TENTANG OMKICAU.COM

Website omkicau.com adalah web berita, artikel, dan informasi mengenai dunia hobi burung, breeding/penangkaran burung, dan agrobisnis dalam arti luas. Saat ini omkicau.com menjadi referensi dan panduan utama bagi para penggemar dan penangkar burung di Tanah Air.

Visi:

Visi omkicau.com adalah “Menjalankan hobi secara bermartabat untuk kesejahteraan dan kelestarian lingkungan”

Misi:

  1. Mendorong para penggemar/penghobi burung untuk memanfaatkan burung hasil penangkaran (breeding) untuk menekan pemanfaatan burung tangkapan hutan, demi menjaga kelestarian plasma nutfah asli Indonesia.
  2. Memberikan pemahaman mengenai perawatan serta penangkaran burung secara baik dan benar, sebagai manifestasi rasa sayang manusia terhadap makhluk lain ciptaan Tuhan Maha Pencipta.
  3. Memberikan informasi dan panduan mengenai penangkaran/pemuliabiakan flora dan fauna sehingga bisa membuka peluang lapangan kerja khususnya bagi generasi muda.
  4. Menjadi media komunikasi dan silaturahmi antar-penggemar burung yang merupakan salah satu komunitas potensial di Indonesia, dan diharapkan bisa membawa kemanfaatan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya.

Omkicau.com di bawah pengelolaan CV Griyagawe Omkicau, Jl Adisumarmo 21, Ngabeyan RT 3, RW 2 Kartasura, Sukoharjo 57165, Telp. 0271 – 7851294

REDAKSI

Pemimpin Redaksi: Duto Sri Cahyono

Redaktur Kepala: Dudung Abdul Muslim

Anggota Redaksi:

  • Gilang T Gemilang
  • Galuh Candra
  • Endar Wardhana
  • Aries Munandi
  • Sista Rheina
  • Lidya Pratiwi

Sejarah Omkicau.com

Gagasan membangun omkicau.com dimulai ketika Duto Sri Cahyono, penggemar burung yang juga praktisi pers, membuat uji coba dengan membuat website gratisan dengan nama omkicau.com (Mei 2008). Pada bulan pertama, jumlah kunjungan rata-rata baru 85/hari. Tidak buruk untuk sebuah blog baru, meski kemudian menjadi sangat timpang dibandingkan dengan jumlah kunjungan saat ini yang sudah mencapai rata-rata 263.827 / hari .

Dari kunjungan rata-rata yang hanya 85/hari, omkicau.com mampu menjaring ribuan pembaca setia dalam waktu satu tahun. Pada April 2009, jumlah kunjungan sudah mencapai 3.084/hari.

Dengan penuh optimistis, Duto Sri Cahyono selaku admin web mengembangkan omkicau.com menjadi omkicau.com, tepatnya pada tanggal 23 April 2009. Perubahan nama sempat membuat jumlah kunjungan anjlok di bawah angka 2.000 / hari, dan ini berlangsung selama 11 bulan, sampai akhirnya pulih kembali pada Maret 2010 (saat itu jumlah kunjungan rata-rata sudah mencapai 6.585/hari).

Melalui berbagai teknik optimasi website, diimbangi dengan penyajian berita, artikel, dan informasi yang lebih berkualitas, serta  rekruitmen sumberdaya manusia (SDM) dalam penulisan dan editing, akhirnya omkicau.com mengalami perkembangan pesat dari waktu ke waktu.

Demikian sekilas profil Omkicau.com

31 Comments

  1. Malam om,sy masih pemula,baru hampir 1 minggu ini pelihara kacer.
    Yg mau sy tanyakan adalah,waktu pemasteran menggunakan mp3 kacer sy selalu ikut membalas kicauan dari mp3 itu,padahal sudah sy cari waktu yg tepat saat dia istirahat.
    Kalau kacer sy membalas seperti itu,yg harus sy lakukan tetap melanjutkan masteran atau stop saja? Takutnya nanti kacer sy malah tidak merekam suara mp3 dalam memorinya.
    Terimakasih om

  2. selamat malam omkicau..saya YUDI SABAR..saya ingin bertanya apakah bisa saya mempublikasikan web saya di omkicau.com ini??kalau memang bisa bagaimana prosedurnya??

    terimakasih omkicau..saya tunggu balasan email saya..

  3. Salam kicau mania. Omkicau, saya mau tanya, kalau burung tledekan itu volume suaranya sekeras apa ya? Hampir sama seperti kenari atau lebih pelan? Terimakasih

    Salam, kicaumania.

  4. Salam sejahtera buat om kicau dan pengelola website nya, sungguh membaca artikel artikel dari om.kicau membukanan mata saya terhadap jendela pengetahuan. Saya berterima kasih om kicau bisa berbagi ilmu dengan kami yang awan ini. Oh ya om saya mau tanya apakah om tahu perusahaan import dan export unggas dan burung hidup?? Kebetulan saya ada beberapa jenis burung yang ingin saya datangkan dari luar negeri.

    Mohon pencerahan nya

    Hormat saya

    Fahmi haris

  5. situs sudah mendekati sukses, terimakasih atas waktu dari selaku penggerak situs omkicau.com yg telah menyediakan segala informasi yg sangat bermanfaat bagi kicaumania. saran saya hanya satu. jika situs sudah sukses, tolong jangan terlalu banyak tampilan iklan dari produk” yg di jual, yg bisa menyusahkan orang awam untuk mencari informasi secara mudah dan cepat. semoga semakin sukses dan berkualitas omkicau.com

  6. Om kicau,
    Mau tanya om, diantara burung sulingan, poksay mandarin, dan anis macan mana yg lebih bagus om? Kalau dari segi perawatan mana yang lebih mudah ya om? Terima kasih sebelumnya

  7. Sekitar 3 bulan lalu saya menemukan sarang burung yg jatuh dari pohon. Isinya 2 bayi emprit yg masih gundul dan merem. Kami rawat sampe besar. Ternyata salah satu bayi ini cacat. Perkembangannya tidak bagus juga dan akhirnya meninggal. Sekarang bayi yang sehat jadi sendirian. Dia sudah bukan bayi lagi. Bulunya sudah mulai berganti. Dari pola2 warnanya yang bersisik2 dia adalah emprit peking. Sangat jinak. Saya ingin mencarikan teman untuknya. Burung yang ada di pasar burung adalah hasil tangkapan dan burung biasanya akan stress. Saya lebih memilih burung dari penangkaran yang sudah biasa dipelihara manusia. Dimana saya bisa dapat informasi tempat penangkaran emprit peking? Saya lihat di internet ada yang menangkar jenis emprit ini tapi tidak disebutkan di mana. Thanks sebelumnya

  8. Om kicau, . Saya mau nanya nih. Saya baru saja beli anakan burung cucak hijau anakan. Tapi saya tidak tau ciri antara jantan dan betina anakan cucak hijau. Mohon infonya untuk ciri khusunya om kicau. Trims. .

    • Omkicau sudah sering memberikan himbuan untuk tidak melakukan transaksi jual beli burung via online jika belum mengenal penjualnya, sebaiknya lakukan transaksi secara langsung dan tatap muka serta jangan mudah tergiur dengan harga burung yang sangat murah atau dibawah harga pasaran pada umumnya.

  9. salam kicau mania .

    mau numpank tnya nih tman” , saya kn baru beli cucak ijo tapi kenapa kok sering ngeruji” mlahan stelah nyampek rumah ?? tolong bntuannya ya ksih solusi . trima kasih

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.