Promosikan bisnis Anda secara PREMIUM di omkicau.com untuk menjangkau ribuan kicaumania Indonesia. Cek caranya di halaman Promo Kicau.

Sangat kami harapkan, sebelum menyampaikan pertanyaan, mohon membaca yang ini dulu ya. Terima kasih.

Ada 49 Komentar/Pertanyaan Baru

  1. Salam Om Kicau saya pehobi burung yang new bie ni, mau tanya om saya baru dapat burung yang ingin saya tanyakn burung apa yang saya dapat tersebut dan makanan apa yang harus saya berikan, ciri-cirinya mirip trucuk….

  2. Klo ekor patah itu klo buat lomba mempengaruhi nilai ngga om? Dan burung kacer itu klo mabung ada batasnya apa setahun sekali mabung om?
    Maklum pemula om. Hehe.. hehe..

    • Tergantung EO dan jurinya om, karena setiap lomba beda pakem ada yang membolehkan dan tetap menilai meski kondisi ekor brondol, namun adapula yang tidak bakal di lirik juri meski kerja burung optimal waktu dilombakan. Sebaiknya tunggu kondisi bulu rapi dan sehat, siklus mabung normal 8 bulan sekali.

  3. Om saya mau tanya tentang burung udang merah sulawesi (Ceyk fallax), berdasarkar artikel di url : https://omkicau.com/2014/08/21/burung-udang-merah-sangihe-spesies-baru-yang-terancam-punah/. Burung ini saya rasa bukan burung endemik pulau sulawesi karena ada juga di pulau sumba, Nusa Tengara Timur. kalau bapak mau lihat saya akan mengirim foto burung tersebut. kalau pegiat burung di indonesia mau survey. survey di pulau sumba saja. saya suka burung ini karena gaya terbangnya mirip burung kolibri.

  4. Selamat pagi om kicau, saya mau nanya ni om kacer saya bulu ekornya rampas/patah pada bulu putih tapi yg sebelah saja, bagaimana solusinya, apakah nunggu sampai mabung biar kembali normal
    Terima kasih omkicau sukses selalu

    • Lebih aman menunggu burung memasuki masa mabung supaya burung tidak stress, pasalnya jika dicabut paksa beresiko membuat burung stress dan merusak pori tumbuhnya bulu ekor.

  5. Pagi om
    Sy punya cendet anakan sudah ngriwik.
    Nah pertanyaan sy,gimana cara menambah/mengajari agar kedepannya itu durasi nafas dalam pembawaan lagi bisa panjang?
    Kalau sy baca2 di artikel kan disuruh latih fisik seperti di umbar,tapi apa boleh cendet di umbar? Karena sebelumnya sy tanya2 di temen,kalau cendet di umbar ga boleh karena buat cendet waktu di sangkar ga bisa diem.
    Apa ada solusi lain agar buat nafas panjang? Agar membawa lagu durasinya panjang?
    Trimakasih..

  6. om ginama ya cara menjinakan Jarak suren? ini saya punya JU msh trotol kalo dekat orang cenderung klabakan. apa sudah bawaanya apa msh bisa dirubah jinak?.

  7. om mau tanya om…saya punya kacer kalau di petet ii mau tarung ngobra om tapi kalau ketemu lawan atau kacer lain gak mau tarung atau mental nya jelek om beda sama kalau di petet ii om…bagaimana solusi agar kacer saya mau tarung saat ketemu kacer lain.

  8. Anis kembang sy sebelumnya sdh pernah ngerol, setelah ganti bulu dan mepek (tumbuh normal kembali) hanya ngriwik saja dan ngeplongnya cuma sampai jam 07 pagi, kenapa ya, mohon pencerahannya, matur suwun

  9. Om nanya…MB saya sdh +- 11 bulan lebih, tp kok sering ngeplongnya masih di pagi hari mulai jam 4 sampai jam 7 an, sehabis itu dapat dikatakan ngrik terus, dan burung saya terlalu sopan Om..( he..he.) artinya belum mau tarung ketika di tempel, itu karna faktor usia pa memang telat perkembangannya,
    kalo perawatan pagi sekali dah saya keluarkan, trus sekitar jam setengah 7 saya kasih jangrik, dan kroto trus tak kasih cepuk buat mandi trus tak tinggal, ( ngode Om ) sekitar jam 1/2 10 mpe jam 10 saya angkat …coba mibta saran dan solusinya Om…dan 1 mb saya kadang nglowo om…terimaksih sebelunya….

  10. om saya mau bertanya..cucak ijo saya ko slalu bersin pilek dan minum terus2san..burung bulunya slalu mengembung dan pup nya bercair..tp klo saya goda aktif gerak kesana kemari..klo saya diem dia juga diem..mohon om ilmunya dan apa obat untuk penyembuhannya..terima kasih

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.