Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

48 Comments

  1. Slamat siang om…ni numpang tanya apakah caijo.murai baru…tergolong burung yang di lindungi……apakah yang kita udah di pelihara dari dulu akan disita om…..

  2. maaf pemula om…
    mau tanya, kenapa ya lovebird saya ngekeknya gk mau looos panjang, sering di tahan” om….
    trus sama ada suara burung ocehannya jadi gk mau panjang ngekeknya…

  3. Selamat malam om..saya mau tanya… saya baru belajar manangkar murai batu… indukan betina ny sudah 2x ngurak dan jantan nya sudah mapan om… yg saya mau tanya..sudah 1 minggu indukan di satukan,alhamdulillah tidak bekelahi..tapi om sudah 1 minggu belum ada tanda2 nyusun sarang om.. mohon petunjuk ny

    • Kondisi birahi calon indukan masih belum sama – sama stabil om, tetap lanjutkan perawatan seperti biasanya sambil dipantau kedua calon indukan sudah benar – benar tidak berkelahi dan pakan bisa di full EF terutama jangkrik dan kroto untuk menaikkan birahinya.

  4. Tanya oom, untuk pemeliharaan LB di kandang koloni, di area terbuka, penggunaan lampu sebaiknya memakai lampu jenis apa? dan kapan waktu dinyalakan dan dimatikannya ( siang/malam ) ? Terimaksih

    • Kandang koloni di area terbuka yang masih bisa terpapar sinar matahari langsung, cukup pakai lampu led biasa saja om yang dinyalakan saat kondisi mulai gelap.

  5. Slmat malam Om, semoga sehat selalu…om nanya, MB yg serak suaranya bs gak pulih kembali sbgmana sedia kala usia kurang lebih 4 thn saat ini, nah kira2 batas usia rata2 MB berapa thn ya…trims atas pencerahannya…bravo salam kicau

    • Kemungkinan mentalnya masih belum stabil om. solusinya dijauhkan sementara dari lovebird yang gacor dan seminggu sekali ditemukan dengan lovebird yang umurnya setara.

  6. Selamat pagi om kicau
    Ane pemula dari bekasi
    Ane mau tanya tentang jenis MURAI BATU MH
    Bagai mana cara mudah membedakan antara MURAI BATU GEMBUNG DAN NON GEMBUNG
    Dan bagaimana perawatan MURAI BATU MH untuk cepat berkicau (selama 5 bulan ini hanya ngeriwik)
    Dan 1 lagi bagaimana perwatan jika MURAI BATU MH TIDAK TUNTAS MABUNG (ekor tidak panjang semesting) atau lebih pendek dari sebelum mabung
    Terima kasih

  7. SlaMat malam, om, mau nanya nih om td burung Lovebird sy egg binding , sy keluarin telurnya ternyata pecah di dalam lalu cangkangnya sy keluarin pake katenbut, bisakah burung sy hidup om, gmn cara perawatanya jika hidup adakah kemungkinan bisa bertelur kembali, mksh om jawabanya, sukses buat om kicau

  8. Malam om, assalamualaikum. Saya mau tanya, saya punya trotolan murai, pas masuk mabung kok sayap bnyak bngt yg g ambrol, knapa ya om, tpi ekor sdh tmbh panjang, bagaimana mengatasinya,, apakah mabungnya bisa di teruskan lagi.

  9. Selamat malam om duto,,,semoga malam ini di kesehatan pada temen2 semua Amin.

    Om mau nanya,,,untik menindak lanjuti kabar adanya peraturan baru permen yang di keluarkan oleh pemerintah apakah pejelasan dari om kicau bisa mewakili di daerah lain selain jateng.

  10. Sayang ya Om…kira2 luar SulBar ada gak ya rekomendasi Om Kicau…utk dipesan sepasang (skalian jd penangkar kecil2an he.he apa lg blog Om Kicau full ilmu ttg burung)..infonya kami sangt harapkn, trims..

  11. Assalamualaikum wr wb,
    Salam sejahtra buat Om Kicau,semoga senantiasa sehat dan sukses selalu…
    Om Kicau…sy adalah termasuk pemula dan kepengen juga punya MB, sy di Mamuju Sulawesi Barat…dimana kami bisa dapatkan MB yang bagus…mohon info dn pencerahannya…trims
    Wassalam,…

    • Maaf om, saat ini kami belum punya data penangkar murai batu wilayah Sulawesi barat. Apabila sudah ada informasi penangkar wilayah tersebut akan segera kami share.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.