MENU ARTIKEL CUCAK HIJAU
.

=

CICA DAUN BESAR
Status konservasi: Risiko Rendah
Klasifikasi ilmiah Kerajaan: Animalia
Filum:   Chordata
Kelas:    Aves
Ordo:    Passeriformes
Famili:  Chloropseidae
Genus:  Chloropsis
Spesies: C. sonnerati
Nama binomial:
Chloropsis sonnerati
Jardine & Selby, 1827

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

UMUM
Meskipun nama umum adalah cucak hijau atau cucak ijo, namun burung ini bukanlah keluarga merbah atau cucak-cucakan. Burung cucak hijau sama sekali bukan satu suku dengan cucakrowo atau cucak jawa misalnya.

Yang biasa kita sebut cucak hijau ini memiliki nama ilmiah Chloropsis sonnerati. Dia adalah burung cica-daun besar dengan seluruh badan dominan dengan warna hijau. Chloropsis sonnerati termasuk ke dalam suku Chloropseidae, berkerabat dekat dengan burung cipoh (Aegithina spp.). Dalam bahasa Inggris burung ini dikenal sebagai Greater Green Leafbird.

Jenis-jenis cica-daun juga dikenal dengan sebutan umum burung daun, atau murai daun.

Bertubuh sedang, dengan panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 22 cm.

Seperti umumnya cica-daun, seluruh tubuh didominasi warna hijau terang (hijau daun), termasuk sayap dan ekor; sementara pipi dan tenggorokan burung jantan berwarna hitam berkilau.
Perbedaan dengan cica-daun yang lain adalah adanya warna (noktah) biru pada bahu burung jantan. Burung betina dengan tenggorokan kuning dan lingkaran mata kuning. Kedua jenis kelamin memiliki sepasang setrip malar biru berkilau di sisi dagunya.

Iris mata berwarna coklat gelap, paruh tebal hitam, dan kaki abu-abu kebiruan.

Jenis burung ini kadang bersikap agresif terhadap jenis lain yang berukuran lebih kecil. Saat berkicau, cica-daun besar akan menundukkan kepala. Makanannya adalah aneka serangga dan buah-buahan hutan.

.
+HABITAT CUCAK HIJAU

Cica-daun besar menyebar di Semenanjung Malaya, Sumatra dan pulau-pulau di sekitarnya, Kalimantan termasuk pula Natuna, Jawa dan Bali. Tersebar luas tetapi tidak umum didapati, di hutan-hutan dataran rendah dan perbukitan sampai ketinggian 1.000 m dpl.

.
+CIRI BERDASAR DAERAH ASAL

Cica-daun adalah jenis burung Oriental (Asia) yang penyebarannya tidak melewati Kalimantan di sebelah timur. Beberapa jenisnya yang terdapat di Indonesia, selain cica-daun besar, adalah:

1. Cica-daun kecil (C. cyanopogon); sangat mirip cica-daun besar, hanya ukurannya lebih kecil (17 cm) dan tidak punya bercak biru di bahu.
2. Cica-daun sayap-biru (C. cochinchinensis); sayap dan ekor tersaput warna biru. 17 cm.
3. Cica-daun dahi-emas (C. aurifrons); dahi kekuningan pada yang jantan. 19 cm.
4. Cica-daun sumatra (C. venusta); paling kecil, 14 cm. Dahi dan sisi kepala biru terang (jantan), tenggorokan biru terang (betina).

Kembali ke MENU ARTIKEL

.
+CIRI JANTAN DAN BETINA

Cucak hijau termasuk burung dimorfik, yakni terdapat perbedaan ciri fisik yang bisa dilihat antara burung jantan dan burung betina dewasa. Untuk burung jantan, pada dagu dan tenggorokan berwarna hitam, sedangkan betina hijau.

Sementara itu untuk cucak hijau yang masih muda/trotolan sekitar umur 2-4 bulan, bentuk fisik jantan dan betina nyaris sama, bulunya pun warnanya sama hijau muda. Serta ada warna kuning, di bawah paruh sampai leher. Dan sepertinya, tidak ada ciri khusus yang membedakan antara yang jantan dan betina.

Namun bagi mereka yang sudah bertahun-tahun menekuni cucak hijau akan sangat mudah melihat perbedaannya baik masih bakalan apalagi saat dewasa. Ada beberapa cara jitu untuk melihat perbedaan jantan dan betina. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli bakalan cucak hijau dipasar burung maupun di pengepul.

Pertama, bakalan jantan, jika masih berumur di bawah 4 bulan maka alis yang melingkar di kedua di matanya berwarna kuning. Jika alis matanya berwarna putih, betina.

Kedua, warna paruh bagian bawah, kalau jantan berwarna coklat tua. Sedangkan yang betina berwarna putih.

Beda cucak ijo anakan jantan dan betina dilihat dari bagian luar kerongkongan (Foto: Jo_Qplie/kicaumania.or.id)

Ketiga, jika bakalan sudah berumur di atas 4-6 bulan, maka betina akan berwarna kuning di bagian leher, kemudian akan berubah menjadi warna putih kehijauan. Sedangkan jantan, warna kuningnya akan dipenuhi trotol-trotol hitam. Pada dua bulan berikutnya, warna hitam itu akan tampak lebih jelas pada bagian leher/bawah paruh.

Seiring dengan bertambnya umur, warnua hitam di leher bawah, akan terus menutup sampai di bawah matanya.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.
+MEMILIH CUCAK HIJAU

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung cucak hijau.

  • Berkelamin jantan dengan postur tubuh yang panjang serasi, mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah.
  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar dan panjang.
  • Paruh bagian bawah harus lurus. Jangan memilih bahan yang memiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekat mungkin dengan posisi mata.
  • Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat.
  • Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  • Rajin bunyi, ini menandakan burung tersebut memiliki prospek yang cerah.
  • Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.
+CARA PERAWATAN

Tempat: Cucak hijau bisa dipelihara dengan sangkar kotak dengan ukuran panjang-lebar 45-45 cm dengan tinggi 60 cm atau bisa juga sangkar bulat dengan diameter 35 cm. Sementara tenggeran atau pangkringan bisa dibuat dari kayu asam dengan diameter 1,5 cm.

– Pakan: Sama dengan burung lain pada umumnya, cucak hijau memerlukan menu pakan yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari vitamin B) dan Ca-D

Di samping vitamin, perlu juga kecukupan mineral. Mineral dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.

Yang termasuk mineral yang diperlukan burung cucak hijau adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.

REFERENSI TENTANG PERAWATAN BURUNG SECARA UMUM BISA DILIHAT DI SINI

Makanan yang sesuai untuk burung cucak hijau

  • Voer (sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu: 12%-18%, belum tentu voer yang berharga mahal akan cocok dengan sistem metabolisme setiap burung cucak hijau. Voer diberikan sebagai pelengkap kebutuhan nutrisinya. Selalu ganti dengan voer yang baru setiap dua hari sekali.
  • Buah Segar, burung ini sangat menyukai buah pepaya, pisang kepok putih, apel, pir, tomat dan beberapa buah lainnya. Sebaiknya perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya mengandung vitamin C yang tinggi sehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Di samping itu, buah pepaya sangat mudah dicerna dan sangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burung pemakan buah.
  • EF (Extra Fooding), pakan tambahan yang sangat baik yaitu: Jangkrik, orong-orong, kroto, ulat hongkong, ulat bambu, kelabang, belalang dan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengan karakter pada masing-masing burung dan juga harus mengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannya EF tersebut.

Referensi vitamin dan mineral lengkap untuk burung, silakan di lihat di artikel ini.

Kembali ke MENU ARTIKEL

Perawatan dan setelan harian burung cucak hijau

Perawatan harian untuk burung cucak hijau relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.

Pola Perawatan Harian dan Stelan Harian untuk burung cucak hijau:

  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung).
  • Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan voer, air minum dan buah segar.
  • Berikan Jangkrik 3 ekor pada cepuk EF. Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.
  • Penjemuran dapat dilakukan selama 1-2 jam/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung tidak melihat burung sejenis.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  • Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat dimaster dengan suara master atau burung-burung Master.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.
  • Berikan Jangkrik 2 ekor pada cepuk EF.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

Penting

  • Kroto segar diberikan 1 sendok teh maksimal 2x seminggu. Contoh setiap hari Senin pagi dan hari Kamis pagi.
  • Buah Segar diberikan rutin setiap hari, dengan format: Hari Senin sampai hari Kamis berikan buah Pepaya, hari Jum’at dan hari Sabtu berikan Apel atau Pisang atau buah lainnya.
  • Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
  • Berikan multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.
  • Berikan buah pisang yang yang telah diolesi madu setiap hari Sabtu.

Penanganan apabila burung cuvak hijau overbirahi

  • Pangkas porsi Jangkrik menjadi 1 pagi dan 1 sore
  • Bisa diberikan 2 ekor Ulat Bambu dalam 3 hari berturut-turut
  • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
  • Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 30 menit/hari saja

Penanganan apabila burung cuvcak hijau kondisinya drop

  • Tingkatkan porsi pemberian Jangkrik menjadi 5 pagi dan 5 sore
  • Tingkatkan porsi pemberian Kroto menjadi 3x seminggu
  • Mandi dibuat 2 hari sekali saja
  • Burung segera diisolasi, jangan melihat dan mendengar burung cucak hijau lain dahulu
  • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 2-3 jam/hari

Kembali ke MENU ARTIKEL

.
+PENANGANAN CUCAK HIJAU UNTUK LOMBA

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini Pola Perawatan dan Stelan Lomba untuk burung cucak hijau:

  • H-3 sebelum lomba, Jangkrik bisa dinaikkan menjadi 10 ekor pagi dan 6 ekor sore.
  • H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 30 menit saja.
  • 1 Jam sebelum digantang lomba, berikan Jangkrik 3 ekor dan Ulat Hongkong 10-20 ekor.
  • Apabila burung akan turun lomba kembali, berikan Jangkrik 1 ekor lagi.

Penting

  • Jangan memandikan burung pada saat di lapangan, karena dapat membuat birahi burung tersebut menjadi sangat tidak stabil.
  • Berikan kesempatan pada burung untuk beradaptasi sebentar pada suasana lapangan, agar burung tidak kaget.

Perawatan dan setelah cucak hijau pasca lomba

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.

Berikut ini pola Perawatan dan setelan pasca lomba untuk burung cucak hijau:

  • Porsi EF dikembalikan ke setelan harian.
  • Berikan multivitamin pada air minum pada H+1 setelah lomba.
  • Sampai H+3 setelah lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.
+PERAWATAN CUCAK HIJAU MABUNG

Untuk burung cucak hijau, sangat jarang terjadi mabung total dan biasanya hanya nyulam atau ganti bulu secara bergantian. Namun jika terjadi burung mengalami masa nyulam dengan banyak bulu yang berjatuhan, maka perlu dilakukan treatmen mabung. Apa itu?

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). Burung harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna.

Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk dapat mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur (lihat misalnya penjelasan pada “Moulting in Bird” di situs vetafarm.com yang menjadi referensi utama untuk tulisan mengenai masalah mabung ini).

Faktor-faktor yang berpengaruh pada masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.

Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk menyediakan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.

Meskipun pada umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu masa mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bahkan ada bulu yang tidak rontok (sekadar nyulam).

Penggangu tersebut antara lain:

* Penyakit – Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.

* Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya).

* Kimiawi –  penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung.

* Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.

Apa yang perlu Anda lakukan agar burung dapat memiliki bulu baru sebaik mungkin?

Pertama-tama menyingkirkan segala cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.

Kedua, pastikan tidak satu pun dari burung Anda menjadi pembawa virus bibit penyakit, misalnya Polyoma.

Ketiga, berikan gizi yang cukup selama burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. Hanya saja perlu diingat bahwa pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mengandung karbohidrat misalnya, hanya akan membuat burung kekurangan gizi meski secara fisik terlihat gemuk.

Jika Anda telah melakukan semua hal di atas dan masih mengalami masalah dengan kualitas bulu Anda perlu berbicara dengan dokter hewan khusus burung.

