Fungsi Google Custom Search Engine pada SEO sebuah blog

Oke, untuk Anda ketahui saja bahwa mesin pencari semacam google akan makin sayang dan suka memberi rangking tinggi untuk artikel-artikel pada blog Anda, jika memang banyak orang yang menemukan artikel Anda melalui dia. Dan pada dasarnya, mesin pencari seperti  google.com atau google.co.id lebih suka dengan artikel yang banyak mendapat trafik organik. Loh apa itu trafik organik?

Trafik organik atau organic traffick adalah lalu lintas masuk ke sebuah website yang berasal dari daftar pencarian tidak berbayar pada mesin pencari atau sebuah website direktori . Lalu lintas organik sebuah website dapat dihasilkan atau ditingkatkan dengan cara kita mendaftarkan atau memasukkan situs web ke website direktori, mesin pencari, dan lain-lain.

Bagaimana cara mendapatkan trafik organik? Ada beberapa cara bisa ditempuh. Antara lain ya menggunakan teknik-teknik SEO yang sudah banyak dibahas di berbagai blog. Namun kali ini, saya ingin memberi tips beda yakni dengan membuat google custom search (google penelusuran ubahsuaian) yang dipasangkan pada blog wordpress.com kita. Dengan memanfaatkan google penelusuran ubahsuaian ini maka trafik yang datang ke blog kita adalah sebagai berikut:

Blog kita = > Google => Blog kita

Dengan alur lalu lintas trafik seperti itu, maka perujuk bagi orang untuk masuk ke blog kita berasal dari mesin pencari google. Akibatnya sudah pasti, google sayang pada blog kita, dan semakin memberi rating tinggi pada artikel-artikel blog kita.

Jadi jelaslah bahwa pembuatan dan penempatan Google Custom Search Engine di blog kita merupakan salah satu bentuk search engine optimization (SEO). Artinya Google Custom Search Engine berfungsi sebagai penguat upaya SEO yang kita lakukan untuk blog kita.

Cara membuat Google Custom Search Engine

2 Comments

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.