Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

48 Comments

  1. pagi om..
    MB yang sudah makan voer jika diganti dengan ulat kandang bisa gak?dan prosesnya gmn?
    serta apa ada pengaruhnya jika makanan diganti dengan full ulat?
    makasih

    • Syarat Menjadi Agen: Kalau Anda berminat menjadi agen di kota di mana belum ada agen (dibatasi hanya 1 agen untuk 1 wilayah administratif daerah tingkat II/kabupaten/kotamadya), syaratnya mudah, yakni melakukan pembelian paket produk awal sebesar Rp. 3.000.000 dengan mendapat tambahan barang sebesar potongan harga sampai 20% (dengan Rp. 3.000.000, Anda mendapat produk awal senilai Rp. 3.600.000).

      Untuk agen di mana terdapat sub-agen, mendapat potongan harga 25%. Transfer bisa dilakukan ke rekening Mandiri Kartasura a.n. Ardiastuty 138 000 7057 065 atau rekening BCA KARTASURA A.N ARDIASTUTY 393 0266 174.

      Dengan menjadi agen, Anda berhak:

      1. Mengembalikan (dan mendapat tukar barang) untuk produk yang tidak/lama laku jual. Pengiriman produk pengganti dilakukan bersamaan dengan pengiriman pada pembelian produk bulanan.
      2. Mendapat support promo penjualan melalui website dan halaman promo agen.
      3. Mendapat proteksi untuk menjadi agen tunggal di wilayah kabupaten/kota di mana agen membuka usaha.
      4. Support terbaru!!!: Pesanan langsung ke Om Kicau akan dipindahkan ke agen terdekat dengan alamat pembeli (berita pesanan dan uang akan ditransfer ke agen).

      Mengingat ada pembatasan wilayah keagenan berdasar kabupaten/kota, maka jika Anda berminat untuk menjadi agen, segera saja mendaftarkan diri dan menyelesaikan pesanan keagenan.

      Untuk menjadi agen, silakan email ke dutosricahyono@yahoo.com atau SMS ke 085727391224, dengan menyebutkan “nama dan tempat tinggal” diikuti tulisan “agen”. Maka kami akan mengirimkan balasan.

    • nuri tanau termasuk kini dalam status Near Threatened / NT atau Hampir Terancam. Selain itu, perdagangan satwa ini sudah diatur dalam Appendix II. Jadi peredaran burung nuri tanau sangat dibatasi.

  2. Pagi on kicau, mau Tanya. Kacer saya hari ke 1 Dan ke 3 bulu sayapnya jatuh 4 helai..saya pikir mungkin kacer saya akan mabung, kemudian kacer saya kerodong saja setiap Dan banyak di beri voer saja..setelah menunggu 2 minggu bulu yang lainnya tidak ada yg rontok..apakah kacer saya saat ini sedang mabung atau tidak??Karena mabung terakhir nya sekitar 8 bulan yang lalu..terima kasih.

    • Melihat informasi yang om berikan kacer seharusnya sudah memasuki masa mabung dengan ditandai rontoknya bulu – bulu utama, lakukan terapi perawatan mabung dengan memberikan EF seperti biasanya hanya kurangi jadwal mandi dan jemurnya saja.

  3. malam om..
    mau tanya
    1. apakah daun mengkudu,kacang panjang dan kunyit bisa diberikan pada murai batu? serta manfaatnya apa?
    2. bagaimana perawatan kolibri ninja agar bisa cepat bunyi dan gacor?

  4. Om..mau tanya.burung c.ijo saya waktu di gantangan GK mau bongkar isian..cmak ngukluk dan didis,padahal waktu belum naik gantangan klwar semua usian dan tembakannya ..mohon bantuannya,bimbingannya om…trims

  5. pagi om .
    saya baru pelihara murai batu trotol usia 2 bulan.
    saya proses belajar makan voer dan sudah mau.
    saya menggunakan voer berbahan serangga.
    namun sebelah mata menjadi berair.
    kotoran terlihat normal tp ada sebercak warna merah mirip darah.
    burung masih lincah dan makan normal.
    apa yg mesti di lakukan sebelum burung bertambah parah??

  6. siang om..
    MB saya sedang proses dorong ekor,jika krodong dibuka MB tidak mau bunyi (hanya “tretek tretek” saja) tapi ketika di krodong malah ngriwik dan sesekali nge- plong?bagaimana pola perawatan agar MB bisa bunyi dan ngeplong saat krodong dibuka?
    satu lagi ekor nya saya perhatikan koq agak miring ya?gmn solusinya agar lurus kembali?
    mohon pencerahan

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.