Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

50 Comments

  1. Om saya mau tanya untuk pemberian BSF pada burung murai batu. Apakah aman? Untuk takarannya bagaimana ya om? Kalau misalnya dari jangkrik 3/3, kalau dirubah menjadi BSF berapa jumlah amannya? Terimakasih.

  2. Om,mau tanya, burung c.i saya buka isianya pendek2, dan gak mau ngrol panjang?gmn cara perawatannya agar burung c.i saya bongkar isian dengan ngeroll panjang?mohon bimbingannya trims

  3. Permisi om kicau
    Saya mau bertanya,,saya punya kenari bekas pejantan,,saya beli dalam kondisi habis mabung,,keadaanya sudah nyulam bulu,,trus saya rawat dan sudah nyusun lagu,,tapi kondisi nyulamnya belum tuntas dan kenarinya jari birahi om,,gimana cara penangananya,,dari pemberian makan,mandi,,
    Apa memang proses seperti itu wajar,,birahi dalam keadaan nyulam bulu
    Apakah dirawat seperti biasa atau diturunkan birahinya?
    Mohon pencerahanya dari om kicau

  4. Siang om, Mau tanya alasannya kenapa kandungan protein pada voer burung hanya rata rata berkisar 18 – 19 % saja ?, bukankah nilai protein lebih tinggi lebih bagus

  5. Saya sdh dua kali merawat cendet bakalan namun selalu mati tiba-tiba, pdhal sdh mau makan voor, jangkrik, ulat dan kroto ttp akhirnya mati mendadak jg setelah baru belajar bunyi. Bgmana caranya spy bisa awet danbisa sampai gacor, trims salam kicau mania

  6. Malem Om, ijin nanya…saya baru beli strawberry finch atau emprit merah muda. 3 pasang dan kenapa selang sehari jantan nya sj yg mati begitu terus setiap hari hingga tersisa betina nya saja. pakan saya pakai yg khusus kenari di pasar burung, air selalu baru setiap pagi.
    dimanakah kendalanya ya om…padahal berniat menternakkan…

  7. Om saya punya Kacer bahan.yg mau saya tnya kan knpa lingkaran mata burung Kacer saya turun ya yang. Bawah apa kah tu tanda sakit mata atau apa om?tolong bantuan nya om

  8. Saya jodohin kenari udh 2 kali bertelur om yg pertama dia gamau di sarang alhasil pecah ,yg kedua pecah di sarang .. itu faktor indukan jelek atau gimana om?

    • indukan betina yang pertama produksi umumnya mengalami persoalan seperti yang om ceritakan, tetap lanjutkan dan rutin pantau apakah indukan yang memecah telornya atau ada faktor penganggu lainnya.

  9. Om minta solusi nya donk…
    Saya punya cucak hijau…nafasnya seperti ngos ngosan…sayap terkulai…lemas…bulu agk gembung…kira” solusinya apa om kicau….
    Thanks.

  10. Halo om kicau. Sy baru pemula nih om. Murai sy baru datang dari luar daerah. Sy sdh melakukan tahapan2 nya. Memberika full kerodong karen ada burung lain nya di dekat lokasi. Dan sdh memberikan ef secara teratur. Tp kok MB sy masih terlalu giras dan tidak mau bunyi. Mohon solusi nya om kicau.

  11. Permisi om saya mau tanyak, saya beli sotong nopeng dri ombyokan sudah 1 minggu tpi kok belum bunyi ya cuman cuit2 aja… Sudah saya kasih tbb sesuai aturan juga

  12. Om…CI sya jarang bunyi, bunyi smaunya. Dia mau bunyi pas ada hujan atau grimis, itupun ngriwik doang. KTP CI sy banyuwangi om.
    Itu karakter ny gmana ya ??.. dn tips setingannya.

  13. Om kenapa ya murai trotol saya suka ngembangin bulu dan suka angkat kaki nya terus kelihatan loyo lesu kayam yang kurang semangat tpi burung galak dan agresif bahkan suka matokin tangan waktu masukin pakan dan kadang suka matokin tangkringan dan yg lain nya.

    • burung yang bisa disatukan dalam kandang aviary sebaiknya bukan burung fighter dan burung yang sejenis, lovebird dan kenari masih bisa disatukan jika ukuran kandang aviarynya cukup besar karena ada beberapa karakter lovebird serta kenari yang agresif jika dijadikan satu. Sedangkan untuk murai batu, kacer, dan cucak rowo gunakan kandang terpisah.

  14. Om…mau banyak!!apa kah ada pengaruhnya jika burung c.ijo ada dalam satu rumah dengan burung murai batu dan kenari?tapi posisi burung murai batunya saya kerodong?

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.