Cara Smart menggunakan BirdVit

Dalam kaitan dengan persoalan mabung inilah disarankan kepada penghobi burung untuk memberikan burung asupan tambahan, misalnya BirdMolting atau juga BirdVit untuk burung yang sedang mabung. Cara ini lebih smart” sebab BirdVit adalah multivitamin dan multimineral yang sangat diperlukan burung selama masa mabung.

BirdVit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang diperlukan burung, seperti:

  • Vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3.
  • Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.
  • Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Dengan demikian, selama kita menggunakan BirdVit untuk menangani burung mabung, maka kita cukup memberikan porsi pakan seperti sediakala tanpa khawatir burung kekurangan “energi masa mabung”. Sebab, memang benar energi yang diperlukan burung ketika mabung bukanlah energi yang hanya akan mengumpul menjadi lemak tetapi energi untuk pertumbuhan bulu seperti asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin.

Cucak hijau bermasalah

Untuk burung-burung yang sangat bermasalah misalnya bulu mudah patah atau burung sakit-sakitan seusai masa mabung, biasanya dikarenakan asupan mineralnya yang kurang. Selain digunakan BirdVit, Anda bisa menyertakan pula BirdMineral.

Apa beda BirdMineral dan BirdVit?

Untuk diketahui, ada mineral dan vitamin tertentu yang tidak efektif jika digunakan bersamaan. Akan saling melemahkan. Karena keduanya sama-sama dibutuhkan burung dalam jumlah yang proporsional, maka mineral dan vitamin tertentu hanya bisa dicampur dengan komposisi dan volume tertentu.

Seperti diketahui di dalam BirdVit ada sejumlah mineral yang sangat diperlukan burung. Namun kandungan mineral di dalam BirdVit tidak sebesar di dalam BirdMineral karena selain sebagai penjaga vitalitas burung,  BirdMineral juga bersifat mengcover atau mengobati.

Pola perawatan cucak hijau masa mabung:

  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 20 menit/hari atau kalau untuk penanganan ekstrim burung mabung, bisa dilakukan perawatan ekstem mabung.
  • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit atau BirdMineral, pemberian porsi EF diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: setelan jangkrik dibuat 5 ekor pagi dan 3 ekor sore, kroto 1 sendok makan setiap pagi dan cacing 2 ekor 3x seminggu.
  • Meski tidak menggunakan BirdVit dan/atau BirdMineral, pemberian multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu sangat perlu.
  • Jika Anda tidak menggunakan BirdVit, perlu perbanyak pemberian buah pepaya, karena buah pepaya sangat mudah dicerna sehingga melancarkan proses metabolisme tubuh burung. Di samping itu buah pepaya banyak mengandung vitamin C yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh burung.

Lakukan pemasteran

Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.
+PENANGKARAN CUCAK HIJAU

Kandang, indukan, penjodohan

Untuk memilih indukan jantan, pilih saja cucak ijo yang sehat, tidak cacat fisik dan gacor dengan perkiraan usia di atas 2 tahun. Sedangkan betinanya, bisa dipilih yang usia di atas 1 tahun, mulus dan sudah mau bunyi kalau didekatkan dengan cucak ijo jantan. Pilihlah jantan dan betina yang jinak, dalam arti tidak takut lagi dengan manusia. Soal asal cucak ijo, pilih sesuai keinginan Anda. Bisa asal Sumatera, Blora, Jember, Banyuwangi atau dari manapun.

Setelah calon indukan dipilih kemudian kita melakukan proses penjodohan. Proses penjodohan bisa dilakukan dengan kandang penjodohan, yakni sangkar bersekat yang sekatnya bisa kita ambil sewaktu-waktu. Jika tidak punya sangkar sekat, bisa gunakan sangkar harian biasa.

Penjodohan dilakukan dengan selalu menempelkan sangkar si jantan dan betina berdempetan. Dengan posisi ini, maka jantan yang sudah birahi pada tahap awal akan selalu berkicau mengarah si betina. Si betina juga akan menanggapi dengan siulan-siulan khas betina. Jika belum mau berjodoh, betina akan menghindar dengan cara menjauh dan bersikap cuek. Proses penjodohan ini bisa berlangsung lama atau sebentar tergantung dari kondisi birahi masing-masing.

Ada baiknya dalam proses penjodohan ini kita memperhatikan apa yang pernah disampaikan Om Arkum. Dia mengatakan bahwa dalam tahap penjodohan, dia biasanya melihat dulu apakah burung secara umur sudah siap atau belum, kemudian sudah birahi atau belum. Faktor birahi sangat mempengaruhi proses penjodohan, cepat atau tidak dan berantem atau tidak dan ini juga di pengaruhi umur burung. “Trik yang sering saya pergunakan untuk menjodohkan burung adalah dengan kandang sekat. Jadi suatu saat untuk melihat jodoh atau tidak, saya tinggal menarik pembatas kandang sekat yang ada di tengah,” katanya.

Untuk membuat burung cepat jodoh, dia biasanya melakukan hal sebagai berikut:

1. Hari pertama diberi EF yang lebih dari biasa, misal jantan betina diberi masing-masing 10 ekor jangkrik dan 10 ekor cacing dengan tujuan agar keduanya terpacu birahinya.

2. Hari kedua, jatah jantan tetap dan jatah betina dikurangi, misal 10 : 5, hal ini ditujukan untuk tetap menjaga birahinya

3, Hari ketiga jatah jantan ditambah dan jatah betina dihilangkan. Tujuannya pada saat si jantan birahi, dia akan memainkan EF di mulutnya, dan pada saat yang bersamaan si betina kelaparan karena tidak mendapat jatah makan, sehingga si betina akan berusaha meminta jatah makan dari si jantan.

Proses ini bisa dilanjutkan untuk beberapa hari ke depan. Lamanya tergantung burung itu sendiri, bisa sehari, 2 hari atau mungkin 1 bulan belum jodoh.

Proses penjodohan seperti itu pula yang dilakukan Mas Samino di Lintang Songo BF Solo. Proses penjodohan ini dilakukan selama hampir sebulan sampai jantan betina mau bercampur tanpa tarung lagi.

Untuk mengetahui apakah mereka bisa akur atau tidak, sesekali mereka dicampur terutama di saat dimandikan di karamba. Kalau mereka tidak tengkar, maka bisa dicoba dijadikan satu. Kalau masih ada tanda-tanda bertengkar, maka perlu dipisah lagi. Lakukan hal itu sampai burung benar-benar mau dikumpulkan jadi satu tanpa saling serang.

Sekadar tips dari saya, jika burung Anda sulit atau lama berjodoh, maka Anda bisa menggunakan BirdMature. BirdMature adalah produk untuk meningkatkan birahi burung secara cepat, terutama untuk burung-burung penangkaran. BirdMature sudah teruji di kandang penangkaran lovebird punya Om Dwi, DT BF Jogja, dan penangkaran murai batu Black BF Cilacap.

Setelah penjodohan selesai, maka kedua burung langsung dimasukkan ke kandang penangkaran.

Manajemen pakan penangkaran cucak ijo

Untuk persoalan penyediaan sarang dan sarana-prasarana lain, Anda bisa melihatnya lagi di artikel Kandang penangkaran burung. Sementara untuk penangkaran dengan sangkar gantung, meski sudah berhasil bertelur  seperti yang dilakukan Om Angin Jakarta, tetapi belum ada informasi apakah sudah bisa menetas (sudah terjadi perkawinan, mengeram tenang dan menetas). Sedangkan untuk masalah pakan, burung cucak ijo bisa saja diberikan dengan pola standar berupa voer, serangga, cacing dan buah-buahan. Namun demikian pemberian pakan untuk burung penangkaran harus lebih banyak porsinya ketimbang burung untuk peliharaan harian.

Hanya saja, perlu diingat, pemberian asupan yang tidak seimbang justru akan memperlama proses produksi. Penggunaan voer untuk ayam broiler misalnya, memang meningkatkan jumlah protein, tetapi pada saat yang sama jumlah lemaknya pun banyak. Padahal, burung penangkaran yang kegemukan, akan sulit bereproduksi dengan baik. Begitu juga dengan voer yang biasa digunakan untuk burung kicau harian, secara umum sudah baik, namun kandungan mineralnya seringkali tidak bisa kita pastikan karena banyak voer yang dijual tanpa disertai keterangan komposisi isi yang memadai. Dalam kaitan inilah saya menyarankan ke beberapa penangkar untuk memberikan multi vitamin dengan komposisi yang pas untuk burung.

Multivitamin yang bagus setidaknya mengandung vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3; zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate. Untuk referensi ini, silakan baca tentang produk BirdVit.

Pada saat yang sama, burung di penangkaran membutuhkan mineral yang komplit dan seimbang. Unsur Ca dan K misalnya, harus benar-benar tercukupi sehingga proses pembuatan cangkang telur bisa berlangsung dengan baik. Lebih dari itu, kekurangan mineral pada burung akan menyebabkan beberapa kendala dalam penangkaran, antara lain bulu lemah, tidak mulus, kusam; terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); paralysa (lumpuh); perosis (tumit bengkak); anak burung mati setelah menetas; mengalami urat keting (tendo); terlepas sendinya, tercerai (luxatio); paruh meleset, kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; tidak juga segera bertelur, telur kosong, produktivitas rendah, dan daya tetas rendah, serta kematian embrio tinggi. Untuk menghindari hal itu, ada baiknya Anda mengetahui masalah mineral burung.

Masa mengeram

Seperti halnya penangkaran burung pada umumnya, cucak ijo membutuhkan lingkungan yang tenang. Paling tidak, harus terbebas dari gangguan predator (kucing, tikus dll). Sementara untuk menghindarkan burung dari serangan penyakit yang berasal dari parasit, maka Anda harus memastikan kandang yang relatif bebas parsit dan serangga pengganggu seperti semut dan kecoak.

Parasit pengganggu burung di penangkaran ada macam-macam. Jika tidak ditangani secara serius, maka akan menyebabkan betina tidak nyaman dalam mengeram. Akibatnya, burung tidak tenang dan selalu turun dari sarang. Jika ini berulang terjadi, maka dipastikan telur tidak bisa menetas karena tidak mendapatkan suhu pengeraman yang stabil. Kadang-kadang, gangguan parasit juga menyebabkan indukan berlaku agresif dan bisa mengobrak-abrik sarang, makan telur sendiri, dan lain-lain.

Selama masa mengeram, ekstra fooding perlu dikurangi dengan tujuan agar kedua burung tidak naik birahinya yang juga sering menyebabkan mereka berlaku agresif baik terhadap pasangan amupun terhadap telur yang sedang dierami.

Setelah usia pengeraman 14 hari, maka telur burung cucak ijo akan menetas. Untuk mengantisipasi masa menetas, maka mulai hari ke-12 pengeraman, Anda perlu meningkatkan jumlah ekstra fooding dan menyediakan kroto sebagai pakan pertama yang akan diberikan indukan kepada anakannya.

Manajemen anakan

Piyikan cucak ijo Om Bambang. (Foto: Koleksi Om Bambang Is)

Jika telur telah sukses menetas, maka anakan cucak ijo bisa Anda petik antara usia 5-10 hari. Kalau kurang dari 5 hari, kondisi burung terlalu lemah dan kadang menyulitkan kita untuk menyuapkan pakan. Sementara jika lebih dari 10 hari, burung sudah takut dengan manusia. Akibatnya, mereka takut disuapi dan pada saat yang sama mereka belum bisa makan sendiri. Selanjutnya, ya bisa mati-lah anak-anak cucak ijo.

Anak-anak cucak ijo bisa Anda letakkan di wadah apa saja yang penting ada landasan dengan bahan yang sama dengan yang dibuat untuk membuat sarang di kandang penangkaran. Untuk landasan teratas bisa kita beri kapas agar lembut dan tidak melukai anakan burung. Anakan di wadah khusus itu kemudian bisa Anda letakkan di dalam kotak kayu atau kotak apa saja, dengan diberi lampu penghangat.

