Zoonart BF Surabaya sukses beternak aneka jenis perkutut (bangkok, songgo ratu, cemani, udan emas, jambul, dll)

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Bermula dari kegemarannya memelihara berbagai jenis hewan dan burung, Om Sunarto mampu mengubah hobi itu menjadi ladang rezeki. Dia mendirikan Zoonart BF (Bird Farm) dengan menangkar berbagai jenis unggas, termasuk burung.

Om Sunarto
Om Sunarto dan istri di depan kandang penangkaran Zoonart BF Surabaya.

Zoonart BF bermarkas di kediamannya, Jalan Bogorami Makam No 20, Kelurahan / Kecamatan Bulak, Surabaya. Tak hanya itu, kandang juga dibangun di Madiun dan dikelola saudaranya.

Bahkan kandang di Madiun lebih besar daripada di Surabaya. Rencananya, farm di Madiun ditargetkan bisa mencapai 1.000 kandang.

Zoonart berasal dari kata zoo and art (kebun bintang dan seni). “Saya ingin berkesenian dan berkarya lewat  penangkaran hewan dan burung. Sebab tanpa rasa seni, mustahil bertahan di hobi ini,” ungkapnya kepada omkicau.com.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Jauh sebelum dijadikan lahan bisnis, kecintaan Om Narto terhadap burung dan hewan telah membawanya jalan-jalan ke beberapa kota di Jawa, Bali, Sulawesi, NTB, Sumatera, bahkan ke luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Setiap berkunjung ke luar kota maupun luar negeri, dia sering melakukan survei. Kalau cocok, burung atau hewan tersebut akan dibelinya. Beberapa hewan yang pernah digemarinya antara lain kambing hias, ayam mutiara, kalkun, ayam naga dori, dan sebagainya.

Sejak tahun 2014, Om Narto mulai menangkar berbagai jenis unggas dengan tujuan bisnis. Secara bertahap, dia mulai menjual hasil ternaknya, mulai dari cucakrowo, jalak putih, jalak bali, murai batu, lovebird, hingga merpati dan perkutut.

Karena rumahnya yang berlantai lima sudah tidak mampu lagi menampung kandang baru, Om Narto membangun farm lagi di Madiun yang juga kota asalnya. “Saya bangun farm di Madiun awal tahun 2018,” kata Om Narto yang juga pernah beternak kacer, cucak biru, cucak jenggot, dan kenari.

Sukses beternak aneka jenis burung perkutut

Dalam artikel kali ini, omkicau.com hanya akan mengulas kesuksesan Zoonart BF dalam beternak perkutut. Adapun jenis burung lainnya bisa ditampilkan pada kesempatan berikutnya.

Zoonart BF Surabaya
Perkutut jambul koleksi Zoonart BF Surabaya.

Menurut Om Narto, meski harga perkutut tidak terlampau mahal, penjualannya boleh dibilang paling stabil. Berbeda dari jenis burung lainya yang harganya cenderung berfluktuasi.

Semula, Zoonart BF hanya bermodal 12 pasang induk perkutut. Kini jumlah induk mencapai ratusan pasang, bahkan setiap bulan bisa memasarkan sedikitnya 100 ekor burung perkutut.

Jenis perkutut yang ditangkar pun bervariasi, mulai dari perkutut bangkok yang sering dilombakan, hingga perkutut hias dan langka seperti cemani, putih lurik, putih mata tembus, udan emas, jambul, putih kapas, dan songgo ratu.

ternak burung perkutut
Zoonart BF juga memiliki pasangan induk perkutut cemani.

Kandang ternak perkutut berukuran 200 x 90 cm2, tinggi 200 cm. Kandang dibagi menjadi empat kotak dan setiap kotak ditempati satu pasangan induk.

Kandang dilengkapi dengan gelodok. Bagian dasarnya diberi pasir laut, agar kondisi kandang tetap hangat. Kandang juga diberi sensor anti-tikus, untuk meminimalisasi ancaman hewan pengerat tersebut.

perkutut cemani
Kandang pasangan induk perkutut cemani.

