Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif.

BURUNG MURAI BATU

Scientific classification
Kingdom:
Animalia
Phylum:
Chordata
Class:
Aves
Order:
Passeriformes
Family:
Muscicapidae
Genus:
Copsychus
Species:
C. malabaricus
Binomial name
Copsychus malabaricus
Synonyms
Kittacincla macrura
Cittocincla macrura

 MENU UTAMA

(UNTUK MENELUSURI ISI HALAMAN MURAI BATU INI, SILAKAN DIKLIK SAJA MENU YANG INGIN ANDA BACA, DI BAWAH INI):

47 Comments

  1. om sy dah terapkan semua cara untuk menjinakkan murai MH tp hasilnya blom terlihat ,,, sudah hampir 6 bulan murai MH nya di rumah tp tetap tidak mau jinak ,,, tolong minta saran nya lg dr para mastah .trims

  2. Om mau tanya, murai sya klo di gantangkan ngelowo, kemarin pas pertama di gantangkan takira OB sya bener2 gak tak kasih jangkrik cuma kroto saat mau lomba berikutnya tp masih ngelowo/ngebetman. Nah pertanyaanya membedakan ngebatman katena OB sama karena kalah mental itu gimana? Biar terapinya tepat. Trimakasih

  3. om saya mau nanya saya ada MB borneo, klo di gantang di tmpt sepi dia berkicau, tp klo di gantang di luar rumah tidk ada kicauannya, kira2 apa solusinya ya om, supaya bisa gacor di gantang di luar rumah

  4. Om,sy punya mulai medan tp ga mau ngeplong, maunya ngriwik klu dah ngriwik bisa seharian,tp ga ada ngeplongnya,kenapa ya om,mohon pencerahanya? Tks

  5. Mau tanya om.murai saya kok jarang mengeluarkan suara ketrekanya.itu knp ya?? Biasanya kan setiap murai loncat pasti keluar sura ketrekanya.??

  6. agan… mohon pencerahannya nih… sy pengen tau apakah memang MB asal batang asai itu bagus? trs ciri yang ngebedain MB asal batang asai dgn daerah lain di jambi itu apa ya? soalnnya ada tmn nawarin.. katanya kualitas MB batang asai itu ngebanding sama MB medan.

    • Lampung Timur: Bp. Jephiansah, d/a. Dusun Subing Puspa Barat RT. 004 RW. 013, Desa Rajabasa Lama (Tridatu), Kec. Labuhan Ratu, Kab. Lampung Timur 34375, HP. 081274561766.

  7. Sy ko lom bisa membedakan murai batu sumatra dan kalimantan di saat lom bunyi . Kalau dah bunyi jelas bedanya. Gimana solusinya om. Sy beli bakalan harga di rata rata 2jt katanya medan. Bakalan lo om. Muda hutan .biar sy paham mohon kasih trik murai biar sy gak keriput om

  8. Gara2 ganti kandang n dbawa mlm2 djalan di gonggong anj**g sampe ngelabak dlm sangkar..yg tadi’y gacor skrg malah diam sribu bahasa om..penangann yg tepat bgmana om..
    Tx sblm’y..

  9. Mau nanya om,,murai saya kalau ditrek selalu bunyinya ngukluk/ngeban2,padahal kalo lg ngeriwik banyak fareasi suaranya?
    Sbelumnya saya ucapkan terimakasih

  10. om mohon bimbingannya… murai saya suaranya kenceng dan ngebas juga rajin ngeriwik,kepala mengkilat tapi kenapa bulu leher bercampur antara hitam pekat dan kusam .. apa pengaruh dulu saat trotol saya cabutin bulu lehernya .. mohon terawangnya apa murai saya betina ataukah jantan.. terimakasih banyak..

  11. Oom ada dampaknya gak ya..klo dirumah muray batu disimpen dalam satu ruangan dengan kondisi burung muraynya ada 12 ekor..dan dalam rawatanya selalu full kerodong..

    • Jika burung masih dalam kondisi bahan tidak masalah, tapi kalau 12 burung tersebut sudah gacor tentu saja sangat berpengaruh ke mental dan kesehatan burung murai batu yang dirawat.

  12. Om saya mau tanya. Kenapa setelah murai batu saya sudah tuntas dorong ekor murai tersebut lompat* di atas tangkringan . Hendak terbang seperti mau salto tapi tak salto. Terbang keatas kebawah tapi tak turun didasar sangkar hanya di tangkringan itu. Jadi apakah masalah ini apa tidak nyaman dg sangkar atau dengan tangkringan atau faktor lain om.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.