+MENU ARTIKEL LOVEBIRD

.

=

Maaf menyela: Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

BURUNG LOVEBIRD

Scientific classification
Kingdom:
Animalia
Phylum:
Chordata
Class:
Aves
Order:
Psittaciformes
Family:
Psittacidae
Subfamily:
Psittacinae
Tribe:
Psittaculini
Genus: Agapornis


REFERENSI

  • omkicau.com
  • ALBS
  • Buku Lovebird oleh Siti Nuramaliati Prijono

Umum

Awalnya, burung lovebird dipelihara orang terutama karena keindahan warna bulunya. Namun seiring dengan perkembangan waktu dan trend lomba suara burung, maka lovebird dipelihara untuk memunculkan suara-suara khas lovebird yang panjang.

Selain sebagai burung petarung di arena kicauan, lovebird juga sangat populer sebagai burung pemaster burung lain.

.

+Jenis-jenis lovebird dan penyebarannya

1. Lovebird kepala abu-abu / lovebird madagaskar (Agapornis cana)

Ukuran tubuh panjang 14 cm, berat 25-28 gram.

Burung lovebird madagaskar jantan: Bulu tubuh umumnya berwarna hijau, hijau terang pada tunggirnya dan lebih kekuningan di bagian bawahnya; kepala, leher dan dada berwarna abu-abu; di bawah sayap berwarna hitam; bulu ekor berwarna hijau; paruh berwarna abu-abu muda; iris berwarna cokelat tua; kaki abu-abu.

Lovebird madagascar (sumber foto parrotparrot.com)

Burung lovebird madagaskar betina: Bulu kepala, leher, dada, di bawah sayap berwarna hijau.

Burung lovebird madagaskar muda: Bulu berwarna seperti dewasa, tetapi bulu burung jantan berwarna kehijauan pada tengkuknya (beberapa jantan memiliki bulu kepala dan dada berwarna hijau); paruh berwarna kuning dan terdapat bercak hitam pada pangkal paruh bagian atas.

Anak jenis: A.c cana dan A.c ablectanea

Penyebaran lovebird madagaskar: Madagaskar

Burung lovebird madagaskar merupakan jenis burung lovebird yang langka dan bukan merupakan jenis yang benyak ditangkarkan. Lovebird jantan dan betina dapat dengan mudah dibedakan dfari warna bulunya. Pada lovebird jantan bulu di kepala dan dada berwarna abu-abu pucat, sedangkan pada lovebird betina hampir seluruhnya berwrana hijau muda.

2. Lovebird “muka merah” (Agapornis pullaria)

Agapornis pullaria jantan kri dan betina kanan (africanlovebirdsociety.com)

Ukuran tubuh panjang 15 cm, berat 43 gram.

Burung lovebird muka merah jantan: Bulu tubuh umumnya berwarna hijau, sedikit lebih kekuning-kuningan di bagian bawahnya; dahi dan muka berwarna merah orange; tunggir berwarna biru terang; bulu di bawah sayap berwarna hitam; ekor berwarna hijau; paruh berwarna merah oranye; iris berwarna cokelat tua; kaki abu-abu.

Burung lovebird warna merah betina: Dahi dan mukanya lebih berwarna oranye dibanding merah, di bawah sayap berwarna hijau.

Burung lovebird warna merah muda: Dahi dan muka berwarna kuning; bulu di bawah sayap berwarna hitam pada jantan dan bewarna hijau pada betina; paruh berwarna coklat kemerahan dan terdapat bercak hitam dekat pangkal paruh bagian atas.

Anak jenis: A.p. pullaria dan A.p. ugandae

Penyebaran lovebird muka merah: Afrika Tengah dan Afrrika Barat Tengah

Lovebird jenis ini sukar berkembang biak di penangkaran. Burung jantan dan betina dapat dibedakan dari warna bulu di bawah sayap. Bulu burung betina seluruhnya berwarna hijau, sedangkan bulu jantan di bagian bawah berwarna hitam.

3. Lovebird “sayap hitam” /lovebird abisinia (Agapornis taranta).

Ukuran tubuh panjang 15-16,5 cm, berat 55-65 gram.

Burung lovebird abisinia jantan: Bulu tubuh umumnya berwarna hijau, sedikit lebih kekuning-kuningan di bagian bawahnya; dahi, lorus dan lingkaran mata berwarna merah; bulu terbang berwarna hitam; bulu di bawah sayap berwarna hitam; ekor berwarna hijau; paruh berwarna merah merjan tua; iris berwarna cokelat gelap; kaki abu-abu.

Burung lovebird abisinia betina: Bulu tubuh umumnya berwarna hijau; bulu di bawah sayap berwarna kehijauan atau kadang-kadang berwarna hitam kecoklatan; lingkaranmata berwarna hijau.

Burung lovebird abisinia muda: Bulu berwarna seperti induk betina; paruh berwarna kuning kecoklatan.

Anak jenis: A.t taranta dan A.t nana

Penyebaran lovebird abisinia: Dataran tinggi Ethiopia

Burung jantan dan betina sangat mudah dibedakan dari warna bulunya. Bulu burung betina seluruhnya berwarna hijau, sedangkan bulu jantan tedapat warna merah di bagian dahi dan lorus serta lingkar matanya. Warna mutasi lovebird madagaskar adalah cinnamon (coklat kekuningan).

4. Lovebird “kerah hitam” (Agapornis swinderniana)

Ukuran tubuh lovebird “kerah hitam”: Panjang 13 cm, berat 39-41 gram.

Burung lovebird “kerah hitam” dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau, sedikit lebih pucat di bagian kepala dan tubuh bagian bawah, tunggir dan bagian punggung berwarna biru, bulu di bagian bawah sayap berwarna hijau, bulu ekor berwarna hijau; kerah hitam yang sempit di bagian tengkuknya, seluruh leher di bagian kerah berwarna kuning dan kadang-kadang dengan sedikit warna yang memudar; paruh berwarna hitam keabu-abuan; iris berwarna kuning; kaki berwarna kuning kehijauan sampai hitam.

Burung lovebird “kerah hitam” muda: Tidak terdapat kerah hitam atau hanya diwakili beberapa bulu hitam di setiap bagian sisi leher; paruh berwarna abu-abu muda dan pada pangkalnya ada bercak hitam; iris berwarna coklat.

Anak jenis lovebird “kerah hitam”: A.s. swinderniana, A.s. zenkeri, dan A.s. emini

Penyebaran lovebird “kerah hitam”: Afrika Barat dan Afrika Tengah.

Burung lovebird “kerah hitam” sulit berkembang biak di penangkaran.

5. Lovebird “muka salem” (Agapornis roseicollis)

Salah satu contoh lovebird muka salem / Agapornis roseicollis (Foto: AfricanLovebirdSociety.com)

Ukuran tubuh panjang 15 cm, berat 46-63 g.

Burung lovebird “muka salem”: Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kuning di tubuh bagian bawah, bulu dahi dan di belakang mata berwarna merah, lorus, pipi, kerongkongan dan bagian atas dada berwarna merah muda; tunggir berwarna biru terang; bulu di bagian bawah sayap berwarna hijau dengan sedikit warna biru, bulu ekor bagian atas berwarna hijau, bagian bawah kebiruan; paruh berwarna kuning gading; iris berwarna cokelat tua; kaki berwarna abu-abu.

Anak jenis: A.r. roseicollis dan A.r. catumbella.

Penyebaran lovebird abisinia: Afrika Barat Daya.

Jenis lovebird ini umumnya mempunyai bulu yang indah. Di antara jenis lovebird, jenis lovebird muka salem mempunyai suara yang paling keras. Kenis lovebird ini paling mudah dikembangbiakkan.

Dalam penangkaran sebaiknya diperlihara berpasangan karena tidak cocok dipelihara secara berkelompok atau digabungkan dengan jenis burung lain.

Antara burung jantan dan betina relatif sulit dibedakan. Warna mutasinya adalah lovebird albino (bulu putih, mata merah), lovebird lutino (bulu kuning, mata merah), lovebird golden cherry (bulu kuning emas sampai merah muda), lovebird pied (bercak warna), lovebird cinnamon (coklat kekuningan) dan lovebird biru.

6. Lovebird kaca mata fischer (Agapornis fischeri)

Contoh Lovebird Agapornis fischeri (Foto: AfricanLovebirdSociety.com)
Contoh lain Lovebird Agapornis fischeri (Foto: AfricanLovebirdSociety.com)

Panjang 15 cm, berat 42-58 gram.

Burung lovebird kaca mata fischeri dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah; dahi, pipi dan kerongkongan berwarna merah oranye; bulu di bagian kepala lainnya berwarna hijau pudar; bagian atas dada dan kerah sekitar leher berwarna kuning; bagian atas ekor berwarna biru muda; bagioan bawah sayap berwarna biru dan hijau; ekor berwarna hijau; lingkar di sekeliling mata berwarna putih; paruh berwarna merah; iris berwarna cokelat; kaki berwarna abu-abu muda.

Burung lovebird kaca mata fischer muda: Bulu berwarna lebih muda dibandingkan dengan bulu burung dewasa, terutama bulu pada kepala; pada pangkal paruh bagian atas terdapat bercak kecil berwarna hitam.

Penyebaran lovebird kaca mata fischeries: Tanzania.

Lovebird kaca mata fischer termasuk lovebird yang mudah dikembangkan. Antara lovebird jantan dan lovebird betina relatif sulit dibedakan.

Warna mutasi lovebird kaca mata fischer adalah lovebird kaca mata fischer biru dan lovebird kaca mata fischer kuning. Persilangan antara lovebird kaca mata fischer dengan lovebird kaca mata nyasa menghasilkan warna mutasi lutino dan albino.

7. Lovebird kaca mata topeng (Agapornis personata)

Panjang 14,5 cm, berat 43-47 gram.

Burung lovebird kaca mata topeng dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau; lebihdahi, lorus, ubun-ubun, dan pipi bagian depan berwarna hitam kecoklatan; bulu di bagian kepala lainnya berwarna kehitam-hitaman pudar; kerongkongan berwarna oraney kemerahan; bagin atas dada dan kerah di sekeliling leher berwarna kuning; bulu ekor berwarna hijau; lingkar di sekeliling mata berwarna putih; paruh berwarna merah; iris berwarna cokelat; kaki berwarna abu-abu.

Burung lovebird kaca mata topeng yang masih muda: Bulu berwarna lebih muda dibandingkan dengan bulu burung dewasa, terutama pada bagian kepala; pada pangkal paruh bagian atas terdapat bercak kecil berwarna hitam.

Penyebaran lovebird kaca mata topeng: Tanzania Utara dan Tengah.

Lovebird kaca mata topneg termasuk lovebird yang mudah dikembangkan. Antara lovebird jantan dan lovebird betina relatif sulit dibedakan.

Warna mutasi lovebird kaca mata topneg adalah lovebird kaca mata topeng warna biru.

