Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

46 Comments

  1. kenari betina saya selalu tidur di sarangnya. kemarin bertelur 2 biji di bawah sarangnya. setelah di masukin telurnya di sarang telur. keesokannya jatuh semua dan pecah. solusinya donk om kicau.. terimakasih..🐒🐒

  2. Numpang nanya om,,
    Saya punya kacer,usia 5thnan,, bunyi rajin,mental tarung pun kuat,,
    Nah yg saya binggung ni om,
    Kenapa ya kalau saya kasih jangkrik atau anyiran,,sikacer suka jadi kanibal gitu om,
    Suka nyabutin bulu ny di mulai dri bulu ekor sampai habis patah2 ,,,,
    Mohon solusi nya om,,
    Trimaksih sblm ny om,,

  3. Malam om.. mau tanya yg dimaksud pada kemasan voer tertera tulisan anti stress itu maksudnya gmn ya ?
    Apakah beda kandungan dengan voer yg tidak ada keterangan anti stres tersebut ?
    Terus kira2 bagus mana om voer anti stres atau kemasan biasa? Makasih

  4. Om kicau sy mau nanya nich. ..

    Saya baru dapat murai batu usia masih 1th up
    Kendalanya kalo ketemu burung nge betmen dan nyerang gak mau bunyi, tp begitu di ambil musuhnya dia mau bunyi dan nembak2 isiannya

    Gimana ya om solusi utk mengembalikan fighternya

  5. Om, bagaimana cara agar LB jinak? bisa dilepas ditempat terbuka lalu kembali ke tangan kita, bisa diajak bermain. Saya udah coba dengan cara meloloh anakan yg umur sekitar 1-2 minggu, tetapi hasilnya ketika sudah bisa terbang / makan sendiri tetap aja giras / takut sama orang. Mohon solusinya Om.

  6. Permisi om kicau.saya mau tanya nih,burung jalak nias saya tidak mau bertengger dan suaranya ngek doang,pas mau di tangkap baru tuh bunyinya keras..kira kira kenapa ya om kicau.terima kasih

  7. Om…mau tanya.
    Cendet ane dah hmpir 2 minggu ini kelihatan murung dan bulunya mengembang,apa mungkin asupan proteinnya kurang om?
    Klo voer ayam yg kandungan proteinnya tinggi + tdk bikin gemuk burung,yg seri apa ya?
    Trus porsinya full atau campur voer burung berapa banding brp om?
    Makasih pencerahannya…

  8. Mengkerodong BC saat kondisi OB setelah mandi pagi apakah bisa menurunkan birahi nya atau malah justru membuat kondisi birahi BC menjadi menjadi semakin tinggi, ??
    Terima kasih om kicau

  9. Mau tanya om, burung ci saya ketika lomba di sesi ke 2 staminanya kendor, klu sesi 1, burung tampil maksimal, bagaimana cara menambah staminanya di sesi ke 2, biar tampil maksimal lagi??

  10. Maaf om satu lagi. Mb ana lagi dokor sedangkan burungnya masih sedikit grabak lebih utama mana full krodong untuk meneruskan masa mabungnya atau dijinakan terlebih dahulu
    Makasih

    • Sebaiknya tuntaskan dulu proses dorong ekornya, setelah burung selesai dorong ekor dan dalam kondisi sehat bisa dilanjutkan untuk proses penjinakan.

    • Apabila om belum pernah bertransaksi langsung sebaiknya hindari saja, apalagi dengan penawaran harga jauh lebih murah dari harga pasaran. Dan jika om ada rekan yang tinggal dekat dengan alamat yang tertera / masih satu daerah bisa minta tolong untuk di cek langsung ke alamatnya.

  11. Maaaf Om mau nnya.. kan Kacer saya kaki bagian pahanya patah sebelumnya saya gak tahu kalo kaki Kacer saya patah.. saya kira cuman terkilir.. apakh masih bisa di sembuhkan? Soalny udah kering Om bagian bengkaknya..
    Mohon di jawab.. terimakasih

  12. Salam kenal om kicau..
    Salam kicau mania dr Tegal…

    Mau nanya nie boskuu…saya ternak murai …Sebelum ganti bulu sering hasil…tp setelah ganti bulu malah sering ZonK… yg mau saya tanya kan …burung murai saya ud neloR ke 3Xnya tp zonk…?!?

    Mohon pencerahanYa para MasTer&SUHU..😁🙏😀

  13. Maaf om mau tanya (pemula) saya baru beli MB MH dengan kondisi dokor apa boleh dimandikan dan dijemur kalo boleh jemur berapa lama om. Terus saya sibuk kerja cuma bisa mandiin burung sore hari apa boleh?

  14. Maaf om mau tanya (pemula) saya baru beli MB MH dengan kondisi dokor apa boleh dimandikan dan dijemur kalo boleh jemur berapa lama om. Terus saya sibuk kerja cuma bisa mandiin burung sore hari apa boleh?

    • Tidak ada pengaruh, namun akan lebih baik jika ditambah burung pendamping sekaligus berfungsi sebagai masteran sebanyak 1 – 2 ekor seperti kenari dan lovebird om.

  15. Om,mau tanya.
    Saya pnya cendet bakalan MH udah hampir 2 bln tp ga mau bunyi sama sekali.
    Burung sudah jinak lalat dan saya cuma piara cendet ini doang.
    Apa burungnya butuh temenato gmn om?
    Makasih jawabannya,salam kicaumania

    • tentu akan kesulitan om, karena fungsi kedua kaki sebagai cengkeraman ke tubuh burung betina dan sekaligus menjaga keseimbangan burung jantan saat mengawin burung betina.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.