Sukses beternak lovebird, Om Dony Metra (FBC) jadi contoh warga kampung

Iklan gratis jual beli burung di sini

Saat itu, tahun 2011, Om Dony Metra masih duduk di bangku SMA. Dalam usia belia itu, dia memberanikan diri beternak lovebird, dengan mendirikan Farm Bird Collection (FBC) di rumah ortunya, Jl Rogojembangan Barat RT 3 / RW 4, Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Farm Bird Collection FBC
Kandang penangkaran lovebird Farm Bird Collection / FBC Semarang.

Usahanya tak sia-sia, karena FBC eksis dan terus berkembang hingga sekarang. Tak hanya itu, Om Dony juga mulai merintis penangkaran murai batu. Berkat usahanya itu, Om Dony bisa membantu membiayai sekolah adik-adiknya.

Kesuksesan Om Dony Metra juga menjadi contoh bagi sejumlah warga di kampungnya, termasuk penduduk yang sudah berkeluarga. Sebagian di antara mereka mengikuti jejaknya dengan beternak lovebird.

TBB bikin burung ngos jadi joss

Keinginan beternak lovebird muncul ketika Om Dony jalan-jalan ke Pasar Burung Karimata, Semarang. Saat itu dia melihat keindahan burung lovebird. Sejak pandangan pertama itulah, dia langsung “jatuh cinta” pada lovebird.

Om Dony lalu belajar beternak lovebird di berbagai media online, sambil menyisihkan uang jajannya untuk modal awal beternak. Setelah tabungannya mencukupi, dia membeli sepasang lovebird di PB Karimata.

ternak lovebird
Om Dony Metra beternak lovebird sejak masih duduk di bangku SMA.

Beberapa waktu kemudian, pasangan lovebird ini berproduksi. Anakan-anakannya dijual, uangnya “diputar” kembali untuk membeli induk baru. Dengan penuh kesabaran dan ketelatenan, usaha penangkarannya pun terus berkembang. Kini FBC sudah memiliki 30 pasangan induk lovebird, termasuk lovebird warna.

Cara FBC menjodohkan calon indukan

Biasanya para peternak lovebird menjodohkan burung dengan cara membiarkan beberapa ekor jantan dan betina dalam kandang koloni. Burung akan mencari pasangannya sendiri, sesuai dengan selera dan pilihan masing-masing.

Cara alternatif lainnya adalah menggunakan kandang battery, terutama biasa dilakukan para peternak yang sudah berpengalaman.

penangkaran lovebird
Lovebird hasil breeding FBC.

Dengan cara ini, peternak bisa menjodohkan lovebird sesuai dengan keinginannya. Proses menjodohkan lovebird di kandang battery biasanya dilakukan para penangkar lovebird warna. Hal ini untuk menghasilkan mutasi warna sesuai dengan prediksinya berdasarkan karakteristik lovebird jantan dan betina.

Sebagian penangkar lovebird suara juga memilih cara alternatif tersebut. Tujuannya untuk menggabungkan keunggulan dan kekhasan yang dimiliki induk jantan dan betina.

Nah, FBC punya cara unik dalam menjodohkan calon induk. Meski menggunakan kandang koloni, prosesnya diawali di luar kandang tersebut. Dalam hal ini, Om Dony akan mendempelkan sangkar lovebird jantan dan betina.

“Saya pantau selama dua-tiga hari, untuk mengetahui apakah keduanya berjodoh. Kalau berjodoh, ditandai dengan selalu berdekatan, termasuk saat tidur, keduanya dipindah ke kandang koloni. Gelodok sudah kami sediakan di kandang tersebut,” jelas Om Dony kepada omkicau.com.

Agar pasangan induk merasa nyaman, maka kebersihan kandang harus selalu dijaga setiap hari. Begitu pula perlengkapan kandang seperti tempat pakan dan air minun, harus selalu dibersihkan setiap hari. Kesehatan burung pun menjadi lebih terjamin.

cara beternak lovebird
Kandang selalu dalam kondisi bersih, agar induk nyaman dan sehat.

Pakan untuk lovebird dewasa, termasuk indukan, terdiri atas jagung, kangkung dan apel, yang dicampurkan dengan milet putih. Untuk anakan lovebird (dipanen umur 1 minggu), diloloh dengan bubur bayi Cerelac.

Anakan lovebird hasil breeding FBC dibanderol dengan harga bervariasi (Rp 150.000 – Rp 300.000 ). Khusus anakan lovebird parblue, harga dibanderol minimal Rp 600.000 / ekor.

Om Dony memasarkan hasil ternaknya melalui media sosial (khususnya Facerbook), marketpalce (OLX), dan didukung sistem getok-tular melalui teman-temannya. Dalam sebulan, FBC bisa menjual 10-20 ekor anakan lovebird.

Para pembelinya tak hanya kalangan lovebird mania di Kota Semarang saja, tetapi sampai luar kota, antara lain lain Solo dan Temanggung.

Om Dony Metra
Om Dony Metra di kandang ternak murai batu.

“Puji Tuhan. Dari hasil beternak lovebird, saya bisa menguliahkan adik. Sebagian keuntungan juga disisihkan untuk membangun kandang penangkaran murai batu,” tandas Om Dony yang sehari-hari bekerja di pabrik farmasi. (neolithikum)

Farm Bird Collection / FBC

Kontak: Om Dony Metra (WA 0857-4154-3346)

Alamat: Jl Rogojembangan Barat RT 3 / RW 4, Kelurahan Tandang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini