Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

34 Comments

  1. Mlm om kicau saya mau tanya,,saya pnya murai MH giras om tapi ga nabrak..sya banyak baca artikel om kicau tentang penanganan murai giras& penjinakan nya,saya terapkan penjinakan seperti peletakan burung di bawah lantai dan ditempat lalu lalang orang..emank murai sih murai saya gelabakan om..apakah tidak berdampak stress ke murai tersebut om..saya terapkan tiap hari lama penerapan 1 jam om apakah sudah benar..makasih om

    • dalam proses penjinakan rata-rata burung akan stres, selama burung masih tetap makan dan minum tetap lanjutkan terapi penjinakan hingga burung tidak terlalu giras.

  2. Cara penetasan telor murai batu,yg mau saya tanyakan,saat pemutaran telor pertama kali di hari ke4,selanjutnya,….
    Berapa kali sehari kita memutar telor tersebut sampai saatnya berhenti di hari ke 9

  3. Mlm om saya pnya murai muda hutan giras,,apa tiap hari dimandikan di keramba sampai basah kuyup ga apa2 om,,sehabis mandi saya jemur di tmpat keramain..sya kasih ef 10…apa di benarkan proses penjinakan seperti itu

  4. malam om
    saya baru beli murai batu trotol dari peternak usia 5 bln dan sudah bisa makan voer.
    yang sy tanyakan :
    1. bagaimana pola perawatan harian MB trotol usia 5 bln?
    2. bagaimana pola mengganti jenis voer,karena voernya akan saya ganti?
    makasih

  5. Om mau tanya saya punya mb trotolan umur 2 bulan, pertanyaan nya apakah mb trotolan umur 2 bulan sudah bisa bunyi atau ngeriwik, mb saya cuma bisa bunyi trek trek aja om, tolong om solusi nya saya baru pertama kali punya murai om, di tunggu jawaban nya ya om makasih om kicau….

  6. Om kicau saya mau bertanya.
    Murai batu saya jinak, baru saya beli 2 minggu yg lalu. Kata juragan nya yg lama baru selesai mabung. Masalahnya adalah, Murai batu saya ketika saya memasukkan tangan kedalam sangkar untuk meletakkan jangkrik atau yg lainnya, mb saya sering buka sayap dan bulunya membengkak di sertai matuk2 tangan saya, terkadang ada suara menggerutu gitu. Apakah ini bisa di katakan over birahi ?

    Pertanyaan yg kedua.
    Ketika saya memaster mb saya dlm keadaab kerodong di buka. Mb saya terllu aktif naik turun tangkringan di sertai suara trek yg keras dan tidak putus, tp tidak berkicau hanya suara trek2 saja. Terkadang saat seperti itu saya goda dengan mengebaskan atau memutar2kan kerodong mb saya langsung ngeluarin isian.
    Tp jika tidak di goda hanya dilihat saja, dia hanya ngeluarin suara trek2 yg keras dan tidak putus2.

    Dr pertanyaan di atas, saya simpulkan untuk mencoba ngetrek mb saya dengan mb tetangga. Hasilnya dia tenang di gantangan hanya saja vokalnya monoton, hanya 1 atau 2 suara saja. Tdk terlihat mengeluarkan isian.
    Saat trek sudah berjalan sedikit lama, barulah mulai 3 lebih suara yg dikeluarkan tp ttp blum bisa ngeluarin isian.

    Untuk set hariannya
    Jk 5 p/s
    Kroto 1 sendok teh setiap hari

    Apakah dr pertanyaan dan penjelasan saya bisa dikatakan mb saya ini over birahi ?

  7. Mlm om sya pnya mb MH baru belajar mandi keramba kenapa tiap mandi basah kuyup lama kelamaan mb saya bunyi ngik-ngikan,,kondisi mb saya makan lahap,jangkrik p/s 10 ekor,kroto lahap..solusi mb biar tidak bunyi ngik-ngikan gimna om…makasih

  8. Sory om nanya lagi, bukannya burung ga boleh tidur selipkan kepala di belakang sayap ya? saya skrg sdh 2 hari kasih obat Super N Tapi tidur masih spt itu.. 🙁

  9. Om saya punya lovebird kisaran 7 bln kata yang jual tapi gak mau bunyi kalo di lombakan trus kalo bunyi cuman Kwek Kwek doang apakah itu termasuk lb macet apa gimana tolong om solusinya ???

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.