Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

50 Comments

  1. Misi om kicau dan para suhu mb.burung mb saya kurang agresif ketika jumpa lawan.jadi supaya agresif gmna om kicau. bagi ilmu nya dong om kicau..
    Terima kasih

  2. siang om burung ckk saya kelamaan jemur, sudah dua hari ngk lincah seperti biasa, nafsu makan ada tapi ngk bisa terbang, apa yang harus saya lakukan salam kicau

    • idealnya burung bisa dilombakan setelah 3x mabung dan untuk BB selama ini belum ada penelitian tapi cukup pastikan burung tidak kegemukan yang di tandai ada lemak di daerah perut burung ataupun tidak terlalu kurus karena kurang asupan nutrisi.

  3. om mau tanya, cara memasangkan rantai ke burung kakatua / nuri yang masih muda gimana ya biar dia bisa tenang? soalnya tiap saya pasangkan, pasti ketakutan dan gak nyaman. kalau ada disertakan video nya om, thanks sebelumnya

    • Sebelumnya apakah om sudah memiliki ijin dari pihak BKSDA setempat untuk memelihara burung kakatua / nuri? karena keduanya termasuk jenis burung yang dilindungi.

  4. Terima kasih atas penjelasannya om Duto. .
    Satu lagi pertanyaan yang terlupakan hehehe. .
    Apakah produk” om kicau yang beredar diluaran selain agen apakah dijamin keasliannya?
    Terima kasih. .
    Salam kicau mania..

    • Bird Power :
      Cara pakai / pemberian: Oles/campur 3-4 tetes ke kroto atau buah atau ekstra fooding (makanan tambahan lain). Khusus untuk burung lovebird, oles-oleskan pada separuh atau seperempat tongkol jagung muda yang disayat-sayat memanjang sehingga cairan bisa masuk dan termakan burung. Untuk burung kenari bisa dioleskan ke telur puyuh rebus atau oles ke buah.

      Tidak disarankan untuk dicampur ke air karena burung cenderung sedikit minum air sehingga akan banyak yang terbuang sementara dosis belum tercukupi. Juga tidak disarankan untuk memberikan langsung ke paruh/mulut burung karena burung cenderung akan stres, muntah, juga berisiko rusak bulu dll.

      Berikan selama 4-5 hari sebelum lomba sampai sehari sebelum lomba. Disarankan diberikan lagi selama 2-3 hari setelah hari lomba untuk mempercepat pemulihan stamina burung.

      TBB :
      Pemberian TestoBirdBooster (TTB) dengan cara dilarutkan dalam air minum burung. Untuk ukuran seekor burung, masukkan setara sekepala (pentol) korek api tepung TBB ke dalam 30-50 cc air (wadah air minum ukuran normal).

      Pemberian TBB bisa juga dilakukan berbarengan dengan pakan. Untuk seekor burung, campurkan setara setengah pentol korek atau sekepala (pentol) koreki api tepung TBB dengan sesendok teh kroto, atau taburkan ke atas buah, dan berikan ke burung. TBB itu bisa juga diletakkan di sendok kecil, tetesi 1-2 tetes air dan oles-oleskan ke jangkrik atau serangga lain lalu diberikan ke burung.

      Berikan ke burung selema 3 hari berturut-turut setelah itu sepekan 1-2 kali. Jika performa burung sudah baik, maka untuk menjaga kondisi semengat dan mental tempur serta sifat dominan burung, berikan rutin sepekan sekali.

      Larutan air TBB sebaiknya tidak digunakan setelah dicampur lebih dari 4 jam. Larutan TBB jangan terkena sinar matahari secara langsung.

  5. Maaf om sya mau tanya..
    Sya pnya murai borneo, bli dri ombyokan, burung masih muda, 4 hri udh ngepur, skrang udh 3 mnggu, tpi udh 2 hri ini burung terlihat murung, ga bergairah, kebanyakan diem, mlah skrang dri pgi ga mkan pur, tangan masuk kandang jga diem aja,.
    Apa burung sya sakit atau mau mabung ya om, mnta solusi cara menanganinya om, soalnya sya masih pemula..

