Berikut ini adalah lontaran sejumlah teman di forum wp.com. Saya ikut menanggapinya khususnya berkaitan dengan salah satu unsur penting search engine optimization (SEO)  hal yang mereka bicarakan.

Salah satu member wp.com, Alamendah, mengatakan:

Mari sobat blogger semua untuk ikut serta berpartisipasi dalam “Gerakan SEO Positif SMP” untuk membebaskan “keyword SMP dan Anak SMP” dari kontens2 yang tidak sesuai dan berbau seronok. Ini bukan kontes SEO hanya sebuah gerakan moral. Caranya; bikin postingan dengan tema “SMP” atau “anak SMP” dan publish. Semakin banyak yang ikutan semoga kontens yang tidak tepat akan terdesak.
Contohnya bisa dilihat di http://alamendah.wordpress.com/2010/08/24/smp-dan-anak-smp-cinta-lingkungan-hidup/

Menanggapi hal itu, member forum wp.com lainnya, smpn5malang, mengatakan:

Gerakan SEO Positif merupakan gerakan melawan penyalahgunaan SEO atau SEO di gunakan untuk hal-hal yang merusak. Gerakan ini sebagai bentuk kecintaan kita terhadap NKRI, gerakan ini bertujuan untuk membendung berbagai penyalahgunaan SEO oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Gerakan SEO positif ini dimulai dari pembersihan keyword positif tapi disalah gunakan menjadi hal negative, contohnya smp. Ketika kita ketikkan smp di google, maka akan kita jumpai peringkat pertama adalah VIDEO TIDAK SENONOH.

baca keterangan selengkapnya di http://manajemenemosi.blogspot.com/2010/08/gerakan-seo-positif.html

saya mengharap para WPers yang mempunyai ‘kekuatan memaksa kepada anak-anak sekolah’ untuk mendukung gerakan ini dengan cara ‘memberikan nilai plus’ kepada setiap siswa yang telah membuat blog dan membuat artikel tentang SMP

saya sendiri juga akan ‘memaksakan kehendak saya’ kepada anak-anak didik saya

ayo dukung http://smpn5malang.wordpress.com

Dia juga mengatakan:

mohon penjelasan kepada para suhu di sini, tolong diterangkan bagaimana caranya agar sebuah artikel dapat menembus SEOnya google
nama blog – judul artikel – cara menuliskan isi artikel – kategori – tag dsb

Menanggapi lontaran itu, saya mengatakan:

“Kalau saya lihat sejumlah artikel dengan kata kunci “smp”, rata-rata “kesalahannya” sama, web lama membukanya.

Web atau blog yang berat ketika dibuka, sangat tidak disukai ronot di mesin pencari.
Beberapa artikel Alamendah misalnya, berat sekali ketika dibuka.

Jadi, untuk tujuan ini, perlu juga diperhatikan masalah struktur web, pendaftaran ke blog lain dsb, dan bukan semata-mata pemakaian kata kunci di dalam artikel blog.

Alamendah mengatakan:

Iya, pak. Blog saya keknya emang terasa berat. Padahal beberapa widget (seperti alexa) sudah saya copot. Gambar-gambar juga sudah saya kompres.
Sayange gak bisa ngutak-atik CSS-nya….

Nah inilah yang saya sampaikan menanggapi Alamendah:

Nggak perlu sampai ke css.
Diopreks saja khusus halaman depannya, jangan terlalu banyak image yang tidak cacheable.
Banyak sekali image, khususnya yang biasa kita gunakan di sidebar yang sangat tidak cacheable (nggak disimpen oleh sistem di PC kita). Meski saya upgrade CSS, juga tidak bisa ubah struktur php-nya.
Solusinya, bikin halaman statis untuk depan dan bikin kolom di kanan atau kiri semau kita, “yang seolah-olah adalah sidebar”.
Pokoknya bikin seringan mungkin halaman depan kita ketika dibuka.
Agar halaman depan “tidak terlihat statis”, bikin saja daftar artikel terbaru sebanyak 5 atau 10 dengan cara menuliskan shortcode arsip [*archives limit=5*] (tanpa bintang).

Contoh adalah halaman depan blog saya (Sekadar contoh tetapi mohon jangan dijadikan pegangan penuh karena saya selama ini kurang abai SEO karena pembaca blog saya adalah “komunitas yang sudah jadi” dan mencari artikel tidak lewat mesin pencari tetapi langsung mengetikkan domain saya dibrowser).

Di sana saya tulis “ARTIKEL TERBARU” dan dibawahnya saya tulis shortcode . Dan artikel di dalamya terus berubah sesuai penambahan artikel blog.

Nah itulah salah satu hal yang perlu juga diperhatikan dalam SEO atau search engine optimization.
Salam.

Halaman terkait:

13 Comments

  1. saya masih awam mengenai SEO itu om, apa SEO itu sama dengan tags ketika kita mengepost sebuah tulisan?
    mohon pencerahan dan bimbingannya om, baru bertransformasi dari menulis di diary menjadi blog hehe.. 🙂
    makasi om

    • Maksudnya yang seperti apa? Apakah maksudnya mau menampilkan halaman statis untuk tampil di depan? Ya bikin saja halaman tersendiri, kemudian masuk ke Pengaturan; Lantas pada pilihan “Tampilan halaman depan” pilih “Halaman Statis”. Pada pilihan “Halaman depan” pilih saja halaman yang baru dibuat tersebut.
      Nah, sudah jadi Om.

  2. penggunaan shortcode arsip untuk homepage statis supaya terlihat dinamis adalah ide cemerlang. Jika jumlah postingan saya sudah meluber kaya Om Kicau sayapun ingin mencobanya.

    Terima kasih telah bekunjung ke blog abal – abal saya dan salam kenal juga 😆

Tinggalkan Balasan