Kita BF Tegal: Penangkar spesialis kenari lomba

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Berawal dari kecintaan terhadap burung kenari, Om Sumiar Pulung Prastowo Adi mulai belajar menangkar / beternak burung tersebut. Itu terjadi pada tahun 2005, dengan mendirikan Kita BF (Bird Farm).

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Om Pulung
Om Pulung (Kita BF Tegal), penangkar spesialis kenari lomba.

Selain beternak kenari, Om Pulung juga membuka usaha jual-beli aneka burung prestasi. Dari dunia burung inilah, dia mendapatkan rezeki untuk menghidupi keluarganya.

Awal beternak kenari, Om Pulung masih tinggal di Semarang. Saat itu usahanya tidak langsung lancar. Tidak sedikit kendala yang dialaminya, mulai dari telur zonk, menetas tapi mati, hingga segudang cobaan lainnya.

Setelah banyak membaca referensi dan bertanya kepada beberapa praktisi, akhirnya dia makin paham cara beternak kenari. Kita BF menerapkan perkawinan poligami dengan sistem kawin cabut. Maksudnya, burung hanya dicampur sesaat untuk kawin, setelah itu dipisah lagi.

ternak kenari
Om Pulung (kanan) bersama Om Tari dari Papburi Klaten.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Kita BF kemudian berkembang pesat, terlebih setelah Om Pulung dan keluarga hijrah ke Kota Tegal. Setiap pasangan induk ditempatkan dalam kandang gantung ukuran 35 x 40 x 55 cm3.

“Kandang harus disiapkan sebaik-baiknya, terutama sirkulasi udara harus lancar, pencahayaan cukup, dan kebersihan kandang harus selalu dijaga,” kata Om Pulung kepada omkicau.com

Kita BF Tegal
Kandang ternak kenari model gantung terbukti efektif.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, pemilihan calon induk harus benar-benar diperhatikan. Seleksi bukan hanya mencakup postur, tetapi juga trah atau silsilahnya.

breeding kenari Kita BF Tegal

penangkaran kenari
Beberapa materi induk jantan koleksi Kita BF Tegal.

Pakan induk terdiri atas campuran canary seed (1 kg), niger seed (1 ons), biji sawi (1 ons), dan milet putih (1 ons). Pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa sayuran seperti sawi putih dan sawi sendok.

Anakan yang baru menetas langsung diberi asupan berupa telur puyuh, jagung, dan sayur. Jika sudah makin besar, anakan-anakan kenari juga mendapat EF seperti sawi putih dan sawi sendok.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

pakan kenari
Pakan kenari racikan Om Pulung.

Dengan kualitas indukan yang bagus, Kita BF mampu menghasilkan kenari-kenari kualitas lomba. Tak heran jika Om Pulung tidak mengalami kendala berarti dalam pemasaran hasil ternaknya. Pasalnya, banyak rekan pemain yang berminat mendapatkannya.

kenari lomba
Prestasi beberapa kenari hasil ternak Kita BF Tegal.

Bahkan sampai saat ini masih banyak konsumen yang indent hasil breeding Kita BF. Produknya tidak hanya diminati para kenari mania di Kota Tegal saja, tetapi tersebar ke luar daerah seperti Jogja, Solo, Semarang, Malang, Jakarta, bahkan sampai Kalimantan.

Harga anakan kenari produksi Kita BF dibanderol mulai dari Rp 350 ribu hingga Rp 1 juta / ekor. Dalam satu bulan bisa terjual 8 – 12 ekor.

breeder kenari

cara ternak burung kenari
Beberapa kenari hasil ternak Kita BF Tegal.

“Tips untuk peternak baru, jangan takut memulai dan berinovasi demi mencetak anakan kenari berkualitas. Kalau sudah bisa mencetak kenari kualitas, konsumen tak akan bertanya lagi soal harga yang kita tetapkan,” tandas Om Pulung. (neolithikum)

breeding kenari
Ring Kita BF

Penangkaran kenari Kita BF

Kontak: Om Sumiar Pulung Prastowo Adi (WA 0857-2870-7963)

Alamat: Bumi Elok Sejahtera Blok C, No 8, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.