Sedangkan untuk pakan anakan cucak ijo yang diambil pada usia 5-10 hari, Anda bisa menyiapkan kroto yang benar-benar bersih dari kotoran dan bangkai semut. Suapkan perlan-pelan dengan alat suap yang bisa Anda buat seperti penjepit yang terbuat dari bambu. Atau Anda bisa membuat dengan bentuk apapun yang penting bisa untuk menyuapkan kroto ke paruh burung anakan. Kroto yang akan Anda berikan, perlu ditetes air sedikit sehingga memudahkan burung anakan untuk menelannya.

Untuk burung-burung di atas usia 7 hari, Anda juga bisa memberikan kroto yang dicampur dengan adonan voer. Untuk memastikan kecukupan vitamin dan mineral anakan burung, Anda perlu menambahkan BirdVit ke dalamnya.

Anakan burung pada usia 15 hari ke atas, Anda sudah bisa mulai memberikan jangkrik kecil yang dibersihkan kaki-kakiinya, dan dipencet kepalanya. Atau kalau untuk pemberian di masa-masa awal, jangan disertakan kaki dan kepalanya. Lebih baik lagi kalau Anda bisa memberikan jangkrik yang sedang mabung, yakni masih lembut dan berwarna putih.

Ketika anakan burung sudah mulai meloncat-loncat kuat di dalam boks sarang, Anda bisa memindahkannya ke dalam sangkar gantung. Hanya saja perlu diingat, dasar sangkar gantung tetap diberi landasan bahan yang sama dengan bahan pembuat sarang. Tujuannya adalah mencegah kaki burung anakan cedera. Sementara untuk tangkringan harus dibuat bertingkat agar burung juga belajar meloncat antar tangkringan.

Sementara itu untuk manajemen indukan pasca anakan diambil, Anda bisa menyetting pakan untuk indukan seperti pada masa pasca penjodohan. Setelah anakan diambil, biasanya 7-10 hari setelahnya, betina mulai bertelur lagi. Hal ini berulang terus dan akan mengalami perubahan ketika burung mengalami masa mabung. Mabung pada cucak ijo pada umumnya memang tidak sekaligus bulu ambrol dalam rentang hari yang pendek, tetapi nyulam-nyulam.

Dengan model mabung seperti ini, maka tidak mengherankan masih ada juga cucak ijo yang tetap betelur meski bulu mulai jatuh. Namun demikian, ada juga yang berhenti berproduksi seketika. Hal ini memerlukan kecermatan Anda untuk memberikan asupan yang bagus untuk burung penangkaran, sehingga meskipun kondisi fisik terlihat tidak fit, tetapi tetap saja mau berproduksi. Lain masalahnya kalau proses nyulamnya memang tinggi, yakni bulu banyak sekali yang berjatuhan, maka Anda harus bersabar untuk menunggu burung menyelesaikan masa mabung, rekondisi dan siap lagi berproduksi.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.
+KENDALA UTAMA PENANGKARAN

Penjodohan

Dalam penjodohan burung untuk penangkaran, kesulitan utama adalah menyamakan masa birahi burung. Sebab, apabila burung tidak sama masa birahinya, maka penjodohan sulit dilakukan. Untuk itu, Anda perlu memberikan asupan pakan yang bisa memunculkan birahi burung, baik untuk jantan ataupun betina.

Dalam kaitan ini, disarankan Anda menggunakan multivitamin dan multi mineral yang dilengkapi dengan suplemen lengkap dan seimbang disertai bahan aktif yang bermanfaat untuk kebutuhan utama asupan makan burung indukan. Anda bisa misalnya menggunakan BirdMature.

Fungsi utama BirdMature/BMR adalah meningkatkan fertilitas dan menormalkan fungsi reproduksi burung. BMR sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh para penangkar sehingga mencapai produksi burung yang optimal.

Macet produksi

Banyak sekali kasus burung macet produksi. Meskipun indukan jantan dan betina terlihat sehat, namun ternyata keduanya tidak juga melakukan perkawinan. Atau kalau melakukan perkawinan tidak terjadi pembuahan. Tanda tidak ada pembuahan adalah telur yang kosong sampai masa pengeraman berakhir.

Sebenarnya, macet produksi dalam kasus di atas adalah karena datangnya masa birahi burung pasca telur menetas tidak berbarengan. Dengan demikian, dalam kasus ini juga disarankan menggunakan BirdMature sehingga muncul birahi jantan dan betina pada saat yang bersamaan.

Fungsi utama BirdMature memang meningkatkan fertilitas dan menormalkan fungsi reproduksi burung. Namun dia memiliki fungsi lain, yakni meningkatkan daya tahan tubuh piyikan (burung-burung muda), menormalkan sistem kekebalan tubuh piyikan serta menyempurnakan pertumbuhan bulu burung.

Banyak burung piyikan mati disebabkan dia kekurangan asupan yang seharusnya tersimpan secara normal ketika dia masih dalam bentuk telur. Dengan pemberian BirdMature, risiko kematian anakan piyikan burung bisa ditekan.

.
+PROBLEM UTAMA CUCAK HIJAU

1. Kurang fighting spirit, tidak ngetrok atau njambul
2. Hanya melet-melet (julurkan lidah) kalau ditrek
3. Mabung nyulam terus-menerus
4. Nyekukruk tak bergairah

1. Kurang fighting spirit alias kurang semangat tempur biasanya karena burung masih muda, burung kurang fit, kegemukan. Atasi dengan pemberian asupan yang seimbang gizi, vitamin dan mineralnya. Bisa gunakan BirdVit untuk rawatan harian. Bisa gunakan BirdShout selama 3 hari sebelum turun lomba. Jika kegemukan, perbanyak mandi.

Agar burung ngentrok dan njambul, pastikan burung birahi secara terukur. Selain diterapi harian dengan BirdVit, latihlah atau sering pertemukan dengan cucak hijau yang suka njambul dan ngentrok. Karakter “njambul dan ngentrok” bisa ditularkan dengan cara burung yang “dimaster” dikerodong, dan usahakan bisa melihat cucak hijau lain yang suka ngentrok dan njambul bila sedang berbunyi.

2. Hanya melet-melet (julurkan lidah) kalau ditrek, maka penyebabnya dan cara mengatasinya sama dengan poin pertama hanya saja sering-sering ditrek dengan burung lain dan kurangi/ jangan dicas dengan burung betina.

3. Mabung nyulam terus-menerus, penyebabnya kebanyakan lemak dan protein tetapi kekurangan vitamin dan mineral. Lakukan terapi Bird Mineral dan barengi dengan perawatan harian menggunakan BirdVit. Kurangi dulu penjemuran dari porsi biasanya.

4. Nyekukruk tak bergairah. Bisa disebabkan oleh gangguan parasit, baik cacing maupun kutu. Bisa atasi dengan AscariStop dan FreshAves. Jika gangguan parasit sangat akut, bisa disertai penggunaan BirdFresh.

Artikel terkait burung cucak hijau klik di sini.

Kembali ke MENU ARTIKEL

Ada 480 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Salam om kicau.

    Saya ada ci. Masih bahan.
    Perawatan nya supaya mau makan voer, gmna ya om.
    Krn msh hanya makan buah dn EF aja ci sy om.

    Mohon pencerahan om. Tq

    • Berarti burungnya kurang mapan Om kalau bunyinya lebih banyak malam hari dan siang hari terlihat gerabakan.

      Untuk mencegah burung tidak luka2 karena ngruji, coba gunakan kerodong ketat tetapi yang transparan. Kerodong ketat menggunakan kain transparan (burung bisa melihat kondisi di luar kandang secara jelas). Tujuan pemberian kerodong ketat adalah agar kalau nglabrak tidak rusak bulunya dan juga hidung burung tidak langsung menabrak jeruji ketika nglabrak-nglabrak.

  2. Omm mohon pngetahuannya saya punya burung cucak ijo bahan tapi saya ngga tau itu burung jantan atau betina
    ciri ciri
    1.lingkar mata kuning
    2.paruh putih
    3.d bawah pinggirnya ada warna bulu biru
    4.burung sudah bunyi tapi belom gacor
    Mohon balaseannya omm saya ngga tau soalnya jantan apa betina.
    MAKASIHH

  3. Mau Tanya om kicau.. ttg pemberian pakan EF CUCAK IJO
    Setiap hari saya kasih EF jangkrik P/S 5/5 & Kroto 1 x seminggu satu sendok makan. Apakah sudah mencukupi kebutuhan CI? Bila tidak cukup mohon petunjuk pemberian EF yang benar om?

  4. Permisi om kicau mau mnta solusinya cucak ijo saya bulunya rapuh dan kulit kepalanya kering gtu sampe berkerak sampai menyebabkan kebotakan,bagaimna supaya bsa tumbuh bulu lgi dan bulunya tdk rapuh.trima kash om kicau

  5. Slmt mlm om kicau,,,mau nanya nh om gmn caranya sih biar jagoan sy CI kondisinya ttp stbil ? Minggu pertama gantang juara 1 , eh minggu ke duanya dia mlh ngga mau bunyi,,,tolong bagi ilmunya om mksh

    • Sedikit banyak akan berpengaruh om, sebaiknya pahami dulu karakter burungnya karena ada yang di kasih cermin mau tarung tapi ketika digantang malah bisu seribu bahasa.

  6. Om, maaf sebelumnya. Apakah penambahan ef saat mabung contoh jangkrik dan kroto tidak membuat burung OB ? Burung Saya kasih ef jakrik P/S 5/5 terus kroto 2x seminggu.. Kira2 menurut om kicau gimana ? Mohon pencerahannya

  7. misi om,mau tanya nih ,cucak ijo saya kalo di trek sejenis cuma njambul bunyi cit..cit,tapi klo lain jenis contoh sama kacer pasti ngentrok ngejambul nggacor,kenapa ya om..? mohon bantuanya ,ma kasih om

  8. saya sangat terinspirasi dan terbantu dalam merawat cucak ijo dan cucak jenggot, saya sangat menambah wawasan nusantara khusus nya spedies cucak ijo, trimaksih om kicau.

  9. Mas Broo saya mau tanyakan gimana kalau cucak hijau sering kali matuk bulu/ndidis padahal sudah saya ikuti cara2 yang seperti di atas(tata cara) tkns semoga ada jawaban/balasan

  10. Om ijin berbagi.Saya udah coba ambil di trotoar patokan saya paruh bawah coklat…dr ciri lain hampir semua kawan sebut betina…body .bulu dan postur alasan mark.Saya tetap yakin dengan patokan saya…dlm waktu 3bln 🙂 hitamnya muncul dan mulai banyak.
    Sekarang saya beli 5 ekor dr pemikat yg langsung dr hutan…semua paruh bawah nya coklat.semua masih giras saya dengar saat ngak dekat suara.kicau yg keras dan melengking firasat saya pertama suara muria nias saya…tapi karna sering saya penasaran om,saya intip dr kaca yg sebelum nya saya jejer biar dpt saya perhatikan…ternyata salah satu burung trotolan saya yg bunyi keras tsb karna mrk saling sahut.setelah tahu burung yg mana saya perhatikan ternyata salah satu ciri ci yg bersuara.keras burung yg ada lis biru di sayap dan dagu serta paruhnya atasnya lebih panjang dari paruh bwh nya dan melengkung sangat jelas kelihatan….

  11. selamat sore om kicau mania, jadi tertarik nh pengen melihara cucak ijo, kira2 ada yg jual ngga ya tapi yg bakalan aja biar terjangkau, terima kasih

  12. prmisi om mau tnya
    sy punya ci trotol bru beli

    cirinya alis mata kuning
    tpi paruh bwah agak putih dikit
    itu jantan apa betina ya om ?

    cara paling akurat membedakan jantan atau betina bgaimana untuk
    ci bahan
    trimakasih om
    sukses kicaumania

  13. permisi om saya mau bertanya masalah CI saya,, kalau cucak ijo udah hampir 9 bulan dan belum keluar totol hitam apakah sudah positif cewek, cuma CI yang saya punya ini warna kuning di dagu sama lingkar mata masih kuning cerah ?? terus pangkal bulu warna kuning berwarna hitam apakah hal ini bisa dikatakan kalau CI positif cowok ?

