Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

50 Comments

  1. Mau nanya om kicau solusi untuk Poksay Hongkong yg hanya mau bunyi pada saat jam 3 pagi s/d 4pagi, setelah itu tidak mau bunyi LG sampai menjelang malam.Kebetulan Poksay’y masih muda

  2. Salam kenal . Om saya punya ci tp knp kl sangkar diangkat ci saya grabagan nabrak2 sangkar pdhl ci saya sdh mau makan jk pakai tangan dan burung jg sdh rajin bunyi, bgmn mengatasinya om? Tks

    • Jika umur murai sudah mapan atau diatas 3x mabung isian tidak akan hilang, namun tetap perlu dimaster ulang untuk menyempurnakan lagu materi isiannya om.

    • kalau masih trotol jaringan sel tulang belum sempurna dan masih lunak om. untuk memastikan jenis kelamin lewat supit urang paling akurat setelah burung memasuki umur 7 bulan atau lepas trotol.

    • Membedakan jenis kelamin mb dewasa lebih mudah om, mb jantan memiliki warna bulu yang pekat atau mengkilap di bagian leher depan sedangkan betina cenderung buram.

  3. Mau tanya om. Di katakan asal usul lovebird biola/opaline dari jenis muka salem/non klep, tapi kenapa kebanyakan opaline jenis klep/fischery, darimana awal nya bisa jadi lovebird opaline klep? Bukankah non klep x klep jumlah kromosom nya berbeda yg bila di silangkan anakan nya akan menjadi lovebird barong atau mandul. Trma kasih

  4. Salam kenal Om ,

    Minta pencerahan nya om maaf saya masih baru main MB .
    Saya baru beli murai batu emang si murah, tp kondisi katanya abis mabung ekor nya gundul. Tp saya sudah rawat lebih dari 3bulan masih aja gundul blm ada tanda bulu jarum mau tumbuh. Kalau di liat dari usia mb nya sudah tua soalnya kakinya sudah deker.
    Kata saya sudah tidak bisa tumbuh lagi , apa benar om?
    Mohon bantuanya om
    Maksih seblumnya ya….

  5. siap om kicau , ini blacken baru selesai ngurak …. kira kira untuk mempercepat birahinya memakai vitamin apa ya ? dan apakah sudah ada hasil blacken dengan kenari ?
    matur suwun

    • bisa menggunakan sangkar persegi ukuran 45 x 45 atau sangkar bulat diameter 45 cm atau 50 cm, pakai dua pangkringan supaya burung bisa aktif dalam sangkar.

    • Testobird dirancang untuk burung jantan yang akan disiapkan untuk ternak dan Testo bird booster diperuntukan untuk burung jantan yang dirawat harian.

  6. assalammualaikum , selamat sore om kicau , mau tanya apakah blacken bisa di kawinkan dengan kenari ,, soalnya menurut temen blacken itu mandul dan tidak bisa di kawinkan . terima kasih

    • Walaikumsalam wr wb, tidak semua Blacken mandul om jadi bisa di coba dulu dan sebaiknya dikawinkan minimal umur 8 bulan karena kondisi birahinya sudah stabil serta alat reproduksinya terbentuk sempurna.

  7. Mohon bantuannya OmKicau 🙏
    Burung kesayangan saya (tledekan gunung) tiba tiba mulutnya kayak megap2. Buka mulutnya cuman sedikit tapi kalo diperhatikan baik baik akan kelihatan megap megap.Udah saya periksa lubang hidung tidak ada tanda tanda burung pilek.Berkicau masih aktiv & tidak serak.Cuma biasanya rajin jadi cuman nyuling nyuling aja.Bagaimana cara mengatasinya?
    Trimakasih sebelumnya OmKicau 🙏🙏

    • kalau burung masih bahan bisa gantang di tempat yang ramai serta agak pendek, supaya burung terbiasa dengan lingkungan ramai. jika burung jinak bisa dilakukan sebaliknya om.

  8. Numpang bertanya Om kicau. Beberapa minggu yang lalu saya membeli kacer bahan dari pasar burung. Beberapa hari dirumah saya membeli sangkar baru untuk Kacer yang saya beli sebelumnya. Waktu saya mau memindahkannya karena burung masih giras sehingga sulit memindahkannya antar sangkar. Akhirnya saya coba memindahkan dengan menangkap burung dari dalam sangkar yang lama. Ketika burung tertangkap ternyata burung mencengkram jeruji sangkar dengan kuat, lama menunggu atau karena saya tidak sabar saya coba memaksa menarik kaki kacer dan tanpa sadar sepertinya saya menarik kaki kacer terlalu kuat dan sepertinya pangkal paha burung seperti terkilir/keseleo. Burung menjadi pincang. Saya pikir pangkal paha burung patah tapi setelah saya perhatikan burung masih mampu mencenhrmen dengan kaki yang sakit tersebut walaupun tidak maksimal. Kira-kira bagaimana penanganannya agar dapat sembuh ya oom. Sebelumnya terimakasih banyak bila ada masukan. Salam

    Ryan Manullang.
    Medan

  9. Om..kalau burung cucak jenggot,poksai,kapas tembak,tengkek,dan cililin apakah bisa di satukan daam 1 aviary?aviary saya ukuruan 4 x 5x 3,5..mohon pencerahanya..

  10. Selamat Pagi….
    Om kenapa anakkan Nuri Kepala Hitam umur baru 1mnggu, baby nuri tsb perutnya membesar seperti kesulitan buang faces, trus solusinya bagaimana Om… sudah saya beri minyak zaitun saya campur di minumannya, dan lubang pembuangannya saya beri Cotton Bad diberi minyak zaitun. Namun masih besar juga saat buang facesnya bentuknya padat dan kesulitan

    Mohon bantuannya om…

  11. Om bagaimana cara agar supaya murai saya mau makan voer.saya sudah coba campur voer dgn kroto. Campur voer dgn jangkrik. Voer saya buat utuh kadang saya lembekan. Tp burung saya ttp saja tidak mau makan. Pinter milih sekiranya bahu voer aja uda langsung di buang. Burung yang saya beli hasil ternakan non ring katanya bahorok x leuser umur 4 bulan baru lepas trotol. Makanan dari kecil selalu dikasih serangga sama pemilik nya. Tapi saya tobat kalau begitu karena kalau sibuk burung pasti kelparan. Dan cara kash voer dgn terapi lapar juga gagal. Ttp saja tidak mau makan.
    Hingga skrg yang tadinya ngwirik lebih dr 7 mnt perharinya skrg perhari paling bbrp detik saja. Please kasih saran yang sangat ampuh om agar supaya mau makan voer.

    • bisa diberikan dalam jumlah sedikit dulu dan dimakan oleh burung, jika burung sudah lahap mengonsumsi ulat maggot porsinya bisa disesuaikan dengan karakter burung supaya burung tidak over birahi.

  12. Maaf om numpang tanya ini burung saya sebelumnya melihat musuh triak2 terus tapi gak tau kenapa sekarang jadi tidak merespon tapi kalo di jauhkan dari musuh burung mau bunyi? Itu kenapa ya om

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.