  6. Om, mohon arahannya. Saya punya Murai MH setiap pagi saya lakukan pengembunan dan pemasteran dimalam hari, tp klo bunyi ngeplong cenderung monoton itu itu aja lagunya, ganti irama lagu juga itu itu terus kaya gag ada fariasi ngeplongnya. Tp klo ngriwik banyak variasinya.. Gimana ya om cara menanganinya

  7. Om sy mau bertanya,saya punya burung kenari habis patah kakinya sdh 3 hari kemudian menjadi hitam kaku seperti darah membeku dikakinya,bagaimana cara penaganannya apakah d amputasi at dioles minyak tawon.trm ksh

  8. Maaf om sebelun’y saya masih bingung tentang persilangan mb yg om share…yg saya tanyaka ini hasil persilangan mb medang x bordan/ jantan medan dan betina bordan..apakah anakan dari persilangan tersebut gembung atau non gembung dan ekor pendek atau panjang???mohon jawaban’y🙏🙏…saya kicau mania pemula yg masih butuh bimbingan

    • SYARAT KEAGENAN DAN SUB-AGEN

      Syarat Menjadi Agen: Kalau Anda berminat menjadi agen di kota di mana belum ada agen (dibatasi hanya 1 agen untuk 1 wilayah administratif daerah tingkat II/kabupaten/kotamadya), syaratnya mudah, yakni melakukan pembelian paket produk awal sebesar Rp. 3.000.000 dengan mendapat tambahan barang sebesar potongan harga sampai 20% (dengan Rp. 3.000.000, Anda mendapat produk awal senilai Rp. 3.600.000).

      Untuk agen di mana terdapat sub-agen, mendapat potongan harga 25%. Transfer bisa dilakukan ke rekening Mandiri Kartasura a.n. Ardiastuty 138 000 7057 065 atau rekening BCA KARTASURA A.N ARDIASTUTY 393 0266 174.

      Dengan menjadi agen, Anda berhak:

      Mengembalikan (dan mendapat tukar barang) untuk produk yang tidak/lama laku jual. Pengiriman produk pengganti dilakukan bersamaan dengan pengiriman pada pembelian produk bulanan.
      Mendapat support promo penjualan melalui website dan halaman promo agen.
      Mendapat proteksi untuk menjadi agen tunggal di wilayah kabupaten/kota di mana agen membuka usaha.
      Support terbaru!!!: Pesanan langsung ke Om Kicau akan dipindahkan ke agen terdekat dengan alamat pembeli (berita pesanan dan uang akan ditransfer ke agen).
      Cek artikel: Penting: Pengumuman untuk agen, calon agen dan pembeli produk Om Kicau.

      Syarat menjadi sub-agen: Mendaftar menjadi sub-agen di agen yang sudah ada di wilayah Anda dengan pembelian paket awal minimal Rp. 1.500.000 dan disetujui oleh agen di mana Anda mendaftar.

      Hak sub-agen:

      Mendapat support promo di website 2. Mendapat potongan harga dari agen sampai dengan 15% dari nilai jual ke konsumen.

      Update (20/12/2013):

      Jika ada agen yang selama lebih dari sebulan tidak melakukan pembelian ulang tanpa memberi kabar, maka di daerah tersebut bisa ditambahkan sub-agen yang langsung berhubungan dengan Om Kicau.
      Jika lebih dari 3 bulan agen tidak melakukan pembelian ulang tanpa memberi kabar, maka agen tersebut dianggap mengundurkan diri dan posisinya bisa digantikan oleh orang lain.
      Jika ada sub-agen yang lebih dari 2 bulan tidak melakukan pembelian ke agen tanpa ada kabar, maka sub-agen dianggap mengundurkan diri.
      Agen dan sub-gen tidak boleh menjual produk Om Kicau di bawah harga eceran yang ditetapkan untuk harga konsumen di dalam website ini. Pelanggaran terhadap hal ini bisa berakibat putusnya hubungan keagenan.
      SEGERA DAFTAR DAN SELESAIKAN PESANAN KEAGENAN

      Mengingat ada pembatasan wilayah keagenan berdasar kabupaten/kota, maka jika Anda berminat untuk menjadi agen, segera saja mendaftarkan diri dan menyelesaikan pesanan keagenan.

