Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

50 Comments

  1. Salam om, saya dari aceh mau tanyak om, gmn cara memaster burung biar cepat isian, trus keluhannya saat pemasteran burung kacer nyaut trus, pa dilanjutkan pemasteran nya atau stop, saolnya kacer lagi mabug.. Alias rontok

  2. Selamat siang om.
    Mau bertanya.
    Kenapa ya om murai saya sering matok dubur dan cabut bulu diarea dubur,,,
    Digantang dan dirumah pun sama,,,
    Atas bantuannya saya ucapkan terimakasih,,,
    Maju terus om kicau…
    Terimakasih.

  3. Aku punya burung love bird,di rumah tepatnya siang hari bisa gacor door,,,tapi kalau di lombakan diem ajabkayak ciut nyalinya.itu apa masalahnya,mental,kurang panas atau gmanA dan bgaimana cara menanganinya.

  4. malam om..
    apakah jalak uret bisa dipakai untuk masteran murai batu?
    misal pelihara jalak uret dan murai batu kira kira apa ada pengaruh terhadap murai batu nya?

  5. Maaf omm. Apakah burung lovebrid ngangkang umur 3 bulan masih bisa dbenerin. ?
    Dan apakah lovebrid jantan ngangkang itu bisa kawin dan terurnya bisa isi apa tidak?
    Terimakasih om atas waktunya

    • Umur 3 bulan jaringan tulang dan sel otot sudah terbentuk dengan baik, jadi kecil kemungkinan bisa dinormalkan lagi dan untuk mengawin betina diperlukan cengkraman kaki yang kuat om.

  6. Selamat pagi om mau tanya
    Kenari betina F1 saya kok sulit Sekali birahi Ya
    Ketika kenari jantan gacor betina nyaut” tpi ketika di campur kok gak mau di kawin ,
    Solusinya gmna ya om
    Makasih

  7. Siang om saya mau tanya.. saya pemula ternak kenari,setiap kenari menetas telur 4 anakan kenari,suka jarang hidup semua paling yg hidup cuman 1 caranya gimana supaya anakan kenari hidup semua di loloh indukan apa kita bantu loloh pakai spet suntikan,klo kita bantu loloh apakah indukan akan marah dan tidak mau meloloh anakany lg atau tida makasih

  8. Malem min, rekaman2 suara burung nya keren min bagus2, dan jernih, semua saya download…
    Kalo boleh tau, cara nge-rekam kayak gitu gimana ya? Biar suara rekaman jernih, saya nge rekam burung selalu aja ada suara2 noise disekitar nya… dan pakai alat apa aja? Mohon admin mau barbaik hati share 😁😁

    Saya mahasiswa jurusan IT di Univ semarang, ini mau skripsi dan kebetulan ayah saya penjual burung + dia juga jadi juri lomba burung tiap hari di kota saya

    Maka dr itu skripsi nya tentang dunia kicau, rencananya mau bikin sistem kecerdasan buaran yang bisa mendeteksi jenis suara burung dengan bantuan komputer/android… Nah masalahnya saya harus merekam suara burung dengan noise sedikit biar proses penelitian nya berjalan dg baik

    Tujuan saya yg sebenarnya adlh untuk memajukan dunia kicau agar lbh dikenal masyarakat, memajukan dg teknologi masa kini, dan membantu para penjual burung…
    Makasih 😁

    • File suara burung kami dapatkan dari beberapa sumber om, untuk merekam supaya suara burung jernih memerlukan studio khusus serta proses editing. Namun beberapa indvidu burung masih bisa menangkap suara masteran meskipun ada sedikit noise di suara masteran.

  9. Sob, MB, gua kena bengkak di bagian kepala, apa penyebabnya, apa karna ulat jerman atau karna lain, karna sya selalu menggunakan ulat jerman sbgai ef nya, mohon penjelasan dari analisanya sob…!?

  10. maaf om, saya butuh kontak pengepul kenari import, kebetulan saya lg mencari kenari betina spanishtimbrado. tp di omkicau tdk disertakan kontak disetiap postingannya. mohon informasinnya,

  11. Om mau tanya cucak hijau saya kalo liat saya takut jd glabakan dan sekarang macet bunyi
    Gimana caranya memulihkan agar tidak takut dengan pemiliknya

  12. Maaf om saya mau tanya, saya kemaren dapet beli burung jalak liar.. burungnya sih sudah lumayan jinak.. tapi kenapa ya kok burungnya kalok bunyi setiap pas gak ada orang deketin.. giliran pas dideketin langsung deeh diam tanpa kata.. huhuhu.. miris rasanya om..
    satu lagi om.. giman sih cara mandikin burung jalak kebo.. agar bisa sampek basah kuyup.. kok perasaan belum pernah sampek basah kuyup ya saya kalok mandien..terimakasih sebelumnya om..

    • Burung masih belum mapan om, sabar saja dirawat secara konsisten. Untuk mandi bisa gunakan metode mandi semprot om atau sediakan cepuk mandi dalam sangkarnya.

  13. Om sy mau tanya untuk Lovebird jantan untuk menaikan Birahi nya lebih bagus menggunakan TBB Atw TB untuk yg lebih cepat menikan birahi sebaik nya mengguna kan TBB Atw TB…
    Untuk wilayah CIREBON KOTA agen resmi om kicau beralamat di mn untuk sy bisa membeli Obat Tsb…
    Terima kasih sblm nya….

    • Kalau untuk keperluan ternak atau dijodohkan bisa menggunakan Testo Bird om, kalau untuk membuat lebih rajin bunyi dan bermental stabil bisa pakai TBB ( Testo Bird Booster ). Cirebon di Toko Kicau Center, Jl. Raya Tegalwangi Kabupaten Cirebon (sebelah barat Bank Mandiri), Kontak Bp. Arif Rivai, HP. 081321035500, Pin BBM 52379B16 atau di Sub-Agen Bang Lubis – Arjawinangun Kicau – 17 (AK-17), Perumahan Sapphire Mediterania Arjawinangun, Blok E No. 17, Arjawinangun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45162, HP/ WA: 082158021999.

  14. Permisi om kicau, saya mau tanya.
    Falk saya kadang ngeluarin lendir, kepalanya kdang gerak2 aneh, trus kyk bersin2 gtu. Itu sakit apa dan penanganannya om? Makasih
    Menurut yg saya baca disini, karna cacing tenggorokan atau virus, trus obatnya gimana?
    Mohon dijawab om. Makasih

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.