Jasad lovebird Kusumo dipamerkan dalam IBC di Jogja, 1-3 Maret 2019

Jasad lovebird Kusumo, salah satu lovebird legendaris yang pernah ada di Bumi Nusantara, bisa disaksikan dalam pameran Indonesia Bird Con di Jogja Expo Center (JEC), 1-3 Maret 2019. H Sigit Marwanta atau lebih akrab disapa Om Sigit WMP, pemilik lovebird Kusumo, siap menemani para pengunjung yang menyambangi stan sang legenda.

Gaya lovebird Kusumo: Melek-merem sambil nyeklek dan ngekek panjang.

Pada masa kejayaannya, lovebird Kusumo sering menjuarai lomba burung tingkat nasional. Bahkan lovebird berkelamin betina ini kerap memenangi tiga kelas atau lebih dalam setiap even yang diikutinya.

Dalam dua tahun, Kusumo mampu meraih gelar juara pertama hingga 400 kali. Kalau mau naik gantangan, burung sudah bunyi terus saat ditenteng. Saat istirahat menunggu sesi berikutnya, burung tak dikerodong, sehingga kerap disambangi para penggemarnya, termasuk untuk keperluan selfie.

Karena langganan juara even nasional, banyak kicaumania yang menjulukinya sebagai lovebird legendaris. Penawaran pun datang dari berbagai kalangan, dengan nominal tertinggi mencapai Rp 2 miliar.

Voer jangkrik luar biasa

Namun Om Sigit selalu menampiknya. Dia tak berniat menjualnya. Kusumo sempat dimasukkan ke kandang breeding, sampai akhirnya mati dan jasadnya kemudian diawetkan.

lovebird Kusumo
Om Sigit WMP siap menghadiri pameran IBC 2019 bersama jasad lovebird Kusumo.

“Banyak sekali sahabat Kusumo yang ingin melihat jasadnya setelah diawetkan, tetapi belum bisa datang ke Jambakan, Bayat, Klaten. Tentu dapat dimaklumi, karena lokasinya cukup jauh di desa. Nah, berhubung ada pameran burung yang besar dan representatif, banyak yang meminta agar Kusumo ikut serta. Ya prinsipnya silakan saja,” kata Om Sigit.

Panitia IBC yang diwakili Om Pandezt dari Finchers siap memfasilitasi serta menyediakan stan bagi lovebird Kusumo, agar para penggemarnya bisa melepas kangen. “Sebagian trofi dan piagam yang pernah diraihnya juga akan disertakan,” jelas Om Pandezt.

Video dan audio lovebird Kusumo: 1 | 2 | 3 | 4 | 5

Om Sigit pun siap hadir mendampingi Kusumo. “Insya Allah, saya pun ikut hadir, meski tidak terus-menerus. Yang sudah pasti, saya siap hadir hari Minggu (3/3) jam tiga sore. Kita bisa ngobrol-ngobrol santai di lokasi. Untuk waktu lainnya, kalau memang senggang, Insya Allah juga akan merapat,” tambah Om Sigit.

Om Pandezt
Panitia IBC yang diwakili Om Pandezt (tengah) dari Finchers siap memfasilitasi dan menyediakan stan bagi lovebird Kusumo.

Dia menyatakan salut terhadap penyelenggarakan IBC, dengan konsep pameran industri pendukung hobi burung, termasuk breeder dan komunitas, dilengkapi kontes multikategori mulai dari beauty, singger, hingga free fly, hingga singer.

Hal ini diharapkan bisa makin mendekatkan antara industri dengan penggunanya. Even-even yang bersifat edukasi juga akan digelar setiap harinya dalam bentuk seminar. (OK-1)

Baca juga IBC 2019: Mulai dari kontes hingga tukar pengalaman soal burung:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.