Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif.

BURUNG MURAI BATU

Scientific classification
Kingdom:
Animalia
Phylum:
Chordata
Class:
Aves
Order:
Passeriformes
Family:
Muscicapidae
Genus:
Copsychus
Species:
C. malabaricus
Binomial name
Copsychus malabaricus
Synonyms
Kittacincla macrura
Cittocincla macrura

 MENU UTAMA

(UNTUK MENELUSURI ISI HALAMAN MURAI BATU INI, SILAKAN DIKLIK SAJA MENU YANG INGIN ANDA BACA, DI BAWAH INI):

40 Comments

  1. Selamat siang om,sy mau nanya,burung mb sy udah di kasih tbb sampai sekarang msh di kasih dan hasilnya alhamdulillah memuaskan.
    Rencana sy. Mau di kasih bird power ,apa harus ada jeda waktu …..?
    Atau bisa langsung esok harinya….?
    Mohon petunjuknya om.
    Trm kasih (dede bandung)

  2. om aq fauzi dari parenggean mw tanya om aq punya murai batu huta muda om sudah hampir 3bln di rawat olah aq tapi kok belum bunyi2 jg om ap solusi nya buat murai batu aq ini om ?????
    tks om

  3. Om saya mau tanya. Produk apa dari om kicau untuk memperlancar proses dorong ekor. Sebab sudah 2 bulan mb saya dorong ekor hanya kurang satu ekor yg panjang masih pendek sekali padahal yang lain sudah maksimal semua. Malah melebihi ekor sebelumnya panjangnya.

  4. mf om mau tnya nch…..sy lg cba ternak mb dua pasang..dan satu pasang kacer…mslhnya anakan mb selalu d buang sama jantannya…..apakah itu pengaruh adanya burung kacer om??????…..gmana solusinya mkash bnget om….

    • kacer dan mb sama-sama burung petarung yang terbiasa saling berebut daerah teritorialnya, coba untuk pasangan yang belum produk dipindahkan terlebih dulu dan dilihat hasilnya, apakah indukan mb masih membuang anakan atau tidak. namun kasus buang anakan juga bisa disebabkan faktor lain seperti indukan kembali birahi sehingga, membuang anakan untuk menyiapkan tempat bersarangnya, solusinya anakan harus segera dipanen sebelum kembali dibuang oleh indukan.

  5. maaf oum saya punya murai muda hutan dah rawatan lama 1,8 bulan koe cuman ngeriwiek doank ya tpi rajin loem kepantau ngeplong kenapa ya oum mohon pencerahanya master ?…….

    • Di coba terapi pengembunan jam 4.30 sampai jam 7 lalu dimandikan.. Stelan EF ditambah mas.. Baik kroto dan jangkrik.. Sore dmandikan djemur.. Rutin 1 minggu akan klihatan hasilnya.. Saya udah terapkan di 8 mb saya yg tadinya ngriwik jadi ngeplong.

  6. OM…saya ada masalah dengan MB saya khususnya dengan ekornya yg tumpang tindih sehingga menghasilkan kurang enak di pandang…bagaimana cara nya om untuk bisa merapikan kembali ekornya…

  7. oum.. saya mau nanya, saya punya mb udah 7bln saya rawat tapi kok belum ngeplong2 cuma ngeriwik2. sesekali saja ngeplong, sekarang bulu ekor agak kusam n nyerit2 itu knp ya oum? mohon solusinya..
    waktu beli kondisi burung trotolan/baru ganti bulu dewasa.

