Om Sulaiman ikut membantu merawat induk lovebird trah juara.

Pemasaran dan omzet penjualan

Mengenai pemasaran hasil ternak, Denzus 77 BF menggunakan sistem gethok-tular melalui rekan-rekan kicaumania, serta melalui medsos seperti Grup Facebook.

Denzus 77 BF

lovebird jawara
Koleksi trofi dan piagam kemenangan lovebird milik Denzus 77 BF.

Harga anakan bervariasi. Untuk anakan di kandang ombyokan, harga mulai dari Rp 275 ribu hingga Rp 500 ribu per ekor. Adapun untuk anakan trah juara sekitar Rp 750.000 – Rp 1 juta per ekor.

ternak lovebird

ternak lovebird
Anakan lovebird hasil breeding Denzus 77 BF.

Om Sulaiman mengatakan, omzet penjualan lovebird bervariasi, sekitar Rp 4,5 juta hingga Rp 9 juta per bulan. Soal tambahan penghasilan dari breeding, Om Sulaiman menganggao sebagai bonus saja. Pasalnya, sebagai dokter gigi, dia juga memiliki penghasilan yang lumayan. Kakaknya, Om Edhi, juga berstatus sebagai karyawan swasta.

“Bagi kami, yang lebih utama adalah bisa menyalurkan hobi dan memiliki banyak teman,” tandas Om Sulaiman. (neolithikum)

ring Denzus 77 BF Makassar

Penangkaran lovebird Denzus 77 BF

Kontak: WA 0813-5581-5417 / 0813-5480-0147

FB: Kicau Denzus 77 BF Makassar

Alamat: Jalan Perintis Kemerdekaan 7 No 56B (belakang STIMIK Dipanegara), Tamalanrea, Makassar, Sulawesi Selatan.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.