  14. Permisi omkicau… Saya punya masalah sama CI saya… Dia positif pejantan, umur 1 tahun kurang 1 bulan (perkiraan). Sudah mau nurut, jika saya masukan tangan saya dia tidak “giras” / menabrak nabrakan diri ke jeruji sangkar… Dia mau di pegang paruh dan badannya… Tapi dia jarang mau berbunyi, dan lebih senang merekam dan mengikuti suara burung yang ada didekatnya tanpa lebih dulu mengeluarkan suara khasnya… Cara perawatannya agar berani dan rajin bunyi bagaimana ya omkicau? Mohon penjelasannya… Matursuwun …

  15. saya pemula n sya punya cucak ijo bakalan, lingkarmata kunin dan udah mulai rontok, tp lehernya tetap kuning dan paruh bawah agak putih, itu ci jantan pa betina ? Tolong di beri tau trimakasih

  16. tolong om gimana cara mengobati cucak ijo yg serak bahkan kadang2 tidak mengeluarkan bunyi cuman paruh nya aja yg buka setengah tolong tips nya om ya””””’

  17. Om Kicau mohon informasinya ya. Apakah bnar jika CI makan voer kualitas suara nya lebih buruk dibandingkan dnga CI yg hnya mmakan buah? Krna sbagian bsar pemilik CI di tempat sya (KALTIM), hnya memberikan buah kepada CI untuk mnjaga kualitas suara CI mereka. Mohon pencerahannya.

  18. mohon om duto berkenan memberi pencerahan, om suara ci saya klo digantangan nggak stabil, kadang tebal kadang tipis, padahal udah njegrig & ngentrok…..mohon solusinya om…

  19. Om kicau mau nanya nih…,
    Sya punya cucak ijo luka…., gara gara gerabakan nabrakin jeruji om..,
    Untuk mengobati’a yg bagus gmn yya om..,
    Salam kicau mania……. 🙂

  20. kenapa ya om tidak boleh memberikan jangkrik secara langsung pada burung???
    secara langsunag maksudnya pakai tangan atau langsung dikasih tanpa dibuang kaki belakangnya???
    dan apa akibatnya??
    mohon pencerahan om….terima lasih

  21. om mau nanya nih pada CI jantan bulu leher yg kuning yg akan berubah hitam itu prosesnya bgmn? apakah bulu kuning akan langsung berubah jadi hitam, atau bulu kuning rontok dulu baru tumbuh bulu hitam? trims atas pencerahannya

  22. Om duto mohon pencerahannya….,gmna cara mengatasi CI yg pacrol (luka lama pada pangkal paruh),,karena waktu beli dalam kondisi nabrak2 sangkar.sampai sekarang sudah 6 bulan saya pelihara,,bekas lukanya gak ilang-ilang om.sekarang usia CI saya kurang lebih udah 1 tahun om….,sekali lg mohon pencerahannya om.Trim’s.

      • treatment apa ya om agar lekas tumbuh bulu disekitar pangkal paruh CI saya…………,karena uda terlalu lama om dan bekas lukanya uda mengering lama,.apa kira2 tunggu sampai mabung nnti..mohon pencerahannya sekali lg om. thx’s.

  23. salam om kicau,
    sbg pemula saya blum paham betul beda jantan betina CI bakalan, kmarn beli lingkar mata kuning lmyn tbal, tp bawah paruh agak keputih2an itu gmana?
    yg d gunakan patokan yang mana mohon pencerahan, makasih seblmnya

  24. om cucak hijau jantan kalau dilihat dari warna bulu apa bisa ? soalnya punya saya warna hijau muda dan kuning di bawah paruh sampai leher sangat terang, terus paruh (bukan bawah paruh) warna cokelat tua. Waktu beli kalau saya lihat warna bawah paruh antara cokelat tua (jantan) dan putih (betina) ini sangat hampir sama om jadi saya bingung memilihnya ? saya sudah lihat gambar diatas, tetapi kalau umur lebih dari 4 bulan lingkar mata antara jantan dan betina sama” kuning ?

  25. om saya beli CI tangkapan hutan yang menggunakan pulut dan sebagian bulunya tidak ada karna kena pulut. mau nanya cara buat numbuhin bulunya biar cepat dan rapih itu gimana ya? suwun

  26. Numpang Curhat Om ,,, Cucak Ijo punya saya , pas ada diKios suaranya lantang dan Gacor ,,, setelah seminggu ada di sy . ,,, suaranya ngga keluar !!!!! di trex jg ngga keluar suaranya / Macet!!! Gimana cara mengatasi burung CI macet ???? Obatnya hrs pke apa Om ??? mohon solusi nya Om !!!!!

  27. DIJUAL CEPAT CICAK IJO HARGA NETT @ 900K MULAI GACOR… KONDISI BURUNG SEHAT WALAFIAT ADA 2 EKOR
    CONTACT PERSON LUTFI 083892455997
    PANTAU LOKASI JL ASWOTOMO NO 828 DIRG III RT 03/03 DEPAN MONUMEN LUBANG BUAYA JAK-TIM

  28. Om saya mau tanya nih.. Saya punya Burung CI saya beli udah gacor bgt dan volume keras sekali, melihat tips di forum ini.. Saya kasih ulat hongkong ke CI saya 10 biji lebih sebelum tanding, tapi malah mengecil suara nya dan menunduk dan bergetar badan nya.. Sayap juga turun..pas di tandingin, Kata orang over birahi, saya sudah kerodong dan kasi pepaya saja 2 minggu ini.. Tapi badan masi getar juga sampe skrg, engga saya mandiin juga, tapi kalo posisi nya di kerodong sekarang bunyi nya keras, kalo di buka suka ngecil lagi volume nya.. bukan ngriwik, kira kira langkah apa yg harus saya lakukan.. Mohon info nya om.. Salam kicau

  29. Mau tanya om…cucak ijo sy jantan atau betina nya????
    Wkt sy beli cucak ijo warna di bawah paru hitam sampai ke dagu..tapi skrng lagi nyulam..kenapa tiba tiba warna htm di bwh paruh jd trotol kuning..lama kelamaan apa dy bisa jd hitam seperti awal wkt bli..ato kuning smua jdny..mohon bantuan nya..thx

  30. selain cucak ijo medan, saya masih belum bisa membedakan dari daerah mana asal cucak ijo –
    1. Polos ijo dan topeng polos hitam ?
    2. Polos ijo dan sisi topeng hitam sedikit warna biru ?

  31. om mau tanya,CI saya udah mabung kok blm nopeng hitam cuma masih trotol2 hitam di leher aja dan warna kuningnya masih banyak. apakah ci saya jantan atau betina? CI mulai mabung usia berapah sih om? terima kasih om

  32. Selamat Sore Om,
    Mau nanya, klo cucak ijo betina yang sudah dewasa, alis matanya berwarna kuning apa putih kira2 om?
    Mohon pencerahannya om, masalahnya ragu2 kmren mau beli cucak ijo di pasar, lihat ada yang yang alisnya kuning lehernya berwarna kuning juga, cuma pas ditanya ke yang jualnya jawabannya gak tau klo cucak ijo itu umurnya berapa bulan.
    Terima kasih Om, ditunggu balasannya ya Om..

  33. om numpang tanya,,kemarin saya ditawarin cucak hijau jawa timur sudah gacor dan suaranya keras.harganya 850.000 plus kandangnya.harga segitu kemahalaan tidak om……

  34. tanya lagi ni omm…jika burung CI di dalam keramba, diburu supaya dia terbang kesana kemari…senin 50x, selasa 60x sampai sabtu 100x hari minggu istirahat (kadang pagi kadang sore)…apakah itu bagus untuk CI?
    thank’s om

    • saat burung masuk sangkar umbaran sebaiknya tidak perlu dipaksa untuk sprint. karena jika terlalu difosir beresiko stres dan justru drop karena kelelahan.

      • berarti biarkan dia terbang bebas dikeramba ya omm….jadi, untuk melatih nafas CI supaya panjang dengan cara apa boz? kalok dijemur tahanyya paling lama 2 jam sudah terbuka mulutnya…mohon pencerahannya om…sukses selalu buat omkicai

  35. Maaf Om…sy mau tanya..jika setelah untuk CI pagi : Jangkrik 3-Ulat Hongkong 10…sore : Jangkrik 2-Ulat Hongkong 10..Setiap senin dan kamis kroto…
    yang mau saya tanyakan: apakah ulat hongkong porsinya kebanyakan atau pas…soalnya sya baca direferensi Internet..ulat hongkong jarang sekali untuk di masukkan ke EF CI…
    trm kash om

  36. om saya punya CI anakan lehernya masih kuning hitamnya masih totol2,kok sudah rontok bulunya(mabung) sedang suaranya masih ngriwik. apakah itu normal OM? terima kasih

  37. Malam Om..
    Mau nanya om..
    apa bener om kalo badan cak ijo bulet itu berarti cewek om..?
    terus ciri-ciri lainnya apa ya om..?
    mohon sarannya ya om..
    terima kasih..

  38. Mohon penjelasan untuk ciri cica daun besar adanya bercak biru pada pundak burung jantan,dan kedua kelamin memiliki strip melar biru pada sisi dagu, yang saya tanyakan apa burung betina cica daun besar juga memiliki bercak biru pada kedua pundaknya,ato hanya lakinya saja yang ada.bercaknya?

  39. om burung sya CI saya yg satu lagi suaranya tidak terbuka smua suaranya jdi kecil bhgt,,kalo yg satu lagi mah sampe pengang kuping sya..heheheh
    itu knapah ya om bisa beda gtuh?? tlong minta penjelasanya om.thanks

  40. Om Mhn Pencerahanya,Sy Pnya Brg C.Ijo-Harian Gacor,Tapi Terlihat Gesit Naik Turun Tangkringan,Pernah Sy Ikutkan Latber,Brg Hanya Naik2x Turun,Naik Turun Tangkrikan,Apakah Trmasuk OB.Brg C.Ijo-Saya,Apa Jg Karna Salah Setinggan EF-Pernah Sy Trek Dg Pnya Tmn Sy,Brg C.Ijo-Saya Hanya Keluar Suara Plong Saja Naik Turun Tangkringan,Mhn Solusinya Om,Trims.

  41. Sore Om..
    Mau nanya..
    saya pemula dalam masalah memelihara cucak ijo..
    yang saya mau tanyakan gimana ya om membedakan cucak ijo jantan ama betina kalo masih dagunya kuning…
    mohon pencerahannya ya om…
    terima kasih..

  42. cucak ijoku semenjak pentet gacor kok jd berkurang bunyiy,padahal rawatan msh sama,Apakah ad pengaruhy y om kl pentet dkt dgn ci.sekedar info ciku msh troto tp dah jelas totol hitamy,u jarak gantgan -+ 2 m,gmn nih om mhn sarany….?

  43. maaf om, kata om “Jangan pernah memberikan Jangkrik secara langsung pada burung.” kalau boleh tau kenapa om..?? kalau dilanggar apa dampaknya om.??
    mohon pencerahannya, karena saya terbiasa memberikan EF jangkrik langsung dari tangan saya. haturthankyu.

    • biar burung tidak manja, efeknya jika dilombakan setiap melihat orang yang melintas burung akan diam dan turun pangkringan karena terekam dimemori otaknya akan diberi ef jangkrik.

  44. om pasca ikuti saan dari om cara atasi over birahi ci saya, stop pemberian serangga(jangkrik) burung saya jadi males bunyi om kadang cuma ngeriwik saja….kira kira knp om? kurang mandi ? kurang jemur? atau ngambek? suun om..

    • Jika sudah tidak ob, boleh diberikan kembali ef serangganya tapi dari 1 dulu naik bertahap supaya tidak ob lagi yang akan membuat om ikut pusing hehehe.

  45. siang om,,,mau tnya,kl cara mengatasi cucak ijo yg macet bunyi gara2 perjalann jauh,trus gnti kandang gmn ya om?udh 1mnggu ngga bunyi sama sekali.trus sy jg udh cb tempel sm CI lain ttp aja ga mau bunyi,mkshhh omm

    • adaptasikan dulu om, sementara jangan terlalu sering pindah2 gantangannya atau ditrek dulu. sesekali dengarkan suara gemericik air yang bisa om donlod disini.

