Pemasaran lovebird: Darlings BF Jambi terapkan sistem lelang

Iklan gratis jual beli burung di sini

Ada yang menarik dalam pemasaran anakan lovebird hasil penangkaran Darma Lingga Bird Farm (Darlings BF) Kota Jambi. Om Darma Lingga selaku pemilik acapkali menerapkan lelang di Facebook, kendati ada juga yang dibeli langsung oleh teman-temannya.

Darlings BF
Kandang penangkaran lovebird Darlings BF Kota Jambi.,

Open bid dimulai dari Rp 100.000, dengan kelipatan Rp 25 ribu. Tetapi untuk jenis josan, pasjo, dan paskun, open bid dimulai 000 dengan kelipatan Rp 25 ribu.

Harga lelang terendah sejauh ini jatuh pada angka Rp 175.000, adapun yang tertinggi mencapai Rp 1,8 juta per ekor. Dalam sebulan, omzet Darlings BF mencapai Rp 3 juta hingga Rp 10 juta, tergantung hasil panen.

TBB bikin burung ngos jadi joss

“Model lelang itu lebih memanjakan konsumen. Sebab bisa meningkatkan gairah persaingan calon pembeli dalam mendapatkan lovebird yang kami tawarkan. Selain itu, Darlings BF tak memaksakan jumlah tertentu, semuanya tergantung mekanisme pasar,” ujar Om Darma kepada omkicau.com.

Voer jangkrik luar biasa
Om Darma
Om Darma terapkan lelang dalam penjualan lovebird.

Semula, Om Darma hanyalah penggemar burung biasa. Kemudian mulai sering mengikuti lomba di wilayah Kota Jambi dan sekitarnya, terutama main di kelas lovebird. Lama-lama koleksi lovebirdnya makin banyak. Dari situlah dia berinisiatif untuk menangkarnya.

Anakan lovebird siap dikirim ke para pembeli.

“Saya mulai beternak lovebird tahun 2016, dengan materi seadanya, dan hanya memiliki dua pasang induk. Bermodalkan panduan yang saya lihat di youtube, dan sering bertanya kepada teman yang sudah beternak lovebird, saya jalankan usaha ini,” jelas Om Darma yang juga agen resmi baju balap (wearpack) dan sparepart balap motor.

Piyikan lovebird dipindah ke kandang pembesaran.

Lovebird hasil breeding Darlings BF.

Dari kandang koloni ke kandang baterai

Setelah berjalan tiga tahun, kini Darlings BF memiliki 17 pasang induk produktif. Untuk proses penjodohan, Darlings BF awalnya menerapkan sistem koloni dalam proses penjodohan.

ternak lovebird
Jika sudah berjodoh di kandang koloni, pasangan induk dipindah ke kandang baterai.

Kalau sudah ada yang berjodoh, pasangan baru tersebut dipindah ke kandang baterai. Tujuannya agar pencatatan silsilah induk dan seluruh aktivitas perkembangbiakan bisa terekam secara baik.

cara beternak burung lovebird
Salah satu pasangan induk lovebird koleksi Darlings Bird Farm.

Anakan yang menetas dibiarkan dalam pengasuhan induknya. Tetapi jika sudah berumur 10-14 hari, anakan lovebird dipanen dirawat dalam kandang terpisah.

Anakan lovebird diloloh dengan bubur Sun beras merah, menggunakan spet. Jeda spet minimal 2 jam, yang diberikan 4 -5 kali dalam sehari, sampai anakan bisa mandiri. Dengan cara seperti ini, induk lovebird dapat terus berproduksi.

ternak lovebird
Om Darma bersama putrinya.

Sejak disapih dari induknya, anakan lovebird dimaster menggunakan audio mp3 dengan nada campur. “Tips buat peternak baru, jangan mudah putus asa dan selalu sabar. Breeding burung itu dapat menjadi aktivitas yang menyenangkan jiwa dan raga,” tandas Om Darma. (neolithikum)

ternak lovebird

Darlings BF

Breeding lovebird Darlings Bird Farm

Kontak: Om Darma Lingga (WA 0812-7131-0463)

Alamat: Jalan Sentot Alibasa No 39, Kelurahan Payo Selincah, Kecamatan Palmerah, Kota Jambi.

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

- Tanya Om Kicau, silakan di sini.

- Iklan gratis jual beli burung di sini.

- Bingung cara mencari artikel di omkicau.com, cek artikel ini.

Dapatkan omkicau.com untuk Android dan IOS:

Aplikasi Android Omkicau.Com

Aplikasi IOS Omkicau.com

Mau pasang iklan di Omkicau.com, klik di sini