8. Burung lovebird kacamata nyasa (Agapornis lilianae)

Contoh lovebird kacamata nyasa atau Agapornis lilianae (Foto: AfricanLovebirdSociety.com)

Panjang 13,5 cm, berat 28-37 gram.

Burung lovebird kaca mata nyasa dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah dan tunggir; dahi dan kerongkongan berwarna merah oranye dan menjadi warna merah muda kekuning-kuningan pada bagian mahkota, lorus, pipi dan bagian atas dada; bulu ekor berwarna hijau; lingkar di sekeliling mata berwarna putih; paruh berwarna merah tua; iris berwarna cokelat kemerahan tua; kaki berwarna coklat keabu-abuan.

Burung lovebird kaca mata nyasa muda: Bulu pada pipi berwarna kehitaman; pada pangkal paruh bagian atas terdapat bercak kecil berwarna hitam.

Penyebaran lovebird kaca mata nyasa: Tanzania, Zanzobar bagian utara, Malawi bagian timur, dan Moaambik bagian barat laut.

Lovebird kaca mata nyasa dapat dipelihara secara berkelompok. Antara lovebird jantan dan lovebird betina relatif sulit dibedakan.

Warna mutasi lovebird kaca mata nyasa adalah lovebird kaca mata nyasa lutino (lovebird lutino).

9. Burung lovebird kacamata pipi hitam (Agapornis nigrigenis)

Gambar lovebird kacamata pipi hitam Agapornis nigrigenis (Foto: Africanlovebirdsociety.com)

Panjang 13,5 cm, berat 36-52 gram.

Burung lovebird kaca mata pipi hitam dewasa: Bulu umumnya berwarna hijau, lebih kekuningan pada tubuh bagian bawah dan tunggir; dahi dan ubun-ubun depan berwarna coklat kemerahan; ubun-ubun belakang dan tengkuk berwarna hijau kekuningan tua; lorus, kerongkongan, dan pipi berwarna hitam kecoklatan, bagian atas dada berwarna merah oranye pucat; ekor berwarna hijau; lingkar di sekeliling mata berwarna putih; paruh berwarna merah tua; iris berwarna cokelat; kaki berwarna coklat keabu-abuan.

Burung lovebird kaca mata pipi hitam muda serupa dengan burung dewasa; pada pangkal paruh bagian atas terdapat bercak kecil berwarna hitam; iris berwarna cokelat muda.

Penyebaran lovebird kaca mata pipi hitam: Zambia bagian barat daya dan Zimbabwe bagian barat laut.

Lovebird kaca mata pipi hitam secara umum sulit didapat di pasaran karena burung ini sudah dibatasi untuk tujuan ekspor dari negara asalnya. Burung ini bisa dipelihara secara berkelompok bahkan dicampur dengan burung lain.

Warna mutasi lovebird kaca mata pipi htam adalah lovebird kaca mata pipi hitam kuning (lovebird kuning).

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Ciri jantan dan betina lovebird

Membedakan jenis kelamin lovebird termasuk pekerjaan gampang-gampang susah. Gampang untuk jenis-jenis tertentu tetapi susah untuk jenis lainnya, apalagi kalau masih anakan. Untuk membedakan jenis kelamin lovebird bisa digunakan cara sederhana sampai yang ilmiah.

Berikut ini adalah serba-serbi mengani perbendaan lovebird jantan dan lovebird betina yang saya ambil dari tulisan Siti Nuramaliati Prijono dalam buku berjudul Lovebird terbitan Penebar Swadaya.

A. Berdasarkan penampilan luar.

Menurut Siti Nuramaliati, berdasar tingkat kesulitan untuk membedakan jenis kelamin lovebird (dan burung secara umum) maka dapat dibedakan 3 kelompok lovebird. Ketiga kelompok tersebut adalah kelompok dimorfik (jenis kelaminnya sangat jelas dapar dibedakan), kelompok intermediate (jenis kelaminnya agak sulit dibedakan dari penampilan burung), dan kelompok lovebird kacamata (perbedaan jenis kelaminnya tidak konsisten). Namun secara umum pada banyak jenis lovebird relatif mudah dibedakan jenis kelaminnya dengan melihat pada penampilan luarnya.

a. Kelompok lovebird dimorfik

Beberapa jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok dimorfik di antaranya lovebird abisinia, lovebird madagaskar dan lovebird muka merah.

1. Lovebird abisinia (Agapornis taranta) – Lovebird jantan berat badan 65 gram, dahi berwarna merah. – Lovebird betina berat badan 55 gram, dahi berwarna hijau.

2. Lovebird madagaskar (Agapornis cana) – Tidak ada perbedaan berat badan antara lovebird jantan dan lovebird betina. – Lovebird jantan kepala dan leher berwarna abu-abu – Lovebird betina bulu tubuh keseluruhannya berwarna hijau

3. Lovebird muka merah (Agapornis pullaria) – Lovebird jantan: dahi dan muka berwarna merah-oranye, tunggir (bulu di atas pantat, di bawah ujung lipatan sayap) berwarna biru muda, bulu terbang dan bagian bawah bulu sayap berwarna hitam. – Lovebird betina dahi dan muka lebih didominasi warna oranye dibandingkan warna merah, bagian bulu penutup sayap berwarna hijau dan di tepi sayap berwarna kekuningan.

b. Kelompok intermediate

Dua jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok intermediate adalah lovebird black collared dan lovebird muka salem.

1. Lovebird black collared (Agapornis swinderniana) Lovebird jantan dan betina sangat sulit dibedakan dan tampak serupa dalam penampilan luarnya. 2. Lovebird jantan dan betina serupa dalam penampilannya, meskipun pada umumnya lovebird betina mempunyai bulu di bagian kepala dengan warna yang lebih pucat.

c. Kelompok lovebird kacamata

Empat jenis lovebird yang termasuk dalam kelompok lovebird kacamata adalah lovebird nyasa (Agapornis lilianae), lovebird pipi hitam (Agapornis nigrigenis), lovebird topeng (Agapornis personata), lovebird fischer (Agapornis ficheri).

Keempat jenis lovebird ini sangat sulit dibedakan antara jantan dan betina. Meskipun demikian ada sedikit perbedaan berat badan antara jantan dan betinanya. Satu keunikan dari lovebird kelompok kacamata adalah pada saat menjelang musim berkembangbiak burung betina akan membawa bahan sarang di bawah bulu tunggir dan bulu punggung bagian bawah.

B. Membedakan jenis kelamin tidak berdasarkan penampilan luar.

Pada jenis lovebird yang tidak dapat dibedakan jenis kelaminnya berdasarkan penampilan luarnya yang spesifik maka akan sulit untuk membedakan lovebird jantan dan lovebird betina. Pada kejadian ini makan ada beberapa cara untuk digunakan memnedakan lovebird jantan dan lovebird betina.

a. Bentuk tubuh.

Lovebird betina cenderung memiliki tubuh yang kekar dan lebih berat. Namun kriteria ini tidak mutlak sifatnya.

b. Warna

Lovebird jantan mempunyai warna yang lebuh terang dari lovebird betina. Meskipun demikian hal itu tidak selalu benar karena warna bulu juga tergantung pada makanan, iklim, dan variasi geografis.

c. Cara bertengger

Lovebird betina bertengger dengan jarak antarkaki lebih lebar dibandingkan lovebird jantan.

Perbedaan jantan berina berdasar bukaan kaki (Foto: Repro dari Buku Lovebird)

d. Bentuk ekor

Lovebird betina mempunyai ekor dengan bentuk lebih rata dibandingkan pada ekor lovebird jantan yang berbentuk agak meruncing.

Perbedan jantan dan betina dari bentuk ekor (Foto: Repro dari Buku Lovebird)

e. Membangun sarang

Kegiatan membangung sarang lebih intensif dilakukan oleh lovebird betina ketimbang jantan. Lovebird menggigit-gigit di luar sarang pada cabang-cabang dan batang yang lebih tebal. Lovebird betina akan megambil kulit kayu dan mengumpulkannya untuk membuat sarang, sedangkan lovebird jantan menyuapi lovebird betina. Namu hal ini juga tidak mutlak karena ada lovebird jantan yang juga aktif mengumpulkan bahan sarang.

f. Perabaan pada tulang pubis (supit urang).

Lovebird memiliki dua tulang pubis (supit urang) pada bagian pinggulnya. Pada musim berkembang biak, tulang pubis lovebird betina menjadi lebih elastic dan jarak antara kedua tulang pubis tersebut melebar karena pengaruh hormone. Keadaan tersebut dapat dirasakan dengan rabaan tangan. Pada lovebird jantan, jarak antara dua tulang pubis tersebut sempit. Teknik perabaan ini hanya dapat digunakan bila kegiatan seksual lovebird betina dengan aktif.

g. Pemeriksaan dengan alat laparoscopy

Untuk mengetahui jenis kelamin lovebird juga bisa dilakukan dengan menggunakan alat laparoscopy. Lovebird yang akan diperiksa jenis kelaminnya harus dibius dulu. Setelah itu dilakukan operasi kecil pada bagian kiri tubuh burung di antara tulang rusuk, tulang pinggang dan tulang paha. Dari bagian yang dioperasi itu dimasukkan alat laparoscopy untuk melihat ada tidaknya ovary (indung telur). Jika ada ovari maka lovebird tersebut dipastikan betina. Cara ini hanya bisa dilakukan jika burung sudah dewasa.

h. Pemeriksaan DNA

Cara lain untuk mengetahui jenis kelamin lovebird adalah dengan menguji DNA yang dapat diperoleh dari darah atau bulu burung. Setelah DNA diekstrak dengan larutan tertentu dan proses lebih lanjut, lalu hasilnya dipotret dengan Polaroid. Apabila dalam foto tersebut terlihat dua pita maka lovebird tersebut dapat dipastikan berkelamin betina. Namun jika terlihat hanya satu pita, lovebird itu bias dipastikan jantan.

Cara ini dianggap lebih cepat dan hasilnya lebih akurat. Namun biaya uji DNA sangat mahal. Selain itu di Indonesia belum banyak laboratorium yang menawarkan jasanyan untuk memeriksa jenis kelamin burung dengan uji DNA.

Pasangan sejenis juga bercumbu

Pada jenis lovebird yang tidak dapat dibedakan antara jantan dan betinanya berdasarkan bentuk tubuh dan warna bulunya sering terjadi kesulitan untuk memperoleh pasangan yang sesuai,.

Sering terlihat dua ekor jantan berperilaku seperti pasangan lovebird yang berlainan jenis. Hal yang sama juga terjadi pada dua lovebird betina. Bahkan pada pasangan lovebird betina ini apabila bertelur maka jumlah telurnya akan lebih banyak dari pasangan yang normal, tetapi telur tersebut tidak fertile alias tidak akan menetas jika dierami.

