Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

50 Comments

  1. Pagi om kicau,
    Saya baru beli burung ijo mini dipasar burung sudah seminggu ini,bulu burung tidak rapi,bulu mudah rontok saat dipegang,kotoran burung encer,dan tidak mau bunyi,minta tolong dong solusinya,

  2. Malam om..
    Saya baru beli Lovebird betina dan sudah ngekek durasi 20dtk..yang ingin saya tanyakan
    1. Bagaimana pola perawatan agar Lovebird bisa lebih lama ngekek nya?
    2. EF apa yg cocok untuk love bird?
    3. Selama ini dr pemilik lama pola mandi hanya di semprot,jika diganti dengan mandi karamba apa ada pengaruh?
    Makasih

  3. Om, minta solusi yg tepat dong om. Cucak ijo saya ekor nya ada yg patah di pertengahan batang ekor (bukan di pangkal) itu cara mengatasi nya bagaimana ya om. Apakah kita cabut bulu ekor nya dari pangkal, atau hanya kita potong saja om?

    • BirdFresh : Penghilang air sac mite pengganggu saluran pernafasan, penghilang serak dan gangguan pernafasan lain.
      Penggunaan utama/ hilangkan indikasi:
      Burung macet bunyi karena infeksi saluran pernafasan, mudah serak, tidak nagen/ suka turun tangkringan, tiba-tiba berhenti teler, mudah ngebagong/ nguda laut/ ngebatman dengan penyebab adanya gangguan di kantung udara dan atau saluran pernafasan.
      Kandungan:
      BirdFresh (BFR) terdiri dari bahan aktif anti parasit yang bersarang di dalam tubuh burung maupun di luar tubuh burung, yang mengganggu fungsi pernafasan maupun fungsi pencernaan.
      Deskripsi kegunaan:
      Fungsi utama BirdFresh (BFR) adalah memberikan kestabilan performa maupun kicau burung, sehingga burung tidak gampang mletik atau oncling atau istilah lain yang menggambarkan burung tidak bisa tuntas membawakan kicauan dalam arena Latihan Bersama (Latber) maupun lomba.

      BirdTwitter : Serak, sesak nafas dan macet bunyi karena gangguan pernafasan.
      Larutan oral yang mengandung zat antiparasit baik ekstro maupun endo penyebab burung serak, sesak nafas dan macet bunyi.
      Cara pakai / pemberian: Oles/campur 3-4 tetes ke kroto atau buah atau extra-food (makanan tambahan lain). Khusus untuk burung lovebird, oles-oleskan pada separuh atau seperempat tongkol jagung muda yang disayat-sayat memanjang sehingga cairan bisa masuk dan termakan burung. Untuk burung kenari bisa dioleskan ke telur puyuh rebus atau oles ke buah.

  4. Maaf mau tanya,
    Saya punya kenari panda dan kenari starblue.
    Belakangan, yang starblue agak loyo/macet untuk bunyi.
    Secara rutin saya memberikan pakan bijian, sayur selada 1 lembar tiap hari, telur puyuh rebus seminggu sekali.
    Saya rencana ingin memberikan vitamin tambahan semisal birdpower atau birdshout
    Yang ingin saya tanyakan :
    1. Apa bedanya birdpower dengan birdshout ?
    2. Untuk jenis kenari yang macet,lebih baik diberikan yang mana ?

    Terima kasih sebelumnya.

  5. mau tya om sy pya cendet 2 ekor..yg 1 ud sering bunyi tp gk bisa diam nabrak2 gitu trus kalo liat sy suka sembunyi dibawah sangkar…yg 1 lg kyk streess atau trauma mogok bunyi membisu sma sekali trus kalo liat sy suka ngeruji minta solusi nya om tks

  6. Mw tanya om kicau, burung kenari kalo hny dberi pakan jagung tanpa dkasih minum dg jarak jauh lbih dr 8 jam apakah aman utk burung trsb? Makasih jawabannya

    • sebaiknya berikan pakan utama biji kenari, sayur segar selada, sepotong ketimun, dan untuk cepuk air tetap diisi air bersih lalu tambahkan kapas untuk menyerap air tersebut.

