RHN Lovebird Farm Salatiga: Garansi tukar burung jika tak kunjung juara

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Tak banyak penangkar lovebird yang berani memberi garansi kepada pembeli jika burung yang dibelinya tak kunjung juara. Tapi RHN Lovebird Farm Salatiga berani melakukannya. Kalau dalam waktu lima bulan (sejak pembelian) burung tidak juara, RHN Lovebird Farm siap menggantinya dengan lovebird yang lain.

RHN Lovebird Farm
Om Gendub di depan kandang breeding RHN Lovebird Farm.

Komitmen ini disampaikan Om Priyo Sukma Wega, atau akrab disapa Gendub, selaku pemilik RHN Lovebird Farm. Dia berani memberi garansi tersebut, karena materi induk yang dimiliki memang berkualitas dan trah juara.

Om Gendub beternak burung lovebird sejak tahun 2008. Penamaan RHN Lovebird Farm diambil dari inisial putri pertamanya: Reyahana.

Tahun 2011, dia makin fokus, bahkan menjadikan ternak lovebird sebagai pekerjaan utamanya. Tidak hanya beternak, Om Gendub juga aktif melombakan burung-burung hasil penangkarannya. Hal ini dilakukan untuk membuktikan langsung kualitas hasil ternaknya.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
lovebird Rembez
Lovebird Rembez, andalan sekaligus maskot bagi RHN Lovebird Farm.

“Kalau sering lomba, kita tidak perlu capek-capek promosi kesana-kemari. Sebab orang akan melihat sendiri bukti nyatanya,” kata Om Gendub kepada omkicau.com.

Penjodohan secara alami di kandang koloni

penjodohan lovebird
Proses penjodohan lovebird dilakukan di kandang koloni.

Saat ini RHN Lovebird Farm memiliki 55 pasang induk lovebird kekean dan 10 pasang induk lovebird warna. Untuk mengelola penangkaran lovebird, Om Gendub dibantu seorang karyawan.

Proses paling detail selalu dilakukannya pada proses penjodohan. Sebelum dijodohkan, dilakukan seleksi ketat terhadap kualitas calon induk, baik jantan maupun betina.

breeding lovebird
Pasangan induk lovebird trah lomba dengan durasi ngekek 1 menit dan 2 menit.

Soal materi induk, Om Gendub memang tidak mau asal pilih. Kalau kualitasnya belum sesuai harapan, maka dia tak segan-segan mengafkirnya.

Calon induk terpilih lalu dimasukkan ke kandang koloni, untuk menjalani proses penjodohan alami. Apabila sudah menemukan jodohnya, pasangan baru dipindah ke kandang battery yang telah diberi gelodok.

ternak lovebird
Ada 55 pasangan induk di kandang battery RHN Lovebird Farm.

Pakan utama induk serta lovebird dewasa lainnya berupa milet putih. Tiga hari sekali, lovebird diberi sedikit kuaci (biji bunga matahari) pada cepuk pakannya.

Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa kangkung dan jagung. Kangkung yang dirajang halus diberikan setiap pagi sebanyak satu jumput. Adapun jagung hanya diberikan kepada induk yang meloloh piyikan.

Jika induknya tidak nakal, maka dia diberi kepercayaan merawat anaknya sampai bisa makan milet. Namun, jika induk nakal, agresif, bahkan cenderung kanibal, maka piyikan akan disapih dan dibesarkan melalui hand feeding.

piyikan lovebird
Piyikan lovebird dari trah kekean dan trah warna.

Harga anakan lovebird produksi RHN

Harga anakan lovebird kekekan dibanderol mulai dari Rp 500.000 / ekor. Harga anakan lovebird warna lebih mahal lagi. Anakan biola dan parblue, misalnya, dibanderol minimal Rp 2 juta / ekor.

Salah satu materi induk yang kerap menghasilkan keturunan jawara kekean adalah Rembez. Tak heran jika peminatnya cukup banyak. Harganya pun di atas rata-rata, bahkan bisa mencapai Rp 4 juta / ekor.

anakan lovebird parblue
Anakan lovebird parblue hasil breeding RHN Lovebird Farm.
penangkaran lovebird
Om Gendub menyeleksi salah satu induk parblue untuk dilombakan.

Tetapi di luar trah Rembez, para pembeli tetap mendapat garansi jika lovebird yang dibelinya tak bisa juara. Garansi berlaku selama lima bulan setelah pembelian.

ternak lovebird di Salatiga
Proses seleksi anakan lovebird trah juara.
cara beternak burung lovebird
Beberapa anakan hasil breeding RHN Lovebird Farm.

“Siapapun yang beli lovebird kekekan di RHN, saya berikan garansi. Jika dalam waktu lima bulan belum bisa juara di lapangan, boleh tukar burung. Ini menjadi nilai tambah tersendiri bagi RHN Lovebird Farm,” tambah Om Gendub.

Berdasarkan pengamatannya selama ini, sekitar 75% pembeli menggunakan lovebird produksi RHN untuk tujuan lomba. Pembeli tak hanya lovebird mania yang ada di Kota Salatiga, tetapi juga dari berbagai daerah lain di Indonesia. (neolithikum)

lovebird konslet
Transaksi lovebird konsket di markas RHN Lovebird Farm.
RHN Lovebird Farm
Pengiriman lovebird dengan tujuan Banjarmasin.
ring RHN Lovebird Farm
Ring RHN Lovebird Farm.

RHN Lovebird Farm

Kontak: Om Priyo Sukma Wega (Gendub RHN) — HP / WA 085-727-406-532

Alamat: Jalan Diponegoro, Gang Jalan Baru, Bancaan Tengah RT 04 / RW05, Sidorejo Lor, Sidorejo, Salatiga.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.