Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

50 Comments

  1. Om mau tanya,apakah ada efek buat burung kicau pemakan serangga yg kesehariannya dikasih full voer tanpa EF?
    Apakah lama2 bisa sakit trus mati om?
    makasih jawabannya,salam kicau

  2. Siang om, butuh berapa bulan ya konin ijoan sampai tumbuh trotolnya?? Dan butuh waktu berapa bulan trotol ke metalik? adakah obat yang bsa membuat cepat prosesnya? Terimaksih

  3. pagi om, saya mau tanya,
    saya punya kenari babon 1, dan kenari jantan umur 7bln, sudah gacor dan siap breding, hari 1 jam 8.40 an saya campur dan sudah kawin 3-4 x, saya pisah, di campur lagi sore hari,sudah kawin 2-3x. tapi paginya jam 8 saya campur betina nya gak mau di kawin itu kira” knpa ya om???

  4. Selamat pagi Om Kicau…saya mau Tanya,kenapa burung murai batu saya lebih suka/sering berbunyi yang bervariasi vokal/materi lagunya pada waktu tengah malam dibanding pada waktu siang hari yang sering berbunyi lebih monoton? Terimakasih,Om Kicau…mohon jawabannya?

  5. malam om.
    saya baru dapat kolibri ninja hanya bunyinya masih jarang
    bagaimana cara perawatan harian kolibri ninja agar bisa rajin bunyi dan gacor
    makasih

  6. Salam kenal om, sya memakai testobird pada Lb saya, sudah 2hari ini Lb saya sering menutup matanya sebelah, pertanyaannya apa efek testobird bila mengenai mata Lb?
    Sebelumnya terimakasih, saya tunggu penjelasannya om

  7. Salam omkicau
    Saya punya kenari betina sy belom nyusun sarang tapi apabila kenari jantan berbunyi betinanya menyaut dan gelisah apakah sudah boleh sy satukan untuk dikawinkan atau menunggu betinanya nyusun sarang dulu baru dikawinkan trims

  8. Malam om
    MB sy sedang proses dokor
    Hanya bulu putihnya koq masih belum lepas ya?
    Dan bulu ekor hitam sudah tumbuh,hanya koq jadi nyerit /tidak rapi?
    Gmn solusinya?makasih

    • maaf om kami tidak punya data tersebut. Sekedar saran untuk menghindari penipuan sebaiknya pembelian burung dilakukan secara tatap muka langsung.

  9. Burung LB saya cuma 2 om yg betina lebih tua dari jantan, baru di jodohin akur terus dipindahin ke kandang kotak juga aku, sering/tidurpun diglodok dua-duanya tapi tiba-tiba yg betina jadi galak sama jantan khusus pas baru di kasih kangkung, betina yg berkuasa . Tolong banget om pencerahannya, terima kasih (WA 081318891727)

  10. Om saya mau tanya, saya punya murai 1 dirumah sudah 3X rontok kata yg penjual sebelumnya dan sudah saya rawat kurang lebih sudah 4 bulanan, tapi kenapa ya burungnya cuma ngeriwik aja di pagi hari, selanjutnya diam dan body sedikit membola..
    Terimakasi atas masukan dan sarannya.

    • Sementara ini masih belum ada hasil akurat antara penggunaan glodok bambu dengan durasi ngekek lovebird, jika kami sudah mendapatkan informasi terbaru akan segera kami terbitkan artikelnya om.

  11. Malam Om, saya mau tanya, apa boleh air rebusan buah mengkudu di berikan untuk pengganti air minum, untuk burung trucukan…?
    Kl boleh untuk berapa lama pemberian nya ya Om…. Trima kasih.

  12. Salam Kenal.
    Saya mau menyakan om..saya punya murai tp nafasnya kayak sesak, paruhnya sering ke buka tp sedikit jadi setiap burung bernafas setiap itu pula paruh terbuka, udah gitu berdirinya kirang kokoh agak limbung, kalau makan normal croto n jangkrik serta poer top song. bunyi sih masih mau tp nggak ngeplong
    Pertanyaanya cara mengatasi nafasnya bagai mana atau ada obat yg bisa saya kasih….
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih. salam kicau mania….

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.