Breeding lovebird Ries Bara BF Bengkalis: Penjodohan di kandang battery, anakan diasuh induknya

Iklan gratis jual beli burung di sini

Om Yusman Haris Batu Bara, atau akrab disapa Ries Bara, mulai beternak lovebird awal tahun 2010. Penangkarannya bernama Ries Bara BF, yang bermarkas di daerah Duri, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau. Selain beternak, Om Bara juga aktif mengikuti lomba, terutama di kelas lovebird.

“Saya suka lovebird karena burung ini unik, dan cara perawatannya gampang. Semula hanya beternak asal-asalan saja. Setelah bergabung dengan kawan-kawan kicaumania di Duri, saya banyak belajar, dan kini makin faham,” ujarnya kepada omkicau.com.

Om Bara
Selain beternak lovebird, Om Bara juga sering berprestasi di arena lomba.

Sebagian materi indukan dibelinya dari lovebird-lovebird prestasi dari arena latber / lomba yang diikutinya. Anakan-anakan lovebird yang dihasilkannya kemudian dirawat dan disiapkan sebagai burung lomba.

TBB bikin burung ngos jadi joss

“Alhamdulillah, para pembeli merasa puas. Banyak lovebird hasil penangkaran Ries Bara BF yang moncer di lapangan. Tak hanya para pemain asal Duri, tetapi juga dari luar kota seperti Padang, Pekanbaru, Minas, Kandis, Rengat (Balilas), Ujung Tanjung, Balam, Bagan Batu, Kota Pinang, Rantau Perapat, Gunung Tua, Kisaran, dan Tebing Tinggi,” tutur Om Bara yang juga beternak ikan gupy.

Voer jangkrik luar biasa
Ries Bara BF
Beberapa lovebird koleksi Ries Bara BF Bengkalis.

Saat ini Ries Bara BF mempunyai 15 pasangan induk. Lovebird yang diternak khusus materi lomba (kekekan) dari jenis klep (kacamata). Tentang warna, Om Bara tidak terlalu memikirkannya, yang penting bisa moncer di lapangan.

Proses penjodohan di kandang battery

Ries Bara BF menerapkan proses penjodohan di kandang battery. Sebagian kandang battery produk sendiri, sebagian lagi beli jadi di pasaran.

Seperti diketahui, proses penjodohan lovebird di kandang battery lebih susah ketimbang di kandang koloni. Pasalnya diperlukan tips dan trik tertentu agar calon induk jantan dan betina cepat berjodoh. Salah satunya masalah umur.

ternak lovebird
Kandang ternak model battery yang banyak dijual di pasaran.

Dalam hal ini, Om Bara memilih calon induk yang sudah berumur matang, yakni lebih dari 1 tahun. Caranya, lovebird jantan dan betina dimasukkan dalam sangkar bulat secara terpisah. Kedua sangkar ini ditempatkan berdempetan, agar lovebird jantan dan betina saling mengenal.

Proses ini bisa berlangsung selama 1-2 minggu. Kalau lovebird jantan dan betina terlihat selalu berdekatan, termasuk saat tidur, maka bisa disatukan dalam sangkar bulat. Pantau terus kondisinya hingga 2 minggu.

breeding lovebird
Kandang battery buatan Om Bara: Ukuran sesuai keinginan.

Jika keduanya benar-benar akur, tidak bertengkar atau saling serang, maka bisa dipindah serta disatukan ke dalam kandang battery dan siap berproduksi.

Anakan dirawat langsung oleh induknya

Anakan lovebird yang baru menetas tetap dirawat langsung oleh induknya hingga lepas sapih. Dengan cara ini, Om Bara tidak perlu repot-repot meloloh anakan lovebird.

Pemasteran dilakukan sejak anakan lovebird baru menetas. Dengan cara seperti itu, saat sudah bisa makan sendiri atau bisa memecah biji milet, anakan lovebird sudah mulai ngekek.

Pemasteran anakan lovebird dapat menggunakan dua cara. Pertama, menggunakan lovebird gacor. Kedua, menggunakan audio mp3 yang diunduhnya dari omkicau.com.

Pada umur 10-15 hari, anakan lovebird dipasangi ring. Anakan lovebird disapih / dipisah dari induknya pada umur 40 hari. Setelah itu dipantau selama 3-4 hari, untuk memastikan apakan anakan lovebird benar-benar sudah bisa makan sendiri.

pemasangan ring lovebird
Pemasangan ring pada anakan lovebird umur 10-15 hari.

“Kalau belum, terpaksa saya gabungkan lagi dengan induknya. Jika sudah bisa makan sendiri, saya langsung hubungi teman-teman yang memesan, untuk diambil sendiri atau saya kirim ke alamat pembeli,” jelas Om Bara.

Pakan utana lovebird berupa milet putih (kiloan). Sebelum diberikan, milet putih dicuci bersih dan dicampur kuning telur bebek. Setiap 1 kg milet dicampur 1 kuning telur bebek. Setelah dicampur, milet dijemur.

Om Bara juga menggunakan voer ayam 512 sebagai tambahan di kandang indukan. Adapun sayuran terdiri atas kangkung dan jagung.

cara beternak burung lovebird
Beberapa sampel lovebird hasil breeding Ries Bara BF.

Lovebird hasil breeding Ries Bara BF dipasarkan melalui Facebook. Tetapi ada juga yang memesan langsung via WA. Biasanya pembeli memesan anakan dari indukan tertentu yang sudah diketahui track record-nya di arena lomba.

penangkaran lovebird
Testimoni pelanggan Ries Bara BF.

Harga anakan lovebird dibanderol mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 700.000. Dalam satu bulan, Ries Bara BF dapat menjual 10-20 ekor anakan lovebird, tergantung produksi induk-induk di kandang ternak. Omzet per bulan bervariasi, rata-rata Rp 3 juta – Rp 5 juta. (neolithikum)

ring Ries Bara BF

Breeding lovebird Ries Bara BF

Kontak: Om Bara (WA 0813-7152-6679) | FB: ariespiis

Alamat: Jalan Trisakti No 2A (samping SMP N 4 Mandau), Kelurahan Gajah Sakti, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini