Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

44 Comments

  1. Salam sejahtera sentosa slamet dunia akhirat Om Kicau
    Tanya dong Om
    Saya pendatang baru dalam dunia Murai
    Sebelumnya saya hanya bermain cucak ijo dan cendet
    Kebetulan saya baru beli murai bakalan, tp sudah vortot dari pengepulnya
    Selang dua minggu di rumah
    Murai terlihat gejala katarak nitik putih (sekarang proses penyembuhan disarankan teman pakai obat A _ _ X)
    Selang pengobatan 1mingguan, teman lain menyarankan pakai kitolot tetes produk Njenengan
    Pertanya,annya
    Apakah aman bilamana saya berhenti memakai obat a . . X lalu berpindah memakai produk njenengan ?
    Yg ke 2
    Apakah burung yg terkena katarak boleh mengkomsumsi kroto dan tbb (produk njenengan)
    Begitu Om Kicau
    Mohon bantuannya
    Terimakasih

    • untuk pengobatan katarak sebaiknya gunakan salah satu jenis obat saja om, supaya bahan racikan obat bisa bekerja lebih optimal serta meminimalisasi resiko infeksi lebih parah jika diberikan lebih dari satu jenis obat. sedangkan pemakaian TBB cukup diberikan 1x/pekan saja.

  2. Selamat siank omku, saya ingin bertanya
    Saya mempunyai Kacer, dibawah ngotot, serta di gantangan Ngotot juga, dipertengahan perlombaan malah ngetem selama 15 menit kadang lebih, trs mulai ngotot lagi dan ngetem lagi, mohon solusinya omku

  3. murai batu saya cuma ngeriwik saja, kadang ngeplong, bagaimana mengatasinya?JK 5/5, jemur 1 jam, bahkan sudah saya Bom Kroto tetapi tidak mau ngeplong juga

  4. Siang Om, 2 bulan lalu saya beli murai ,tapi sekarang ada bulu halus yang mulai rontok ,setelah 1 Minggu bulu ekor lepas semua , dan sekarang sudah tumbuh sekitar 2cm, tapi bulu sayap tidak ada yang rontok padahal warna bulunya sudah tua, apakah itu gagal mabung atau hanya nyulam saja dan gmna penanganannya, terima kasih atas waktunya

    • maaf om mungkin terlewat, bisa tolong kirimkan data pemesanan atas nama siapa serta produk apa saja yang dipesan ke customer service di 085 7273 91224.

  5. Siang om , izin pencerahan nya , sya punya kacer bru lepas trotolan , sya master dalam keadaan full krodong . Tiba2 kok malah ikut bunyi Ya , apakah harus terus di master apa d stop dulu om .

    • sekedar saran saja, jika belum pernah bertransaksi secara langsung atau belum kenal penjualnya sebaiknya lakukan transaksi tatap muka langsung om.

  6. Sy pnya kenari bru plihara burung, mau tnya knp knri sy makan mulu dan ga bunyi… cuit2 ngeriwik pd wktu makanan sy ambil mgkin krna laper. Terus suka angkat kaki satu kl udh mkan kbnykan. Apakah knri sy msk fase mabung/obesitas? Mohon pncerahan nya om

    • bisa jadi burung masih berusia anakan jadi baru belajar bunyi. coba periksa kondisi kaki yang diangkat apakah ada benjolan atau luka? jika tidak ada tidak masalah om.

  7. Om saya pemilik LB balibu bulu LB saya rontok om tapi bukan bulu halus dan yang rontok paling sehari cuman 5 om apakah itu ciri burung akan mabung om makasih mohon pencerahan nya karena saya takut mandikan nanti pas saya mandikan ternyata mabung.

  8. Murai saya umur 2 blnan dan sudah merontokkan bulu besar ( sayap ) dan bulu halus,bagaimana untuk perawatanya? Full krodongkah? Untuk ef JK apa jg tetap d berikan.trims om kicau

  9. Salam kicau. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih. Saya baru beli murai batu yg blm selesai mabung, saat ini masih proses dokor. Selama mabung sama pemilik sebelumnya tidak terawat, tidak pernah diberikan EF dan hanya makan voer biasa, kandang tidak pernah dibersihkan. Masalahnya adalah murai sering menyerang tangan dan galak. Yang ingin saya tanyakan murai yg suka menyerang tangan itu over birahi atau over jinak? Dan cara pengatasannya bagaimana supaya normal?

    Terima kasih atas jawabannya. Semoga Om Kicau selalu menjadi solusi saya dan semua kicau mania atas semua permasalahan burung dan perawatan.

    Hormat

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.