Murai batu Depati Ambon: Pernah ditawar Rp 100 juta oleh Bupati OKI

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Murai batu Depati Ambon andalan Om Dodok Juliansyah (Bintang SF Ogan Ilir) pernah ditawar Rp 100 juta oleh Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar SE. Saat itu, murai batu Depati Ambon tampil ciamik dalam lomba burung berkicau Bupati OKI Cup 2 (14/10/2017).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

murai batu Depati Ambon
Murai batu Depati Ambon andalan Om Dodok.

Tetapi karena memang tak berniat menjual jagoannya, Om Dodok pun dengan santun menolak pinangan Pak Bupati. “Bukannya tak menghargai Pak Bupati, tapi saya masih sayang sama Depati Ambon. Penawaran berapapun, burung ini tidak akan saya lepas. Depati Ambon en-ef-es (not for sale),” tegasnya kepada omkicau.com.

Om Dodok membeli murai batu tersebut dari rekannya, Om Beres, dua tahun lalu. Ketika itu, burung dalam kondisi rusak. Daripada makin merugi, Om Beres menjual burung ini kepada Om Dodok seharga 6,5 juta.

Om Dodok
Om Dodok Juliansyah (kanan) saat mengikuti even Oriq Jaya di Ogan Ilir.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Selanjutnya, Om Dodok mulai melakukan perawatan intensif kepada jagian anyarnya yang kemudian diberi nama murai batu Depati Ambon. Nama ini mengacu pada alamat rumah Om Dodok, Jalan Depati Ambon RT 05 / RW 03, Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Tanjung Batu, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan.

Pelan-pelan, performanya makin membaik sampai akhirnya rajin dilombakan. Sejak dilombakan, murai batu Depati Ambon tak pernah “buang tiket”. Artinya, burung selalu masuk 10 besar. Bahkan trofi yang berhasil diraihnya saat ini mencapai 157 unit.

murai batu jawara
Om Dodok bersama murai Depati Ambon dan koleksi trofinya.

Selain kerap moncer dalam berbagai lomba burung di seputaran Ogan Ilir, Depati Ambon juga pernah juara di Palembang, Prabumulih, Banyuasin, Ogan Komering Ulu (OKU), dan Kayu Agung.

Beberapa even bergengsi yang pernah dijuarainya antara lain Kapolres Cup Banyuasin dan juara 1-2 dalam Piala Ampera Palembang (11/11), sekaligus menjadi burung terbaik. Dalam Semarak Latber Kita, murai batu Depati Ambon sukses meraih double winner.

perawatan murai batu
Depati Ambon juara 1 dan 2 Piala Ampera (plus gelar murai batu terbaik).
murai batu jawara
Trofi kemenangan Kapolres Cup Banyuasin (kiri) dan Semarak Latber Kita-Kita.

“Ketika digantang, Depati Ambon langsung bongkar isian dan tembakan dengan nada ciblek ngebren, cililin, mantenan, cucak jenggot, kapas tembak, kenari, prenjak, dan pelatuk,” jelas Om Dodok.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

murai batu Depati Ambon
Murai batu Depati Ambon saat mengikuti lomba.

Gaya mainnya juga nagen, dengan ekor ngeplai. Kalau sedang mengikuti lomba, murai batu Depati Ambon biasanya menggunakan sangkar dengan tebok ukir motif buah-buahan.

Tips perawatan murai batu Depati Ambon

Perawatan murai batu Depati Ambon relatif sederhana. Bahkan, kata Om Dodok, tidak ada perbedaan yang signifikan antara perawatan harian dan setelan lomba:

cara merawat burung murai batu
Tips perawatan murai batu Depati Ambon.
  • Burung mandi dengan cara disemprot, dan tidak memerlukan kandang umbaran.
  • Penjemuran dilakukan setiap pagi, dengan durasi hanya 1 jam. Tapi sejak Jumat (H-2) sampai Hari-H (Minggu), burung tak perlu dijemur.
  • Pakan utamanya kroto segar, sebanyak 2 sendok makan. Tapi kalau persediaan kroto habis, burung diberi voer Gold Coin warna hijau.
  • Burung sama sekali tidak mau makan jangkrik, sehingga justru meringankan beban pemiliknya.
  • Air minum wajib diganti setiap hari.
  • Full kerodong hanya diterapkan mulai H-1 (Sabtu) saja. (neolithikum)
Om Dodok
Om Dodok (3 dari kanan) saat mengikuti even Bupati OKI Cup 2.
Om Dodok
Om Dodok (kanan) menghadiri lomba burung berkicau HUT Ke-1 POBC.

Semoga bermanfaat.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.