Hal yang membedakan antara pasangan jantan-jantan dan betina-betina adalah pada pasangan jantan-jantan tidak akan membuat sarang karena perilaku itu hanya milik lovebird bertina.

Ada yang menyatakan bahwa lovebird jantan adalah yang menyuapi pasangannya sedangkan betina yang disuapi. Tetapi hal ini tidak benar karena lovebird betina juga sering menyuapi lovebird jantan untuk menarik perhatian si jantan.

Juga tidak benar bahwa lovebird betina memiliki paruh dan kepala yang lebih kecil ketimbang lovebird jantan. Dan tidak tentu benar bahwa lovebird jantan memiliki kepala yang lebih lebar dengan paruh yang lebih runcing.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Cara memilih burung lovebird

Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan bahan atau bakalan pada burung lovebird:

  • Bentuk paruh, sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkal lebar, tebal, besar, panjang dan terlihat kokoh.
  • Berkepala besar. Ini menandakan burung ini mempunyai mental tempur yang baik.
  • Postur badan, pilihlah bahan yang berpostur sedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yang serasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadan pendek.
  • Sebaiknya juga pilihlah bahan yang berdada lebar.
  • Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat, ini menandakan bahan tersebut sehat. Pilihlah Kaki yang besar dan terlihat kering. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
  • Lincah dan bernafsu makan besar. Ini merupakan ciri-ciri bahan yang bermental baik.
  • Leher panjang padat berisi. Menandakan burung ini akan mengeluarkan power suara secara maksimal.
  • Bola mata besar dan bersih bersinar. Menandakan burung ini memiliki prospek yang cerah apabila dijadikan burung lomba. Karena akan sangat gacor.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Cara perawatan

Sangkar:

Lovebird sebaiknya ditempatkan di sangkar yang terbuat dari logam, berbentuk bulat atau kota. Untuk sangkar bulat, diameter antara 30-40 cm, sedangkan kotak ukuran 25 x 35 x 40 cm dengan diberi tangkringan berdiameter 1 cm dari kayu kasar tetapi tidak runcing, seperti kayu asam misalnya. Tangkringan dari kayu akan sering perlu diganti karena lovebird suka mengigit-gigit tangkringan. Untuk referensi logam yang digunakan untuk kandang lovebird, pilih yang tidak beracun.

Berbagai kasus burung yang keracunan logam dilaporkan dalam Journal of Avian Medicine & Surgery, sebagaimana ditulis di multiscope (Hot Spot for Birds). Sekadar untuk pengetahuan Anda, berikut ini sejumlah logam yang berbahaya dan tidak berbahaya bagi burung, yang biasanya digunakan sebagai bahan pembuatan sangkar, wadah air dan pakan, kandang dan sebagainya:

1. Kuningan
Kuningan merupakan logam campuran antara tembaga dan seng. Kedua logam ini berpotensi membuat burung keracunan.

Jika ada kuningan pada sangkar burung-burung kecil barangkali tidak masalah karena mereka tidak mungkin bisa mematuki logam itu sampai mengelupas. Tetapi untuk burung berparuh kuat, seperti lovebird, nuri, betet dan sebagainya, maka logam ini bisa mereka gerogoti. Maka hindarkan kuningan dari mereka.

Journal of Avian Medicine & Surgery melaporkan adanya burung makau yang hampir mati karena keracunan seng. Pasalnya dia mengunyah-ngunyah tiga gerendel kuningan dan juga menggerogoti kandang kawat krom (krom juga mengandung seng).

2. Timah
Timah juga sangat beracun untuk burung. Termasuk barang yang mengandung timah ini antara lain adalah tutup kaleng, bandul pancing, pemberat korden, koil tutup sampanye, timah pateri, koil soldir, lempengan dalam batu baterai, sejumlah mainan anak dan lain sebagainya.

3. Tembaga
Tembaga juga berpotensi meracuni burung walaupun kadar racun dari logam ini sangat sedikit. Makanan yang mengandung asam yang disimpan dalam wadah tembaga bisa jadi terkontaminasi tembaga. Demikian pula saluran atau wadah air yang terbuat dari tembaga, berpotensi mencemari air yang mengalir atau berada di dalamnya. Kalau mau menggunakan wadah tembaga untuk burung, sebaiknya masukkan air ke dalamnya tidak dalam kondisi panas. Tuangkan jika sudah dingin baru diberikan ke burung. Dan bukan didinginkan di dalam wadah tersebut.

4. Kawat (yang non-galvanil), baja serta besi (yang tidak dilapisi cat anti karat) tidak beracun untuk burung.

5. Seng
Seng sangat beracun untuk burung. Termasuk di sini adalah kandang burung atau ram yang terbuat dari galvanil, klip atau steples, kunci-kunci mainan anak, paku, pipa ledeng, krom, beberapa cat anti karat, dan beberapa wadah shampo atau wadah kosmetika.

Pakan:

Hal utama yang perlu diperhatikan dalam hal pakan adalah menu yang variatif sehingga kecukupan nutrisi, vitamin dan mineralnya. Pakan yang bagus, selain lengkap nutrisinya seperti protein, karbohidrat, juga lengkap vitaminnya seperti vitamin A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3. Selain itu, perlu pula mengandung zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D

Di samping vitamin, perlu juga kecukupan mineral. Mineral dibutuhkan dalam pembentukan darah dan tulang, keseimbangan cairan tubuh, fungsi syaraf yang sehat, fungsi sistem pembuluh darah jantung dan lain-lain. Seperti vitamin, mineral berfungsi sebagai ko-enzim, memungkinkan tubuh melakukan fungsinya seperti memproduksi tenaga, pertumbuhan dan penyembuhan.

Yang termasuk mineral yang diperlukan burung lovebird adalah Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin dan Kalium.

Makanan yang sesuai untuk burung lovebird

  • Bijian Mix. Kita dapat memberikan biji-bijian yang telah dicampur yang banyak dijual dipasaran sebagai pakan utamanya.
  • Sayuran segar. Burung lovebird sangat menggemari sayuran segar seperti: Kangkung, Sawi Putih, Jagung Muda dan sayuran lainnya.
  • Asinan. Untuk mencukupi kebutuhan kalsium, burung ini membutuhkan asupan kalsium tambahan. Dapat diberikan tulang sotong untuk melengkapi kebutuhan kalsium yang dibutuhkan.
  • Extra Fooding. Biji bunga Matahari, biji Kedelai, biji Kacang Merah dan bijiK acang Hijau sangat digemari oleh burung ini untuk melengkapi kebutuhan vitamin, protein dan menaikkan suhu tubuh serta meningkatkan sistem metabolisme didalam tubuhnya.

Kembali ke MENU ARTIKEL

REFERENSI TENTANG PERAWATAN BURUNG SECARA UMUM BISA DILIHAT DI SINI

Perawatan harian dan setelan harian

Perawatan harian untuk burung lovebird relatif sama dengan burung berkicau jenis lainnya, kunci keberhasilan perawatan harian yaitu rutin dan konsisten.

Berikut ini pola perawatan harian dan setelan harian untuk burung lovebird:

  • Jam 07.00 burung diangin-anginkan di teras. Jam 07.30 burung dimandikan (karamba mandi atau semprot, tergantung pada kebiasaan masing-masing burung)
  • Bersihkan kandang harian. Ganti atau tambahkan Pakan dan Air Minum.
  • Berikan Sayuran segar atau Buah.
  • Penjemuran dapat dilakukan selama 30-60 menit/hari mulai pukul 08.00-11.00. Selama penjemuran, sebaiknya burung dikelompokkan agar dapat melihat burung sejenis.
  • Setelah dijemur, angin-anginkan kembali burung tersebut diteras selama 10 menit, lalu sangkar dikerodong.
  • Siang hari sampai sore (jam 10.00-15.00) burung dapat di Master dengan suara Master atau burung lovebird lain.
  • Jam 15.30 burung diangin-anginkan kembali diteras, boleh dimandikan bila perlu.
    Kontrol Pakan, Air Minum, Sayuran segar.
  • Jam 18.00 burung kembali dikerodong dan di perdengarkan suara Master selama masa istirahat sampai pagi harinya.

Penting

Variasi pemberian sayuran segar dan Extra Fooding kunci keberhasilan dalam perawatan burung lovebird.

  • Asinan harus selalu tersedia didalam sangkar.
  • Pengumbaran di kandang umbaran dapat dilakukan 4 jam perhari selama 4 hari dalam seminggu.
  • Berikan Multivitamin yang dicampur pada air minum seminggu sekali saja.

Penanganan apabila burung lovebird over birahi

  • Frekuensi mandi dibuat lebih sering, misalnya pagi-siang dan sore
  • Lamanya penjemuran dikurangi menjadi 15 menit/hari saja
  • Waktu pengumbaran dibuat lebih sering dan lebih lama

Penanganan burung lovebird kondisi drop

  • Penanganan apabila burung lovebird kondisinya drop
  • Perbanyak pemberian Sayuran segar dan Extra Fooding
  • Mandi dibuat 2 hari sekali saja
  • Lamanya penjemuran ditambah menjadi 60 menit/hari

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+PENANGANAN LOVEBIRD UNTUK LOMBA

Perawatan lomba sebenarnya tidak jauh berbeda dengan perawatan harian. Tujuan perawatan pada tahap ini yaitu mempersiapkan burung agar mempunyai tingkat birahi yang diinginkan dan memiliki stamina yang stabil. Kunci keberhasilan perawatan lomba yaitu mengenal baik karakter dasar masing-masing burung.

Berikut ini pola perawatan dan setelan lomba untuk burung lovebird:

  • H-3 sebelum lomba, tambahkan bijian Extra Fooding pada campuran pakan bijiannya.
  • H-2 sebelum lomba, burung sebaiknya dijemur maksimal 20 menit saja.
  • 1 Jam sebelum di gantang lomba, berikan Kangkung segar.

Penting

Sebaiknya, mulai H-6 burung diisolasi. Jangan sampai melihat dan mendengar suara burung lovebird lain.

Perawatan dan setelan burung lovebird pasca lomba

Perawatan pasca lomba sebenarnya berfungsi memulihkan stamina dan mengembalikan kondisi fisik burung.

Berikut ini pola perawatan dan setelan pasca lomba untuk burung lovebird:

  • Perawatan dan stelan pakan dikembalikan ke setelan harian.
  • Berikan Multivitamin pada air minum pada H+1 setelah Lomba.
  • Sampai H+3 setelah Lomba, penjemuran maksimal 30 menit saja.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+Perawatan dan setelan lovebird mabung

Masa mabung (moulting) merupakan masa yang sangat menuntut perhatian penghobi burung. Bulu yang hilang dan digantikan selama masa mabung atau meranggas ini menyerap 25% dari total protein yang ada di dalam tubuh burung. Inilah mengapa selama masa mabung perlu ditambahkan juga protein sebesar seperempat total protein dalam tubuh burung.

