TIPS AGAR INDUKAN BURUNG MURAI BATU CEPAT BERTELUR

Saat berternak Burung Murai Batu, tentunya kita berharap bahwa indukan betina yang kita pelihara cepat bertelur, bukan? Dengan begitu, sebagai peternak kita bisa cepat “panen” dan menjual hasil anakan Burung Murai Batu tersebut.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Tapi, bagaimana jika Burung Murai Batu yang kita budidayakan tidak kunjung bertelur? Atau setiap kali bertelur selalu gagal? Tentunya hal ini akan membuat kita merugi. Dengan tingkat pendapatan yang kurang maksimal. Anda harus tetap mengeluarkan biaya untuk perawatan dan pakan Burung Murai Batu tersebut.

Sebagai peternak tentunya kita tidak menginginkan hal tersebut. Semakin produktif Burung Murai Batu tersebut dan semakin berkualitas telurnya. Maka, kita bisa mendapatkan cuan yang lebih banyak. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa Tips agar Indukan Burung Murai Batu Cepat Bertelur. Simak tipsnya dibawah ini ya :

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Tips agar Indukan Burung Murai Batu Cepat Bertelur

1.      Lakukan Pemilihan Indukan yang Tepat

Agar Burung Murai Batu yang Anda ternakkan cepat bertelur, maka hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah memilih indukan yang berkualitas. Indukan (baik jantan atau betina) yang berkualitas tentunya akan semakin meningkatkan produktivitas. Mereka bisa menghasilkan banyak telur yang menghasilkan anakan berkualitas tinggi per bulannya.

Jika indukan sudah tidak bagus, tentunya kita akan mengalami berbagai macam kendala, seperti sulit penjodohan, tidak bertelur, buang telur, buang anak dan lain-lain.

Lalu, bagaimana jika saat ini Anda hanya memiliki indukan yang tidak berkualitas? Apakah Anda harus mempertahankannya dan merawatnya untuk meningkatkan kualitasnya atau mengganti indukan yang ada?

Sebaiknya, Anda mengganti indukan yang Anda miliki. Pertama, Anda akan membutuhkan banyak sekali biaya untuk merawat indukan yang saat ini (yang sakit/kualitasnya buruk) lama kelamaan hal ini akan membuat Anda tekor. Untuk mendapatkan keuntungan, tentunya produktifitas Burung tersebut harus terjaga dengan baik. Jadi, fokuslah untuk meningkatkan produktivitas jangan fokus pada kutak katik Indukan yang SULIT DI TERNAK.

Baca juga  Randu 63 BF Surabaya berternak lovebird mutasi, hasil produksi laku hingga ratusan juta

2.         Berikan Pakan yang Bernutrisi

Tips agar Indukan Burung Murai Batu Cepat Bertelur yang kedua adalah memberinya pakan yang bernutrisi. Sehingga kebutuhan nutrisi harian Burung Murai Batu yang Anda pelihara tetap terjaga. Mereka jadi lebih fit dan sistem reproduksinya berkembang sempurna yang kemudian menelurkan anakan yang berkualitas tinggi dan banyak.

Pemberian pakan yang tepat juga mampu merangsang Indukan Burung Murai Batu agar mereka mau kawin. Berikut ini ada beberapa rekomendasi Pemberian Pakan saat beternak.

Pada Fase ini, berikan Indukan Full Extra Fooding (EF) terkontrol. Jangkrik, kroto, cacing, UH diberikan sebagai sumber Protein. Kemudian, berikan Vitamin, Mineral dan Kalsium makro.

Vitamin ternak pada fase ini, bisa menggunakan Indovit, IndovitPro dan Mineral Ekspress selama 5 hari, kemudian cukup pemberian Indovit dan Mineral Ekspress seminggu 2 kali. Untuk dapatkan produk Vitamin ini, Anba bisa hubungi langsung ke Produsennya di WA 087770218222.

3.      Pastikan Kandangnya dalam Kondisi yang Nyaman untuk bertelur

Tips agar Indukan Burung Murai Batu Cepat Bertelur ketiga adalah mengatur letak kandang dan kenyamanan kandang.

Burung Murai Batu pada umumnya tidak mau kawin apabila kondisi kandang yang mereka tempati terasa tidak nyaman. Selain itu, Anda juga harus tetap menjaga kebersihan kandang Burung Murai Batu yang Anda pelihara.

