Kacer Putra Merapi dengan materi isian jalak papua dan branjangan

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Kacer Putra Merapi merupakan gaco lawas yang masih bertahan hingga sekarang. Jagoan yang kini menjadi milik Om Yantri N Octavianus (YnC SF Balikpapan) itu pernah berlaga habis-habisan melawan Adipati, salah satu kacer terbaik nasional saat itu.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

kacer Putra Merapi
Kacer Putra Merapi andalan Om Yantri dari YnC SF Balikpapan.

Om Yantri termasuk salah seorang pemain burung ternama di Kalimantan Timur. Dia punya sejumlah kacer hebat, antara lain Putra Merapi, Srikandi, Hercules, Paku Bumi (PKB), Putra Mahakam, dan Drogba. Srikandi dan PKB juga menjadi momok bagi lawan-lawannya, terutama dalam even di Kalimantan Timur.

Ada cerita menarik seputar kacer Putra Merapi. Burung ini dulu milik Om Budi Robot, ketua BnR Jatim yang mukim di Surabaya. Suatu saat, Om Yantri menjadi penyelenggara lomba burung (YnC Cup 2) di Balikpapan, Januari 2015. Putra Merapi dan Adipati sama-sama tampil dan menjadi bintang lapangan saat itu.

“Sejak itu, saya pengin meminang salah satu atau kedua kacer hebat tersebut. Usai lomba, saya langsung ke Jawa, untuk menemui Om Budi Robot. Saya juga temui pemilik Adipati, tetapi belum dapat kepastian harga. Akhirnya, yang deal kacer Putra Merapi,” jelas Om Yantri kepada omkicau.com.

Om Yantri
Om Yantri kerap moncer bersama kacer Putra Merapi.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Soal harga, Om Yantri enggan membeberkannya. Namun dari selentingan orang-orang terdekatnya, mahar yang harus dibayarnya lebih dari Rp 200 juta. Adapun Adipati yang semula milik Om YY Arema (Malang) kini menjadi milik Om Deko (Samarinda).

Di tangan Om Yantri, prestasi Putra Merapi makin menjadi-jadi. Burung ini tak hanya menjadi andalan bagi YnC SF Balikpapan, tetapi juga kerap memperkuat Tim Fitri BKS Samarinda dalam berbagai even di Jawa dan Kalimantan.

Kacer Putra Merapi (PM) memang punya beberapa keunggulan. Kalau sudah di gantangan, selalu main satu titik. Materi lagunya berupa suara burung jalak papua, branjangan, serta burung-burung kecil lainnya.

Burung ini termasuk semi-liar, sehingga tidak mudah didekati. Tetapi saat di gantangan, meski lokasi lomba dekat jalan raya dan para juri wira-wiri, kacer PM tidak pernah takut.

“Bahkan kalau ada juri di bawahnya, PM berada di pojokan tangkringan bawah, dan tetap nembak juri yang ada di bawahnya. Kalau di tengah tangkringan, gayanya jeglek, leher ngegondok sambil duduk manis.” jelas Om Yantri.

Tips perawatan kacer Putra Merapi

Sehari-hari, kacer Putra Merapi dirawat Om Topan yang juga setia mengawalnya saat berlomba. Berikut ini detail perawatan harian, jelang lomba, dan saat lomba yang diterapkannya kepada Putra Merapi.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

kacer PM
Om Topan (pegang bendera koncer) saat mengawal Putra Merapi.

a. Perawatan harian (Senin – Kamis):

  • Burung ditaruh di kandang umbaran, mulai pukul 05.00 hingga 11.00.
  • Burung juga mandi di kandang umbaran, tapi hanya pagi hari saja.
  • Pakan utama berupa voer Topsong warna kuning.
  • Pakan tambahan / extra fooding (EF) terdiri atas jangkrik dan kroto.
  • Porsi jangkrik 3 / 3 (pagi / sore). Kroto diberikan dua hari sekali, dengan porsi 1 sendok makan.
  • Sehari-hari, sangkarnya dalam kondisi tidak dikerodong.
  • Masteran menggunakan burung hidup, yakni jalak papua, anis kembang, cucak rawis, branjangan, blackthroat, blacken, dan konin.
Om Yantri
Om Yantri bersama Om Topan bahu-membahu orbitkan kacer PM.

b. Perawatan jelang lomba (Jumat dan Sabtu):

  • Mulai H-2 (Jumat), sangkarnya dikerodong penuh.
  • Burung tidak dimandikan maupun dijemur.
  • Porsi jangkrik didongkrak, minimal 40 ekor.
  • Kroto diberikan sepuasnya.
kacer jawara
Om Dix (2 dari kiri), rekan Om Yantri, terkadang juga mengawal PM ke lapangan.

c. Perawatan Hari-H (Minggu):

  • Pagi sebelum ke gantangan, burung mandi dan dijemur sampai kering.
  • Porsi jangkrik dan kroto diberikan semaunya burung.
  • Ketika di lapangan, saat beristirahat, EF selalu dicek. Intinya, kacer jangan sampai kehabisan kroto dan jangkrik.
Om Yantri
Om Yantri kerap menjuarai even akbar di Jawa dan Kalimantan.

Dengan perawatan detail tersebut, Putra Merapi terus menorehkan prestasi terbaiknya. Bahkan PM kerap meraih hattrick dan double winner dalam berbagai even besar di Kalimantan dan Jawa.

Dalam kontes Kapolres Cup 2 Paser serta Kapolres Cup Bontang, beberapa waku lalu, Putra Merapi berhasil menjuarai dua kelas, sekaligus dinobatkan sebagai kacer terbaik.

kacer Putra Merapi
Kapolres Cup 2 Paser: PM meraih juara 1, 1, 2, sekaligus burung terbaik.

Selain menekuni hobi burung, Om Yantri merupakan pengusaha di bidang minyak dan gas, serta konstruksi. Dengan latar ekonomi yang mapan, banyak kicaumania yang mengenal Om Yantri sebagai pemain yang tak pernah menjual burung-burung andalannya.

Om Yantri
Om Yantri saat berada di salah satu tempat usahanya.
YnC SF Balikpapan
YnC SF Balikpapan selalu tampil kompak.

“Begitu tahu kacer PM milik saya, orang-orang enggak berani nawar. Mungkin selama ini saya tidak pernah jual burung,” tandasnya. Kalau ada yang berminat meminang PM, gimana Om? (neolithikum)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.