Bulu-bulu dan selongsong bulu terdiri atas lebih dari 90% protein, khususnya protein yang disebut keratins. Protein bulu berbeda dengan protein pada tubuh dan telur serta memerlukan jumlah proporsional yang berbeda atas asam amino (pembangun sel atau blok protein). Burung harus mengonsumsi makanan dengan kandungan asam amino jenis ini kemudian menyerap dan disimpan sebagai protein (keratin) khusus bagi keperluan pertumbuhan bulu. Proses ini sangat penting bagi burung dan tubuh burung harus bekerja ekstra untuk mendapatkan gizi yang cukup untuk membentuk bulu secara sempurna.

Ketika burung mabung, mereka juga memerlukan energi yang besar untuk memproduksi bulu baru. Keperluan energi yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, menyebabkan burung harus mengonsumsi lebih banyak makanan selama meranggas untuk dapat mempertahankan pertumbuhan bulu baru. Untuk diketahui saja, energi yang diperlukan burung selama masa mabung sebesar dua setengah kali lebih banyak ketimbang burung yang sedang memproduksi telur (lihat misalnya penjelasan pada “Moulting in Bird” di situs vetafarm.com yang menjadi referensi utama untuk tulisan mengenai masalah mabung ini).

Faktor-faktor yang berpengaruh pada masa mabung tidak bisa sepenuhnya dipahami, karena sangat kompleks. Umur burung, musim saat mabung, cuaca harian, kadar hormon dan siklus perkembangbiakan, semua menjadi faktor penentu bagi keberhasilan atau kegagalan burung melewati masa mabung.

Hal yang paling utama untuk diingat adalah bahwa pada saat burung mabung, Anda harus memberikan suplai pakan yang cukup sehingga mereka bisa mengembangkan bulu-bulu sesempurna mungkin.

Untuk menyediakan protein yang diperlukan untuk peningkatan produksi bulu, Anda harus meningkatkan asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin. Protein seperti itu bisa ditemukan di dalam daging hewan. Daging dapat diberikan kepada kebanyakan burung yang sedang mabung dalam jumlah kecil plus pemberian suplemen makanan yang baik. Suplemen multivitamin dan multimineral yang baik seharusnya mengandung berbagai vitamin dan mineral serta asam amino untuk memungkinkan tumbuhnya bulu secara normal.

Meskipun pada umumnya mabung berjalan normal, ada beberapa hal yang sering mengganggu masa mabung burung, khususnya tumbuhnya bulu yang tidak merata atau bahkan ada bulu yang tidak rontok (sekadar nyulam).

Penggangu tersebut antara lain:

* Penyakit – Penyakit yang disebabkan virus circovirus (Beak and Feather Disease) dan virus polyoma adalah penyakit paling umum yang menyebabkan burung kesulitan memproduksi bulu. Psittacosis kronis, gangguan parasit dan infeksi bakteri pada usus dapat pula menyebabkan bulu burung sulit tumbuh.

* Gizi buruk – Sebagaimana digambarkan di atas, persyaratan untuk berlangsungnya produksi bulu secara normal memang sangat banyak, dan karenanya makanan yang kurang gizi bisa menyebabkan tumbuhnya bulu yang tidak berkualitas (mudah patah, mudah kusam, melintir/ keriting dan sebagainya).

* Kimiawi – penggunaan bahan kimiawi sering menyebabkan bulu tumbuh tidak sempurna atau bahkan merusak bulu. Salah satu contohnya adalah zat pembasmi cacing pada merpati yang dikenal sebagai Mebendazole. Bahan kimia ini akan menyebabkan bulu burung melintir jika diberikan semasa burung mabung.

* Stres – Hal ini terjadi terutama untuk burung yang disuapi/loloh dengan tangan manusia. Tangan manusia menyebabkan bulu baru tidak bisa berkembang sempurna dan sebagainya.

Apa yang perlu Anda lakukan agar burung dapat memiliki bulu baru sebaik mungkin?

Pertama-tama menyingkirkan segala cacing, kutu, mikroba pengganggu dan parasit lainnya.

Kedua, pastikan tidak satu pun dari burung Anda menjadi pembawa virus bibit penyakit, misalnya Polyoma.

Ketiga, berikan gizi yang cukup selama burung meranggas/mabung dengan pakan yang bagus. Hanya saja perlu diingat bahwa pakan yang bagus bukan berarti pakan yang banyak, sebab terlalu banyak pakan yang hanya mengandung karbohidrat misalnya, hanya akan membuat burung kekurangan gizi meski secara fisik terlihat gemuk.

Jika Anda telah melakukan semua hal di atas dan masih mengalami masalah dengan kualitas bulu Anda perlu berbicara dengan dokter hewan khusus burung.

Cara Smart menggunakan BirdVit

Dalam kaitan dengan persoalan mabung inilah disarankan kepada penghobi burung untuk memberikan burung asupan tambahan, misalnya BirdMolting atau juga BirdVit untuk burung yang sedang mabung. Cara ini lebih smart” sebab BirdVit adalah multivitamin dan multimineral yang sangat diperlukan burung selama masa mabung.

  • BirdVit mengandung hampir semua vitamin dan mineral yang diperlukan burung, seperti:
  • Vitamin utama, yakni A, D3, E, B1, B2, B3 (Nicotimanide) B6, B12, C dan K3.
  • Zat esensial seperti D-L Methionine, I-Lisin HCl, Folic Acid (sesungguhnya adalah salah satu bentuk dari Vitamin B) dan Ca-D Pantothenate.
  • Mineral utama seperti potasium chlorida, sodium chlorida, magnesium sulfate, mangan sulfate, iron sulfate, zinc sulfate, copper sulfate dan cobalt sulfate.

Dengan demikian, selama kita menggunakan BirdVit untuk menangani burung mabung, maka kita cukup memberikan porsi pakan seperti sediakala tanpa khawatir burung kekurangan “energi masa mabung”. Sebab, memang benar energi yang diperlukan burung ketika mabung bukanlah energi yang hanya akan mengumpul menjadi lemak tetapi energi untuk pertumbuhan bulu seperti asam amino yang mengandung sulfur seperti metionin dan sistin.

Pola prawatan masa mabung:

Berikut ini pola perawatan masa mabung:

  • Tempatkan burung di tempat yang sepi, jauh dari lalu lintas manusia. Sebaiknya burung lebih banyak dalam kondisi dikerodong.
  • Mandi cukup 1x seminggu saja dan jemur maksimal 30 menit/hari.
  • Pemberian porsi pakan tambahan diberikan lebih banyak karena sangat diperlukan untuk pembentukan sel-sel baru dan untuk pertumbuhan bulu baru. Misalnya: Tambahkan biji-bijian bunga Matahari, Biji Kacang Hijau, dan variasikan pemberian sayuran segar dan buah.
  • Berikan Multivitamin yang berkualitas yang dicampur di air minum 2x seminggu.

Lakukan pemasteran. Masa mabung membuat burung lebih banyak pada kondisi diam dan mendengar. Inilah saat yang tepat untuk mengisi variasi suara sesuai dengan yang kita inginkan. Lakukan pemasteran dengan tepat, sesuaikan karakter dan tipe suara burung dengan suara burung master.

Kembali ke MENU ARTIKEL

.

+PENANGKARAN LOVEBIRD

Untuk menangkarkankan lovebird silakan ikuti artikel-artikel di bawah ini:

.

+PROBLEM UTAMA LOVEBIRD

1. Makan bulu: Lovebird suka mencabut bulu sendiri jika kekurangan mineral, atau kena kutu atau terlalu birahi. Untuk kekurangan mineral atasi dengan BirdMineral, kutu dengan FreshAves dan /atau BirdFresh dan jika terlalu birahi bisa dikawinkan dengan pasangan lain jenis, perbanyak mandi dan kurangi makanan berprotein tinggi seperti jagung dan biji bunga matahari.

2. Kurang gacor: Untuk lovebird yang kurang gacor, silakan simak artikel berjudul “Membuat lovebird gacor”.

3. Kenan penyakit mata akibat snot. Silakan simak artikel berjudul “Lovebird dan penyakit snot”

=DAFTAR ISI LENGKAP ARTIKEL TENTANG BURUNG LOVEBIRD KLIK DI SINI=

350 Comments

  1. Om kicau, Selamat siang, setelah sembuh dari nyilet/kurus berapa lama burung lovebird bisa dijodohkan lagi ? ini yang betina sudah sering mesawat/ minta kawin setelah sembuh dari nyilet/kurus. Trimakasih atas saran dan nasehatnya.

  2. Mt siang om,salam kicau mania
    Mau tanya nich,lovebird banyak ocehan,ngekek malah jarang2 itu pun gk panjang,gimana cara mengatasinya..?
    terima kasih sbelumnya atas tanggapannya

    • Biasanya karena burung sudah kemaster dengan suara burung lain. Dimaster ulang saja dengan suara khusus lovebird agar dia lebih sering menyuarakan suara ngekeknya ketimbang ocehan suara burung lain.

    • Cabut bulu sampai bulu terlepas atau sekedar didis merapikan bulu om?, jika mencabut bulu ada kemungkinan burung terserang kutu atau sedang overbirahi yang ditandai perilaku menjadi lebih agresif.

  3. um mau tanya:
    Love bird saya stiap selesai di mandiin suka nyabutin bulu & Bila sudah kering bulunya. Suka gesek – gesek mulutnya digruji. Agresif um. Padahal mandi 3 x sehari pakannya saya kasih milet putih doang. Kenapa ya um & solusinya apa?
    Mohon bimbingannya ya um.
    Terimakasih & Sukses slalu

  4. Om ane kan baru beli burung lovebird yaa terus kenapa yaa kalo ane trek malah takut gga bunyi tp kalo sendiri mahh ada bunyi nya om solusi nya donk om biar burung LB ane gga takutan ..

    Makasih sebelumnya om

  5. misi om, numpang nanya, saya punya kenari 3 ekor d rumah, 1 ekr msh muda, yg 2 ekr dah gacor, rencana mau sy jadikan isian yg muda, jika sy tempel apakh suara yg muda akan merusak suara yg gacor tuh om? mohon penjelasan om…tksz

  6. saya pnya LB umur sekitar 4 bln, ambil dr peterna. Msh giras dan blm aktif bunyi. Tp kl di krodong trus saya kasih bunyi pleci ( misalnya), LB langsung nyahut bunyi, tp.kl posisi biasa tdk.mau bunyi. Mohon solusinya. Terima kasih.

  7. om.kicau yg ganteng…
    Bagaimana cara perawatan yang baik dan benar untuk lovebird yang sedang dalam proses tumbuh ekor baru pasca mabung ( Dorong Ekor ), dan makanan apa yang harus diberikan.????
    baiknya dikandang umbaran atau dikandang kapsul????
    dan berapa lama sampai tumbuh normal???

