Anis merah Cut Tari: Belasan tahun mbolang di gantangan, ini dia rahasianya

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Sepeninggal Juventus, Owen, dan Zamorano, tiga anis merah legendaris di Tanah Air, muncul beberapa gaco hebat yang tak kalah hebatnya. Salah satunya adalah anis merah Cut Tari orbitan Om Ronny Perkasa. Prestasinya sangat stabil. Jawara nasional ini sudah belasan tahun mbolang di gantangan, termasuk 10 tahun di tangan Om Ronny.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

anis merah Cut Tari
Cut Tari, anis merah legendaris dengan gaya teler semi hiper.

Om Ronny Perkasa mendapatkan Cut Tari dari rekan kicaumania asal Sidoarjo, tahun 2009. “Saya beberapa memantaunya dalam lomba lokal. Kinerjanya sangat bagus, meski saat itu belum begitu stabil. Tanpa pikir panjang, kami pun sepakat melakukan take-over saat berlomba di Gantangan Dewa 99,” tutur Om Pungky, kiermaster kepercayaan Om Ronny Perkasa.

Sejak di tangan Om Ronny Perkasa, prestasi anis merah Cut Tari makin tajir. Prestasinya tak lagi berkutat di even-even lokal, tetapi sudah merambah even nasional seperti Piala Raja dan Piala Pakualam (Jogja), Pakde Karwo Cup (Surabaya), Plaza Cup (Semarang), Bali Shanti Cup (Denpasar), dan sebagainya.

Om Ronny Perkasa
Om Ronny Perkasa (kiri), pemilik anis merah Cut Tari.

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Berapa sih umur Cut Tari? Diperkirakan, burung ini sudah berumur 14 tahun. Tetapi sampai sekarang masih aktif mengikuti lomba. Bahkan Juni lalu, burung ini selama dua pekan beruntun meraih juara 1, yakni pada even Mega Launching Mahameru BC (18/6) dan Trio Jelitheng Cup 2 (25/6): keduanya diberlangsung di Kota Surabaya.

Tips perawatan anis merah Cut Tari

Menurut Om Ronny Perkasa, perawatan Cut Tari berbeda dari anis merah pada umumnya. Perbedaan yang mencolok terlihat pada pemakaian sangkar yang berbeda model antara harian dan lomba.

Om Pungky
Om Pungky (tengah), kiermaster sekaligus korlap saat melombakan gaco-gaco Om Ronny.

Sehari-hari, anis merah Cut Tari ditempatkan dalam sangkar kotak berukuran 43 cm. Tujuannya supaya bisa bergerak lebih leluasa. “Menjelang lomba, burung dipindah ke sangkar bulat. Jika sudah pindah ke sangkar bulat, kondisinya terlihat lebih on-fire,” ungkap Om Ronny kepada omkicau.com.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

gaya teler anis merah
Postur ideal membuat gaya teler Cut Tari makin aduhai.

a. Perawatan harian (Senin – Kamis):

  • Pukul 05.00 – 06.00: Burung diembunkan di teras, dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Pukul 06.00 – 08.00: Burung cukup diangin-anginkan (tanpa jemur).
  • Pukul 08.00 – 09.00: Burung mandi sepuasnya di dalam karamba.
  • Pukul 09.00 – 10.00: Pemberian extra fooding (EF) berupa jangkrik (2 ekor) dan kroto segar (1 sendok teh).
  • Pukul 10.00: Burung dikerodong penuh menggunakan kerodong berbahan kaos warna cerah. Full kerodong diterapkan hingga sore, malam, dan keesokan harinya.

b. Perawatan lomba (Jumat – Minggu):

  • Pola perawatan pada H-2 (Jumat) dan H-1 (Sabtu) hampir sama seperti harian.
  • Hanya saja, porsi jangkrik sejak H-2 dinaikkan menjadi 3 ekor.
  • Pada Hari-H, setiba di lapangan, Cut Tari diasingkan dari burung sejenis. Jadi, burung jangan sampai mendengar suara burung sejenis.
  • Tetapi sebelum naik gantang, burung wajib ditrek dulu dengan anis merah lainnya selama 15 menit.

perawatan anis merah
Cut Tari langsung teler usai ditrek dengan anis merah lainnya.

“Kalau terlalu lama ditrek, Cut Tari langsung teler di bawah. Tentu saja ini akan mengurangi performa saat naik gantang. Begitu digantang di arena lomba, Cut Tari langsung pamer gaya teler semi hyper, dan makin menawan jika lawannya cukup banyak,” tandas Om Ronny.

cara merawat burung anis merah
Ini dia penampilan Cut Tari di gantangan.

Selanjutnya, sehari setelah berlomba (Senin), dilakukan pemulihan kondisi terhadap Cut Tari. Salah satu hal yang biasa dilakukan Om Ronny adalah memberikan buah pepaya lokal (warna merah), yang terbukti efektif  untuk meredam birahi burung. (Endar)

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.