  8. Om, mohon pencerahan, saya punya anakan murai batu dua ekor dari induk yang sama tapi masa menetasnya tidak sama/umurnya tidak sama yang laki dah 3,5 bulan yang betina 2 bulan, untuk perlakuannya apakah dikandang bareng dalam satu kandang atau dipisah. Trimksh

  9. Om saya punya mb lagi dorong ekor, tapi knpa ya om klau siang gtu pas di buka krodong dia malah nglowo sesekalai dia jg ngeplong saja, tolong pencerahannya om ekor kira2 12 cm. Pola perawqtan yg bagaimana yg sesuai. Trimakasih om

  10. salam hormat om. mb saya kalau di rumah gacor tetapi kalau di bawak latber atau di trek lomba dia macet gak mau bunyi dan gak mau melawan. bagai mna cara penanganan mb saya om mohon di beri petunjuk. trims

  11. Mw nanya om tolong pencerahan pengalaman master yg sangat berharga…
    uda 2taon mb sya ga murak lepas bulu pas bulu uda kusam sperti sapu ijuk saya cabutin buntut dn kepak skrg kasusnya bulu dada rontok ga tumbuh2.
    Dn aneehnyaa pas uda manjangin buntut patau tengah om… dn pendek skali buntutnya ga lengkap lgi bunttut hitam dn putihnya.. tlong sangat berharga pengalaman om2 smw… terima kasih

  12. Terimakasih om atas ilmunya..
    Nanyak lagi ne om hehe
    Apa ya om penyebab ekor MB yang lagi nyorong tumbuh tidak normal seperti bolong dan mudah patah dan apa solusinya om?
    Mohon bantuannya ya Om
    Terimakasih Sebelumnya Om

  13. Mb saya udh 3bln, udh ngeriwik,,tapi dirumah tdk mau ngeplong,padahal pas diadu udh bunyi keras n makin hari makin giras dari sebelunmnya, mohon pencerahannya.

  14. pagi om..mau tanya ni,apa murai batu betina sumatra bulunya harus berwarna abu abu?soalnya di tempat saya banyak MB betina yang bulu dadanya hitam legam(tidak abu abu)tapi motif ekornya sumatra??,.mohon pencerahanya.

    • Tidak semua mb betina berwarna abu-abu atau klawu, rata-rata bewawrna hitam pudar atau tidak terlalu legam terutama pada bagian leher dan dada.

      • mau tanya om kenpa murai sya tidak bunyi ya om suara hanya trek….trek saja om dan yg aneh nya om mb sya ekor separuh berwana hitam dan putih om…sya mau kirim foto bingung upload nya om…trim

  15. om kicau mau tanya nih . MB Borneo kalo lg bunyi dengan volume pelan gelembung atau tidak? soal nya saya baru beli mb kata nya si lampung super . tapi saya takut borneo . tapi pas bunyi dengan volume pelan si ga gelembung .mb saya masi blm ngeplong jadi masi volume rendah. mohon pencerahan nya . terima kasih

  16. Tambahan murai kurang lebih umur 5tahun,baru selesai ngurak 1bulan yang lalu.sewaktu proses dorong ekor setengah rajin ngeriwik sewaktu pagi.tapi hampir selesai dorong sudah ngak ngeriwik lagi dan sampai sekarang.kretekan pun sudah jarang.

    • Om saya punya kacer habis mabung kondisi burung sudah fit.tampil bagus dari awal samoai akhir ngepal terus tapi volume tidak kluar gimana cara mengatasinya..

  17. Siang om.2minggu lalu saya pakai produk tbb 3hr dan minggu ini 3 hari juga.tapi murai saya ngak ada reaksinya. Setelah saya perhatikan lebih lama sewaktu makan jangkrik waktu di telan sampai di tengorokan nya kog gembung jelas sekali seperti leher nya nonjol keluar dulu ya baru pelan2 turun lagi.apakah ini termasuk penyakit atau bukan.dan cara pengobatan nya gimana

    • Salam hormat om.. Maaf sebelumnya, saya mau tanyak ne om apa kah ekor MB yang tercabut pada saat sorong ekor bisa tumbuh lagi kalau bisa berapa lama dan bagaimana cara perawatannya agar tumbuh normal kembali serta mental tetap terjaga. Mohon pencerahannya om.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.