  8. Selamat malam om. Salam kicau mania. Saya pemula dari malang om mau nanya… Saya dikasih LB teman. Rupanya tidak terawat. Karena bulunya rontok dan tidak tumbuh2 om di beberapa bagian tubuh seperti dada, leher dan paha. Setelah saya lihat kulitnya seperti keriput om. Meskipun ada rebung2 bulu. Tetapi ada bulu yang rontok meskipun masih rebung. Mohon pncerahannya om. Mengnai perawatan dan obatnya. Saat ini hanya saya mandikan 2x sehari dan jemur max 30 menit perhari. #maklum pemula. Hehehe. Apa yang harus saya lakukan agar burung ini dapat sehat dan cantik lagi om. Mohon saran perawatan dan obatnya om. Terima kasih om sebelumnya. Saya cantumkan alamat email sekalian agar bisa cepat bila ada pemberitahuan om email: richiejude87@gmailmcom. Terimakasih

  9. salam sejahtera kicau mania se indonesia.
    Saya bredding pemula LB.
    saat ini telur lb ada 4 dan menetas 2.
    langkah apa yg harus saya lakukan agar indukan lb rajin mengasuh piyikan (meloloh).
    berapa hari piyikan dipisahkan dari indukan tanpa harus di HF.
    karena sya khawatir piyikan tidak diloloh indukan karena sang jantan terganggu ingin segers kawin.
    mohon pencerahan nya.
    trims be regards

    • Sediakan jagung muda dengan porsi lebih banyak supaya indukan tidak kehabisan bahan pakan yang dilolohkan piyikan, umur 1 bulan sudah bisa disapih om.

  10. Salam kicau mania!

    Mas saya mau nanya LB masalah pengangkatan bahan sarang untuk glodok, apakah LB akan mengangkat bahan sarang terus menerus hingga penuh selagi tersedia di dalam kandang? Karena jika di isi penuh udah pasti susah control telur ato anakan nya nanti. Saya memakai kulit jagung buat sarang.

    Mohon pencerahannya, terima kasih om duto.

  11. Selamat pagi Om Duto,mohon infonya. Sdh 4 hari ini saya berburu LB bahan kekek’an,dan sdh dpt 4 LB. Sebelumnya saya pelihara sekaligus belajar semua hal tentang kenari. Dan Alhamdulillah dlm kurung wkt 1 thn saya sdh dpt memahami tata cara memelihara kenari sampai pda akhirnya mulai 1 bln kmrin saya berani ikut latber dan latpres. Alhasil juara 1 yg sya dpt. Sungguh membanggakan bagi seorang pemula dan awam sprti sya. Tentunya tdk luput dari ilmu” dan produk” dr Om Duto.
    Skg sya mncoba belajar LB,yg sya tnyakan apakah proses pemeliharaan LB ini sama dg kenari? Krn sya lihat karakternya beda dg kenari,atau mgkin prasaan sya saja Om. Hehehehe. . . . .
    Lalu pemberian sayuran pada LB sebaiknya dipotong-potong atau cm digantung saja sprti pemberian sayuran ke kenari.
    Itu saja Om,nanti untuk yg lain biar saya cari di artikel”nya Om Duto saja.
    Mohon maaf klau trlalu panjang lebar,kurang dan lebihnya mohon maaf. Saya tunggu jawabannya Om.
    Terima kasih

  12. please help me!!!!!:)
    lovebird pastel ijo saya pernah juara 2 waktu lomba besar,karena materi istimewa menurt saya(cililin,kenari)tapi udah 3 bulan ini gak bisa dipake lagi.treatmen mandi basah kuyup,milet putih aja,sampai saya carikan pasangan sudah saya coba,tetap belum ada perubahan setiap kali saya lombakan lagi,selalu turun melantai muter2 sampai akhir season,bagai mana cara mengatasinya gan?

  13. om ,ane punya kenari ni,udh 1 bln terakhir ni kondisinya lg mabuk total ngk mw bunyi…,tpi udh ane masterin..,skrg udh mw bunyi lg pti msh pelan suaranya..,gmna biar keras suara kenari ane om…,thanks sblumnya…

  14. Oom sy py Lutino spsng, telur 2 btr, anak yg hidup cm 1usia 2,5 mgu tdk diloloh indukny, sy cb loloh sndri mlah mati. Sy tguin sdh lwt bbrp mggu kok gak kawin lg aplagi mau telor, apakh psngan Lutino ini ngambek? Mohon penjelasan yach Oom…?

  15. mohon pencerahan bagaimana cara merawat lakbet yg suka cabut bulu karena uda sering pas kondisi rapi seminggu kemudian mencabut bulu lagi makasih omkicau jaya selalu

  16. lovebird betina sudah mulai birahi, dan suka menggesek-gesekan pan**tnya ke bawah, tapi ketika lovebird jantan mau menaiki punggung LB betina, LB betina tersebut marah, dan terkesan ingin menyerang LB jantan

  17. om,apa klau burung love bird bertelur itu telurnya di simpan di bawah sarang apa ya om? coz tempat saya kok di simpan di bawah sarang ya telurnya? makasih atas masukannya

  18. Saya punya 5 pasang burung lovebird, tapi kok lambat produksi ya? umurnya sudah lewat 1 tahun. Padahal beberapa kali terjadi proses kawin (yang 2 pasang). Yang lain malah belum ada tanda-tanda kawin? Apakah diberi sawi tiap hari berpengaruh? Mohon saran ya?

  19. om saya punya love bird matanya kelihatan redup terus tdk full buka, apa itu sakit apa gimana om, klu sakit cara ngobatinnya gimana dan apa obatnya om, trims….

  20. misi gan numpang tanya, LB saya knapa mejamkan mata trus y alias ngantuk gitu walaupun keadaan abis dimandikan dan sedang djemur, mohon petunjuknya gan, trims

  21. ass.om mw tnya sya pnya lb kcmta sesekali ngekek pnjang…sya cba bw latihan minggu kmrin tp lum mw ngelurin suara panjang…msh bengang bengong doang..mohon maaf minta solusi om supaya burung sya bisa aktif dilapangan gmn caranya..mkasih om slm kenal taofik botak kemayoran mksh sblumnya

  22. om sebelumnya mohon maaf banyak tanya,klu untuk lb yang baru muwar apa perlu di oven pakai lampu mohon pencerahannya maklum pemula sebelumnya makasih?

  23. om saya pny lb 2 pasang yang 1 psg kayaknya udah jodoh udah bikin sarang tapi terus dibongkar lagi sampai berulang tarus seperti itu apa yang harus sya lakukan ?

  24. om kicau, sy mau tanya apakah sarang lovebird yg di glodok boleh ditambahi lg. semisal serabut kelapa..
    padahal di dalamnya. LB sudah bikin sendiri.
    tujuan kt menambahkan hanya kepengen supaya cepat penuh terisi.
    mohon petunjuknya ya om…
    trimakasih

  25. om mau tanya lagi, saya punya sepasang LB usianya sekarang sekitar 8 bulanan, akhir2 ini setiap jam 4 pagi mereka lebih memilih tidur berdekatan diatas gelodoknya. karena kejadian ini terlalu sering saya coba bersihkan gelodoknya sapa tau ada semut atau semacamnya, ternyata bersih. saya coba ganti dengan daun2 kering dan yang masih hijau, tetap saja mereka masuk gelodok kalau menjelang isya’ sampai setelah subuh. apa itu hal yang biasa?

    mohon petunjuknya ?

    • wajar itu om, biasanya calon indukan coba mengadaptasikan diri didalam gelodok. untuk bahan sarang bisa om sediakan kulit jagung yang kering, daun cemara, serutan kayu, biar calon indukan yang memilih sendiri bahan sarang tersebut.

    • wajar itu om, biasanya calon indukan coba mengadaptasikan diri didalam gelodok. untuk bahan sarang bisa om sediakan kulit jagung yang kering, daun cemara, serutan kayu, biar calon indukan yang memilih sendiri bahan sarang tersebut.

  26. Om yg ganteng mau nanya nih LB saya g pnh keliatan kawin tapi smuanya suka bawa suwiran kulit buat sarang apalagi yg cwek lama banget klu lagi di dlm glodok dan si cwok menjadi galak banget suka gigit klu pas ganti pakan…..?
    pertanyaan saya : apkh LB saya kawin di dlm glodok dan siap bertelur.
    Makasih yg besar-besarnya atas pencerahanya.

  27. om duto mau tanya nich ane punya love brid oliver yg masih anakan kurang lebih 3 bln udah bisa terbang sendiri tp kok makannya masih suka bubur sun y om’ tuch knp y apa gara2 ane sering ngasi makan bubur sun ketika masih anakan y’ tuch biar cepat makn milet solusinya gi mana om. bagi ilmunya y om’ terimakasih banyak : )

    • om sudah saya campur dengan milet tp lovebrid nya pinter yg di ambil buburnya aja’ perna ngk saya kasih bubur 2 hari om sy kasian om burunya keliatan kurus kyk ngk makn gitu. akhirnya sy kasi bubur lg takut mati om’ bantu saya y om solusinya enaknya gi mana biar bisa makn miletnya’ : (

  28. ass..
    om mw tny ..perbedaan LB pastel sma LB holland ap yh???
    dr segi fisik,wrna bulu,atw krakter suara nya.
    mklum baru cb pliara LB.
    mohon bntuan ny yh om…

  29. Maaf mau tanya lagi om, sepasang LB saya suka sekali bertengkar klo lagi makan sayuran seperti bayam dan kangkung, tapi klo makan biji2an selalu akur. kadang klo berkelahi sampai gigit2 kaki. kenapa ya ? mohon pencerahaannya , terimakasih

    • jika lovebird masih muda hal wajar, amati terus selama masih aman tidak masalah. kecuali bila ada kecenderungan untuk saling menyerang atau menyakiti sementara bisa dipisah dulu.

  30. Om mw tanya…saya punya LB paruhnya retak…udh 1 thung ngk sembuh2 retakkannya,,,nah yg 1 lgi paruhnya seperti mw retak…gmna om cara ngobatinnya??mohon d balez om…

  31. om mau tanya apakah benar LB saya ini satu pasang ? laki perempuan ?
    umur masih sekitar 5bulanan

    mereka sudah masuk ke glodok sejak 20 hari yang lalu.
    sering cumbu dan petan atau saling bersiin bulu.

    mohon pencerahannya , terimakasih

    • mendeteksi lewat foto memang susah om, cara paling mudah dengan mengamati tingkah lakunya jika memang mesra berarti memang sepasang, tapi jika sering bertengkar bisa jadi tidak jodoh atau sejenis. Ada cara lebih paten dengan meraba supit urangnya, namun ini biasanya hanya berlaku untuk lovebird dengan usia dewasa sekitar 1 tahun dimana sudah terbentuk jaringan kelaminnya secara optimal.