      Untuk menjadi agen, silakan email ke dutosricahyono@yahoo.com atau SMS ke 085727391224, dengan menyebutkan “nama dan tempat tinggal” diikuti tulisan “agen”. Maka kami akan mengirimkan balasan. Jika lewat 3 hari sejak mendaftar Anda belum melakukan transfer pembelian paket awal Rp. 3.000.000, maka dianggap tidak berminat lagi menjadi agen dan akan digantikan pendaftar berikutnya pada kota yang sama.

      Syarat dan ketentuan, bisa berubah sewaktu-waktu. Terima kasih dan salam. Duto Sri Cahyono – Om Kicau

  9. Om,apakah betul klo merpati kolong,telurnya kita tetaskan.setelah anakanya mulai bekur,kerja indukan jantannya jadi menurun/jadi jelek kerjanya(ndrosot/tdk mau ngolong)?
    Terimakasih

  10. selamat siang, sy punya burung peliharaan jenis cenderawasih saya pelihara sdh lumayan lama tapi itu saya dapat dari seorang masyarakat /hasil tangkapan. apakah saya bisa mengurus surat ijin dari BKSDA ?

    • Pemberian TestoBirdBooster (TTB) dengan cara dilarutkan dalam air minum burung. Untuk ukuran seekor burung, masukkan setara sekepala (pentol) korek api tepung TBB ke dalam 30-50 cc air (wadah air minum ukuran normal).

      Pemberian TBB bisa juga dilakukan berbarengan dengan pakan. Untuk seekor burung, campurkan setara setengah pentol korek atau sekepala (pentol) koreki api tepung TBB dengan sesendok teh kroto, atau taburkan ke atas buah atau sepotong jagung muda yang sudah disayat supaya tepung TBB terserap, dan berikan ke burung. TBB itu bisa juga diletakkan di sendok kecil, tetesi 1-2 tetes air dan oles-oleskan ke jangkrik atau serangga lain lalu diberikan ke burung.

      Berikan ke burung selema 3 hari berturut-turut setelah itu sepekan 1-2 kali. Jika performa burung sudah baik, maka untuk menjaga kondisi semengat dan mental tempur serta sifat dominan burung, berikan rutin sepekan sekali.

      Larutan air TBB sebaiknya tidak digunakan setelah dicampur lebih dari 4 jam. Larutan TBB jangan terkena sinar matahari secara langsung.

  11. Mau tanya om kenapa jalak kebo saya, kalo saya dekati mala salto gelabakan Gk mau bunyi tp kalo orang lain yang dekati/menggoda mala gacor dan anteng/gak gelabakan

  12. Om tanya

    Saya punya produkan blackthroat
    Yg betina sering berdiam d sarang(tempat bertelur) seperti mengerami. Tapi tidak ada telurnya.

    Itu knapa ya?
    Solusinya bagaimana supaya cepat bertelur?

  13. Beberapa pertanyaan saya
    1. Berapa umur ideal murai batu medan siap gacor?
    2. Apakah lovebird bisa di kawin silangkan untuk mucul warna baru?
    3. Kenapa kenari saya susah gacor?
    4. Dimana saya bisa download audio terapi burung?
    5. kenapa Pelci saya tidak sakit buluhnya rontok?
    6. Apakah ada forum khusus untuk burung kicau?

    • Bisa dilakukan bersamaan om, tapi bedanya selama proses mabung burung full krodong dan proses penjinakannya dengan cara pemberian jangkrik menggunakan lidi diberikan saat burung lapar. Apabila burung sudah beradaptasi dan tidak takut maka jangkrik bisa diberikan langsung dari tangan, ini menandakan burung sudah mulai jinak.

  14. Selamat malam om..
    Mau tanya nih sekarangkan banyak beredar voer instant serangga murni pengganti ef pada burung. Apakah pada burung yang full mengkonsumsi voer instant serangga murni tersebut dapat dikatakan sama dengan perawatan burung tanpa voer biasa dan apakah cukup untuk pemenuhan kebutuhan sehari – hari burung bila hanya mengkonsumsi voer instant serangga murni saja ?. Terimakasih

    • Voer dengan kandungan protein tinggi memang menjadi salah satu alternativ bagi penghobi yang tidak mau repot memberikan EF secara rutin ke burung, namun perlu diketahui apabila asupan proteinnya berlebihan akan beresiko burung menjadi over birahi.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.