Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

49 Comments

  1. Assalamualaikum, om kicau sukses selalu…
    Kenapa murai batu saya sewaktu trotol gacor, sedangkan sekaeang sdh 9blnan dan jarang jadi malah ngeriwik saja dan jarang ngeplong…kira2 apa solusinya agar gacor kembali? Terimakasih om kicau

  2. Om burung murai batu saya jarak antara mabung kok singkat ya normalnya setahun sekali tapi kok 7 bulan bulu nya rontok lagi mohon pencerahannya terimakasih om

    • Penampilan jantan dan betina hampir sama om, sekedar untuk patokan pilih burung yang berpostur lebih tegap, warna lebih tegas, lincah, serta sorotan mata yang tajam.

  3. Min gimana ya cara mengatasi falk yang yang gigit karena over birahi, tapi tidak mau dijodohkan sama betina?
    Saya bingung banget udah beli betina beberapa, sampai ada yg udah bertelor sama pejantan lain betinanya. Udah dicoba metode pendekatan kandang tapi ga berhasil, di satuin langsung pun ttp ga mau jantannya, dia malah gigit si betina.

  4. Om maaf saya mau tanya kalau rawatan kenari untuk lomba gimana ? Dan kalau kenari kurang gacor waktu di gantang pakannya di apa ? Terus kalau di kasih biji fomayin cara pemberiannya gimana ?

  5. Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh..
    Om kicau, saya punya murai Lampung.. dan saya ingin Murai saya berisi suara tledekan/sulingan Gunung untuk pribadi dinikmati sendiri untuk rumahan. Apakah murai dimasterin suara tledekan/SulGun bisa ditiru/masuk olehnya.?
    Trims om kicau.

    • Walaikumsalam wr wb. murai batu burung yang cerdas dan bisa meniru suara semua jenis burung jika dilakukan pemasteran secara benar saat burung mabung om.

  6. Salam Om, saya mau tanya
    Pleci saya (ras Lombok/Kacial) kalau dimaster hanya ciw ciw ciw tidak mau ngeriwik, lalu saya cek vent nya saya agak ragu karena posisi vent yg mirip betina tetapi agak menonjol searah kaki pcnya. Padahal saat saya PCB burung tsb ngriwik sedikit. Apakah itu betina/jantan ya?

  7. Salam Om bagaimana cara rawatan lengkap dan polo makan Cucak ijo yang sudah berusia mapan, mengalamai nyulam terus menerus, bulu sayap hanya tumbuh bulu jarum saja terus berhenti, terus ada lagi bulu sayap yang tumbuh setengah dan banyak bulu bulu tua lainnya yang masih belum lepas, terus tadi pagi banyak berjatuhan bulu bulu halus ??? Mohon bimbingannyab Om
    Terima kasih 🙏🙏

  8. Om saya mau nanya, saya ada lb betina mangsi baru saya cabut dari ternak karna telor slalu gagal, bagaimana ya cara mengembalikan durasinya agar kembali panjang lagi ?
    saya mau ikuti cara jemur kenceng tapi ngerasa kasian om 😔

    • dikembalikan ke pola perawatan waktu lovebird masih sering dilombakan terutama jadwal pemberian ef, mandi dan jemur namun untuk penjemuran dilakukan bertahap hingga kondisi burung benar – benar prima.

  9. Siang Om? Setelah 2minggu di kasih TTB. Alhamdulillah burung murai MH saya ada ngeriwik. Yg ingin saya tanyakn, klo sudah ngeriwik apa TTB nya masih di kasih ke burung? Makasih Om.

  10. Kacer stres yg awalnya jinak jd liar . Makan lumayan lahap ..
    Yg jd bimbang apakah kacer giras dimandikan basah kuyup tdk brpengaruh layaknya kacer bakalan om?

  11. Slmat malam…saya mau curhat sekaligus mau tanya om…saya punya burung cucak hijau,hariannya di atas rata rata (gacorplus plus)
    Tapi kenapa ya..setiap aq trak atau aq gantang tidak mau ngentrok dan jambul,hanya mengeluarkan suara kicaunya yang keras,terkadang lompat lompat pangkringan..trimakasih untuk jawabannya om..

  12. malam om.
    mau tanya
    1. bgaimana perawatan anis kembang setelah selesai mabung ?
    2. apakah diperbolehkan pemberian TBB pada murai batu trotol?
    3. bagaimana cara menumbuhkan ekor murai batu?

    • TBB itu bisa juga diletakkan di sendok kecil, tetesi 1-2 tetes air dan oles-oleskan ke jagung muda yang sebelumnya biji jagungnya sudah disayat vertikal.
      Berikan ke burung selema 3 hari berturut-turut setelah itu sepekan 1-2 kali. Jika performa burung sudah baik, maka untuk menjaga kondisi semengat dan mental tempur serta sifat dominan burung, berikan rutin sepekan sekali.

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.