  46. om mohon ilmunya, saya punya 2 ekor cucak ijo yg sangat gacor jinak dan cetekan,yang saya ingin tanya saat ini CI saya sngt birahi kalo liat tangan saya langsung disamber mau matok, pertanyaan dgn ciri tsb berapa porsi jangkrik yg harus saya berikan pagi-sorenya?
    penjemuran berapa jam harus saya lakukan?pagi -sore kah?
    CI saya tidak suka mandi keramba apakah disemprot tidak bermasalah nantinya?
    bagaimana caranya supaya birahi CI bisa terus stabil?
    terima kasih om mohon jawaban nya ASAP

    • stop ef serangganya, jemur sebentar saja dan perbanyak mandi lakukan hingga kondisi normal lagi dan jangan biasakan untuk digodain lagi. tritmen ini tidak ada patokan waktu karena tergantung kondisi over birahinya.

  47. om saya bukan pemain tapi saya penasaran ingin tau apakah untuk CI yang bagus itu body besar dan jinak alias cetekan mau bunyi sangkar digebret mau bunyi apakah itu yg disebut Ci yg yg bagus? atau malah sebaliknya kayak kacer atau murai emng dicari yg burung semi jinak bahkan nyaris liar? terima kasih om

    • yang bagus semi jinak om, karena kalau terlalu jinak malah repot kalau tidak digoda tidak bunyi. ya kecuali om punya waktu banyak untuk godain burung hehehe.

  48. salam hormat,
    maaf sebelum nya om saya mau nimba ilmu gawat darurat neh;
    1.saya baru beli cucak ijo tanpa saya sadari paruh bagian atas nya ternyata tidak sempurna alias cacat,entah karena patah atau gimana,jadi ujung paruh atas nya itu patah,jadi kesan nya bagian atas paruh nya hanya setengah,….pertanyaan nya apakah paruh yg cacat itu bisa numbuh lagi sama seperti halnya kuku kaki? atau bagaimana?
    2.kalo saya pelihara 2 cucak ijo apakah bisa saling mengisi mereka berdua atau malah sebaliknya malah salah satu ada yg drops dgn catatan mereka tidak pernah dipertemukan langsung
    3.apakah umur tua menjadi patokan seekor ci bisa ngentrok dan jambul?
    4.apakah ciri CI jember emng warna bulunya hijau seperti warna CI muda hutan meskipun sudah berumur?
    5.terima kasih

    • 1.Paruh yang cacat/patah sangat sulit tumbuh atau bahkan tidak tumbuh lagi, selama masih bisa makan tidak masalah. silakan baca artikel Paruh burung patah.
      2.Cucak Ijo bukan burung petarung murni, karena CI akan membalas/menimpali ocehan CI lain saat kondisi birahinya stabil. jadi tidak masalah, bahkan bisa saling ngisi.
      3.Ngentrok dan jambul tergantung dari banyak fakto, birahi burung, kemapanan mental, dan lainnya.
      4.Sangat sulit membedakan warna untuk menentukan asal usul burung, selama burung dalam kondisi sehat warna bulu cerah,rapi,dan mengkilap.

  49. saya seorang ank sekolahan yg hobi memelihara burung, slah satunya cucak ijo. sya ingin menanyakan :
    1. bagaimana prwatan CI yg cocok untuk sya, karena saat pagi hari sya harus pergi sekolah dan pulangnya saat sore hari?
    2. apakah ada alternatif untuk kandang umbaran CI?
    3. apakah btul bahwa voer bisa menurunkan kualitas suara CI?
    mungkin jawaban omkicau bisa berguna bagi pembaca lain yg mngkin ank sekolahan ataupun pekerja yg hanya mempunyai sedikit waktu untuk merawat burung. saya ingin ttap fokus belajar dan ttap bisa merawat burung2 sya. terima kasih bnyak. salam kicau mania

  50. om salam hormat, mau tanya benar benar gawat darurat neh,….cucak ijo saya yg baru saya beli mengalami bebagai kendala diantaranya
    1.waktu beli burung nya jinak tapi setelah saya rawat malah jadi liar om, apa yg salah dgn pola rawatan ci?
    2.burung susah sekali masuk keramba, saya curiga apa karena dipaksa diajari masuk keramba dia jadi liar gedabak gedubuk kalo sangkar ditaruh dibawah,
    3.kalo bunyi terkadang pake batuk/bersin yang ngak enak didengar om, apa solusi secara perawatan dan apa solusi medis?(maaf obat obatan om kicau ngak ada di daerah saya)
    4.kalo ci makan voer berpengaruh ke suara ngak om?
    terima kasih maaf bnyk tanya,. salam kicau dari bali

    • 1. burung kondisi bahan/bakalan atau sudah mapan?
      2. Tidak perlu dipaksa mandi keramba, cukup sediakan cepuk mandi disangkarnya saja.
      3. Obat dan pembelian silakan klik langsung Produk omkicau.
      4. CI baiknya makan buah segar saja, karena voor dipercaya bisa menurunkan kualitas kejernihan suara CI.

  51. om saya punya cucak ijo jinak tapi blm gacor,dan saya punya mb medan yg gacor,,,,mereka tidak pernah saya pertemukan tapi suaranya si mb jelas terdengar, pertanyaan apakah itu bisa buat mental si ijo kalah dan ogah bunyi ? kalo iya saya mau lego saja, terima kasih om

  52. om kicau salam hormat, saya baru beli cucak ijo muda jinak blm ngevoer,bagaimana caranya ngajari ci makan voer? terus ci saya batuk batuk om lantaran suatu ketika saya kasih obat tetes kemulut burung,apa saya salah meneteskan nya sehingga masuk ke paru paru atau burung nya tersedak yah om ? apa solusinya om? terus saat ini sdh ngeplong sesekali dan ngeriwik,sampai menjadi gacor perlu waktu berapa lama om? mohon pencerahannya , terima kasih salam kicau dari bali..

  53. om kicau ci saya masuk kandang penangkaran udah hampir sebulam tapi belum ada tanda2 mau bertelur, kayanya seminggu yang lalu bulu putih kelihatan di betina kira2 berapa hari atau minggu lagi bertelurnya untuk menu jangkrik 15 s/d 20 eko tiap pagi dan sore dan pisang kepok

  54. Akhirnya anakan ci saya beli wl msh ragu jantan/btn/jgn2 mlh cecak ranting.rawatan n mknn tuk anakan ci yg msh brodol bulunya bgmn palagi skrg musim hujan?apa sama dgn rawatan burung mh?bagusnya ci dimaster suara burung apa tuk lomba?apa bnar mb gampang mati jk dimusim hujan,pdhl rawatan sprt biasa dgn menu kroto,jangkrik n uh tersedia?mhn sarannya.

    • rawatan seperti biasa terutama buah segarnya, selama musim hujan dikerodong dan gantang tempat yang hangat. jika ada panas boleh dijemur. masteran sebaiknya putarkan terapi penghilang stress seperti suara alam/air yang bisa om donlod di omkicau.com.

  55. Td saya ditawarin anakan ci keadaan bulu brodol seharga 250,tp aku msh ragu apa ini anakan ci/cecak ranting krn dibwh paruh bulu berwarna kuning tp paruh bwh berwarna htm dan berwarna kuning melingkar di sktr mata.sebenarnya itu anakan ci jantan/bkn?harga segitu kemahalan ga?

  56. Yth Redaksi Om kicau, mau tny om, CI sy(sudah topeng) terlalu aktif sering naik turun tangkringan (sejajar atas-bwh). Kondisi burung rajin bunyi, setelan jangkrik 3/3. Kira-kira kenapa ya?
    Trus klo udh full topeng, kira-kira umur brp?
    Salam sukses.. Trims

  57. om kicaumania,saya mau nanya ci saya udah 10 hari tak masukin kandang penangkaran udah tidak bertengkar lagi cuma kalau sore hari mereka kejar kejaran.yang jantan ngejar yang betina apakah itu wajar trus ci jam berapa saatnya kawin

  58. Om Mau tanya donk
    Saya punya CI trotol, belum ada hitamya, jadi saya ga tau ini CI betina atau jantan. alis mata warna kuning terang, paruh bagian bawah agak putih. kira2 untuk memastikan jantan atau betinanya gmana ya? saya bisa kirimkan fotonya ga?

  59. salam kicaumania om…curhat dong om…saya ada CI bahan yang saya beli waktu masih belum topeng.saya berani beli karena jinak dan mau bunyi cuma setelah 2 bln saya tunggu laki/betina nya ternyata warna hitam di bawah paruh blm juga nongol ahr nya saya cabut bulunya yg di bawah paruh,al hasil saya cendrung merasa itu adalah CI ijo betina karena dari bulu yg aku cabut ternyata numbuh warna putih/hijau…lemes aku OM….tapi apa CI betina juga bisa gachor ya OM…makasih pencerahan dan motivasi sebelumnya ya Om..salam sukses kicaumania banjarmasin kalsel

  60. om, aku punya cucak ijo bakalan, uda nopeng, ada luka di paruh n dekat kepalanya (kebentur karena agak giras), luka uda kering tapi kok masih mbekas ya om?? burungny kadang suka batuk om, gmn cara ngilain batuknya?? trims jawabannya om..

  61. selamat siang om duta om q yang kemarin minta saran ke anda tentang cucak ijo yang kalau drmh ngacor tapi pas waktu di arena lomba g mau bunyi….
    setelah sbln q gnti cr mkn cara prwtn alhamdulillah ci q da bagus om mgg tgl 30-09-12 brgq gantng emh burung is the best om dari pertm gntg ampek selesai brung bnyi am ngetrok n burung nancp om walau para penonton ad yang bawa peluit,teriak-teriak dan keplok2 brung tetep cuek aja om dan alhamdulillha da dpt nmor 10 bsr om..

    q pengen tanya kriteria penilaian pas waktu lomba itu apa aj om?
    q lht ciq da kyky msk tp kok blm papan atas ya?

    terimakasih atas sarannya om

  62. halo… saya punya burung 4 jenis ada cucak hijau trus cendet ,prenjak dan parkit. yg saya tanyakan prenjak saya awalnya slalu bunyi tp kanpa tiba2 ga bunyi setelah bersebelahan sama cendet . saya pindah sebelah cucak jg ga bunyi..,knapa ya?

  63. Om numpang tanya….apa CI gampang kaget trus bisa berujung dengan kematian…..soalnya barusan CI saya mati.saya cari2 masalahnya…makan bagus tadi pagi sya jemur kondisi sehat…..soalnya tadi siang karaokean cukup lumayan keras dan 1 ruangan ama CI digantang….trus sore mau saya kasih EF burung ngelamun…..beberapa jam kemudian CI meninggalkan dunia fana om…..trim sebelumnyA…….

  64. OM,,Saya mau tanya ni..
    Saya punya cucak Ijo Bhan,,burung sya itu cuma mau mkan buah ja,,bgaimana ya caranya agar burung cucak ijo saya mau makan Voer???..
    Tolong ya kasih tau caranya,,soalnya burung saya itu masih bahan tpi udh mau bunyi..
    Klo makannya cuma buah ja,,takutnya burung saya itu nanti malah skit..

    thx ya ats wktunya…

  65. Permisi Om newbie mau tanya, sy punya cucak ijo bakalan sdh sebulan sy pelihara seminggu ini baru mulai belajar ngeriwiek ..ngeriwieknya rajin banget om klu dengar suara2 seperti klu lg manasin motor, nyetel lagu2 ..makanya sy suka pancing ama lagu2 abg om kaya heavy rotation 😀 , apa memang seperti itu karakter CI .Salam Om…

  66. Numpang tanya om duto….CI cewek bisa dimaster nggak…….soalnya sya punnya CI cwek receh banget tapi bnyinya cet.cet aja jadi bkin bosen 1lagi om CI cwok bagus nggak klo di gantang jejer dgn CI cwek

    • daripada dijejer sebaiknya ditangkar sekalian saja om. CI cewek sebenaranya bisa dimaster tp sejak usia piyikan itupun, namun hal ini balik kekecerdasannya.

