Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

49 Comments

  1. Mau tnya om admin, saya baru belajar menangkar lovebird. Kenapa setelah mulai nyusun sangkar dalam glodok lovebird betinanya setiap malam tidur diluar glodok dan agresif sekali? sedangkan lovebird yang jantan tidur didalam glodok. Trims infonya.

  2. Assalamu’alaikum.Wr.Wb. Slmt Mlm OM…maaf ganggu. Mau tanya ni OM peternak kacer pociutk daerah solo dan disekjtarnya fi mana ta OM ? Terima kasih

    • Apabila kondisi kataraknya belum terlalu kronis bisa diterapi dengan kitolot plus yang spray, untuk proses penyembuhannya kurang lebih 3 minggu hingga satu bulan tergantung tingkat katarak serta kondisi burungnya om.

  3. Selamat siang om saya mau nanya nich..! Murai batu saya habis nyorong ekor sdh hampir selesai sih, terus perawatan harian nya saya kasih jangkrik pagi 10 sore 10 itu kebanyakan gak ya om.? Kalo kebanyakan dampak nya apa ya om.. terima kasih

  4. Malam om…
    Izin bertanya om kicau
    saya mempunyai sepasang MB udh lama disatukan. MB betina udh proses angkut sarang ke glodok akan tetapi tiba tiba jantannya berubah menjadi emosi menyiksa MB betina …….
    Pertanyaanya
    1. Mengapa murai jantan tiba tiba jadi emosi menyiksa betina?
    2. Bagaimana menurunkan emosi MB jantan?
    3. Langkah apa yang sebaiknya diambil? ( sekarang posisinya MB jantan saya Kurung di dalam kandang penjodohan)

    Mohon penjelasannya om kicau…

    Terima kasih om kicau

    • Maksunya bagaimana ya? Apakah bulunya rusak atau bagaimana?
      Usahakan kalau habis memandikan jangan langsung jemur panas tetapi diangin2kan dulu. Setelah dipastikan kering baru dijemur.

  5. Asalamualaikum.,
    Om ingin tanya masalah murai.
    untuk murai yg cuman selalu pasang gaya selalu memainkan ekor, sesekali bunyi cuman ngeban monoton di gantangan Terlihat galak ingin menyerang lawanya . Tlong dong om solusinya agar muraiku stabil ngotot bunyinya dan bongkar isiannya, mksih salam kicau murai dari lamongan. 🙏

  6. kenapa cingcoang punya saya suaranya ngeban saja, belum mau ngerol, apa karena jenisnya berbeda? atau gimana om? padahal secara fisik banyak yg bilang jantan.

    Cingcoang/jongkangan coklat.

  7. Mau tanya om kenapa Lovebird saya udah lama bgt gak sembuh2 di bulu bagian dubur ndak rapi klo berak kadang nempel di dubur om,, beraknya hijau klo di liat gak encer tp kaku/keras ,,bagai mana penanganan nya om udah saya kasih super n tiap hari gak sembuh juga nih

  8. Pagi om.. Sy mau tanya.. Lovebird sy kena penyakit apa ya… Sy sdh pakai bermacam obat sampai injeksi.., tapi tidak ada perubahan.. Gejala yg sering timbul siang hari selalu ngorok.. Tpi tidak ada lendir dri hidung.. Dan klo malam hari beberapa kali sy dengar seperti suara mengunyah makanan, padahal sudah tengah malam dan suasana tenang.. Sampai saat ini sy bingung hrs bagaimanaseingat sy dlu wktu pertama pnya Lb satu ekor sampai byk, tidak ada gejala seperti itu.. Sampai 2-3 bln ke belakang kmrn cuaca kurang bersahabat siang panas terik dan malam dingin sekali seperti habis hujan.. Mohon solusi nya om.. Trmksh

    • Ada kemungkinan terkena infeksi (tetapi sudah sembuh) sampai ada bekas luka yang tidak bisa pulih. Jadinya (bekas luka) itu menyebabkan burung ngorok dan kadang merasa ada yang ngeganggu di tenggorokan sampai harus seperti mengecap-ngecap Om. Itu dugaan saya.

  9. Selamat malam om….
    Saya mau tanya apakah bisa memaster MB tidak dalam keadaan mabung…..
    Baik dengan burung asli ataupun mp3. Bagaimana caranya om..
    Mohon pencerahannya…..!!!!

    • Bisa saja. Caranya ya diputarkan masteran saja di waktu waktu tertentu, atau didekatkan dengan burung untuk pemasteran seperti kenari, lovebird atau cililin, jalak suren dll. Jangan sampai didimaster dengan suara burung murai batu, kacer atau burung petarung lain, nanti burung malah jadi drop.

  10. Om saya mau tanya
    Obat yang cocok untuk menyembuhkan luka burung Lovebird setelah bertengkar ?
    Dan supaya cepat pulih dari stresnya harus gimana ?
    Terimakasih omkicau

    • Pengobatan luka luar bisa diberi obat merah, betadine, atau antiseptik sejenis. Sedangkan untuk pemulihan stress bisa di berikan birdvit yang sekaligus befungsi untuk mempercepat penyembuhan luka dari dalam om.

  11. selamat malam om. saya inging bertanya. pentet lebih baik mandi semprot atau karamba? Banyak orang bilang mandi semprot dpt memunculkan Miyik, tp tidak sedikit juga yang mengatakan mandi karamba tidak cocok untuk pentet. Terimakasih sebelumnya.

  12. Assalamualaikum wr wb,
    Salam sejahtra buat Om Kicau,
    Sebelumnya terimakasih atas pencerahannya,pertanyaan saya,,,,Kenapa MB Trotol saya “LOYO” setelah mabung pertama/ganti bulu dari trotol ke dewasa,hal tersebut sy ketahui dia membuka paruhnya setelah ngeplong,ngeplongnyapun hanya dalam waktu hitungan detik,(dibawah 1 menit).
    Demikian dan sekalilagi terimakasih,
    Wasalamualaikum wr wb,
    Riman Rinto.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.