Mau tahu berapa jumlah kandang perkutut di Zoonart BF? Wow!! Kandang perkutut putih lurik saja ada 143 petak, cemani 20 kandang, dan jenis lainnya tiga petak.

Untuk penjodohan, Zoonart BF menggunakan sistem monogami. Calon induk diseleksi berdasarkan umur (7 – 12 bulan) dan sama-sama dalam kondisi birahi. Kalau salah satu induk belum birahi, biasanya akan terjadi perkelahian.

perkutut putih kapas
Pasangan induk perkutut putih kapas.
cara beternak burung perkutut
Kandang breeding perkutut putih kapas

Komposisi pakan utama induk perkutut

Pakan utama induk perkutut terdiri atas milet putih, milet merah, stimulan, vitamin B kompleks, herbal, dan minyak zaitun. Biasanya Om Narto atau karyawannya membuat ransum dalam jumlah besar, dengan rasio / perbandingan:

  • 50 kg milet putih
  • 10 kg milet merah
  • 500 gram kencur
  • 2 ruas jahe
  • 10 butir vitamin B kompleks
  • 10 sendok makan madu murni
  • 4-5 sendok makan minyak zaitun

Pakan diganti setiap tiga hari sekali. Pakan yang terbuang di dasar kandang bisa dipakai lagi untuk diberikan kepada merpati. Air minum bersih diganti setiap hari. Adapun kandang dibersihkan seminggu sekali.

breeding perkutut
Kompleks perkandangan ternak perkutut Zoonart BF Surabaya.
penangkaran perkutut
Om Wahyu, karyawan Zoonart BF, sedang mengganti air minum.

Jika telur menetas, maka piyik perkutut dirawat langsung oleh induknya. Namun jika induk nakal, Om Narto akan menyerahkan perawatan piyik kepada burung puter. Terkadang ada piyik yang sakit. Piyik sakit harus segera diisolasi dari induknya, lantas diloloh secara manual.

burung puter
Burung puter dijadikan baby sitter / babuan untuk piyik perkutut.
peternak burung perkutut
Setiap hari, burung wajib dianginkan.

Karena permintaan pasar cukup tinggi, Om Narto sampai kewalahan memenuhinya. “Sekarang tak mungkin lagi jika mengandalkan hasil penangkaran sendiri. Karena itu, saya juga kulakan perkutut dari peternak lain di beberapa kota di Jateng, Jatim, dan Jogja,” ujarnya.

Untuk menjaga nama baik farmnya, Om Narto juga menyeleksi anakan perkutut dari para supplier sebelum dijual ke konsumen. Salah satu patokannya adalah bobot badan standar dan sudah melewati fase lolohan.

Zoonart BF
Cek kelayakan burung sebelum dijual.

Untuk pemasaran, Om Narto dibantu istri, keponakan, serta karyawannya. Pembelinya tersebar di berbagai kota, baik di Jawa maupun luar Jawa.

Harga perkutut dibanderol bervariasi, tergantung umur dan kondisinya, yakni Rp 250 ribu (3 bulan), Rp 300 ribu (4-6 bulan), Rp 500 ribu (12 bulan), Rp 750 ribu (siapan / siap dijodohkan), dan Rp 1,5 juta – Rp 2 juta (sudah berjodoh).

ternak perkutut
Salah seorang pembeli datang mengambil pesanan.

Dalam sebulan, omzet penjualan Zoonart minimal mencapai Rp 25 juta. Ini hanya dari penjualan perkutut, belum termasuk penjualan jenis burung lainnya. Selain beternak. Om Narto juga menjual berbagai obat dan sangkar burung perkutut. (neolithikum)

ring perkutut

Zoonart Bird Farm Surabaya

Kontak: Om Sunarto (HP 0813-3249-5110 / WA 0822-4543-4010

Farm:

Jl Bogorami Makam No 20, Kelurahan / Kecamatan Bulak, Surabaya.

Jl Setro Baru Utara VII No 113, Dukuh Setro, Kecamatan Tambaksari, Surabaya.

Desa Karebet, Kecamatan Pilangkenceng, Madiun.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.