  32. Om saya punya sepasang lb ♈ǝлƍ betina kaca mata warna ijo.. Jantanya putih mata merah non klep.. Dan udah netas anaknya dua kayaknya jadi muka Salem…

  33. om.., mo numpang nanya ni..
    saya punya love bird, tapi lupa jantan ato betina (beli sekitar 1.5 tahun yg lalu), dy hidup sebatang kara di kandang, trus kandangnya itu di deket lampu n tembok warna putih..
    nah.., skrg belakangan ini dy berkicau mulu (cuit.. cuit..) malem2, terutama klo lagi di atas jam 12 malem.., dan dy ga bs tidur.., gejala ini baru skitar 1 minggu yg lalu..
    ada apa ya dg LB saya? apakah normal? atau dy sedang gejala penyakit?

  34. om duto engkang guanteng…saya mau tanya,kan saya punya sepasang LB n coba saya ternakin,trus bertelur…nah kata temen biar tau isi apa nggak di celupin air klo ngambang brarti kopyor…nah ternyata temen yg lain bilang kalo kena air nggak bisa netes bener ya om?bls om yo,matur sembah nuwun sak derenge..monggo di wangsuli…he he

  35. Om Duto mau tanya kalo LB saya sering nelor tapi g ada satupun yang netas, Pasangan LB saya jantan LB klep Ijo standart vs Betinanya LB Salem mata Merah tapi klepnya tipis…kata temen kalo mau nyilangin harus sejenis Klep vs Klep , Salem vs Salem dst, Terus kalo silangan kemungkinan jadi beranaknya kecil paling 10% apa benar om Duto..??? Padahal saya lihat sendiri proses kawinnya bahkan sering kimpoy terus tapi giliran nelur kok g netas..?? Kalo mau ganti pasangan harus nunggu berapa bulan LB bisa melupakan pasangannya om Duto….??? Takutnya ngak mau masang lagi ama LB yang laen….thank’s atas pencerahannya.

      • Pengennya memang sesuai galur murni naahhh yang masih menjadi kekawatiran saya selama ini yaitu :

        1. Apa bisa ngejodoh kalo LB diganti pasangan & caranya gimana ??? butuh berapa lama om Duto..??? karna pernah saya coba dengan pasangan yang sejenis LB yang baru dihajar sampai luka parah & akhirnya Mati om…
        2. Apa bener Mitos masangin LB yang silang kemungkinan berhasilnya kecil perbandingannya 1:100..??? Gimana tanggapan om Duto…???

        • 1. masalah jodoh cepat atau lambat memang tergantung karakter indukan dengan catatan lb sudah pasti jenis kelaminnya. coba sandingkan dulu dengan sangkar sekat jika sudah benar-benar jodoh dan akur baru satukan sambil pantau. tidak ada tempo waktu cepat lamanya dalam proses penjodohan om.
          2. Lepas dari mitos atau tidak, jika dilihat secara genetika memang ada perbedaan kromosomnya dan hal tersebut beresiko akan merusak keturunan yang ada.

        • 1. masalah jodoh cepat atau lambat memang tergantung karakter indukan dengan catatan lb sudah pasti jenis kelaminnya. coba sandingkan dulu dengan sangkar sekat jika sudah benar-benar jodoh dan akur baru satukan sambil pantau. tidak ada tempo waktu cepat lamanya dalam proses penjodohan om.
          2. Lepas dari mitos atau tidak, jika dilihat secara genetika memang ada perbedaan kromosomnya dan hal tersebut beresiko akan merusak keturunan yang ada.

    • lb memang unik om, kadang sejenis merekapun rukun dan mesra. kalo memang bertelur tunggu saja hingga masa netasnya untuk memastikan bahwa terjadi pembuahan sempurna.

    • Halo om om semua….maaf lancang numpang bagi pengalaman,yah bener kata Om Kicau….tunggu aja ampai saatnya netes,…kalo emang dah nelur,tapi kalo belum nelur….. menurut pengalaman yang kualami….dua pasang LBku setelah 1thn aku pelihara dia gak mau bertelur,padahal mereka mesra, kawin terus n bikin sarang.. kebetulan pasangan itu warnanya sama,setelah aku amati bener2….ternyata mereka kawinnya gantian….maka aku ambil n chek jenkelnya….E e e….ternyata semuanya 2 psng adalah jantan semua….ha ha ha…setelah aku carikan pasangan yang bener2 betina alhamdulilah selang 1 bulan mereka dah pada nelur semua.tuk mas EKO R. coba pegang aja raba tulang supitnya tuk yakinkan kalo LBnya jantan betina.

    • ada diatas tuh om, mulai dari :
      1.Cara memilih bakalan lovebird
      2.Cara perawatan burung lovebird
      3.Penanganan lovebird untuk lomba
      trus dimaster deh, sering2 ikut latber ato lomba. kalau ga moncer sabar, latih terus atau cari bibit baru

  36. tanya dong Om,
    love bird salem itu paruhnya pasti warna kuning gading?
    sy kadang nemu penjual yg burungnya warna hijau, leher kuning, kepala merah, paruh merah disebut salem?

  37. Jika ada yg pernah menanyakan hal yg sama tentang detektor sexing, maka ini hanya kebetulan. Krn ini baru kali ini (pertama kali) saya ikutan di kolom komentar ataupun di link om kicau. Terima kasih

  38. Saya mau tanya, dulu tahun 2002 atau sebelumnya saya pernah baca di tabloid agrobis ada alat pendeteksi kelamin burung, namanya ‘detektor sexing’ yang dijual oleh yayasan agro bina sejahtera (ybas). Apa om kicau tahu sekarang apa alat itu masih dijual ybas? Atas infonya diucapkan terima kasih

  39. ass .wrb saya mau tanya nich kan saya beli burung dara kelabu asap monyet jambul tapi saya belinya tidak sepasang tapi bujangan nah di situ masalah nya burung yg kayak gitu di jodohin nya/ di kawininnya dng cwe an jenis apa megan/kelabu/blorok ,tolong di jawab makasih ,
    wassalam.

  40. om mau nanya saya baru beli LB kacamata tapi LB saya seringmenggesek gesekkan kaki bagian belakangnya hampir di bagian tungirnya kenapa ya om apa kutu apa mau birahi…….

  41. pak master, salam kenal. Kolom tanya-nya kok gak da jwbnya. Andai jwbnya muncul dikolom sharing kan saya bs belajar di prtanyaan dan jawaban di kolom share

  42. salam kenal om’
    saya mau tanya apakah asinan sangatlah perlu buat love brid?…dan berfungsi sebagai apa asian itu buad love brid’…..tolong bagi ilmunya ya om’ salam sucses’

  43. om saya mau tanya burung LB saya yang betinanya kena penyakit pada lehernya terbalik keatas jadi seperti tidak normal parunya keatas kepalanya kebawah, jadi terbangpung nabrak 2 sangkar, itu terkena penyakit apa ya om dan apa obatnya?

  44. mlm om salam kenal sy jim om mau tanya om gimn cara buat prawatan burung lovebrit kalo buat tempur mkn yg bagus nya om tolong di bantuan om bosan di ejek am teman aja

  45. love bird saya bulunya setiap hari ada saja yang rontok.hal seperti ini apakah dialami oleh semua love bird?saya kira mau mabung tapi kok tidak mabung2,dan sudah 3bulan mulai pertama beli seperti ini.burung nya lincah rajin gacor,saya rasa dia tidak sakit.mungkin rekan2 ada yang tau solusinya?

  46. burung itu sering saya lihat di hutan blitar maupun lumajang. warna bulunya terlihat hitam, tapi kalau terbang jadi terlihat biru tua dan terang. paruhnya oranye dengan lekuk mirip hornbill, tapi setelah saya lihat bentuk burung hornbill di internet, sepertinya tidak seperti itu.

    burung apa yah ?

    thanks … 🙂

  47. om, saya punya LB kacamata anakan yg masih di lolohan. sampe rumah baru keliatan kakinya kurang kuat, agak miring. dan napsu makannya kurang, suka makan kotowan sendiri. saya baca di internet, mungkin kekurangan mineral. mau tanya, ada vitamin ato makanan tambahan yg bisa dikasih ke lolohannya, om ?
    sekarang saya kasih bubur makanan bayi + pur anak ayam sedikit + milet jewawut yang ditumbuk sedikit.
    makasih om 🙂

  48. Om kicau, wah makasih deh infonya tentang lovebird. Saya baru tahu dan saya pngin coba menangkarkan.
    jadi tlg dong kasih cara yG PRALTIS DAN JITU gitu biar aku tambah seneng. Thank you very much.

  49. saya punya anakan LB dirumah.. mencoba untuk ternakin.. terus dari indukan yang sama ada 2 lovebird.
    yang ingin saya tanyakan, jika pasangan anakan ini jantan dan betina, apakah boleh dikawinkan? atau bisa terjadi masalah dengan anakan dari pasangan ini??

  50. Mau tanya nih om duto saya lg coba ternak LB skr punya 3 pasang saya ternakin di kandang koloni, tp knp ya LB2 itu suka pada berantem sampe2 jatuh korban luka2 bahkan sampe ada yg mati padahal sebelum di simpan di kandang koloni LB2 tsb sdh pernah berhasil menetaskan telur, yg mau tanyakan apa penyebab LB2 tsb pada berantem? Dan apakah LB termasuk burung teritorial yg ga bisa di simpan bersamaan?? Mohon solusinya om, trims

  51. om pengen tanya ane punya lovebird dirumah,ga tau umurnya brp..dikasih sodara.. warna paruh kuning, bulu di dominasi abu2..
    makan yg cocok bwat lovebird ini apa..umur mempengaruhi makanannya ga?
    kira2 pasaran love bird paruh kuning,bulu didominasi abu2 brp? trims..

  52. Om duto mo nanya lg niih…sy pnya sepasang lb klep pastel ijo usia 6bln.yg mo sy tnyain brp bln lg kira2 lb sy sdh mo kawin n nelor.saat ini sangkar sdh trpsng glodok dan sy lht ad bbrpa helai kangkung di dalamnya.apa itu tandanya udh mo kawin n nelor.mksh om duto seblmnya…

  53. Misi om duto mau tanya nih & mohon pencerahannya saya punya LB sepasang udh bertelur dan berhasil menetas, yg mau saya tanyakan bahan sarang yg di dlm glodok apa harus di ganti atau di biarkan saja soalnya saya liat banyak belatung saya takut mengganggu karena skr sedang mengeram lg, mohon pencerahannya om trim’ salam KM

  54. Met siang om duto
    sebelumnya slm kenal ya om
    mohon informasinya om, klo untuk lb itu lbih bagus taiwan atau holland ya?
    cara memilih lb yg bagus bgmn ya om?
    karena saya tertarik untuk mempunyai lb om, tp tdk tau cara membedakannya
    Klo untuk harganya sekarang ini untuk lb taiwan maupun holland itu di kisaran brp ya om?

