Delta BF Pekanbaru: Sebulan bisa menjual 20 ekor lovebird

Iklan gratis jual beli burung di sini

Om Nofrianto, pemilik Delta BF (Bird Farm) Pekanbaru, tertarik beternak lovebird tatkala mudik ke rumah istrinya di Bekasi, tahun 2011. Ketika itu dia mampir ke rumah peternak di Karawang, dan melihat sepasang lovebird cantik.

Delta BF
Om Nofri: Hobi itu harus menghasilkan, bukan menghabiskan (uang).

Sepasang lovebird itu dibelinya seharga Rp 1,2 juta. Dia berniat menangkarnya di Pekanbaru. Sebelumnya, Om Nofri sudah pernah beternak ayam, puyuh, dan merpati. Tentu prinsip-prinsip dasar beternaknya tidak jauh berbeda.

Setiba di Pekanbaru, pasangan lovebird itu langsung dimasukkan ke kandang ternak. Namun setelah cukup lama dirawat, pasangan ini tak kunjung bertelur.

TBB bikin burung ngos jadi joss

“Saya tanya teman-teman yang juga beternak lovebird. Ternyata lovebird yang saya itu jantan semua,” kata Om Nofri kepada omkicau.com.

Voer jangkrik luar biasa

Beberapa hari kemudian, dia membeli lovebird betina di Pekanbaru untuk dijodohkan dengan lovebird yang ada di kandang battery. Namun usahanya untuk mendapatkan anakan tak kunjung tiba.

Akhirnya, Om Nofri memindahkan lovebird-lovebird itu ke kandang koloni. Di sinilah dia baru mendapatkan hasil yang menggembirakan.

ternak lovebird

harga lovebird
Kandang ternak lovebird model koloni milik Delta BF Pekanbaru.

Karena itulah, Om Nofri memutuskan menggunakan kandang koloni. Ada dua ukuran yang dibuatnya, yakni 5 x 1 m2 (tinggi 4 m) dan 3 x 1,5 m2 (tinggi 4 m). Tetapi ada juga kandang battery yang diisi beberapa induk lovebird, dengan rasio jantan dan betina 1:1.

breeding lovebird
Kandang battery untuk beberapa ekor lovebird.

Pakan induk dan lovebird dewasa

Menurut Om Nofri, salah satu aspek terpenting dalam beternak lovebird adalah memastikan pakan selalu tersedia setiap saat. Air minum juga harus rajin diganti dengan yang baru.

Om Nofri memberikan pakan yang sama untuk burung induk dan lovebird dewasa. Dalam hal ini, pakannya terdiri atas milet putih, milet merah, padi burung, kuaci, jagung, dan kangkung. “Setelah dipanen, anakan lovebird saya loloh dengan bubur Velonce,” jelas Om Nofri yang juga bendahara APBN (Asosiasi Penangkar Burung Nusantara) Korwil Riau.

Tak kalah pentingnya adalah menjaga kebersihan kandang. Lebih bagus lagi jika kandang memiliki ventilasi yang cukup, sehingga sirkulasi udara berjalan lancar. Sinar matahari pagi pun bisa masuk ke dalam kandang.

breeding lovebird
Om Nofri memberi pakan lovebird di kandang koloni.

Dalam satu bulan, Delta BF Pekanbaru mampu menjual rata-rata 20 ekor anakan lovebird. Harga bervariasi, tergantung warna. Harga pasjo dan paskun dibanderol sekitar Rp 200.000, jenis batman Rp 750.000, serta mangsi Rp 400.000.

meloloh lovebird
Proses meloloh (hand feeding) anakan lovebird.

Lovebird hasil penangkaran Delta Bird Farm biasanya dipasarkan dari mulut ke mulut, didukung posting via Facebok. Pembeli yang tinggal di Pekanbaru langsung datang ke rumahnya. Kalau dari luar kota dikirim via paket.

breeding lovebird
Pemantauan kualitas lovebird.

Karena jejaring Om Nofri cukup luas, banyak pembelinya dari luar kota, antara lain Indragiri Hillir, Siak, dan Dumai, serta beberapa kota di Sumatera Barat.

“Delta BF punya motto tersendiri, yakni hobi harus menghasilkan, bukan menghabiskan,” tandas Om Nofri yang sehari-hari juga mengelola Delta Advertising. (neolithikum)

penangkaran lovebird

Penangkaran lovebird Delta BF

Facebook: Delta Bird Farm

Alamat: Jalan Sail Gg. Hidayat No 27, Kulim, Pekanbaru, Provinsi Riau.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini