Burung murai batu (Copychus malabaricus) adalah anggota keluarga Turdidae. Burung keluarga Turdidae dikenal memiliki kemampuan berkicau yang baik dengan suara merdu, bermelodi, dan sangat bervariasi. Ketenaran burung murai batu bukan hanya sekedar dari suaranya yang merdu, namum juga gaya bertarungnya yang sangat aktraktif.

BURUNG MURAI BATU

Scientific classification
Kingdom:
Animalia
Phylum:
Chordata
Class:
Aves
Order:
Passeriformes
Family:
Muscicapidae
Genus:
Copsychus
Species:
C. malabaricus
Binomial name
Copsychus malabaricus
Synonyms
Kittacincla macrura
Cittocincla macrura

 MENU UTAMA

(UNTUK MENELUSURI ISI HALAMAN MURAI BATU INI, SILAKAN DIKLIK SAJA MENU YANG INGIN ANDA BACA, DI BAWAH INI):

29 Comments

  1. Sore om duto.. saya mau tanya :
    saya baru beli murai batu dari tetangga se kota, ditangan penjual bulu ekornya nyerit dan diberi produk om kicau yang namanya BirdMolt dan ekornya rontok sisa yang putihnya saja.. apakah itu sudah cukup om untuk pemberian multivitaminya? tapi bulu2 halusnya belum ada yang rontok apakah itu sudah masa mabung atau belum dan bagaimana cara perawatannya??..
    terima kasih.

  2. ak punya MB marah ngak mau bunyi mana waktu itu ak pindah rumah dari rumah sebelumnya MB ku Gacor ampun pokoknya tp setelah ak pindah rumah MB jg ikut eh dirumah baru dia ngak mau bunyi sama sekali napa ya…..tlg kasi saran temen2 BIRD CLUB

  3. Semua hati hati,kemarint aku beli di pasar burung Murai Batu ekornya di sambung sial bener. aku kira beneran sesudah nyampe rumah aku ukur ekornya 30cm e ternyata di sambung.

  4. Om-om smua…….skdar mw nanya nih.
    sebenarnya yang lebih baek kualitas mental ataupun suara dari MB yang bagus dr jenis MB mana? tlg pencerahannya….dan alasanya apa?
    mhon ma’af kl ad slh kta…
    Salam….

  5. om mau tanya nih seputar murai batu…..
    saya punya murai batu lampung….. sudah 2 bulanan saya rawat om nah ada tapinya om, burung nya ga berdiri tegak cuma menyandarkan badannya ke tangkringan kalo ga ada orang kecuali kalo makan dia berdiri tegak kalo ga ada orang dia nyandar lagi om…….
    tolong di bantu om permasalahan dan solusinya kalo bisa kirim via email ya balesannya

  6. asslkm… mau nanya… aq punya MB baru beli di daerah Jojga…. masalahx kakix selalu diangkat satu karena sakit…. aq tdk tau sebabx…. dan perawatanx gimana… soalx yg satux dah mati…. makasih ya

  7. berarti kalau ada org nawarin MB medan tapi panjang ekornya dibawah 25 cm
    bisa dipastikan penipu donk om…karena menurut paparan di atas ekor MB medan
    lebih dari 25cm….
    tks atas pencerahannya om…

  8. Saya punya MB bulu sdh tua tp blm jg rontok terutama bagian ekor jelek nyisir , suatu hari bulu ekor sy cabut semua, dampaknya skrg jarang bunyi, gmn cara biar cpt bunyi spt semula?

  9. terima kasih atas pemberitahuannya semoga dapat bermanfaat bagi saya dan org lain yang hobi pelihara burung ocehan…..salam persahabatan…..

  10. ehm gini om, saya punya murai batu totol setelah 3 bulan mabung tapi bulunya kok nda hitam mengkilap, kalo bagian kepala emg hitam mengkilap tapi bagian leher hitamnya agak kusam,kira-kira MB saya jantan apa betina? tapi kalo dideketin sama pejantan dia kaya nantang, pertanyaan kedua saya kalo murai batu betina dideketin sama pejantan gerakannya gimana?ato cm diem seibu bahasa?mohon jawabannya …….. terima kasih om

    • itu wajar masih trotol om???punyaku juga sama hehehehe yang jadi pertanyaan biar MB seperti punta om duto masih trotol tapi ngeplongnya OK banget gmn om??? pa mang dah dari katuranggannya

  11. Om,
    Bagaimana solusi perawatan yang cocok untuk MB saya yang kerja nguli Jam 07.30 sampai 04.00 wita (senin-jum’at), kalau sabtu – minggu banyak waktu (libur). Apakah ada alternatif yg bagus untuk perawatannya mohon saran…

    Terimakasih

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.