Untuk ukuran kandang Burung Murai Batu sendiri, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Anda juga bisa meletakkan pasir atau tanah di dasar kandang tersebut agar kotoran dari Murai Batu tersebut terkontrol untuk tingkat keasamannya serta untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Berilah lampu untuk menyinari kandang dan area sekitarnya. Siapkan pula tempat untuk pakan, tempat untuk air dan juga untuk bersarang, jika sewaktu-waktu murai batu mau kawin dan juga bertelur.

Baca juga  Kandang Arco BF dibobol, 9 induk betina dan 11 induk jantan raib!

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Pastikan pula, lokasi pemilihan kandangnya sudah tepat. Akan lebih baik pula kalau kandang tersebut terkena sinar matahari secara langsung. Jika kandang tersebut sudah terasa nyaman, maka Burung Murai Batu akan melakukan proses perkawinan dan akhirnya menghasilkan telur.

4.         Tingkatan Birahi Indukan Burung Murai Batu

Jika diperlukan, Anda bisa memberikan Produk Omkicau TestoBird dan EstroBird pada indukan Burung Murai Batu tersebut agar mereka cepat kawin dan dapat menghasilkan telur. Penggunaan TestoBird dan EstroBird untuk Murai Batu ini tidak direkomendasikan untuk jangka waktu lama.

5.         Pastikan Indukan yang Anda ingin Jodohkan Sudah Berusia Matang

Tips agar Indukan Burung Murai Batu Cepat Bertelur kelima adalah memastikan bahwa Indukan Murai Batu tersebut sudah matang usianya. Usia yang matang ini menandakan bahwa sistem reproduksi mereka sudah siap untuk kawin dan bertelur. Kesiapan ini akan menghindarkan resiko telur yang gagal dan indukan yang stress.

Usia ideal untuk indukan Burung Murai Batu betina bertelur adalah diatas 1 tahun. Sementara untuk jantannya, di atas 2 tahun.

6.         Anda bisa Melakukan Ternak dengan Sistem Koloni

Harga Burung Murai Batu jantan lebih mahal dibandingkan dengan burung Murai Batu betina. Untuk menghemat biaya, Anda bisa mengawinkan Burung Murai Batu tersebut dengan sistem koloni (poligami).

Pertama sekali, dalam proses penjodohan Anda harus pastikan kedua Indukan dalam kondisi sama-sama birahi. Sang Jantan jika didekatin betina merayu dan betina sudah rajin bunyi manggil-manggil jantan.

7.         Berikan Vitamin yang Menunjang Kesehatan Burung Murai Batu Tersebut

Tips agar Indukan Burung Murai Batu Cepat Bertelur selanjutnya adalah dengan memberinya vitamin yang mampu menunjang perkembangan sistem reproduksinya. Vitamin yang bisa Anda gunakan adalah Indovit Pro, Indovit  dan Mineral Express. Takarannya adalah 1 tetes Indovit Pro, 1 tetes indovit dan 3 tetes Mineral Express. Cara pemberiannya adalah sebagai berikut :

  1.     Pada tutup botol, berikan 1 tetes Indovit Pro, 1 tetes indovit dan 3 tetes Mineral Express
  2.     Tambahkan air setengah cc atau kira-kira 5 tetes.
  3.       Ambil 4-5 ekor jangkrik segar. Suntikan air campuran vitamin tersebut ke beberapa jangkrik dengan cara menyuntikkannya. Suntikkan cairan vitamin tersebut pada bagian leher atas (bagian kelapa menuju perut) jangkrik tersebut. Suntikkan dengan hati-hati, jangan sampai cairan tersebut bocor atau menetes agar Burung Murai Batu tersebut mau makan jangkriknya.
Baca juga  Breeding lovebird Ries Bara BF Bengkalis: Penjodohan di kandang battery, anakan diasuh induknya

Sekian pembahasan mengenai beberapa Tips agar Indukan Burung Murai Batu Cepat Bertelur. Semoga tips diatas bermanfaat. Untuk membantu Anda ternak murai batu, kami siapkan E Book GRATIS Contekan Beternak Murai Batu. Silahkan WA ke 087770218222

Anda juga bisa banyak belajar ternak murai batu pada Group Peternak Murai Batu Nusantara https://youtu.be/wLIIsKuO35M

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

Be the first to comment

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.