Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

50 Comments

  1. Om saya baru beli burhan bubo,tapi setelah bawa kerumah,burung lovebird saya tdk mau keluar dari glodok.apakah ada kaitannya sama burhan dan gimn solusinya om.tq

  2. Selamat siang bang…🙂
    Apakah ada tips buat meliarkan lagi murai batu yg terlanjur terjinak🙂🙏
    Saya punya murai batu yg terlalu jinak, padahal materi isian sudah lumayan banyak…
    Cuman saya agak risi melihat murai nya yang terlalu jinak…
    Terima kasih🙂🙏

  3. Malm om mau tanya obat apa si yg untuk love bird biar top peformanya …tiap di gantang burung saya gegarukan mulu di bawah udah konslet .biar burung lebih pecaya diri dan nunjukin performanya bakat aslinyan pake apaan si om? Mohon bantuanya trimakasi

  4. Malam om..
    MB saya tumbuh bulu kecil putih di kepala,bulu halus rontok,warna bulu kusam dan ekor rusak/nyerit
    pertanyaan nya
    1. apakah MB dalam posisi mabung?
    2. bagaimana supaya bulu tidak kusam
    3. selama mabung apa boleh di beri multivitamin
    4. posisi di kerodong tapi tetap bunyi, apakah ada pengaruh pada saat posisi mabung?
    makasih

    • 1. iya om burung sedang proses mabung.
      2. Penuhi asupan gizi, mineral, dan vitamin burung terutama saat masa pertumbuhan bulu baru.
      3. boleh saja om.
      4. Tidak masalah om, menandakan burung dalam kondisi sehat yang penting jangan ditemukan atau didekatkan burung fighter lainnya.

  5. saya burung burung cucak ijo, tapi macet cet! awalnya sudah mulai ngeriwik, tapi sekarang jadi macet ! dan tidak pernah mau ngeriwik lagi! solusinya gimana om? sya pingin punya burung yang gacor om! terimakasi semoga mendapatkan solusinya

  6. Selamat malam om,mau tanya kacer saya kalau habis di mandiin atau kalau lagi santai mata nya suka merem sebelah tapi nggk berair atau berlendir tapi harian nya aktif om masih rajin bunyi pula,kira kira kenapa ya om? Mohon pencerahan nya sama solusi nya 🙏🙏

    • Jika memang kondisinya sehat tidak masalah, biasakan gantang di tempat ramai dan tempel burung masteran yang gacor supaya burung menjadi lebih aktif.

  7. Selamat Siang om ku, Saya baru saja membeli testo bird booster untuk penggunaannya kan 3 hari berturut-turut. Cara pemakaiannya itu 1 harinya cuma 1 pemakaian sebesar pentok korek katakan pagi atau dalam satu hari full pagi, siang dan sore tetap diberikan. Terimakasih

  8. Salam kicau mania, saya pny murai hasil indukan medan sama lampung super, skr br lepas trotol kira2 umur 8 bln bunyi tidak ngriwik cm plong sebentar dan itu juga bunyi ketika buka kerodong aja kesananya cm diem dan aktifitas biasa, yg mau ditanyakn gmn agar bisa lbih rajib bunyi nya? mohon pencerahan nya om.….
    Salam kicau mania

  9. Salam kicau mania, alhamdullilah om burung murai sudah sehat kembali…suaranya hanya ngeriwik saja blm ngeplong seperti biasanya..gimana om supaya ngeplong kembali.mksh om kicau

  10. Om kicau.saya punya burung kacer stress parah sudah 3mingguan.dia tidak mau naik ke tangkringan om.dan saya sudah terapkan full krodong dan makannya pun sudah kroto+jangkrik pagi sore.dia jika di liat manusia ketakutan sprti trauma terhadap manusia om.Dan posisinya itu di pojokan sangkar terus om.

    Tolong tips dan trik cara mengatasi nya om.lumayan sudah ikut stres juga ngadepin nya 😹😹

  11. Salam kicau mania…om, murai saya murung, lesu, ngembangkan bulu terutama bulu di bawah sayap, kusam…dan kotorannya warna putih encer..terus burung hanya lahap ketika makan EF aja, selebihnya pur jarang2..ada gesitnya kadang2, kebanyakan diam di tenggeran…semenjak terjadi seperti itu, sy kasih birdvit tapi blm ada perkembangan…mohon pencerahannya om…dan cara menanggulanginya…sukses selalu om kicau dan salam kicau mania.trmksh

  12. Selamat malam om kicau, sy baru beli murai batu medan dari teman saya, mungkin perawatan dr teman sy tidak teratur bahkan jarang terawat krn aktifitas kerja. Yg sy tanyakan, ketika disaya burung lebih dominan diam, ngembungkan bulu tapi gesit dan mkn EF JK ataupun UH normal bahkan lmyan banyak. . Tapi brng gesit dan normal, kira2 knp om kicau. . .burung di saya sdh 3hari.mksh

    • jika fesesnya normal berarti tidak ada masalah om. rutin diembunkan dan penjemuran untuk serta berikan multivitamin bordvit untuk menjaga kondisi burung tetap prima.

    • Kalau memang cocok dengan metabolisme serta karater burung bagus saja om, karena ada beberapa individu murai batu yang kurang cocok mengonsumsi voer full protein sehingga burung sering mencret dan menjadi lebih agresif.

  13. Om jari tengah Kacer saya bengkak dan ujungnya menghitam kering kaku, sudah saya coba pakai minyak tawon ,tapi g ada hasilnya..kira2 bagaimana solusinya pengobatan nya om?

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.