  7. Siang om kicau ..salam kicau mania..saya Moko dr byolali..mau menanyakan soal burung..saya br beli burung hitam sayap ada putihnya..saya kira burung decu tp,saya cari di google TDK ketemu,,malah ketemunya burung sakit tubuh,hampir mirip burungnya cuma sayapnya suka ngipas kayak Kacer..termasuk burung apakah ya om..mksh

  8. Om, mau tanya voer mini pelet biasanya diperuntukkan untuk burung burung kecil seperti ciblek, tledekan dsbnya. Apakah boleh juga diberikan untuk burung burung seperti murai batu atau kacer dsbnya ?
    (Biar gag kebanyakan voer)

  9. Om maaf saya mau tanya…
    Saya punya murai, di suara dasarnya agak nggeber (kaya serak) ..
    Tp klo tembakan itu plong jelas bgt.
    Itu knapa yah om…
    Mohon balesannya ya om.. .
    Sy lg galau tentang suara itu…

  10. Salam Kicau Om….sebelumnya perkenalkan nama saya Putra restu saya dari jkt tepatnya di Pulogadung…sebelum saya bertanya ijinkan saya untuk menceritakan kronologinya pada masalah burung saya ini…
    Saya penghobi burung murai batu om..dan saya ingin menanyakan kendalanya di burung saya… Saya beli murai masih trotol..awalnya tidak ada masalah..lalu ketika dia berganti bulu trotolnya menjadi bulu coklat dan disinilah awal mula munculnya sebuah masalah… awalnya saya perhatikan ada kejanggalan di Kaki burung saya yg sebelah kiri selalu di angkat satu..entah apa penyebabnya… Lalu saya coba mandikan dengan sampo Jati jajar lalu saya tangkap untuk memeriksa keadaan kakinya ternyata tdk ada masalah ( luka / memar )..untuk antisipasi saya rendam dengan air Hangat campuran daun sereh dan garam lalu saya urutkan ke kakinya… Selama 2 minggu berturut turut namun tdk ada perubahan pada kakinya lalu saya coba berikan salep 88 itu punj tdk ada perubahannya… Dan ketika memasuki 3 minggu saya tangkap lagi untuk memberikan salep kembali.. Saat saya oleskan salapnya kuku bagian jari tengahnya copot tanpa terkena sentuhan dari apapun dan mengeluarkan darah tapi di ujung jari tengahnya masih ada seperti pangkal kuku… lalu saya berikan bethadine… Dan saya coba masukan kandang kembali…lalu saya lihat kukunya yg copot itu di pangkal kukunya bolong… Disitu ada perubahan dengan kakinya yg tanpa kuku tsb.. Kakinya mulai tidak di angkat lagi… Tapi saya perhatikan kembali kadang” masih di angkat juga…

    Pertanyaan saya

    1. Gmn cara mengatasi kakinya supaya tidak di angkat satu… Dan

    2.apakah kuku yg copot itu bisa tumbuh lagi…

    Mohon di jawab om kicau agar bisa saya terapi ilmu pengetahuin ini pada burung saya… Terima kasih dan Salam Kicau…

  11. Assalamualaikum om
    Tdi saya beli jenggot sampai dirumah ekornya cpot semua ,dan kepalanya luka sampai berdarah, gimana ya om solusinya??
    Makasih om

    • bekas luka bisa dioles dengan antiseptik om dan gunakan krodong yang rapat tapi tipis atau terawang sehingga burung tetap bisa beradaptasi di tempat barunya.

  12. Saya memasteri cendet saya dengan suara kunti,gereja,dan gabusan.
    Misalnya saya mau menambah dengan suara masteran kenari dan jangkrik maka sesudah memutar masteran yang pertama setelah berapa lama??..
    Dan bagaimana format penambahan masteraan yang baru ke yang lama??
    Terima kasih…

  13. Assalamualaikum, om kicau sukses selalu…
    Kenapa murai batu saya sewaktu trotol gacor, sedangkan sekaeang sdh 9blnan dan jarang jadi malah ngeriwik saja dan jarang ngeplong…kira2 apa solusinya agar gacor kembali? Terimakasih om kicau

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.