Tania BF Palembang budidayakan perkutut kualitas lomba

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Om Nuruddin Efendi mendirikan penangkaran burung perkutut Tania Bird Farm di Palembang pada tanggal 11 Mei 2004. Untuk mendirikan Tania BF, Om Udin (sapaan akrabnya) hanya bermodal tiga pasangan induk perkutut bangkok. Itu pun dengan kualitas yang menurutnya sederhana.

Tania BF Palembang
Penangkaran burung perkutut Tania BF Palembang.

Berkat kesabaran dan keuletannya, Tania BF Palembang terus berkembang. Sekarang Tania BF memiliki 20 kandang dengan kualitas induk yang mumpuni, bahkan merupakan trah jawara di Liga Perkutut Indonesia (LPI).

Beberapa trah jawara yang menjadi indukan Tania BF antara lain Beauty, Irama Agung, dan Adipati. Materi tersebut didapatkannya dari berbagai penangkar top, misalnya Sakti BF, MTG, TOP BF, Igona K9, dan Jupiter BF.

“Saya tinggal menyilangkan saja dari trah juara lainnya,” kata Om Udin kepada omkicau.com. Tania BF juga sudah terdaftar di Persatuan Pelestari Perkutut Seluruh Indonesia (P3SI), dengan nomor registrasi 1487 / P3SI / 2017.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com
Om Udin
Om Udin, pemilik penangkaran burung perkutut Tania BF Palembang.

Saat ini Om Udin sedang fokus pada trah Adipati MMC 2. Beberapa anakannya terbukti berprestasi di arena konkurs, antara lain Doreme, Banser, dan Ansor.

Ketiganya merupakan perpaduan trah Adipati dan Aljazair yang sudah dikenal di kalangan breeder perkutut di Palembang maupun sejumlah daerah lain di Indonesia.

ternak perkutut
Om Udin saat bawa jagoannya berlomba.

Tips penangkaran burung perkutut ala Tania BF

Berikut ini beberapa tips penting dalam penangkaran burung perkutut yang diterapkan Tania BF:

  • Sebelum menjodohkan perkutut, kita harus memahami dulu karakter suara dan trah burung. Jadi, peternak harus paham benar besar dan kecil suara indukan, serta daya turunnya. Setelah itu baru menjodohkan.
cara ternak burung perkutut
Kandang khusus untuk menjodohkan calon induk perkutut.
  • Jika perkutut jantan terlalu birahi (ganas), Om Udin biasa mengkodi (mengikat) beberapa sayapnya dengan karet gelang. Dengan demikian, pejantan tidak terlalu leluasa mengejar betina. Kalau hal ini kurang diperhatikan, induk betina kerap disiksa pejantan dan bisa berakibat pada kematian.
  • Kandang ternak berukuran 60 x 70 cm2 dan tinggi 100 cm. Kandang bisa disusun secara bertingkat dan berjajar.
penangkaran burung perkutut
Kandang bertingkat dengan tinggi 100 cm lebih aman, khususnya bagi anakan yang baru menetas.
  • Ada juga kandang ternak berukuran lebih besar, 60 x 100 cm2 dan tinggi 180 cm, tergantung luas lahan. Kalau mau ideal, sebaiknya menggunakan kandang berukuran 70 x 150 cm2 dan tinggi 180 cm.
breeding perkutut
Kandang umbaran ukuran 1 x 2 m2, tinggi 1,8 meter, bisa menampung 50 ekor burung.
  • Pakan indukan terdiri atas milet putih, padi kecil, ketan hitam, ditambah voer BR 21. Keempat jenis pakan ini ditempatkan dalam wadah berbeda.

Sebagian piyik dirawat induknya sampai berumur 1 bulan. Setelah itu dipindah ke kandang khusus anakan (umur 1-2 bulan) yang berukuran 40 x 60 cm 2 dan tinggi cm. Kandang anakan dilengkapi lampu 15 Watt, agar burung tetap merasa hangat, sekaligus memudahkan pengontrolan.

kandang perkutut
Kandang piyikan dilengkapi lampu 15 Watt supaya hangat.

Sebagian piyikan lainnya disapih dari induknya saat umur 1 minggu. Setelah dipasangi ring, piyikan tersebut dirawat oleh burung puter. Jika sudah berumur 1 bulan, dipindah ke kandang khusus.

burung puter babuan
Burung puter sebagai baby sitter untuk mengasuh anakan perkutut.

Untuk pengobatan dan menjaga kondisi kesehatan burung, Tania BF menggunakan produk Sehat Perkutut (SP) yang dibuat Om Rokis Fayanto (Probolinggo). Ada tiga produk, masing-masing warna putih (mengobati cacingan), hitam (pencernaan), dan kuning (agar suara bersih dan powernya keluar).

obat perkutut
Tiga varian produk SP (Super Perkutut).

Untuk membuktikan kualitas breedingnya, Om Udin beberapa kali mengikuti konkurs perkutut. Selain bisa menjalin silaturahmi, momen-momen lomba sekaligus bisa menjadi ajang promosi hasil ternaknya.

perkutut juara
Sebagian koleksi trofi perkutut hasil breeding Tania BF.

Setiap perkutut hasil ternaknya moncer di lapangan, biasanya cepat terjual. Jadi ia tidak pernah terlalu lama menyimpan burung juara yang dimilikinya. Selain di Sumatera, perkutut hasil breeding Tania BF sering juara di tangan para pelanggannya di daerah lain, misalnya Makassar dan Madura.

anggung perkutut
Setiap pagi, perkutut remaja digantang dan dipantau kualitas anggungnya.
kandang umbaran perkutut
Kandang umbaran untuk perkutut remaja umur 2-5 bulan.

Dalam sebulan, Om Udin bisa menjual 10-20 ekor perkutut dengan harga bervariasi. Dia mengklasifikasikan hasil ternaknya dalam tiga jenis: kualitas ternak, kualitas lomba, dan sekadar untuk kelangenan. Semua itu dipantaunya saat perkutut berumur 3-5 bulan.

kualitas perkutut
Perkutut umur 3-5 bulan dipantau untuk menentukan kualitasnya.

Perkutut kualitas ternak dibanderol mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 4 juta. Perkutut kualitas lomba mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 5 juta, tergantung kualitas suaranya.

“Kalau perkutut kualitas kelangenan saya jual mulai dari 150 ribu  hingga 300 ribu rupiah,” tandas Om Udin yang juga berjualan peralatan sangkar, pakan, dan vitamin untuk perkutut, serta bisnis kuliner sate madura. (neolitihikum)

ternak burung perkutut
Tania BF Palembang sudah terdaftar di P3SI.

Penangkaran burung perkutut Tania BF

Kontak: Om Nuruddin Efendi (WA 0813-6720-3178)

Farm: Jalan Saptamarga Lr. Palem No 21A, Kelurahan Bukit Sangkal, Kecamatan Kalidoni, Palembang.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.