Ceritanya begini om, saya beli burung anis merah 2 ekor dari pedagang di PB Pramuka kira-kira 2 bulan yang lalu. Setelah dibeli keesokan harinya satu burung ngeriwik tetapi ngeriwiknya apabila mendengar suara jetpam sanyo dan suara hujan saja. Terus kalau melihat orang burung tidak mau bunyi. Pagi burung dijemur sampai jam 7.30 mandi sore hari saja setiap hari. Makan jangkrik pagi 3,sore 2. Cacing 1 pagi sore, pisang kepok setiap hari, kroto seminggu sekali. Untuk cacing dan pisang kepok baru berjalan sebulan terakhir. Bagaimana caranya supaya cepat gacor dan tetap mau bunyi kalau lihat orang? Untuk burung yang satunya lagi baru keluar suara treeet…treeet….treeet…dan kalau lihat orang sayapnya ngegleper. Apa ini tandanya cewek? Terima kasih om.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis...

Yudi

Jawab:
Anis merah (juga AK) memang suka ngangkat suara kalau ada suara rangsangan lain. Coba saja sering-sering distelkan kaset suara burung isian seperti LB, ciblek, cucak jenggot atau cililin. Jangan suara burung AM dewasa.
Untuk membuat dia lebih berani bunyi, gantungkan di tempat dekat orang lalu lalang, misalnya dekat pintu dapur (biasanya juga dekat dengan pompa sumur).
Untuk yang cuma nyrecet, belum tentu betina. Coba rawat seperti sediakala. Ada burung yang cepat bunyi tetapi banyak juga yang baru setelah lama dipelihara mau bunyi.
Untuk buahnya, kalau bisa, diselangseling dengan pepaya/kates. Itu lebih bagus untuk AM.
Okey?
Salam,
Duto

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.