    Mohon maaf om banyak tanya..maklum saya pemula..hehehe

    terima kasih banyak om duto

    • Maksudnya LB imporan Om? Secara umum sama. Hanya saja saya sarankan beli saja lovebird hasil tangkaran lokal karena tidak perlu lagi penyesuaian dengan iklim tropis. LB asalnya burung tropis. Kemudian banyak orang Eropa dan juga Asia-subtropis mengangkutnya untuk ditangkarkan. Hasilnya dijual lagi ke kawasan tropis (Indonesia, misalnya), tentu dia perlu penyesuaian lagi yang kadang menimbulkan masalah bagi pemula.
      Kalau yang Om maksud sebagai LB taiwan adalah LB kacatama (klep) dan LB holand adalah non-klep, pilih saja yang klep. Jadi lingkar kulit di seputar mata tebal (2-3 mm).
      Soal harga, variatif tergantung warna dan kualitas suara. Juga tergantung lokasi. Beda kota, bisa juga beda patokan harga. Lebih banyak tanya2 ke teman dekat yang sudah paham LB saja Om, jangan tergesa-gesa beli ketimbang kecewa belakangan.

  55. Om Duto, saya mau tanya Harga LB sepasang skrng Kisaran berapa ya? saya Ingin skali memelihara Burung LB.
    trus saya bisa membelinya di siapa? brangkali Om Duto punya Relasi Breeder.
    klo ada yg lovebird kacamata nyasa atau Agapornis lilianae( dpt Copas diatas)hehehehehe.
    Maklum Om, saya pemula.
    Terima kasih Om Duto sblumnya…
    Salam,,,,,

  56. mas saya mau beli LB yg warna abu” tp saya sangsi apa betina apakah jantan. dan unt harganya agak lumayan sekitar 900 an satu ekornya .mohon sarannya untk membedakan jenisnya.trms

  57. salam kenal,om saya punya LB warna biru kepala hitam,kalo dirumah LB saya gacor dan ngekeknya panjang2,tpi pas di lomaba LB saya malah gak mau gacor dan banyak tingkah,gimana tips nya biar LB saya mau kerja dan anteng pas dilombakan?tolong kasi jawaban.trimakasi

  58. om saya punya LB warna biru kepala hitam,kalo diruma LB saya bunyi ngekek panjang,tpi kenapa ya saat di lomba kok LB saya gak mau bunyi malah bayak tingkah n ngerayap?gimana ya om caranya biar LB saya setabil?

  59. malam mas, saya mau tanya LB saya bertelur 6 dr bln puasa samp skarang September blm menetas,berapa lama masa menetasnya? dimana saya bisa membeli vitaminnya? boleh tahu g alamat mas duto? saya pingin ke rumah untuk tanya2, trm ksh sebelumnya

  60. Permisi Om mau nanya kenapa ya LB saya kalo bunyi suka gigitin jeruji sangkar dan gerak terus naik turun, pas ngeriwik aja dia tenang. apakah itu termasuk Birahi Tinggi ya om?. makasih atas jawabannya

  61. numpang nanya mas.sy pny sepasang lb nelor enam n udah netas smua,tp yg trakhir mati.trus anakanya yg 2 ekr kakinya kok menyamping alias pengkor,knp ya?

  62. Om…..! sbtulx q penghobis ayam serama end ayam kontes berbagai jeniz disediakan, klw btuh itu hbgi : 083833122112
    mslhnya skrg Om,,,,!
    q tertarik utk jd maniak burung LB, pingin rsx q ternak itu, tp mslhx q g’ thu kisaran harga dan dmn bandarnya LB itu.
    tlong informasinya…. Om….???

  63. makash untuk info seblumnya om….
    mau nanya lg nich om…
    Paruh LB sy ga rata alias meleset umur kira2 4bln.apakah bs kmbli sprti biasa dan apa mngkin di sbabkan karna paruh bagian bwah panjang.
    maksh om duto….

  64. om duto mau nanya nich..
    klo menggabungkan lovebird jantan ma betina yg usianya brbeda bs jodoh ga….misal jantan 7bln betina 4bln atau sbliknya….
    Terima ksh om duto…

  65. om sy mo nanya.. lb sy netas tapi induknya menyerang anaknya smpe mati.. knpa ya om.. kjdian ini brualang smpe 3x. . misalkan anaknya di ambil/di loloh sndri. bisa ga ya.? soalnya anak lb bru netas 1hari.

  66. minta tolong solusinya dunk mas..
    pasangan LB ku tidak kawin2..
    kondisi yg jantan bulunya rontok, sering birahi (gesek2 ditangkringan), kaki kiri pincang smpai skrg
    (gk tau apa penyebabnya, aku perhatikan tidak ada luka yg terlihat)..
    kondisi yg betina terlihat gemuk, sudah rajin bikin sarang, tpi tidak terlihat tnda2 birahi atau mw dikawin..
    bila berada satu tangkringan, yg jantan takut2 dgn betina(pdhl pertama kali disatukan/jodohkan saling nempel), jadi jantan sering di tangkringan bagian bwh..
    trims sebelumnya..

  67. saya punya LB 1 bulan yg lalu sy pisah cz LB yg 1nya habis2an dihajar sama pasanganya(biru)…stlh sy pisah sktar 1 bulan kok tiba2 LB yg biru bertelur 4, sekarang lg angkrem…kira2 telur tadi akan menetas tidak ya om??
    skrng dalam keadaan memnjanda harus mengerami 4 telur sendirian…kira2 bgmna ya om??

    • bisa menetas jika keadaan kandang pakan dan minum tercukupi ta[i belum tentu bisa hidup semua,soalnya lb betina akan disuapi lb jantan dan akan disuapkan ke anak2nya jadi harus di barengkan di kandang yag memadai.(berdasarkan pengalaman):)

    • om LB saya sudah bertelur tidak pernah bisa menetas, jumlah telunya empat semua tidak ada yg menetas, kalau saya amati burungnya juga sering bercumbu, apa LB saya perempuan semua, trims om

  68. om duto saya punya LB umur sekitar 7-8 bln, sebelumnya bunyi rajin dan crecetannya lumayan panjang. tapi sehabis mabung (tidak brodol) jadi kurang rajin bunyi hanya sesekali saja dan sampai sekarang 1-2 helai bulunya selalu rontok setiap hari tapi kok tidak tuntas2? bagaimana agar proses mabungnya bisa tuntas dan suaranya kembali seperti dulu lagi y om duto? terimakasih ….

  69. om om tanya dong …saya ada masalah nih….LB saya sudah menetas 4 ekor dari 5 telur…usia anak kurang lebih 2 mingguan, cuma kok yg 3 ekor sekarang sudah tidak sama induknya sementara yang satu dan telur yg belum menetas terus di erami oleh induknya…sementara saya tidak pernah mau pegang anaknya karena masih kecil kenapa yg 3 ekor ini mereka tidak di erami atau di beri kehangatan dari induknya yah….tolong informasinya apa yg harus saya lakukan…terima kasih

  70. Om om…Mau tanya nih saya baru beli 1 bulanan 3 Lb berwarana tiap tubuh 2 warana putih abu abu,hijau dan biru yang satu lagi kuning plus putih..Mereka sering kawin bergantian tapi kok ngak bertelur-telur yah…padahal kandang cukup besar ukuran 3X4 M sedangkan didalam kandang saya buatkan rumah burung 2 buah ukuran 30CM X 40cm terus saya isi dgn jerami yg sy beli di toko burung. Terus terang saya gemes banget ini burung kapan yah bertelurnya he he

  71. om duto mau nanya saya baru njodohin Lb umur keduanya (menurut saya udah ce dan co)sekitar 8bln. kadang2 tidurnya bareng kadang pisah. kalo siang kadang2 bercumbu kadang2 kejar2an. yg mau saya tanyakan apakah Lb tersebut udah jodoh?
    makasih om

  72. om duto mohon info
    LB saya yg betina dah di kawin dan kloakanya dah membesar tp kenapa ga kunjung nelor
    padahal udah sebulan sejak di kawin dan terlihat kloaka membesar, apa ada obatnya untuk ini.trims

  73. om bapak, mas/ ibu mba, saya pengen nyoba sekalian memelihara burung cinta, sepasang nya brp yach? jangan mahal2 karna saya suka pelihara hewan karna hewan salah satu teman.

    • tergantung jenis warna dan umurnya….
      paling-paling yang agak ngerogoh kocek yang jenisnya kacamata….
      jika masih muda sekitar sejutaan tapi kalo sudah umur sekitar 1,7 lah..kalo standar2 aja yaa paling2 800 udah dapet..

  74. om,mau tanya….
    lovebird punyaku telornya koq g mau netas ya? kira2 knp ya? baru pertama kali nelor d erami gak netas sampai nelor lg. aw pecah dah ada embrio d dlm telor. help me dunk. thank’s

    • banyak factor yang mempengaruhi keberhasilan penetasan, yang paling penting telur sudah ada embrionya kan? berarti perkawinannya sudah bagus tinggal sabar nunggu netas…gud luck yah..(^.^)b

    • stress itu burung…. punyaku dulu kyak gitu betina g mau mengerami karena stress tempat dia bertelur sering dikunjungi kucing liar alhasil 4 butir telurnya terlantar..T_T, sekarang dah dipindah dan bertelur lagi dan menetas 2 ekor…

  75. dari literatur diatas ada love bird nyasa n love bird Fisher..,nama lain dari love bird tersebut apa/ dipasar budung pedagang tdk mengetahuinya…makasih

  76. om saya mau tanya.. LB saya sudah nelor 3btr.. trus dah berapa hari( +-4hr) nelur lag cuma telurnya pecah (bolong) kaya digigitin dan isinya di makan soalnya putih telurnya ga ada dan bkas cangkangnya jg ga ada. kira2 penyebabnya apa ya om kok telurnya dimakan? terima kasih

  77. wempi :

    Sore,,,Om Duto yg baik hati dan tdk sombong….
    maaf om punya alamat / no. HP om Dwi…penangkar LB di Jogja om (Pasti tau neh),…
    tolong SMS / email saya ya om…..makasih banyak ya om
    Salam Kicau mania

    Maaf om ketinggalan No.Hp saya 089889123640

  78. Sore,,,Om Duto yg baik hati dan tdk sombong….

    maaf om punya alamat / no. HP om Dwi…penangkar LB di Jogja om (Pasti tau neh),…
    tolong SMS / email saya ya om…..makasih banyak ya om

    Salam Kicau mania

  79. halo, salam kenal.
    Mohon bantuannya saya sedang cari importir burung dari Belanda, khususnya Love bird .
    Apakah ada yang bisa kasih info ? saya berniat untuk ternak dan juga hoby .thanks a lot.

  80. omm saya pengen bisa buat anakan lutino
    sekarang ini saya punya pejantan hijau hasil silangan kacamata sama lokal
    gimana caranya buat anakan lutino ???