  67. halow om, sy mo mita tolng kash solusi,, cuck ijo sy ada maslh ,sbuln kmarn ikut konts, stelah pulang mulai ada prubahn mulai matuk2 ekor sndri lama2 ko jd tiap hri, kta orang kanibal ni om, cara ngobtinya gemana ,, trims

  68. mlm om saya pemula,penggemar CI,mau tanya,saya punya bakalan cucak ijo n blum keliatan bgt wrna hitam di bagian kepala, kenapa ya tiap kali burungnya mengeluarkan suara keras kok kaya batuk-batuk gitu,tp klo ngriwik2 engga,mohon solusinya,trimakasih

  69. Malam. Om duto mau konsultasi nich…. Kemarin aq baru beli Cicak ijo jawa timur, pas aq beli body jumbo, paruh panjang dan tebal, suara agak keras,pas aq perhatiin dah seminggu ada masalah dikaki kanannya pada persendiAnnya ada kelihatan daging lebih, kayak kutil jadi Ъªќ kuat mencengkram kakinya, bagaimana penyembuhannya, dan beli obat apa ya om….??? Mohon masukannya perihal ini

  70. assalamualaikum..

    om, saya baru beli cucak ijo harga 1juta, pas tiba di rumah dalam kurun waktu 2 hari bulumya langsung rontok banyak.., ada burung cucak jambul gacor bngt juga piaraan saya dlm jarak 4 meter. apa rontoknya bulu cucak ijo saya karena cucak jambul itu?
    apa ada saran,?

    trims om
    salam

    boy

  71. om aku punya cucak ijo trotol MH brungnya giras dan gak mau bnyi , jenis kelamin laki2, klo udah dewasa bisa bunyi/mau bunyi gk om??????
    trims….. mohon pencerahan secepatnya…..

  72. Om mau tanya ini… kalau CI saya udah hampir 2 bulan brodol buntutnya/atau patah (soalnya gak kelihatan buntutnya) sdh 2 bln ini kok gak tumbuh2 ya?? buntung jadinya … kalau mau numbuh apa harus dicabut bulu lamanya? terima kasih infonya

  73. Trimaksh atas konfrim !.
    Ini Burung Cucak Ijo q sakit disayap kanan ( Lunglai ), tidak normal gak tau patah/ apa tapi yang sebelah normal harus bgmn? tolong yang tahu kasih saran y?..

  74. om kicau ne bayu di Duri, mau tanya nich, bayu kan punya burung cucak ijo anakan, udh pandai kicau, nah, pas bayu mau ninggalin dia, bayu salah kasih lagu, dan dia lupa lagi lagu2 nya, tu cara ngembaliin nya gimana om, apa harus di setel lagu yg sebelumnya, dan nnti kalau mau ganti lagu supaya dia gx lupa gimana caranya..? makasih om..

  75. kalo bisa beri dia kandang yang kecil aja..jangan kandang yg besar taro di tempat keramaian supaya dia berani dan tidak takut samaq manusia..harus rutin settingan makanana(buah,EF,mandii,dan jemurAN).kalo burung sudah nyaman dan g liar lg di jamin pasti burung rajin bunyi dan performa baguss..salam KM…Tolong di koreksii

    • tips penjinakan ala saya,hahah *pd bget
      “cara ini saya pake krna stress burung tak kunjung jinak, udah pake sgala cara
      biasanya bulu brung sngat susah di tembus dgn air, hingga saat kta mandikan baik di kramba atau semprot burung masih kelabakan, n tambah giras,.. Ada cara mempercepat jinak ala saya, cuma caranya sdikit extreem, dan perlu waktu, dan cuaca panas,
      Tangakap burung yg giras tsb, ya tangkap pake tangan, basahi sluruh tubuh burung,olesi dgn sdikit sampo ,bisa sampo merk apa aja, tpi sya pke sampo cl**r anti ktombe, usapkan sampo dgn air sampai sluruh tubuh burung bsah kuyup, n gak bisa terbang. Usahakan hindari kna mata dan mulut burung. .. . Sya biasanya menmbelai2 dan brmain2 saat burung bsah kyup smpai bulunya agak kering,taruh di lantai aja burung n sangkarnya. usahakan belai atau goda burung dgn cra apa aja asal jgn kasar,,, skitar 1 minggu burung sya sudah sangat jinak,, cara ini hanya di gunakan pada burung sehat, yg sangat giras,,, burung sakit jgn dah,
      Warning:Kalo ragu jangan di tiru,

  76. om nanya donk kalau penampakanya kaya gini gimana bedainnya, kok banyak yg bilang burung ane betina om, padahal ane liat lingkaran matanya kuning tuh om

  77. Om Duti mau tanya, CI saya masih muda ber-ring, trotol masih ada sedikit di lehernya… Setiap pagii ngeplong (walau jarang).setiap kali ada suara rame (kran air kmr mandi dinyalakan) CI ngriwik halus gak berhenti sampai kran air dimatikan.. Nah biar rajin ngeplong dan bongkar muatan di treatment apa ya? Kalau ada makanan khusus instan untuk mempercepat gacor kira2 apa ya??

    Terimakasih atas jawabannya

  78. om , aq punya CI dah dewasa,cuma dibawah paruh warna hitamnya cuma sedikit,tidak seperti CI yg lain
    Kira kira tu jantan/ betina trus ,berasal dari mana
    Apa beda suaranya kalau bunyi antara jantan dan betina
    Makasih Oom

  79. pesen anakan cucak ijo 10 ekor, bisa kirim medan, harga perekor saya berani 1,5jt
    dalam minggu bulan juni awal ini karena saya mau ke belgia ambil lovebird, segara komfirmasinya,trima kasih

  80. Om .. Om..Kalo CI jantan di kawinkan dgn Cucak Ranti Betina atau sebaliknya bisa ga? Sya punya Cucak Ranti Jantan rencanya mau sya jodohin dgn CI Betina… Tolong tanggapanya… Makasih…

  81. Selamat sore om duto,
    saya mau tanya, saya punya cucak hijau kalo melihat burung kenari menjadi birahi, badan menggembung dan paruhnya terbuka alias melet, ada ga cara untuk cucak hijau saya agar melihat kenari menjadi tidak birahi.

    Terima kasih

      • Terima kasih om, buat sarannya, saya sudah pisahkan, dan mudah2 an tidak pengaruh saat kenari saya bunyi, dan untuk EF sudah saya hilangkan, dan hanya di kasih buah pepaya dan VOER saja, sampai tidak saya jemur, di khawatirkan birahinya makin tinggi…

        terima kasih

  82. halo om duto…saya mau tanya tetang cuca ijo,kenapa burung yg dirumah gacor giliran di tanding agak diem yach,tapi kalau di deketin kandangnya sama musuhnya ngelawan gimana tuch om duto….?mungkin ada solusi bagi rekan2 bisa jawab

  83. 0m duto
    saya mau tanya tentang cucak ijo saya .pernah masuk di laber masuk 3 semunggu kemudian engga masuk .kalau saya liat dari mainnya tidak ngotot di banding waktu di masuk ke 3

  84. mohon d jwb om
    d ats mta kiri cucak ijo sya ad bnjolan warna putih mrip kutil
    klo bleh thu it ap y om , ap ad obtnya ngk , ap brbhaya sama CI saya,,
    sebelumnya “THANKS” berat om..

  85. misi om , mau nanya
    “cucak hijau” saya ada bngkakkan seperti bisul , kutil , atau benjolan di atas mata kirinya
    saya mau tanya om , apa itu berbahaya bagi burung CI saya , karna sebelumnya tidak ada…
    salam kicau mania,,,, -_- u_u +_+

  86. om-om CI mania, mau nanya nih. apa benar voer bisa ngerusak suara CI, di daerah jember, banyuwangi, bondowso CI kebanyakan selalu dikasi pisang aja katanya kalau dikasi voer ngerusak suara.

  87. mau tanya om ,,,ini virgo di medan,,sy punya burunh murai daun,,dan sudah sering atau rajin bunyi,,,,tapi tidak seperti burung kawan,,klo dipetik langsung bunyi,,,nah pertanyaan saya,, gmna caranya agar burung saya ini klo di petik pake jari langsung bunyi seperti burung2 kawan yg laenn,,,,? mohon pencerahannya..makasih— 081376607171

  88. kurang jelas om! ANAKAN dibawh 6bulan itu maksudnya dari menetas(penangkar CI) atau yang anakan yang sudah beredar dipasar burung. sbelumnya makash atas penjelasanya.

  89. om mo tnya ne.. cuck ijo saya udah bunyi vlme lmyan njabul n ngtrok tp klo ktm mush kok cma gaya aja ngk bunyi tp kdang bunyi tipis tu knpa ya? mhon pencrahan

  90. ass. .. .. . .
    mas,sya moe nanya
    kmren cucak ijo sya d lmbkan,nah pas sdang lmba cuck ijo sya kicau nha smbil nubruk2 k dinding kndng,
    ntu cra ngatasi nha gmn mas,?
    biar pas d lmba kicau nha d tngkringan jja.

    mkasih sblum nha. . . .

  91. Agan”……..
    Q punya C Ijo super oke
    Suara khas kapas tembakan
    dah sering masuk juara bahkan juara 1 udah 3 kali
    tp Q msih blum bisa nyetel agar tiap ngantangkan di lomba suara khas tetap keluar yaitu suara kapas tembakan
    mohon saran …..yang membagun dr agan
    Fujiar – Tegal HP 085786092511

  92. Mau nanya oM…
    Aku pnya cicak ijo,.dia terlalu jinak…
    Cuma dia ngk mau mandi di dlm keramba..klw kita masukin k dlm keramba dia takut..
    Mandi nya cuma di t4 air minum aj..
    Gmn solusi nya supaya cicak ijo aku mw mandi di keramba…?trim’s

  93. Salam kenal om kenapa CI aku tidak mau makan pur? padahal saya kasih macam2 pur spt topsong ijo,chirpy anti stress,pur ayam dan lainnya

    mohon solusinya…… Terima kasih

  94. Om q punya sepasang CI hsl pemberian saudara,berhubung tdk ada wkt burung tsb tak masukin kandang ayam,2 bln kmudian burung tsb bertelur,q penasaran shg tak liat dgn cara meraba di kotakan sarang. Q sndir g tau klo dlm kotakan tsb ada burungnya,shg kaget n telurnya pecah,smenjak itu burung tsb ndak mau telur,kira2 knp y om?

  95. om sy punya cucak hijau masih anak tp ngak tahu jantan atau betina krn disekitar matanya kuning trs dibwh paruh nya coklat muda tp blm hitam disamping paruhnya ada timbul warna biru2 sedikit wrn kuning krg begitu terang tp totolan hitam ngak ada kira2 burung itu jantan/betina om

  96. Om ane punya cucak ijo lumayan gacor…. Tapi sayang kalo pas lg di trek bunyinya sambil mau nyerang musuhnya/ galak??? Kenapa n mohon solusinya om??? Matursembah nuwun sakderenge???

  97. Slam Knal Y Om Kicau Sya Bru Formula Plihara Brung Nya Om..Kmren sya bru Beli murai daun nya
    Tpi pas di adu sma teman dia mengeluarkan suara tp kyk tersumbat/ tersendak knpa y om
    mhon petunjuk om kicau

  98. om tnya dong,
    saya baru beli CI anakan cuma saya bingung jantan atau betina, karna lingkar mata kuning, paruh bawahnya putih bkn coklat, tapi ada sedikit bulu hitam seperti baru tumbuh dekat paruhnya.

  99. om saya dari kaltim mw bertaya. saya sudah memASTER CI saya suara cililin dan kenari. tp waktu kontes ko hanya mengeluarkan satu atau dua kali tembakan ya om masteran ya om???? tolng di bantu om…

  100. Om mau tanya. CI anakan/bahan saya alis atas kuning bawah putih di kedua matanya. Paruh gelap. Dibawah paruh bulu kuning dalemnya hitam ke abu2an.

