Lovebird Nickel nyaris quattrick di Launching Gantangan BCE Klaten

Penampilan mengesankan diperlihatkan lovebird Nickel kepunyaan Om Yuli (Marino Team BF) dalam lomba burung berkicau Launching Gantangan BCE (Bird Champion Enterprise) yang digelar di Sedayu (belakang Pasar Klewer), Manisrenggo, Klaten, Selasa (5/2). Tampil empat kali, Nickel menjuarai tiga kelas dan sekali juara 2.

Launching Gantangan BCE
Launching Gantangan BCE dihadiri para kicaumania dari dalam dan luar kota.

Launching Gantangan BCE yang dikemas bersama Oriq Jaya Indonesia ini berlangsung lancar, meriah, diikuti 723 peserta. Panitia membuka 21 sesi lomba, yang berarti setiap sesi rata-rata diikuti 30 ekor burung.

Sebelum launching, tepatnya sejak 4 Desember 2018, Gantangan BCE telah mengadakan latber rutin sebagai uji coba. Para peserta selalu antusias, terutama para kicaumania di seputaran Klaten – Jogja. Tidak mengherankan jika banyak yang memprediksi Gantangan BCE bakal menjadi arena favorit bagi para kicaumania setempat.

lomba burung di Klaten
Launching Gantangan BCE: Penjurian di kelas cucak ijo.

“Kami memang tidak langsung membuat even besar saat memulai. Kami lebih memilih mengenalkan Gantangan BCE melalui latber rutin. Tujuannya agar para pemain bisa mengenal lebih dahulu perihal pakem penilaian, suasana gantangan dan lingkungan, dan sebagainya,” tutur Om Angga (SKC Jogja), selaku ketua pelaksana sekaligus Ketua Oriq Jaya DPC Sleman.

Strategi ini memang berbuah manis. Setelah para pemain terbiasa dengan pakem penilaian, suasana dan kondisi gantangan, acara Launching Gantangan BCE pun berjalan ramai, lancar, dan sukses.

Hal ini juga disokong konsep lomba yang matang. Konsep dikelola penuh oleh Official Team BCE yang terdiri atas Om Angga, Om Irga, Om Elga, Om Aditya, Om Harex, Om Andi, Om Yohan, dan Om Hasto, di bawah bimbingan Om Iwan Sanubari (pembina Oriq Jaya DIY-Jateng).

Launching Gantangan BCE diawali dengan kata pembukaan dari Om Iwan Sanubari dan Pak Sutris (Kades Tanjungsari, Sedayu). Setelah itu dilanjutkan acara pemotongan nasi tumpeng.

hasil lomba burung
Penyerahan nasi tumpeng dari Pak Kades kepada Om Angga, didampingi Om Iwan Sanubari.

Lomba dimulai tepat pukul 11.00, diawali dengan sesi Lovebird Bebas Aksi Oriq Jaya. Juaranya adalah lovebird Nickel milik Om Yuli (Marino Team BF). Kelas Bebas Aksi Sanubari juga dimenangi Nickel.

Tak hanya itu, Om Yuli juga menurunkan pada dua sesi lovebird dewasa. Hasilnya, burung ini berhasil menjuarai Kelas Dewasa Bird Champion, sekaligus mencetak hattrick. Tapi di Kelas Dewasa Sanubari, Nickel harus puas di posisi kedua setelah LB Kenes milik Om Abu Osman (Mabes).

Dalam even tersebut, panitia juga memberi penghargaan burung terbaik untuk kategori lovebird dan kenari, serta memberi penghargaan kepada Komunitas Trucukan Mania. Gelar burung terbaik diraih lovebird Loko milik Om Oky dan kenari Vario milik Om Herdi, keduanya dari Duta IBC.

Om Herdi DT. IBC menerima penghargaan kenari terbaik.
Om Oky menerima penghargaan lovebird terbaik.
Om Allain Chicco menerima penghargaan apresiasi & partisipasi Komunitas Trucukan Mania.

Secara keseluruhan Launching Gantangan BCE berlangsung sukses. Lomba selesai pukul 17.15, lantas dilanjutkan acara pembagian doorprize berupa produk Oriq Jaya dan aneka bingkisan lainnya.

“Mewakili Official Team BCE, kami mengucapkan terimakasih kepada para peserta, pihak keamanan, kawula muda Sedayu-Klewer, dan warga setempat. Mohon maaf jika masih ada kekurangan,” tutup Om Angga.

Korlap fokus dalam memberikan penilaian terhadap burung yang berlomba.
Om Aditya
Om Aditya serius memantau jalannya perlombaan.

Selanjutnya, di tempat yang sama, akan digelar latber spesial, Selasa 12 Februari 2019, mulai pukul 13.00. “Latber spesial digelar tiap Selasa pekan kedua,” kata Om Aditya selaku pengawas lapangan. (OK-1)

Peserta tertib mengikuti jalannya perlombaan.
Trofi dan medali untuk para pemenang lomba Launching Gantangan BCE.

Hasil Lomba  | Galeri Gambar

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini