Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

37 Comments

    • Coba cek fesesnya bila normal dan burung dalam kondisi sehat, bisa jadi sangkar yang digunakan terlalu kecil dan sebaiknya gunakan sangkar persegi dengan ukuran 40 x 40 atau lebih besar supaya burung lebih leluas bergerak.

  1. Mlm om kicau, mau tanya donk om klo burung murai batu paruh bawah nya patah di ujung bisa tumbuh normal lagi gak ya?? (Jdi paruhnya lebih pjg yg atas om)
    TRIMAKASIH OM KICAU

  2. malam om,
    saya punya cendet baru selesai mabung, dan sudahmulai gacor, tapi ketika saya pindah lokasi dengan sangkar yang sama dan kebetulan ada burung jalak suren juga,
    masalahnya koq cendet saya gacornya jadi berkurang
    apa memang kalah mental dengan jalan suren?
    trus misal cendetnya saya beri TBB kira2 ada pengaruhnya gak?
    mohon pencerahan

  3. Salam KCM, om pentet sy baru beli dr temen, dirmh tmn gacor isian pun lumayan banyak, tetapi ketika di bawa k rmh sya malah dia hanya galak dan nubruk jeruji kmn pun arah tangan kita ngejar. Sy coba kasih jangkrik banyak, sy pikir mungkin stress tmpt baru…trs sy turunkan EF menjadi pagi 3 siang 2 sore 5…sdh 3 …dan mandi pagi, jemur 20 mnt trs sy krorong full dan sore di buka malam sy mandikan, dan pagi jam 5 sy embunkan…ko belum keluar isiannya hanya koek..koek…dan salto masih ada, tolong pencerahannya om…mksh

  4. Salam om kicau,, MB umur 9 bln sy beli dari pemilik kedua dr solo jateng, lalu sy bawa pakai mobil pribadi dengan kandang ukr 1 kejakarta. Dijual oleh pemilik lama infonya krn lelah mengurusi mentalnya yg selalu drop tdk mau bunyi hanyak ngetek2 saja.. tiba dijkt, sy rawat sdh 1 minggu tiap pagi di umbar, lalu dikerambah mandi dan sy jemur dianginkan dengan diberi makan 8 jangkrik, setengh cepuk kroto & 5 UH.. sore pun sama takaranya,, Pur sy berikan yg bermerek semua,, lalu sy kasih terapi TTB baru 3 hari kmrn berturut2..

    Jika dilihat stress.. tdk ada tanda2 stress.. jika dilihat sdng ingin mabung, tdk ada tanda2 mabung, hanya memang pernah sy temukan 3 hari yg lalu 1 helai bulu sayap jatuh.. tetapi tdk pernah jatuh lg smp skrng..

    Kondisi burung skrng aktif banget/lincah dan terlihat segar dan jinak, bulu pun msh indah berkilau, sering ngetek juga.. tetapi knp masih belum bunyi juga ya?? Pdahal selama sy beli, pernah mendengar dia bunyi sekali saja itupun hanya 5 detik..dan tdk pernah bunyi lagi..

    • Apabila kondisi burung sudah dipastikan fit dan tidak ada burung sejenis didekatnya, coba cek perutnya apakah ada faktor kegemukan sehingga membuat burung malas bunyi.

  5. Om . Kenapa kacer ku hanya mau makan pisang dan jangkrik .. Sebelum nya waktu saya baru beli dia makan Voer , tapi setelah saya kasih pisang kepok dia gk mau makan Voer lagi .. Efek nya gmn itu om kalau dia hanya makan pisang tidak mau Voer lagi ? Baik atau tidak ?

  6. Om murai saya setelah di bawa perjalanan jauh kenapa mogok makan dan mogok bunyi ya om di rumah saya ada 2 mb yang 1 sudah gacor yang 1 mogok makan dan mogok bunyi

  7. Salam om kicau..om minta pencerahannya, murai muda hutan saya kurleb7-8 bln di saya, alhamdullilah sdh ga terlalu giras, tapi keluar suaranya hanya sebentar dan itupun jarang dan sering ngeriwik saja, bahkan hanya sering ngembungkan bulunya saja. perawatan pagi jam 5 di embunkan, EF jangkrik kroto dan UH cukup bahkan 1 minggu sekali dikasih cacing dan ikan guffy,dan ketika di jemur setelah mandi keramba jadi gesit dan grabagan sama di pindah gantungan di lain tempat pun begitu…kalo di tempat biasanya tidak, bahkan anteng…. gimana om untuk bisa sering mengeluarkan suaranya dan tidak ngeriwik bahkan anteng…mksh dan sukses selalu om kicau

  8. Permisi om
    mau minta pencerahan om kalo love bird di krodong slalu adha bulu halus yg rontok om sekitar 1-3 an yg rontok

    Kira” ithu penyebab burung tidak suka di krodong atau emang saat nya ganti buku ya om

    Umurnya masih sekitar 7 an om

    Trima kasih om

  9. Salam KCM, om murai saya, dari tangkapan hutan skg sudah tidak giras atau grabag lagi…tapi dia mau ngeluarkan suaranya ketika dipancing audio murai muda hutan dan gemericik suara air dari kran mandi itupun dengan keadaan sepi.yg saya tanyakan, bagaimana supaya itu semua tidak ketergantungan dan gacor alami?thks om kicau, sukses selalu

  10. Salam om kicau, mohon pencerahan mengenai setting pakan dan perawatan murai saya sudah betul atau berlebihan, oh ya saya seorang karyawan yg bekerja dari jam 6 pagi pulang jam 5 sore. Murai saya kira2 usianya 9 bulan.

    Perawatan saya sbb:
    – embun pagi dari jam 5 sd jam 6 (1 jam) setelah itu dimasukkan ke rumah dan di kerodong transparan. Dibuka lagi sore jam 5 pada saat kasih pakan, kemudian kerodong full (bukan transparan)
    – umbar setiap hari senin dan kamis (full day sampai saya pulang kerja).
    – masteran dan gemericik air 24 jam, kecuali pas di umbar.

    Untuk settingan pakan harian selain voer yg selalu tersedia:
    – pagi, cacing 1, Jangkrik alam 5, kroto 1 sendok
    – sore, jangkrik 5, ulat jerman 1

    Nb:
    – voer saya pakai juara yg rumput laut saya campur voer lele dengan perbandingan 3:1
    – setiap hari minuman dikasih 3 tetes vitamin
    – seminggu sekali dikasih birdvit 2 tetes di suntik ke jangkrik pagi dan sore (total 4 tetes kira2)
    – sebulan sekali di kasih obat cacing lewat suntik ke jangkrik.

    Hal itu semua sudah saya lakukan secara konsisten selama 2 bulan (sejak beli burung murai tsb sampai saat ini). Tapi murai saya masih plonga plongo dan ngeriwik kasar, plong ngukluk satu atau 2 kali saja pas pagi. Kalo di trek diam membisu plonga plongo.

    Mohon pencerahannya om kicau, barangkali ada yg salah dengan perawatan yg saya terapkan.

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas pencerahan

    Hormat saya

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.