    Yg mau saya tanyakan burung CI sy laki atau cewe.
    Mohon penjelasannya om.

  101. mau tanya om sy pnya CI kalo dtrek brani cmn ga keluar suaranya. cman pngen brkelahi ma lwannya, kr2 CI sy knp ap over brahi ato mslh lainya, mhn saranya trmksh…

    • Om saya penghobi ci, ci saya pada saat ikut lomba jambul ngentrok bahkan ekornya ngipas tapi jarang bunyi padahal dirmh sering bunyi, itu gimana caranya om mohon petunjuknya

  102. Om sy pny temen yg klo dilihat ciri dan suara adalah cucak ijo, tp yg mnjadi keanehan saya adalah ukurannya yg sangat kecil. Cm separo dari cucak ijo yang ada dan prnh saya lihat. Masuk jenis dari mana itu ya?

  103. salam kenal om…
    saya mempunyai CI bahan tapi d atas paruhnya atau dekat hidung bulunya terkelupas karena masih basan sering nabrak2, yang saya tanyakan apakan nanti bulu itu dapat tumbuh kembali???
    sekian matur suwun mohon bantuannya OM atauKAWAN KICAU.

  104. om duto ada nga atikel khusus tetang burung cucak biru…? cara bedakan cucak biru jantan dan betina…? ……apa kah burung cucak biru udah langka…? ….kenapa komuditas cucak biru tidak ada di forum…? terima kasih…maaf om bila saya terlalu banyak tanya.

  105. pa kbr om kicau?? sy mau tanya adakah keistimewaan CI yg ada bulu2 warna biru mengkilat disekitar kumpulan warna hitam di bawah paruh?? apa termasuk ciri2 dr asal CI atau tanda2 CI bagus?? tks om kicau.. salam hormat..

  106. salam hormat om kicau.. sy mau tanya klo CI sy ketika di trek dgn CI yg lain terlalu agresif hingga naik2 di jeruji kandang hendak menyerang.. apa itu termasuk mental nya bagus atau over birahi?? apa solusinya om kicau?? mohon sarannya.. tks byk om kicau..

  107. om saya punya burung cucak ijo ,saya ngak tau itu jantan atau betina, waktu aku beli katanya masih anak dan bawah paruh udah ada trotol item tapi dikit, terus lingkaran alis berwarna kuning, yang saya tanyakan, burung saya cewek apa cowok, terus berapa lama trotolny
    a akan tumbuh? Itu aja om trimakasih.

  108. Salam hormat om kicau.. Apakah CI yg slalu mematok2 tangan kita saat kita mengganti makanan itu kebiasaan baik atau jelek om? Apa yg hrs kita lakukan klo seperti itu om? Tks

  109. Om emang klo milih bakalan yg paruh bengkok kurang cakep yah,,,lg bingung milih bkalan yg ckep nich,,,klo beli CI yg dewasa tp hsil tgkapan biar cpt jinak gmn om,,soalnya punuaku grubugan trs ndak mau diem,,,,mkch om n slm knl

  110. Salam kenal om kicau. Mhn saran nya apakah klo makanan CI yg biasa dikasih pisang bs diganti dgn apel trs menerus? Soalnya sejak sy ganti dgn apel CI sy jd rajin bunyi. Atau di selang-seling dgn pisang dan apel. Mhn sarannya. Tks byk om kicau..

  111. Salam kenal om, saya mau nanya kalau CI saya kepalanya benjol / bisulan (lama2 tambah besar) posisi diatas mata cara ngobatinya gimana ya om. Makasih sebelumnya.

  112. makasih sebelumnya om tentang info & saran2 yg om dan teman2 kicau mania berikan..
    Sangat membantu kami kalangan pemula dlam melihara burung kicau..nanya om,apakah cara mencabuti bulu dibawah paruh cucak ijo itu ga mempengaruhi mental burung?kata org2 sih biar cepat hitam bulunya..makasih om atas responnya..

  113. Om duto dan para senior saya mau tanya, saya pny CI muda baru beli, kt yg jual blm tau kelaminya, temen sy prnh bilang klo CI sy kemungkinan betina, tp yg sy bingung CI rajin sekali bunyi dr pagi sampe sore, apakah ada kemungkinan CI sy itu jantan?

  114. salam kenal. om saya pemula. saya mau tanya. saya punya cucak ijo, tadinya suara burung saya kencang dan rajin. tapi sekarang suaranya jarang bunyi dan kalau bunyi rajin kalau di keredong aja. badannya pun bertambah gemuk. mohon solusi dan pendapat nya om. saya mengucapkan terima kasih atas solusinya.

  115. om dan tante…CI saya sedang Mabung tapi sering nambrak2 kandang jadi kedok CI pada rusak…mohon bantuan biar CI saya..trus bagaimana penanganan yg baik..trims

  116. om mau tanya…
    burung CI saya masih bakalan…
    lingkar matanya berwarna kuning,,tapi paruh bawahnya setengah warna coklat tua dan setengahnya lagi warna putih,,
    itu CI jantan atau betina Om…???
    mohon penjelasanNya om….
    trimah kasih..

  117. Om,.
    Mohon petunjuk,.salam kenal dari saya dan salam kicaumania..
    Saya baru saja menekuni hobby / gemar burung kicau..
    Kebetulan dirumah ada sepasang prenjak putih, kacer, jenggot ,trucuk dan CI,.
    Yang saya perlukan adalah masukkan , saran , petunjuk yang bisa membuat CI saya bisa bersuara lagi,
    Saat ini hanya bersuara ” jika ” di hadapin dengan cermin,..tapi suara yang keluar tidak bisa ngeplong hanya ngriwikmania saja,.( ini yang pertama )
    Yang kedua, bagaimana cara mengatasi problem bulu CI yang tumbuh tidak sempurna, sayap samping kanan dan kiri terlihat pendek tidak pada umumnya,..jadi ketika dia jatuh dari tangkringan untuk naik kembali terlihat susah karena sayap tidak sempurna,..
    Demikian sekilat info CI saya,
    Semoga Om dan para Suhu Kicaumania bisa memberikan masukan, petunjuk dan saran..
    Terima kasih sebelumnya
    Salam Kicaumania

    • Cucak ijo yang tidak gacor itu yang juga sayapnya tidak sempurna itu Om? Kalau iya, untuk masalah pertama, tidak gacor dalam kasus burung Om itu, kemungkinan burung memang masih muda. Hanya saja, kalau dikaitkan dengan kondisi yang kedua, sayap tidak normal, maka hal itu menyebabkan burung tertekan secara psikis akibat kondisi fisik.
      Untuk masalah sayap, ada kemungkinan ketika sedang masa ngurak/nyulam, burung kena jemur sehingga bulu yang sedang tumbuh terkena panas dan kering/tidak tumbuh lagi.
      Bisa juga asupan makan ketika masa mabung kurang bagus. Nah nanti ketika masa mabung lagi, pastikan asupan pakannya mengandung banyak protein pembentuk bulu (metonin/sistin) dan bukan karbohidrat. Salah satu contoh asupan tambahan yang banyak mengandung metonin/sistin adalah BirdMolt-Pre. Dia memperbagus pertumbuhan bulu dengan maksimal dan juga mendorong bulu lama yang sudah waktunya copot tetapi tidak juga copot2.
      Begitu Om.

  118. om masak burung ci ku yang masih belum trotolan, suka nabrak kurungan, tiap ada orang yang menghampirin, kasian sayapnya sampek rusak, dekat paruhnya jg luka semua. mintak saran dan idenya om makasih banyak sebelumnya.

  119. artikel yang sangat bagus, sebelm nya salam kenal dari saya ibjan.
    om, yang mau saya tanyakan, kandang penagkaran utuk cucuak ijo kira2 ukuran nya brp x brp ya.
    karena saya sangta minat untuk menternakan burung jenis ini.
    tq

  120. Om mau tny sy beli Cucak Ijo kt yg jual sdh 5 bln ditempatnya belum pernah di kasih Voer hanya Pisang & sesekali Jangkrik, utk cucak ijo nya bisa di berikan Voer & Kroto itu bagaimana caranya ya Om apa sy lanjutkan kebiasaanya aja cuma Pisang & Jangkrik aja. Tx

  121. mau tanya nie om. saya budi dari balikpapan .pada umur berapa bulan bakalan ci sudah bisa bunyi.soalnya ci saya belum mau bunyi-bunyi dan gimana solusinya om biar mau bunyi .thank’s y om

    • Pada usia 5-6 bulan burung yang dipelihara sejak lolohan sudah bunyi. Kalau untuk tangkapan hutan, burung baru akan bunyi selama sudah bisa beradaptasi/tidak giras/ tidak takut dengan lingkungan sekitar.

  122. salam kenal om kicau….mau tanya nih..maklum pemula abis….1. kalo cucak ranti jantan ( cucak hijau kecil yang sayapnya ada warna biru) bisa gak di jodohin buat dikawinin dengan cucak ijo yang besar betina…..makasih ya om kicau sebelumnya…

  123. Tolong bantu sy dunk tuk mengetahui jantan yang dagunya disemir, krn sy lagi ragu dengan cucak ijo yang baru sy beli, pliss. Terima kasih sebelumnya,
    Bravo Klub Burung…

  124. Om….tanya dech boleh kan…saya punya CI pada waktu dilatber awalnya kira2 10 menit namun setelah itu CI saya loncat-loncat di jeruji samping dan atas, setelah itu bunyi lagi loncat lagi…tolong solusinya….tks

  125. om sy punya CI klo di krodong tetep bunyi,gg mw istirahat tp klo di bka krodongx langsung bunyi n kyk petarung gtu g mna carax biar klo dkrodong bsa istirahat????
    jawab om trimzz

  126. Om ak punya CI klo ditrek di bwh sama 1-3 lawan ngleper2 & cm ngriwik, kmaren nekad bw ke latber ditrek msh gtu jg, kt org birahi tinggi, ak nekad gantang malah rajin, nagen, njambul, ngentrok akhirny dpt juara, it mmg karakter ato gmn Om?

  127. Permisi Om Duto yang baik hati dan tidak sombong he…he….he…he
    Mohon pencerahannya ya OM:
    Kalau CI digantang dekat Cendet (maklum rmh tipe 4L) otomatis suara masing2 kan termaster. apakah itu bisa disebut suara setan atau suara mati nantinya.

    Terima Kasih atas jawabanya

  128. Hai Kang… Saya punya cucak ijo 1 pasang, sudah 2 tahunan dipelihara. Pernah dijodohkan tapi sampai saat ini belum kawin..
    Bagaimana cara cepat penjodohannya…
    Trims Kang…

  129. mau tanya om duto..apakah trotolan CI betina bisa gacor..? sy pnya trotolan CI lingkar matanya kuning,dibawah paruhnya agak putih,dan di bawah paruhnya warna kuning gradasi hitam.?? sy khawatir CI sy cewe..tetapi CI saya gacor bngt dengan variasi yg lumayan banyak,.?? mhon petunjuknya om n thx

  130. Om duto sy punya c ijo, masteranya CJ sama LB sudah masuk, tapi kok kalo pas lagi bunyi nyantai yang keluar trucukan ya(gak enak kedengarannya)biarpun gak lepas suarannya, kalo dipaksa mabung bisa gak ya om, soalnya saya pengin memaster ulang c ijo sy, kan kata om pada masa mabung paling tepat untu memaster burung, kroto sudah seminggu full kok gak mau rontok yah, mohon pencerahannya om, makasih

  131. om, saya mohon pencerahan nih. menurut gambar diatas yang (bahan) cucak ijo kok mirip sama cucak ranti yah?? kebetulan saya baru beli persis bgt sama gambar yang diatas (ciri2 jantan) tapi banyak yang bilang burung saya cucak ranti bukan cucak ijo. mohon jawaban nya om, terima kasih

  132. om mau tanya nih….lebih mudah menagkar cucak hijau apa kacer ya om…sy pemula om pingin belajar untuk menangkar.belajar nangkar labed da berhasil tinggal belajar menangkar yg laen.
    dari segi proses lbih muda mana antara kacer sma cicak hijau ya om
    mohon kasik infonya ya …

  133. Siang semuanya,saya baru beli CI tapi kondisinya kurus,mabung nggak dirawat sama yang punya,saya kasihan lihatnya trus saya beli,ini mau tanya mudah2an senior2 mau memberi petunjuk.gimana untuk memulihkan kondisi tubuh yg kurus dalam keadaan mabung dan vitamin apa yg cocok serta cara merawatnya?.

