Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif.

BURUNG MURAI BATU

Scientific classification
Kingdom:
Animalia
Phylum:
Chordata
Class:
Aves
Order:
Passeriformes
Family:
Muscicapidae
Genus:
Copsychus
Species:
C. malabaricus
Binomial name
Copsychus malabaricus
Synonyms
Kittacincla macrura
Cittocincla macrura

 MENU UTAMA

(UNTUK MENELUSURI ISI HALAMAN MURAI BATU INI, SILAKAN DIKLIK SAJA MENU YANG INGIN ANDA BACA, DI BAWAH INI):

30 Comments

  1. mlm om,mau ny..klau murai ngelawa kr2 bs smbh dak??apa bnr exfoodny dibr bnyk dak ap2??apa dak nmbh ngelawa ntr…oiy cr cpt penangannya gmn y???thnks

  2. Salam kenal Om Kicau, Sy dari Palembang, akhir2 ini mulai hobby ama MB. barusan beli MB (hrg 3.5 jt) berbadan agak kecil, ekor 25cm, bulu hitam mengkilap dan coklat kekuningan. Sy sangat puas dgn MB sy yg rajin berkicau dan terkadang suaranya melengking keras sambil mendengkengkan dada dan ekor naik turun dgn lincahnya. Yg sy suka MB ini jika kita dekati atau tangan kita didekatkan/dimasukkan kesangka langsung dipatuknya sambil ngeriwik dan berkicau sambil menantang. Tp tdk ngeBatMan, jinak dan tidak gesit. Yg sy mau tanyakan kira2 jenis murai dari daerah manakah MB sy ini dan untk harga tsb kira2 wajarkah?
    Terima Kasih…

  3. mat siang om salam kenal,mau tanya om sy punya MB palangkaraya knp akhir akhir nie MB q g mau makan kroto,padahal dulu dia doyan banget ma kroto
    tolong om jawabanya’makasih sebelumnya

  4. om kalo murai batu ekor pendek biasanya dari mana ya asalnya…..? saya punya om soalnya. gacor sih tapi kalu lihat ekornya kurang enak dipandang..gak kayak yg ekor panjang….matur nuwun sebelumnya….

  5. assalamulaikum om kicau.
    bagaimana caranya saya mahu mendapatkan produk om kicau, adakan om punya wakil di malaysia. dan bagaimana caranya saya berhubung terus dengan om secara tertutup.
    harap dapat maklum balas.

  6. om selamat pagi,sy pux murai batu kalimantan,knp kok kepala dekat telinga kok bisa botak,awalnya warna bulu berubah menjadi warna coklat,lama2 kok jadi botak,mkasiiiih om……….sy tunggu jawabanya

  7. selmat pagi om,sy punya murai batu borneo,setelan harian kroto+jangkrik 3-4 ekor pgi sore,yg sy mau tanya kan murai saya kok kepalax sekitar telinga kok botak,trims

  8. mao tanya om….
    aku baru beli MB lampung super, katanya sih baru kelar mabung.
    Tapi dah 2 bln kok ngeriwik aja, gak plong suaranya. waktu ngeriwik isiannya lumayan banyak, tapi ketika aku coba di trek sama MB lain kok diem aja???
    Kira2 knapa ya MB saya?
    Thanks om

  9. mohon pencerahan mas2…om…pakdhe…
    saya punya MB .. isian lumayan lengkap …. tapi mulutnya sering mangap ( membuka ) yg membuat dia nggak maksimal alias gampang kelelahan kl dilombakan…. gimana solusinya …. matur suwun…

  10. om terima kasih atas info MB tgl 11 juni 2010 tentang Usaha MB milik Om Anton di madiun, kmrn sempat saya melihat ke lokasi dan ternyata banyak hal yang saya dapat dari sana mengenai ternak MB di tengah keramaian kota… sukses om anton di madiun… utk sobat kicau mungkin alamat ini berguna …om anton 0351-455963 untuk belajar MB

  11. om numpang tanya, kenapa harga murai aceh lebih murah ketimbang medan???padahal ekornya juga sama2 panjang khn?? emang kelebihan dan kekurangan murai aceh apasih om??? soalnya ini belum pernah dibahas,tolong jawab ya om biar kita2 yang awam tahu. thanks

  12. salam kenal. langsung aja nanya ke om duto dech, gini om…saya baru dapet MB, katanya yang jual sih lampung, tapi kalo aku liat2 n berdasar baca referensi kayaknya MB saya kalimantan, beberapa hari ini saya sering ngeliatin tingkah laku tuh MB sampe berjam-jam n secara nggak sengaja saya ngeliat MB saya membuka paruh lalu ngeluarin sisa makanan yang nggak ikut dicerna, bentuknya bola padat dengan diameter sekitar 6-8mm, sebagai pemula yang masih awam banget sama MB, saya jadi khawatir, sebelumnya tuh MB saya kasih makan voer, jangkrik, n kroto yang sama menunya dengan AM yang saya miliki, tp AM saya tidak menunjukkan kondisi seperti MB dengan menu yang sama, sebagai informasi pada sisa makanan tersebut ada sayap jangkrik, potongan kaki jangkrik n semut rangrang, yang mau saya tanyakan apa kondisi ini normal untuk MB atau MB saya terserang penyakit?
    saya mohon penjelasannya dan Arigatōgozaimasu no-tame-ni duto-oji.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.