  81. Numpang Lapak ya OM……Baru nyampe semalam ni sepasang burung nuri papua,udah jinak…….Mau dijual sepasang 1,7 juta ( nego ), posisi burung di jatiasih Jakarta timur …..berminat hubungi 021 919 65 101.

    Mohon Maaf :
    Tidak melayani pengiriman……demi keamanan liat barangnya langsung, lalu ditawar aja…deal bayar bawa pulang…..burungnya.

    • untuk sby yang cukup bagus n banyak stocknya di jalan tembok sayur om, ketemu dengan pak sugik, garansi kalo beli pasangan misalnya ga cowok cewek maka bisa ditukar

  82. Dijual Lovebird holland kacamata, pake ring, jenis kelamin betina, umur 8-9 bulan, warna biru putih, prospek buat dipersiapkan untuk lomba (karna suaranya kasar dan volume oke) dijual 950ribu + kandang besi (merk oktagon masih baru).
    peminat..

  83. om-om semua mo nanya neh aq cb ternak lb ada 3 pasang dah ada hasilnya terus mau nambah 1 pasang lg. koq susah jodohnya ya. betina dah ngejar@ terus tp jntan g mau terus ada saran/masukannya. ato ke no 081 553 444 366 utk msukannya. hatur nuwun

  84. Om aku mau jual anis maerah ada 4 ekor udah pada teler yang 1 udah sering juara dilatihan dan yg 1 lg buka ekor tolong kasih info yaaaaaaaaaaaaaaa !!!

  85. Info Gan…saya mo menangkarkan love bird tp didaerah Pekanbaru-riau,mohon bantuannya bila ada yg mo jual indukan lovebird,saya mo beli
    deny : 081329373511

  86. mau nanya nich om..!
    lovebird over birahi banget dan jarang sekali bunyi panjang,
    sayuran dan pakan yg pas buat lovebird saya agar tdk birahi banget dan gacor,
    mohon infonya Om….!

  87. salam kenal.. mau nanya nih mengenai burung lovebird.
    lovebird saya over birahi banget dan jarang bunyi panjang!
    dan sayuran yang pas spy lovebird saya tidak birahi lg dan tambah gacor,
    gimana solusi yg tepat Om….? txs

  88. Om..mau tanya kalau LB lutino itu cirinya gimana?? sy punya sepasang LB warna kuning, muka merah, matanya merah, paruh putih (tidak merah )…..terus di kasih vitamin apa supaya cepat produksi dan anakanya sehat…terima kasih atas jawabanya…

    • Biasanya karena kekurangan mineral ketika kecil. Untuk itu, selalu gunakan BirdMineral untuk asupan lovebird, apalagi ketika masih anakan.

      BirdMineral:
      Penggunaan utama/ hilangkan indikasi:
      Rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal), paralysa (lumpuh), perosis (tumit bengkak), anak burung menetas cacat, urat keting (tendo), terlepas sendinya, tercerai (luxatio); paruh meleset, kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran tidak segera bertelur, telur tidak berisi, produktivitas rendah, daya tetas rendah, serta banyak terjadi kematian embrio.

      Kandungan:
      BirdMineral (BMN) berisi multi mineral dalam bentuk serbuk/ tepung, antara lain Calcium, Phosphor, Iron, Manganase, Iodium, Cuprum, Zinccum, Magnesium, Sodium Chlorin, Kalium, Vit B12, Vit D3.

      Deskrispi Fungsi:
      BirdMineral/BMN juga berfungsi menjaga pertumbuhan bulu yang bagus ketika burung mengalami mabung/molting sehingga bulu tumvuh kuat, sehat dan bercahaya. BirdMineral/BMN sangat direkomendasikan untuk diberikan ke burung baik burung kicauan, burung yang ditangkarkan dan juga merpati (balap sprint maupun tinggian).

      Cara Pakai:
      BirdMineral dicampurkan ke pakan ataupun extra fooding, dengan takaran disesuaikan dengan berat tubuh burung. Untuk pemakaian Bird Mineral, pembeli akan diberi petunjuk khusus melalui telepun atau SMS dari Om Kicau sesuai dengan burung yang mengalami masalah kekurangan mineral.

  89. Om mau tanya…
    Kemaren minggu (7/11) saya liat pemandangan aneh,.. LB saya kawin, eh yang betina kok posisinya di atas yah. Setelah kejadian itu saya langsung ambil LBnya dan saya cek ulang kelaminnya dan hasilnya bener, yang tadi di atas adalah betina (kebetulan LB yang ini dah betelur).
    Apa LB betinanya lagi OB, sementara yang jantan ngga, gimana nih Om, takut ada kelainan pada LB saya…

  90. om mau tanya neh… love bird saya cabut bulu,… sudah di coba kawinkan.. sudah pasangan dan bertelor.. tiba2 pasangan jantan mati di bunuh betina…
    setelah kejadian tersebut saya kandangkan di sangkar lomba.. kemudiam love bird cabut bulu sampai botak… mohon bantuannya
    thanks om duto

    • Terlalu birahi Om. Coba pindah kandang ke lokasi yang dingin dan jangan lupa lakukan treatmen dengan BirdMineral.
      Jika Anda memangkarkan LB, sebaiknya jantan dipacu betul birahinya sebab kalau birahi jantan kalah, kadang lantas diamuk sama betinanya Om. Banyak kasus seperti ini.

  91. Mo nanya ni om Duto/om kicau
    saya skrg lg nyoba ternak lb ada 3pasang alhdllh berhasil dari peneloran sampai ke penetasan cuma yang jadi masalah ada satu anakan dari salah satu indukan wrn hijau kepala merah kakinya ngangkang gak bisa nengger umur dah 2bln itu kenapa ya dan sebaiknya perawatanya gimana ya om

    terimakasih

  92. Salam kicau buat om semua…
    Saya selama ini adalah penghobby burung berkicau, sebatas untuk didengar sendiri aja mengisi waktu luang, jadi gak pernah ikut yg namanya lomba atau latber…
    Saya mulai tertarik untuk mencoba beternak LB karena ada seorang teman yg saat ini mencoba, walaupun dengan indukan yg kualitas pasar lokal/seadanya, ternyata berhasil dan dapat nambah-nambahin uang jajan keluarga. Karena itu saya berharap ada yg mau memberikan referensi, dimana saya dapat membeli anakan LB yg kualitasnya biasa2 aja dengan harga yg biasa2 aja pula (Tapi kacamata, karena di daerah saya Tulungagung lagi ngetrend). Saya ingin belajar dari awal… memperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya sebelum mencoba untuk membudidayakannya….
    Maturnuwuuunnnn…..

  93. q punya LB warna standart,brumur 6-7bln, dy punya mental yg bagus,klo ktemu lawan dlapangan apapun kondisina dy slalu garang n ngepak2kan syapna,tpi knpa dy g’mau ngekek ya? cuma triyak2 doang kya’ brung cendet, drumah juga dy jrang ngekek,sllu ja bunyi isian sperti prenjak,krijangn cendet, klo ngekek pun kya’ msih blajar getu,kaya’ gagu. apa ya kendalanya,apa msih terlalu muda ato emng burungna itu bukan mental burung lomba ya? mohon saranna temen2! tolong kasi solusi ya? maklum pemula,klo emng g’laya’ q mau cari lgi LB yg lbih layak!

  94. Terima Kasih Buat yang mail ke Saya Hari ini.

    Sebenarnya Berapa sih dana yang diperlukan untuk memulai penangkaran LB ini ???

    Untuk Sepasang Induk + Kandang = Perlengkapan Kandang + Serta Perawatan ???

    Terima Kasih.
    Salam Billie D.

  95. Temenku di karawang mau jual Lovebird kacamata Holland warna Hijau pastel ada 2 ekor, bulu bagus, suara udah lumayan gacor, burung terawat…..bagi yang berminat dapat hubungi ARI 0812 80 668 999 ( DIjual karna mau bayarin Murai batu medan)

  96. Saya Tertarik dan mau coba untuk tangkar. Dimana bisa dapat sepasang yach di daerah Tangerang / Gading Serpong ???
    Bisa Hubungi Saya Via Email atau SMS 021-32022310
    Terima Kasih.

  97. Saya punya LB warnanya hijau pala hitam ( import ), gacor banget suara, tapi suara pendek pendek dan kasar ( durasi cuma sekitar 15 detik ) cuma terus menerus di ulang ulang………………, mohon saran dari temen temen atau omkicau…….. bagaimana caranya supaya bisa panjang panjang durasinya………perlu diketahui pola perawatan yang saya saya lakukan setiap hari saya jemur dari jam 7 pagi s/d jam 9 pagi, makanannya Pancy Lovebird dan sayuran selang seling kadang jagung muda kadang kangkung dan untuk asinannya saya kasih tulanng sotong ………setiap malam dari jam 8 malam s/d jam 12 saya master dengan setelan cd lovebird. trus mandi 2 hari sekali…..burung ini baru saya pelihara 3 minggu……….mohon saran……….

    thanks by sonny.

    • Mt mlm Pak,prknlkn,Sy IWAN. ni Sy mau ngejual 2ps love bird siapan wrn hijau kpala mrah & wrn kpala emas. Seandainy Bpk msih btuh bs hbngi Sy k nmr ini…081226036567 – 085721438447

    • klo mau pesan berbagai macam jenis canary dan love bird hubungi..

      “ONLYNE JAYA MELAYANI BERBAGAI PESANAN SEGALA JENIS CANARY DAN LOVE BIRD” Harga terjangkau dan bisa di nego

      Catatan Om Kicau: Maaf saya “sensor” nomer telepun dan alamat. Untuk penjual tetap, silakan gabung sebagai Member Om Kicau Hotline.

  98. alhamdulillah ,abis beli produk om kicau anakan LB ku sekarang udah usia 1 bulan
    sebelumnya cuman usia 10 hari pada mati.
    mau nanya om,indukan kayaknya udah mau kawin lagi,kira-kira anakannya gimana ya om…?,klau emang harus diloloin campurannya apa ajah ya om duta…?,
    terima kasih sebelumnya

  99. Om mau tanya nich…
    Saya lagi coba ternak LB dan sudah mulai kelihatan hasilnya, cuma ada kekhawatiran dari saya bila LB tiba-tiba sakit.
    Apakah ada obat yang bisa di rekomendasi untuk dipergunakan buat jaga-jaga. Terimakasih. Salam

  100. Om mau tanya nih !!!
    Aq punya lb cobalt cewek, crecetan cukup panjang durasi +- 13 ketukan, tapi ada kendala bila ditarungkan sesama LB dia ngak mau bunyi kalau burung ocehan lainnya yang bunyi di ngacor banget (memang LB tersebut untuk master). Caba tolong beri aq solusi biar bisa buat tarung sesama LB. Trims banget, aq tunggu pemecahannya

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.