  134. om duto mohon petunjuk lagi klo CI betina warna di lingkaran mata warnanya kuning pa putih soalnya kemaren saya dapet trorol lingkarannya warna kuning kata orang2 betina.tapi dibawah paruhnya hitam.ditunggu balasannya om duto makasih.

  135. OM, lum lama ni aq ‘meminang’ CI, tapi koq yang ini laen yah….: bilamana dikerodong bukannya istirahat tapi malah ‘gemprang-gemprong’ sepanjang hari (salama masi dikrodong), bilamana TIDAKdikrodong, burung banyak gerak/turun naik tangkringan imbasnya burung kurang sering bunyi (tidak seriuh bila dikerodong), so…kanapa OM ci saya koq karakternya gitcu, and… gimana biar burung tetap gemprang-gemprong, meski TANPA dikrodong, Thenkyu….

    • Tidak bisa dilihat dari fisiknya Om. Sama seperti manusia kan nggak bisa dilihat mana petarung mana bukan kalau hanya dilihat secara fisik. Ya harus dicoba tarungkan. Untuk mereka yang sudah berpengalaman memang bisa melihat ciri secara sekilas cuma itu pada dasarnya hanya feeling saja.

  136. om saya baru bli CH masih bakalan tapi sekarang dah mulai bunyi
    yang pengen saya tnyakan kenapa pas ada orang g mau bunyi tapi pas g ada orang mau bunyi mohon petunjuk dari om kicau trima kasih

  137. Salam hangat …para kicau mania……dan tentunya dengan Om Duto gudangnya info burung….
    Begini Om..saya penghobi burung baru.. mo beli CH bakalan hutan nih….(kantong tipis eui), kebetulan saya ada di salah satu kota di sumatera. setelah saya pantau beberapa hari ini di kios burung, salah satu CH bakalan hutan ada yang bunyi kayak peluit…padahal burung tsb belum makan vor (baru dapet dr hutan)…saya tambah semangat nih…., yang ingin saya tanyakan…apakah CH sumatera kategori bagus untruk lomba..?berapa panjang body CH Jawa yang biasa dilombakan….bales ya Om…ntar CH yang saya pantau di “samber” orang lain….
    Thanks….

  138. siang semua saya masih baru dalam melihara burung dan ada yang saya mau tanyakan mudah2an senior2 mau memberikan petunjuk ke pada saya, saya punya burung Cucak hijau tapi keadaan nya mabung trus kenapa ya kok mabungnya itu nggak abis2 ya bulunya mabung trus udah gitu burung nya giras/ gladak bangat ya..mohon petunjuk ya untuk para senior.tks

  139. SAYA PUNYA CICA IJO BAHAN ALIS MATA DAN DI BAWAH LEHER MASIH KUNING TAPI KENAPA BURUNG SYA INI SETIAP KLI SYA MAU NGASIH MAKAN SELALU MERONTA ALIAS MACAM DURUNG GIRAS JIKA DI KASIH JANGKRIK MAU DARI TANGAN TOLONG SOLUSINYA

  140. om saya maw tanya saya habis beli CI. untuk yg kelamin jantan bulunya berwarna hitam pada bawah dagunya tapi untuk kulitnya apakah berwarna sama. saya beli Ci msh bahan bulunya berwarna hijau terang. kalo udah setahun apakah akan berubah jadi hijau gelap. atas infonya terima kasih banyak om

  141. gini om mo tanya,,, burung cucak ijo q kenapa ya jadi ga doyan jangkrik paling cuma 1-2 aja tiap kasih makan,,,kalo dulu rutin pagi 5 sore 5…
    pakah ada rasa bosan? and gimana bisa kaya semula…
    makasih om

  142. om mau nanya ni, saya punya cucak ijo, baru beli dari pedagang keliling, masi berantakn bulu nya, skrg saya sudah pegang 1 bulan burung it, lingkaran mata kuning, di bawah leher ad bulu hitam kayak 1 garis, tp ku perhatikan lama2. di dalem 1 garis it ada yg putih. suaranya kencang bngt, rajin bunyi jg, lincah, yang saya mau tanya kan burung saya it cowo apa cewe yah om, oh ya 1 lg kalo pas di mandikan, di kepala saat basah warna hitam bukan hijau, seperti badan yg lain kan hijau, tp kl saya punya di bagian kepala atas hitam, kl sudah kering kembali lagi jadi hijau, mohon bantuan nya yah om, please di bales, kl cewe cucuak ijo bisa berbunyi ga??

  143. Cari CI bakalan/trotol……Cendet dah gacor harga bersahabat….
    Pekalongan atau semarang…… ketemuan serius only sekalian silahturahmi
    085641002086 maturnuwun….

  144. Om duto mohon pencerahannya…! Saya ada CI bakalan liar bgt,n masih blm mkn Voer,saya uda coba di silang2 dgn pisang n saran di halaman om duto tp blm berhasil juga… Ada saran lain ndak om yah cara biar itu CI mau mkn voer n tdk terlalu liar bgt yg langsung sarannya dr om duto….! Trimakasi om sblmnya..

  145. Om, 5 hari yg lalu saya habis beli CI. tapi karna berhubung sangkar yang lama sudah gak layak pakai maka saya ganti dengan yg baru. trus yg saya mau tanyakan, semenjak ganti sangkar yg baru, CI saya jarang mengoceh tidak spt dulu wkt pake sangkar yg lama. Apa perlu adaptasi om? brp lama biasanya?
    trus satu hal lg, biar CI nurut gmn caranya om?
    Makasih sblmnya om… Harap di balas ya? Matur Nuwun…

  146. Thanks Om Duto’

    suara AK, KC sama CI ok bgt. sekalian mau tny om, sy ada CI trotolan dirmh, body sedang [tdk seperti CI pada umumnya-sedikit besar] sdh sy pelihara 1 bulanan, semi2 giras, CI sy itu sdh mulai terdengar ke isi gereja, kacer, jenggot, tp permasalahannya blm jg rajin bunyi.[yg kentara bgt cuma shubuh rajin bunyi dan agak lama]

    Teman sy yg jg pny CI trotolan dengan kondisi yg sama dgn sy, tp CI yg dia pny walaupun jg sama msh giras tp rajin bunyi dan suaranya lumayan kencang.

    pertanyaan sy;

    1. Mengapa suara CI sy power nya ga stabil, terkadang pelan dan terkadang lumayan keras ?

    2. Mengapa CI sy blm jg rajin bunyi, padahal tiap hari pakan, EF nya cukup dan tiap hari dimaster?

    3. Apakah ini disebabkan CI sy msh takut bunyi karena sy gantang berdekatan dengan burung lain?

    Trims bgt Om Duto
    Mohon Dijawab dan sangat ditunggu’

  147. Siang Om..
    Salam Kicauaholic..!!!
    Aku pengin cb nawarin Cucak Ijo “KALA CAKRA”, ket lanjut bs hub : 0813 9160 1638

    Hari “JAMU”
    [ CILACAP -JATENG ]

  148. Om Duto yg top lanjut tentang cucak ijo saya donk yg kemaren…Cucak ijo saya apakah jantan om..? Saya tidak tau pasti umurnya,tp rajin ngeriwik dan bunyi macam2 bahkan suara kenari aja ada yg masuk ama dia,bulu itamnya ini yg belum numbuh2 om tp ada sedikit titik warna biru di samping bawah paruhnya…! terimakasi skali lg n Sukses slalu buat om duto..Amiiiin

  149. mat siang om, aku mau tanya, apa benar dengan pemberian kroto yg berlebihan pd c.ijo akan menyebabkan mudahnya bulu nyulam/brol dan mana yg baik untuk EF antara ulat hongkong dan ulat bumbung. Trims ya om

  150. om saya maw tanya gmn caranya agar cucak ijo cepat tenang krna saya beli yang uda muncul hitam d lehernya. burungnya giras bgt smpai” buluny rusak semua.
    gmn cara perawatanya om.
    saya pemula dlm maen burung.

  151. salam kicaumania om Duto,…..
    Dirumah saya pelihara cucak ijo, Murai (ndak jelas apa lampung, apa Borneo),Penthet and anis kembang. berhubung diperumahan terpaksa sy gantang berdekatan dan hasilnya burung sih mau bunyi tp tdk maksimal, cucak ijo & murai batu yang semula gacor and rajin bunyi jd ogah-2an bunyi/ bunyi cuma ngriwik kl udah di damprat ama Anis kembang, solusinya yaa…..,masalahnya kl mau dijual salah satu kok berat hati ini…udah terlanjur sayangk….sekian bung Duto mohon pencerahan……terima kasih sebelumnya.

  152. om cucak hijau punya sampean tak beli po’o , soale hbis se-minggu beli ,cucak ijo qu juara 2 sak suroboyo ,gag juara 1
    lek punya ,e om palink nomer1 , tak beli ne om sink murah ,apik harga2 . Rp.5.000.000an ya om ,kalau boleh tolong comentari om.

  153. om…………… maaf mau tanya nich? saya beli cak ijo polosan di bulan mei ciri burungnya lincah dan lau dipegang bunyi kayak piyek tapi lau di godah burung itu kayak burung cucak ijo barong dan teman2 bilang lau bulan 5-8 itu burung cucak ijo yang ditangkap di daerah saya itu bisanya uda jadi burung cucak ijo terotolan alias ada hitamnya di lehernya oia asalnya daerah saya dekat dengan hutan baluran banyuwangi yamg saya tanyakan burung cucak ijo saya itu laki atau betina ya? burungnya uda bunyi bervariasi dan lincah + lau di godah barong tapi saya ragu burung itu laki atau betina?

  154. malem om duto…..
    sy mw tny neyy…..

    sy pny CI suara kasar banget,,,,
    tapi kalo d gantang CI sy ga mw diem nagen,,,
    trll hiper aktif…..
    mohon sarannya om
    rawatan sy….
    pg jam 6 burung d angin2 smpe jm stgh 8an krn sy mst krj….
    sore burng d kasih jangkrik 6
    trus mandi n jemur……
    mohon sarannya om….
    SUWUN….

  155. Om… Saya punya C.ijo baru beli dari teman asli jawa banyu wangi udah saya coba kemarin sama teman ternyata main nya ga nejambul & ngetrok.gimana cara nya biar C.Ijo saya mau ngejambul&ngetrok tolong ya Om…………… kasih solusi nya

  156. artikelnya top abis, tapi numpang tanya ya om, boleh ya? cucak ijo saat ini kondisi nyulam, tapi awal2 nyulam masih tetap bunyi, nah sekarang ini jadi macet cet dah 2 mingguan, gimana cara ngatasinya ya om? udah mulai stres ini yg momong cucak ijo, nuwun ya om

  157. hehehe… bener om, kayaknya aq perlu birdmolt juga dech.. semakin banyak tanya dan di jawab ama om duto, semakin bertambah nich ilmu kita.. trims ya om. trus boleh g burung yg lagi mabung kita semprot pake fresAves…? rencana mau aq semprot pake FA, tp CI ama Kcer lagi mabung om… gmn donk.

    tq,
    DR

  158. luar biasa artikelnya om duto,sangat membantu sekali bagi para pengemar burung yang masih pemula,mo tanya om boleh ga om artikel saya print untuk bahan panduan saya memelihara burung,karena kebetulan dirumah ga ada komputer yang punya koneksi internet jadi kl mo buka artikel harus ke warnet,mohon tanggapanya om, terimakasih & sukses ya om

  159. Pak,
    Mohon ijin bertanya, dalam artikel ada pernyataan tidak diperkenankan memberikan makanan jangkrik langsung dari tangan ke burung CH, boleh tahu, mengapa?
    Terima kasih
    NH

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.